√ Lengkap!! Panduan Sholat Hajat dan Penjelasan [Lafadz, Keutamaan, Dll]

Ada banyak cara atau jalan untuk memeroleh yang sedang kita inginkan. Salah satunya adalah dengan melakukan sholat hajat. Tentu saja sholat hajat ini sudah menjadi salah satu solusi yang dipilih.

Karena pekerjaannya yang mudah serta keutamannya yang sangat banyak.

Maka tulisan ini akan membahas tentang hebatnya sholat hajat beserta hal-hal yang berkaitan dengannya juga. Tujuannya agar memudahkan kamu dalam memahami ilmu ini serta mengetahui secara lengkap terkait poin-poin yang diperlukan dalam sholat hajat.

Sholat Hajat

sholat hajat dan keutamaannya

Sholat hajat merupakan sholat yang dikerjakan ketika ada suatu hajat atau keinginan yang ingin dicapai. Jadi mengamalkan sholat hajat adalah disebabkan karena keinginan itu sendiri. Sehingga dengan melakukan sholat hajat, diharapkan akan memudahkan pengabulan.

Hal ini wajar saja.

Bukan hanya wajar, bahkan bagus. Karena pada dasarnya manusia memang menginginkan banyak hal untuk dikabulkan oleh Allah. Melakukan sholat hajat tujuannya adalah untuk memudahkan pengabulan itu.

Dan memang hal ini menjadi tugas semua muslim untuk selalu mendahulukan Allah sebelum berusaha sendiri. Karena hakikat manusia adalah lemah, dan hanya kepada Allah tempat manusia untuk memohon selalu.

Setuju kan?

Dengan begitu, maka lakukanlah sholat hajat terlebih dulu sebelum melakukan usaha atau ikhtiyar lainnya.

Sholat Hajat dan Anjurannya

sholat hajat dan keutamaan

Mengapa sholat hajat sangat dianjurkan?

Hal ini adalah dikarenakan untuk menunjukkan kepada Allah bahwa kita sangat membutuhkan Allah daripada usaha kita sendiri. Tentu saja usaha itu penting, akan tetapi siapa yang bisa melancarkan usaha kita?

Tentu saja Allah.

Maka oleh sebab itu, melakukan sholat hajat sangat dianjurkan karena untuk menunjukkan bahwa Allah adalah yang paling pertama kita jumpai sebelum yang lainnya. Allah adalah tempat kita meminta sebelum lainnya.

Dan pada Allah juga kita dahulukan sebelum kita mengandalkan diri kita dalam mencapai sesuatu. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk melakukan sholat hajat sebelum melakukan usaha pribadi.

Bahkan termasuk dalam pengobatan.

Sangat dianjurkan agar kita lebih dulu sholat hajat dan memohon kesembuhan kepada Allah sebelum kita ke dokter. Tentunya jika sakit kita belum dalam kondisi harus segera ke UGD. Akan tetapi jika sakit yang tidak terlalu berat, sholat hajat lah dulu, lalu baru ke dokter.

Doa Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat

Dalam melakukan suatu ibadah, tentu ada doanya dan juga ada niatnya. Doa sholat hajat pada dasarnya adalah doa yang dibaca setelah sholat hajat dilakukan. Sangat penting untuk mengetahui hal ini.

Karena agar mengetahui hal apa saja yang akan dibacakan ketika selesai mengerjakan sholat hajat. Pada dasarnya tidak mengapa juga jika tidak mengetahui hal ini, karena doa bisa juga dilakukan dengan doa dari masing-masing diri kita.

Penting!!

Berdoa setelah sholat hajat tidak harus menggunakan bahasa atau teks yang sama persis dengan tuntunan secara umumnya. Karena hajat kita berbeda-beda. Maka dari itu, doa sholat hajat sebenarnya boleh saja jika menggunakan bahasa sendiri.

Justru itulah dinamakan doa sholat hajat, karena kita akan berdoa dengan hajat dan keinginan sendiri-sendiri dan sesuai dengan kemauan.

Adapun doa sholat hajat yang umumnya adalah sebegai berikut:

doa sholat hajat

doa sholat hajat latin

arti doa sholat hajat

Hukum Sholat Hajat

Hukum Sholat Hajat

Banyak sekali yang melakukan sholat hajat. Lalu apa sebenarnya hukum mengerjakan sholat hajat ini?

Hukum mengerjakan sholat hajat adalah sunnah. Namun sunnah yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Karena faedah dari sholat hajat ini sangatlah besar dan penting. Bagaiman tidak, Allah akan mengabulkan yang kita minta.

Bukankah itu penting?

Salah satu tujuan dari sholat hajat adalah untuk memudahkan pengabulan. Yaitu agar Allah mudah mengabulkan doa kita. Dengan begitu, maka usaha kita untuk mencapai cita-cita itu juga menjadi mudah karena akan dimudahkan oleh Allah.

Maka sangat dianjurkan untuk melakukan sholat hajat ini agar bisa memudahkan urusan. Selain itu juga sholat hajat akan bisa menaikkan derajat diri kita di hadapan Allah. karena kita sangat banyak berserah diri kepada Allah.

Tata Cara Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara sholat hajat adalah sama saja dengan tata cara sholat lainnya. Tentunya sholat yang diawali dengan niat, takbiratul ihram, dan seterusnya hingga diakhiri dengan salam. Dalam hal ini semuanya sama, kecuali niatnya saja.

Termasuk dalam hal syarat sah sholatnya juga sama. Yaitu harus suci, menghadap kiblat, dan lainnya. Kesucian tentu saja diperoleh dengan cara berwudhu atau mandi wajib jika masih dalam keadaan junub. Sempurnakan juga mandi wajib kamu dengan doa mandi wajib.

Sisanya sama saja.

Yaitu sama dengan sholat sunnah yang dikerjakan di waktu lainnya. Insya Allah dengan mengerjakan hal yang serupa itu, maka akan bisa membuat sholat hajat kita menjadi sah.

  • Niat Sholat Hajat

Adapun niat tentu saja menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena kesalahan niat akan membuat kesalahan pula dalam ibadah tersebut. Bahkan niat yang salah bisa membuat suatu ibadah itu menjadi tidak sah.

Penting!!

Setiap amalan sangat tergantung dari niatnya, oleh karena itu perhatikanlah setiap niat yang dikerjakan. Jangan sampai salah, karena akan berpotensi membuat amalan itu menjadi tidak sah. Sehingga pekerjaanmu akan menjadi sia-sia.

Maka sangat penting untuk mengerjakan niat secara benar. Termasuk dalam hal ini adalah niat sholat hajat agar ibadahmu menjadi tepat sasarannya. Adapun niat sholat hajat adalah sebagai berikut:

niat sholat hajat

  • Cara Sholat Hajat

Cara Sholat Hajat

Cara sholat hajat seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa caranya adalah sama seperti sholat yang lainnya. Syarat dan rukunnya juga sama.

Adapun syaratnya adalah:

  • Suci tempat.
  • Suci pakaian.
  • Menghadap kiblat.

Dab rukun sholat hajat adalah:

  • Niat
  • Berdiri Tegak.
  • Takbiratul Ihram.
  • Membaca Alfatihah.
  • Ruku’.
  • I’tidak.
  • Sujud
  • Duduk antara dua sujud.
  • Duduk tahiyyat akhir.
  • Membaca doa tahiyyat akhir.
  • Sholawat
  • Salam
  • Tertib

Jika sudah mengerjakan sesuai dengan tuntuan di atas, maka Insya Allah sholat hajat yang kamu kerjakan menjadi sah dan sudah benar sesuai dengan tuntunan sholatnya.

Bacaan Sholat Hajat

Bacaan Sholat Hajat

Menyambung tentang cara sholat hajat. Adapun bacaan yang dibaca dalam sholat hajat juga sama seperti yang lainnya. Yaitu bacaan-bacaan seperti berikut ini:

  • Niat
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca Doa Iftitah
  • Membaca Surat Alfatihah
  • Membaca surat pendek
  • Membaca doa ruku’
  • Membaca doa I’tidal
  • Membaca doa sujud
  • Membaca doa duduk antara dua sujud
  • Membaca doa Tahiyyat akhir
  • Sholawat
  • Salam

Dafatr itulah beberapa bacaan yang dibaca di dalam sholat hajat. Tidak berbeda dengan sholat lainnya. Perbedannya hanya pada niat saja. Sementara yang lainnya sama seperti sholat lainnya.

Doa Setelah Sholat Hajat

Doa Setelah Sholat Hajat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa sholat hajat adalah sholat yang diniatkan untuk dikabulkannya hajat kita. Tentu saja dalam hal ini hajatnya adalah beda-beda setiap orang. Oleh karena itu, doa setelah sholat hajat sebenarnya juga bisa langsung dengan keinginan pribadi.

Penting!!

Doa setelah sholat hajat tidak harus dalam Bahasa Arab. Bisa juga menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa daerah masing-masing. Karena intinya adalah memohon kepada Allah untuk dikabulkan hajat kita masing-masing.

Oleh karena itu, berdoalah seperti biasa, dan mintalah sebanyak-banyaknya agar Allah mengabulkan doa kita sebanyak-banyaknya juga.

Doa adalah tanda kebutuhan.

Maksudnya adalah kita membutuhkan Allah dalam kehidupan kita. Oleh karena itulah kita memohon kepada Allah terhadap semua hal yang kita inginkan. Dan kita memohon adalah karena kita butuh bantuan Allah. dalam semua hal kita butuh bantuan Allah.

Karena tanpa bantuan Allah, maka semua kegiatan bahkan bernafas saja akan menjadi sulit. Namun dengan bantuan Allah, semua menjadi mudah. Jadi silahkan berdoa dengan doa masing-masing sesuai dengan keinginan.

Waktu Sholat Hajat

Waktu Sholat Hajat

Kapan waktu sholat hajat?

Pertanyaan seperti ini kerap ditanyakan oleh orang-orang yang memiliki keinginan untuk melakukan sholat hajat. Tentu saja niatnya agr tidak salah dalam memilih waktu.

Secara umum, sholat hajat boleh dilakukan kapan saja. Tidak ada waktu khusus atau syarat tertentu untuk melakukan sholat hajat ini. Silahkan bebas memilih kapan saja. Karena keinginan kita juga biasnya akan berbeda dari segi waktunya dan jenisnya.

Penting!!

Meskipun bebas waktunya, akan sangat dianjurkan untuk memilih waktu yang mustajab doa juga. Seperti misalnya waktu-waktu berikut ini:

  • Sepertiga malam akhir
  • Hari Jumat
  • Hari Arafah
  • Saat hujan deras
  • Di waktu dhuha
  • Dan lainnya

Jika sempat, maka pilihlah waktu-waktu berikut agar sholat hajat dan doanya menjadi lebih mudah untuk diterima oleh Allah. selain waktu tersebut, sangat mungkin pula adanya waktu yang lain dan mustajab pula.

Maka silahkan dipilih.

Macam Macam Sholat Hajat

Macam Macam Sholat Hajat

Pada dasarnya sholat hajat itu hanya satu saja baik dari segi niatnya, cara mengerjakannya, dan hal-hal lainnya. Akan tetapi pembagian ini dibuat karena banyak orang yang bertanya secara terpisah.

Misalnya bagaimana sholat hajat jodoh?

Bagai mana sholat hajat rezeki?

Bagaiman sholat hajat kelulusan?

Dan sebagainya berbagai model pertanyaan tentang sholat hajat ini. Namun akan tetap kami bahas untuk memudahkan pemahaman dari teman-teman pembaca semuanya.

Sholat Hajat Jodoh

Sholat Hajat Jodoh

Sholat hajat jodoh adalah sholat yang dikerjakan dengan niat agar diberikan jodoh. Sholat hajat dengan niat seperti ini tentu dibolehkan. Karena jodoh merupakan salah satu dari keinginan atau harapan seseorang.

Maka wajar saja jika ingin melakukan sholat hajat jodoh. Adapun cara mengerjakannya adalah sama dengan sholat hajat pada umumnya. Atau sama dengan sholat yang lainnya juga.

Tidak ada perbedaan.

Dalam membaca niat juga sama saja dengan niat sholat hajat lainnya. Adapun niat atau tujuan yang sebenarnya tentang jodoh ini sudah terlintas pada saat ingin melakukan sholat hajat itu sendiri.

Adapun perminitaan jodoh tersebut bisa dimintakan di dalam doa setelah sholat hajat dilakukan. Itulah saat memohon yang baik kepada Allah. Yaitu setelah melakukan sholat hajat itu sendiri dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berdoa kepada Allah.

Penting!!

Manfaatkan waktu sebaik mungkin dalam berdoa setelah sholat hajat agar semakin banyak hal yang dikabulkan oleh Allah. Karena semakin banyak doa yang kita baca, maka semakin banyak pula pengabulan dari Allah terhadap kita.

Sholat Hajat Khusus Rejeki

Sholat Hajat Khusus Rejeki

Selain jodoh, tujuan dari sholat hajat yang dikerjakan biasanya adalah rezeki atau keluasan rezeki. Tentu saja hal ini juga wajar. Karena rezeki merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk hidup. Bahkan kita juga diwajibkan untuk mencari rezeki.

Khususnya untuk keluarga.

Karena kewajiban untuk memberi nafkah kepada keluarga adalah sangat penting. Dan memberi nafkah kepada keluarga adalah merupakan salah satu amal ibadah yang akan bernilai di sisi Allah.

Adapun sholat hajat khusus rezeki dari segi pengamalannya juga sama dengan sholat hajat lainnya. Termasuk juga dalam niatnya sama dengan sholat hajat untuk keperluan lainnya. Ada pun waktu meminta rezeki adalah dimanfaatkan waktu setelah sholat.

Itulah saat mustajab.

Maka manfaatkan waktu setelah sholat hajat untuk meminta kepada Allah terkait rezeki untuk diluaskan dan diperbanyak. Insya Allah akan dimudahkan dan dikabulkan oleh Allah semua keinginan kita yang kita minta dalam sholat hajat tersebut.

Leave a Comment

%d bloggers like this: