√ Panduan Sholat Taubat yang Mudah Dipahami dan Lengkap [Niat, Doa, Dll]

Taubat merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang muslim khususnya muslim muslim yang telah melakukan kesalahan. Apalagi kesalahan yang besar, bagi muslim tersebut untuk segera bertaubat dan disunnahkan juga melakukan sholat taubat.

Maka salah satu hal yang harus dilakukan ketika bertaubat adalah melakukan sholat sunnah taubat meskipun hal ini hukumnya adalah sunnah. Namun sangat dianjurkan untuk melakukannya dikarenakan faedah yang akan didapatkan sangatlah besar.

Selain itu sholat sunah juga menjadi suatu hal yang akan mendekatkan kamu dengan Allah allah memandang kamu setiap kamu melakukan sebuah sholat sunnah taubat ini.

Untuk itulah kamu menuliskan tulisan ini agar menjadi pengingat sekaligus pedoman untuk kamu dalam melaksanakan sholat sunnah taubat walaupun bertaubat secara umum.

Namun diwajibkan untuk berada dalam keadaan suci ketika akan mengamalkan amalan ini. Tentunya dengan berwudhu atau mandi wajib jika sebelumnya masih junub, pelajari juga doa mandi wajib biar mandinya sah.

Maka, simaklah penjelasannya berikut ini:

Sholat taubat

Sholat taubat merupakan sholat yang dikerjakan Ketika seseorang ingin bertaubat. Sholat taubat ini kerap dilakukan dikarenakan faedahnya yang sangat besar. Ya itu bisa mendekatkan kita kepada Allah dan sebagai wujud dari keseriusan kita akan bertaubat kepada Allah.

Sholat taubat sangat dianjurkan untuk dilakukan, begitulah kata para ulama. Karena dengan mengerjakan sholat taubat kita akan bisa menampakan keseriusan kita kepada Allah akan pertaubatan kita.

Begitulah kata para ulama.

Maka sangat penting bagi kita untuk melakukan sholat taubat ataupun sholat sunnah taubat dalam rangka menempatkan kepada Allah bahwa kita benar-benar ingin bertaubat selain itu kita juga ingin menambahkan kepada Allah bahwa persahabatan kita adalah hal yang sangat serius untuk dilakukan.

Maka lakukanlah shalat sunnah taubat ini sebagai wujud dari keseriusan dalam pertaubatan.

Sebenarnya selain sholat sunnah taubat dianjurkan juga untuk melakukan mandi yaitu dalam rangka mandi dikarenakan ingin bertaubat kepada Allah, apalagi jika Kondisinya masih dalam keadaan berhadas besar sangat dianjurkan untuk melakukan mandi terlebih dahulu.

Maka tulisan ini akan menjelaskan kepada kamu tentang sholat taubat itu sendiri beserta hal-hal yang berkaitan dengannya. Baik dari segi caranya hukumnya dan manfaat atau faedahnya.

Tata cara sholat taubat

Tata Cara Sholat Jumat

Pada dasarnya semua Sholat dilakukan dengan cara yang sama kecuali sholat sholat yang memang ada tuntunan perbedaannya. Seperti sholat jenazah, sholat gerhana bulan atau gerhana matahari, atau sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

Shalat tersebut adalah sholat yang memang berbeda daripada sholat yang lainnya.

Apakah sholat taubat juga berbeda dengan sholat yang lain? Jawabannya adalah tidak berbeda alias sama. Adapun yang membuat berbeda hanyalah pada bagian niatnya saja beserta hukumnya.

Maksud perbedaan di sini adalah hukum dari segi sunnah ataupun wajib maka sholat sunnah taubat hukumnya adalah sunnah.

Namun meskipun sunnah sangat dianjurkan untuk dilakukan. Karena memang faedahnya yang sangat besar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Adapun cara melakukannya atau tata cara sholat taubat ini adalah Sama persis dengan melakukan sholat yang lainnya namun anda hanya perlu mengubah niat aja menjadi niat sholat taubat. Adapun niat sholat taubat akan dijelaskan di bawah ini.

Doa sholat taubat

Niat Sholat Jumat Dan Kepentingannya

Doa sholat taubat maksudnya adalah doa yang dibaca ketika sudah selesai mengerjakan sholat taubat.

Adapun di dalam sholat taubat sendiri semua rukun dan syaratnya adalah sama seperti sholat sholat yang lainnya tidak ada perbedaan kecuali hanya pada bagian niatnya saja sedangkan yang lainnya adalah sama.

Oleh karena itu untuk melakukan sholat sunnah taubat ini anda cukup melakukan dengan cara yang biasa namun niatnya saja yang diganti.

Adapun untuk doa sholat taubat sendiri merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca. Karena pada doa inilah akan semakin kelihatan bagaimana keseriusan kita dalam bertaubat kepada Allah.

Sebagaimana Keinginan kita dalam bertaubat kepada Allah bagaimana permohonan kita agar benar-benar Allah memaafkan dan menerima pertaubatan kita. Hal ini sangat perlu diperhatikan dikarenakan banyaknya orang yang lalai dalam mengerjakan ataupun membaca doa shalat taubat.

Sholat taubat yang sangat penting sebenarnya adalah adanya doa yang dibaca setelah shalat taubat itu sendiri.

Memang benar bahwa membaca doa shalat taubat itu juga hukumnya bukanlah wajib. Akan tetapi sangat dianjurkan karena keutamaannya yang sangat besar. Dan inilah waktu untuk menunjukkan kepada Allah bahwa kita benar-benar serius dalam bertaubat.

Sangat penting untuk menunjukkan keseriusan.

Karena juga kita serius maka Allah minta pasti akan lebih mudah serta lebih mengutamakan kita dalam menerima Taubat kita karena kita memang sudah menunjukkan bahwa kita sangat serius untuk diterima taubatnya oleh Allah

Adapun doa setelah taubat adalah sebagai berikut

Niat sholat taubat

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya bahwa niat sholat taubat merupakan perbedaan daripada sholat sholat yang lainnya

Penting!!

Untuk membedakan antara niat sholat kita dengan niat sholat yang lainnya adalah ada pada niatnya

Karena itu harus benar-benar diperhatikan lafadz niat ataupun niat dari diri kita masing-masing

Karena apabila kesalahan maka ini akan menyebabkan kesalahan pola pada ibadah yang kita lakukan dan apabila terjadi kesalahan pada ibadah yang kita lakukan tentu hal ini menjadi sesuatu yang sangat singa singa dan tidak ada kegunaannya

Sebagaimana yang disampaikan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bahwa bahwa semua amalan itu sangat tergantung kepada niatnya apabila niatnya baik maka baik pula amalannya dan apabila niatnya jelek maka jelek pula amalannya.

Dalam hal niat shalat taubat ya harus dilakukan dengan baik dan benar karena akan berpengaruh terhadap ibadah sholat taubat itu sendiri misalnya jika anda melakukan shalat taubat.

Akan tetapi berniat mengerjakan sholat tahajud maka hal ini menjadi sia-sia karena niat yang akan dihitung adalah niat sholat Tahajud.

Dan bukan niat shalat taubat dan jika anda ingin melakukan shalat taubat dan berguna bagi pula untuk melakukan sholat taubat maka inilah hal yang seharusnya dilakukan karena pengetahuan anda akan tetap dinilai sebagai sholat taubat bandingkan niat sholat taubat yang baik tadi

Adapun niat sholat taubat adalah sebagai berikut

Sholat taubat nasuha

niat sholat jumat
niat sholat jumat

Sholat taubat nasuha adalah shalat yang dikerjakan dengan niat shalat taubat dalam hal ini taubat yang dilakukan adalah taubat nasuha atau Taubat yang sebenar-benarnya.

Pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam rukun ataupun syarat melakukan shalat taubat nasuha ini karena semuanya adalah sama saja yang perlu diperhatikan adalah niat sebelum atau ketika ingin mengerjakan sholat itu sendiri Apakah benar benar ingin melakukan sholat sunnah taubat nasuha atau hanya ingin melakukan sholat yang lain.

Karena yang membedakan adalah pada niatnya.

Para ulama sangat menganjurkan untuk melakukan shalat taubat nasuha ini karena sholat taubat nasuha juga merupakan salah satu bukti dari keseriusan kita kepada Allah untuk benar-benar bertaubat.

Memang benar seperti layaknya shalat taubat Tadi shalat taubat nasuha juga secara hukumnya adalah sunnah dan Sunnah juga bahkan untuk melakukan sholat Sunat Taubat seperti biasanya.

Akan tetapi sangat dianjurkan untuk dilakukan karena untuk menunjukkan kesedihan kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan dan melihat kita dengan pandangan yang sangat kasih sayang. Serta memaafkan semua kesalahan kita dengan taubat yang kita lakukan.

Tata cara sholat taubat nasuha

sholat dhuha

Sholat taubat nasuha juga sama cara melakukannya dengan sholat yang lainnya yaitu dengan mengerjakan shalat yang dimulai dari niat dan diakhiri dengan salam.

Bentuk kamu sudah paham dengan cara sholat kan? Semoga saja hehehe.

Adapun yang membedakannya adalah pada niatnya saja sebenarnya dari sedunia juga tidak ada perbedaan dengan shalat taubat yang biasa dilakukan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah menyusun dasar untuk melakukan sholat tersebut apakah ingin sholat sunah biasa ataupun ingin sholat Sunnah nasuha taubat nasuha

Niat sholat taubat nasuha

Niat shalat taubat nasuha adalah sama dengan niat shalat taubat biasa akan tetapi dasar dari kita melakukan shalat taubat tersebut yaitu tomat biasa ingin taubat nasuha

Pada dasarnya sangat dianjurkan untuk melakukan taubat nasuha karena taubat nasuha adalah taubat yang sangat bersungguh-sungguh untuk meninggalkan perbuatan yang dilarang oleh Allah

Waktu sholat taubat

Waktu Sholat Dhuha Yang Baik

Kapankah waktu shalat taubat sebenarnya

Pada dasarnya waktu shalat taubat boleh dilakukan siang hari atau malam hari adalah bisa dilakukan kapan saja

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah segera mungkin untuk melakukan Taubat.

Dan juga shalat taubat sehingga kita bisa bertaubat sebelum ajal menjemput kita atau sebelum datangnya kematian disadari bahwa kematian bisa datang kapan saja.

Dan dia tidak akan menunggu Apakah kita sudah bertaubat ataupun belum maka sangat perlu diperhatikan untuk segera melakukan taubat

Penting

Banyak orang yang gagal bertaubat dikarenakan waktu yang sudah habis yaitu kematian sudah menjemputnya.

Padahal dia sudah ingin bertaubat dari dulu Akan tetapi karena penundaan dan penundaan yang terus dilakukan. Akhirnya dia gagal perawat dikarenakan kematian sudah menjemputnya. Tentu hal ini sangat disayangkan.

Karena jika seseorang telah gagal bertaubat dan membawa dosa di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala oleh. Karena itu jangan sesekali menunda taubat karena belum tentu besok atau lusa kita masih hidup.

Atau diberikan kesehatan oleh Allah maka waktu yang tepat untuk melakukan shalat taubat adalah dan jangan ditunda walau satu detik karena detik berikutnya adalah belum tentu milik kita

Doa setelah sholat taubat

Doa Sholat Hajat

Seperti yang sudah peribahasa sebelumnya bahwa doa ataupun bagian yang sangat penting dalam shalat taubat adalah ada pada bagian doa yang dibacakan setelah shalat taubat itu dilakukan atau disebut juga dengan doa setelah sholat taubat.

Karena pada saat itulah ikan keseriusan kita kepada Allah terkait dengan kita untuk bertaubat maka manfaatkanlah waktu untuk berdoa itu dengan semaksimal mungkin menyampaikan mainan ataupun kesedihan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Oleh karena itu perhatikanlah dengan sebainya adab kita kepada allah dengan banyak membaca doa setelah shalat taubat. Agar allah memaafkan kita dan kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk bisa semaksimal mungkin bersama allah.

Sangat penting untuk membaca doa setelah taubat ini. Karena selain menunjukkan keseriusan kita kepada Allah, juga sebagai pendukung agar taubat kita diterima oleh Allah kelak. Begitulah yang kita harapkan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: