Sholawat Nabi Beserta Penjalasannya [Bacaan | Faedah | Kemuliaan, Dll]

Sholawat nabi merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap kaum muslimin dan muslimah. Anjuran ini adalah karena bersholawat sendiri merupakan hal yang sering disebutkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Itulah hanya salah satu alasannya saja.

Masih ada begitu banyak alasan lain yang akan dibahas di dalam tulisan ini sehingga akan memudahkan kamu untuk memahami betapa pentingnya bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Untuk itu, silahkan siapkan kopi dan juga kue-kue ringan untuk membaca berbagai penjelasan dibawah ini yang semoga sangat bermanfaat untuk kamu.  Kita mulai dari penjelasan yang paling umum ya.

Sholawat

sholawat
sholawat nabi

Sudah tentu kita semua memahami bahwa sholawat adalah perkara yang sangat dianjurkan. Ada yang menyebutkan bahwa sholawat adalah bentu plural dari sholat yang artinya “doa”. Ada pula yang menyebutkan bahwa sholawat artinya adalah “rahmat”.

Namun dengan berbagai pengertian itu, intinya kita memberikan doa atau mendoakan Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Maka tentu saja sholawat adalah hal yang sangat bagus.

Begitulah kata para ulama.

Dengan bersholawat, maka kita telah mendoakan Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Sholawat sudah sangat populer sejak zaman Baginda Nabi Muhammad ﷺ sendiri. Bahkan sejak itu pula sudah banyak sekali doa-doa atau pujian-pujian yang diberikan kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Sholawat Nabi

bacaan sholawat
bacaan sholawat

Pembahasan yang lebih spesifik mengenai ini adalah sholawat nabi. Maka di sini kita kunci saja pembahasan agar lebih fokus pada sholawat nabi. Dikarenakakan memang sebenarnya di zaman ini sholawat yang sebanrnya adalah identik dengan sholawat nabi.

Khususnya kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Sholawat nabi sangat sering dimeriahkan sampai hari ini. Baik yang dilakukan sendiri maupun secara berjamaah. Bahkan tidak jarang pula majelis khusus bersholawat dilakukan bersama-sama hingga jamaah yang mencapai jutaan.

Seperti misalnya majelis rasulullah yang dibentuk oleh Alm. Habib Munzir Bin Fuad Al Musawa. Majelis zikir yang beliau adakan biasanya mendatangkan jamaah hingga puluhan ribu bahkan ratusan ribu.

Bahkan di acara tahunannya mencapai jutaan.

Semua itu tentu berkahnya dari sholawat Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Oleh karena itu, jangan pernah sekalipun meremehkan faedah dari sholawat nabi ini. Karena memang sholawat nabi mengandung banyak sekali faedah dan manfaat.

Terutama dari segi pahala dan balasan Allah.

“Orang yang paling dekat denganku adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku”, begitulah kata Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Dari sini kita tentu mengetahui betapa hebatnua sholawat nabi. Maka dari itu hendaknya kita memperbanyak membaca sholawat karena sangat bagus faedah yang didapatkan.

Karena memang kita bersholawat untuk manusia yang paling sempurna, maka sangat dianjurkan untuk berada dalam keadaan suci dengan berwudhu terlebih dulu. Atau melakukan mandi wajib jika masih dalam keadaan junub. Pastikan juga untuk membaca doa mandi wajib saat melakukan mandi wajib tersebut.

Bacaan Sholawat

sholawat nabi muhammad
sholawat nabi muhammad

Bacaan sholawat sendiri memiliki banyak versi. Apalagi dengan berkembangnya zaman maka semakin banyak pula sholawat yang dikarang oleh ulama sebagai bentuk kecitaannya kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Akan tetapi sholawat terbaik adalah sholawat ibrhahimiyah.

Sholawat Ibrahimiyah adalah sholawat yang kita bacakan di dalam sholat kita saat duduk tahiyyat akhir. Itulah sholawat terbaik. Namun selain itu, anda boleh saja membaca sholawat dalam bentuk lain sesuai dengan selera.

Intinya dalah memuji Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Karena bentuk sholawat lain disepakati oleh para ulama bahwa hukumnya adalah boleh. Karena hakikatnya adalah memuji Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa jangan sampai sholawat yang dikarang oleh para ulama menggantikan sholawat ibrahimiyah dalam sholat.

Karena sholawat ibrahimiyah di dalam sholat sudah menjadi aturan baku dan tidak boleh diubah lagi. Oleh karena itu kamu harus memastikan bahwa kamu menggunakan sholawat ibrahimiyah di dalam sholat dan tidak digantikan dengan yang lainnya.

Ada beragam model sholawat.

Ada sholawat yang menggunakan kata “Sayyidina” ataupun tidak. Hal ini adalah boleh saja sesuai penjelasan dari buya yahya. Oleh karena itu anda bebas untuk menentukan sendiri tentang sholawat model apa yang akan anda gunakan.

“Sayyidina” sendiri artinya adalah Pemimpin kami. Jadi ketika anda bersholawat dengan kata Sayyidina Muhammad, maka ketika itu anda sedang mengatakan “Pemimpin kami (yaitu) Nabi Muhammad”. Tentu saja tidak ada kesalahan apa-apa di sini.

Silahkan dipilih sesuai selera dan berdasarkan rujukan dari guru masing-masing.

Lagu Sholawat

lagu sholawat
lagu sholawat

Lagu sholawat juga merupakan trend yang sedang banyak digunakan akhir-akhir ini. Fenomena ini sebenarnya bagus. Karena dengan lagu sholawat ini banyak orang yang akhirnya menjadi suka juga dengan sholawat karena diiringi dengan alat-alat tertentu.

Alat-alat itu sebenarnya sudah bisa menarik orang-orang yang tadinya kurang agamis menjadi suka dengan sholawat. Perkara ini tentu sangat positif. Karena bisa mengundang berbagai jenis orang ke dalam kebiasaan bersholawat.

Hal ini hanya perantara saja.

Kita sangat mengharapkan bahwa suatu hari nanti kita semua menjadi menyukai sholawat meskipun tanpa adanya alat musik. Namun untuk menarik minat masyarakat, maka dibolehkan dengan alat serta cirikhas yang tidak menjadi cirikhas musik pengikut maksiat.

Oleh karena itu silahkan saja anda mendengarkan berbagai lagu sholawat yang banyak beredar akhir-akhir ini.

Habib Syech misalnya.

Sholawat Habib Syech adalah salah satu dari beberapa lagu sholawat yang sangat kami rekomendasikan. Selain itu, banyak pula majelis dan lagu sholawat yang ada di Indonesia dan dunia.

Maka silahkan anda tentukan sendiri sesuai selera. Bahkan selain dari sholawat para habib atau ulama, banyak pula lagu sholawat dengan musik modern dan enak untuk didengar. Ada banyak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu tentunya. Namun semuanya baik.

Pentingnya Membaca Sholawat Nabi

pentingnya sholawat nabi
pentingnya sholawat nabi

Sudah dijelaskan di awal tentang pentingnya membaca sholawat nabi. Namun pada sub bab ini, kami ingin menjelaskan lebih rinci tentang hebatnya sholawat nabi. Tentu saja dengan mengandalkan berbagai rujukan ulama.

Ada banyak sekali faedah sholawat nabi.

Karena nabi sendir sangat menganjurkan untuk banyak bersholawat kepada beliau. Hal ini tentu saja sudah menjadi satu tanda besar bahwa kita harus banyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Karena pahala ataupun faedah yang diperoleh adalah sangat banyak dan sangat luar biasa jika dibandingkan dengan satu sholawat yang kita lakukan. Namun meskipun demikian, salah satu penghambat kita dalam bersholawat adalah nafsu kita sendiri.

Adapun beberapa faedah atau hebatnya sholawat nabi adalah sebagai berikut:

  • Bisa Berjumpa Dengan Baginda Nabi Muhammad

Bisa berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah suatu cita-cita besar. Bahkan oleh penulis sendiri. Penulis pun sangat ingin berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Bagaimana tidak ingin berjumpa, Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah manusia yang paling sempurna.

Bukan hanya dari segi hatinya saja yang sudah kita kenal selama ini. Baginda Nabi Muhammad ﷺ juga sempurna dari sisi fisiknya. Jika anda pernah mendengar ketampanan dari nabi Yusuf AS, maka ketahuilah bahwa ketampanan Baginda Nabi Muhammad ﷺ jauh melebihi ketampanan Nabi Yusuf AS.

Inilah faktanya.

Karena memang Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah makhluk sempurna dan Allah jadikan Baginda Nabi Muhammad ﷺ sebagai kekasihnya pula. Artinya Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah makhluk yang paling dicintai oleh Allah. jika paling dicintai, maka tentu saja sangat diperhatikan oleh Allah.

Maka dengan banyak bersholawat, kita akan bisa berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Baik di dalam mimpi ataupun di alam nyata.

Jadi bukan hanya mimpi saja.

Banyak orang yang menduga hanya mimpi saja, akan tetapi sebenarnya juga ada kemungkinan untuk berjumpa secara langsung. Hal ini sudah dirasakan oleh berbagai ulama yang sudah pernah berpengalaman bermimpi rasulullah ataupun berjumpa langsung di alam nyata.

Kenapa tidak mungkin? Bukankah di sisi Allah semua adalah mungkin? Inilah keyakinan yang harus kita yakini.

  • Masuk Surga

Faedah berikutnya dari sholawat nabi adalah bisa masuk surga. Hal ini jelas sekali di dalam hadist yang pernah disebutkan tadi bahwa orang yang paling dekat dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah orang yang paling banyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Lalu di akhirat kelak, Baginda Nabi Muhammad ﷺ dimana?

Tentu saja Baginda Nabi Muhammad ﷺ ada di surga. Sehingga jika kita banyak berhsolawat, kita juga akan bisa masuk surga. Tentu saja tidak instant. Akan tetapi juga dengan melalui syarat-syarat di dalam hukum islam atau syariat. Yaitu dengan melakukan semua kewajiban dan meninggalkan maksiat.

Maka jika banyak bersholawat, kita akan mudah melakukan berbagai kewajiban dan menghindari kemaksiatan. Dengan sendirinya kelak Allah akan memudahkan kita dalam beramal dengan berkah dari sholawat nabi tersebut.

Oleh karena itu, marilah kita banyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

  • Allah Bersholawat Kepadamu

Bayangkan saja jika Allah benar bersholawat kepadamu, maka kata para ulama, cukuplah satu saja sholawat dari Allah itu akan memasukkan kita ke surga. Karena kita bersholawat dengan kekuatan kita, sementara Allah bersholawat dengan keagungannya dan kekuatan Allah.

Tentu saja keagungan Allah lebih dari segalanya.

Maka dengan banyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ, maka kita sebenarnya sedang mengundang rahmat Allah dan juga sholawat dari Allah kepada kita sendiri. Begitulah hebatnya sholawat nabi. Semua menjadi bermakna dan berfaedah bagi kita.

Tentang Allah yang bersholawat kepada kita adalah berdasarkan dari sebuah hadist.

Perlu dipahami juga bahwa sholawat dari Allah adalah berbeda dengan sholawat seperti yang kita ucapkan. Shalawat dari Allah maksudnya adalah rahmat dan kemuliaan dari Allah yang diberikan kepada hambaNya. Tentu saja Allah tidak berkata-kata seperti kita. Karena Allah berbeda dengan makhluk.

  • Memudahkan Segala Urusan

Semua urusan kita bisa menjadi mudah dengan banyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Karena ketika kita bersholawat, maka Allah akan membalasnya 10 kali sesuai dengan hadust. Ketika Allah bersholawat kepada kita, maka di saat itulah Allah sedang memandang kita.

Dan siapa saja yang dipandang oleh Allah, maka orang itu telah menjadi mulia dan mendapatkan perhatian dari Allah. Kalau Allah sudah memperhatikan, maka Insya Allah semua urusan menjadi mudah. Karena adanya bantuan Allah dalam semua urusan kita.

Maka semua urusan menjadi mudah.

Tentu saja, jika Allah sudah berkehendak dan membantu, maka tidak ada satupun yang bisa mencegahnya. Karena Allah adalah zat yang maha hebat dan maha kuasa atas segala sesuatu. Maka carilah pandangan Allah, agar semua urusan kita menjadi mudah.

Salah satu caranya adalah dengan banyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

  • Diridhoi Oleh Allah

Ketika kita banyak membaca sholawat nabi, maka seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Allah ikut bersholawat kepada kita. Maka jika Allah sudah bersholwat kepada kita, tentu saja kita akan mendapatkan banyak rahmat dan kemuliaan dari Allah.

Kemuliaan dan rahmat dari Allah itulah yang akan membuat Allah menjadi ridho kepada kita. Maka dengan modal sholawat saja, Allah akan meridhoi kita.

Ridho Allah adalah segalanya.

Kenapa? Karena ridho dengan ridho Allah lah kita bisa memasuki surga. Jika Allah sudah ridho, maka bisa dipastikan kita bisa masuk surga dengan izin Allah. oelh karena itu sangat penting untuk kita bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Karena hanya dengan sholawat, maka Insya Allah kita akan mudah untuk masuk surga.

Penutup

Demikianlah tulisan ini dibuat untuk menjadi dakwah kepada kita semua. Semoga tulisan ini bisa membuat kita kembali banyak bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Terima kasih banyak, dan klik Alhadi Ibrahim untuk membaca postingan lainnya.

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: