√ Panduan Shalat Istikharah LENGKAP [Cara, Doa, Bacaan, Dll]

Manusia hidup memiliki banyak hal untuk dipilih. Termasuk dalam hal ini misalnya adalah jodoh, pekerjaan, bahkan seperti hal hal kecil lainnya. Misalnya warna mobil, jenis motor, dan sebagainya. Dalam menentukan pilihan itu, orang islam akan melakukan shalat istikharah.

Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam menentukan pilihan. Serta bertujuan agar pilihannya tidak salah.

Untuk itulah tulisan ini kami buat.

Yaitu bertujuan untuk memberikan pemahaman dan sharing ilmu agar membuat anda menjadi lebih mudah dalam menjalan ibadah shalat istikharah ini. Harapannya adalah bisa menjadi amal dan sumber untuk memudahkan amalan.

Shalat Istikharah

sholat istikharah

Sholat istikharah adalah sholat yang dilakukan untuk membantu menentukan pilihan dari beberapa pilihan yang ada. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sering menghadapi berbagai pilihan dalam hidup.

Pilihan itu pun beragam karena memang banyak hal yang kita jalani dalam kehidupan ini. Untuk itulah biasanya kaum muslim memilih melakukan shalat istikharah untuk memudahkan dalam menentukan pilihan tersebut.

Shalat istikharah akan mendekati kebenaran.

Hal inilah yang banyak memotivasi kaum muslim untuk melakukan shalat istikharah. Karena pilihan orang yang sudah mengerjakanshalat istikharah biasanya akan lebih mendekati dengan kebenaran. Selain itu juga shalat istikharah terdapat peran Allah dalam pilihan tersebut.

Tata Cara Shalat Istikharah

tata cara shalat istikharah

Lalu bagaimanakah cara mengerjakan sholat istikharah?

Sebenarnya shalat istikharah ini cara mengerjakannya juga sama dengan cara mengerjakan shalat lainnya. Yaitu dengan syarat dan rukun yang sama. Yang membuat perbedaan adalah ada pada niatnya saja. Dan sisanya adalah sama.

Cara Shalat Istikharah

cara shalat istikharah

Dengan begitu, maka bisa kita rincikan bahwa cara mengerjakan shalat istikharah adalah sebagai berikut:

  • Niat
  • Berdiri
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca Surat Alfatihah
  • Ruku’
  • I’tidak
  • Sujud
  • Duduk antara dua sujud
  • Duduk Tahiyyat Akhir
  • Membaca doa Tahiyyat akhir
  • Mengucapkan Sholawat
  • Mengucapkan Salam
  • Tertib

Demikian juga dengan syarat melakukan shalat istikharah adalah sama dengan syarat dalam menjalankan shalat lainnya. Yaitu:

  • Suci Pakaian
  • Suci tempat
  • Menghadap Kiblat

Niat Sholat Istikharah

niat sholat istikharah

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa yang membedakan shalat istikharah dengan shalat lainnya adalah niatnya. Sehingga penting untuk kita mempelajari niat sholat istikharah agar tidak salah dalam mengucapkan niatnya.

Karean kesalah dalam mengucapkan niat sholat istikharah, maka akan membuat kesalahan pula dalam ibadah yang kita kerjakan. Bahkan bisa saja membuat shalat istikharah menjadi tidak sah.

Penting!!

Niat yang salah berpotenti untuk merusak amalan itu sendiri. Bahkan bisa membuat amalam menjadi tidak diterima oleh Allah bahkan bisa saja menjadi tidak sah. Maka niat sholat istikharah perlu untuk diperhatikan dengan baik sehingga tidak merusak amalan itu sendiri.

Adapun niat sholat istikharah merupakan penentu apakah kita benar-benar mengerjakan shalat istikharat atau bukan. Karena jika awalnya ingin melakukan shalat istikharah tapi ternyata justru mengucapkan niat sholat dhuha, maka yang dihitung adalah sholat dhuhanya.

Maka berhati-hatilah dalam berniat.

Adapun niat sholat istikharah adalah sebagai berikut:

niat shalat istikharah

arti niat shalat istikharah

Bacaan Sholat Istikharah

bacaan sholat istikharah

Setelah mengatahui cara sholat istikharah, niatnya, lalu bagaimanakah bacaannya?

Bacaan sholat istikharah tidak ada perbedaan dengan bacaan sholat lainnya. Tetap sama dengan cara dan bacaan dalam sholat lain. Sehingga cukup mudah dalam mengerjakan sholat istikharah ini. Cukup niatnya saja yang diubah. Dan sisanya adalah mengikuti bagaiman sholat seperti biasa.

Adapun bacaan sholat istikharah adalah:

  • Takbiratul Ihram
  • Membaca Niat Sholat istikharah
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat alfatihah
  • Membaca surat surat pendek
  • Membaca bacaan ruku
  • Membaca bacaan i’tidal
  • Membaca bacaan sujud
  • Membaca bacaan duduk antara dua sujud
  • Membaca bacaan tahiyyat akhir
  • Mengucapkan sholawat
  • Mengucap salam

Dari bacaan-bacaan sholat stikharah tersebut tentu sudah diketahui bahwa tidak ada perbedaan antata bacaan sholat istikharah dengan bacaan sholat lainnya. Semuanya sama saja, dan hanya ada perbedaan dalam niatnya saja.

Doa Shalat Istikharah

doa shalat istikharah

Setelah mengerjakan shalat istikharah, tentu berikutnya kita berdoa kepada Allah. Dalam hal ini, kita pun juga membaca doa shalat istikharah. Doa shalat istikharah merupakan doa yang diucapkan setelah mengerjakan shalat istikharah.

Sehingga sejalan denagan shalat istikharah yang dilaksanakan, maka dikerjakan pula doa shalat istikharah. Agar membuat shalat istikharah menjadi lebih sempurna dengan membaca doa shalat istikharah.

Penting!!

Dibolehkan juga membaca doa selain doa shalat istikharah. Karena dalam hal ini, doa shalat istikharah adalah salah satu jenis atau model doa yang dipraktekkan. Namun sebenarnya boleh saja membaca doa yang lainnya sesuai dengan permintaan masing-masing.

Adapun hal-hal yang harus disampaikan dalam doa shalat istikharah adalah permohonan agar Allah membantu kita dalam memilih dari berbagai pilihan yang ada. Sehingga pilihan yang diambil adalah pilihan yang terbaik.

Maka berdoalah yang bijak.

Pastikan dalam memohon kepada Allah agar tidak terdapat kecenderungan kepada salah satu pilihan. Karena kecenderungan itu akan mempengaruhi pilihan kita. Akan tetapi harus berada di tengah-tengah sebelum melakukan shalat istikharah.

Adapun doa shalat istikharah adalah sebegai berikut:

doa shalat istikharah

doa shalat istikharah latin

arti doa shalat istikharah

Waktu Sholat Istikharah

Waktu Sholat Istikharah

Kapankah waktu sholat istikharah?

Pada dasarnya tidak ada waktu khusus terkait kapan harus dilakukan shalat istikharah. Karena shalat istikharah bukanlah shalat yang terikat dengan waktu. Itu artinye bebas mau melakukan kapan saja terkait shalat istikharah ini.

Bisa dilakukan di waktu pagi, siang, atau malam. Silahkan dipilih dan dikerjakan di waktu-waktu yang bisa untuk dikerjakan sesuai dengan minat masing-masing.

Penting!!

Meskipun sholat istikharah ini tidak ada waktu khusus, akan tetapi dianjurkan untuk dilakukan di waktu-waktu yang bisa menambah fokus. Seperti di malam hari, di tengah malam atau di sepertiga malam akhir.

Karena memang di waktu-waktu tahajud itu merupakan waktu yang mudah untuk menjadi khusyu’. Waktu sepertiga malam merupakan kondisi yang sepi dan banyak orang yang tidur. Sehingga perhatian Allah akan hanya tertuju kepada kita yang sedang beribadah.

Maka akan sangat baik jika kita manfaatkan waktu itu untuk bisa fokus beribadah.

Shalat Istikharah Jodoh

Shalat Istikharah Jodoh

Shalat istikharah jodoh merupakan shalat istikharah yang dilakukan dengan tujuan untuk memilih jodoh. Tentunya diantara beberapa pilihan yang ada, dan hendak dipilih salah satunya.

Dalam hal ini shalat istikharah jodoh sangat dianjurkan untuk dilakukan karena berhubungan dengan memilih jodoh. Sebagaimana yang diketahui bahwa jodoh merupakan orang yang akan tinggal bersama seumur hidup. Maka kesalahan memilih akan sangat beresiko ke depan.

Maka lakukanlah shalat istikharah jodoh.

Selain itu juga shalat istikharah jodoh merupakan kegiatan yang kita lakukan untuk meminta bantuan Allah dalam memilih jodoh. Insya Allah dengan bantuan Allah, kita bisa mendapatkan jodoh terbaik. Tentunya hal ini sangat diinginkan.

Adapun pelaksanaan shalat istikharah jodoh ini sama saja dengan pelaksanaan shalat istikharah lainnya. Dalam niatnya juga sama ketika ingin melakukan shalatnya.

Semuanya sama saja.

Akan tetapi ketika hendak ingin mengerjakan sholatnya, pastikan anda sudah memiliki keinginan bahwa sholat ini adalah untuk menentukan pilihan tentang jodoh yang akan dipilih. Dan dalam berdoa setelah melakukan shalat istikharah itu, mintalah terkait jodoh.

Yaitu mintalah permohonan kepada Allah terkait pilihan jodoh diantara beberapa pilihan yang ada. Pastikan untuk meminta dengan sopan dan penuh harapan agar Allah menolong dalam menentukan pilihan ini.

Insya Allah dengan shalat istikharah itu, maka pilihan akan semakin dekat dengan kebenaran.

Jawaban Shalat Istikharah Jodoh

Jawaban Shalat Istikharah Jodoh

Lalu bagaimana kita mengetahui terkait jawaban apakah yang akan diberikan oleh Allah?

Biasanya jawaban dari shalat istikharah ada beberapa macam bentuknya. Bisa saja Allah jawab melalui mimpi. Yaitu kita bermimpi bahwa kita berjumpa dengan jodoh yang dipilih oleh Allah tersebut.

Atau bisa jadi mimpi namun di dalam mimpi itu diberikan saran dari seseorang untuk memilih si A atau si B. Atau bisa jadi bukan dari mimpi, akan tetapi dengan ada kecondongan hati kepada salah satu dari pilihan tersebut setelah melakukan shalat istikharah.

Penting!!

Lakukanlah shalat istikharah minimal 3 kali dalam jangka waktu selang beberapa hari. Untuk melihat dan membaca tanda-tanda yang diberikan oleh Allah. seperti misalnya bermimpi berturut-turut, atau tanda-tanda lainnya.

Sekalipun tidak ada tanda apa-apa, bukan berarti shalat kita tidak diterima. Jika tidak ada tanda apapun, maka silahkan pilih dengan mengucapkan “Bismillah”, maka Insya Allah pilihan tersebut juga akan semakin dekat dengan kebenaran. Karena sudah melakukan shalat istikharah sebelumnya.

Shalat Istikharah dan Manfaatnya

Shalat Istikharah dan Manfaatnya

Tentu kamu sudah paham bahwa shalat istikharah dilakukan dengan tujuan untuk meminta bantuan Allah dalam menentukan pilihan. Hal itu juga yang menjadi salah satu tujuan dari shalat istikharah, yaitu memohon petunjuk.

Namun selain itu, ada beberapa manfaat shalat istikharah lainnya yang bisa kita dapatkan jika melakukan shalat istikharah. Yaitu:

Menentukan Pilihan

Menentukan pilihan adalah salah satu tujuan utama dari melakukan shalat istikharah ini. Karena memang shalat istikharah biasanya dilakukan dengan tujuan untuk memilih dari beberapa pilihan yang ada.

Selain itu, pilihan yang dipilih dengan didahului oleh shalat istikharah akan semakin dekat dengan kebenaran. Karena ada bantuan Allah dalam memilihnya.

Memperoleh Ridho Allah

Dengan melakukan shalat istikharah, maka kita juga sekalian dengan meminta ridho Allah kepada diri kita. Semakin sering kita berdoa dan melakukan ibadah termasuk shalat istikharah, maka kita akan semakin mudah mendapatkan ridho Allah.

Jika Allah sudah ridho, maka tentu semua hal akan menjadi mudah. Apalagi dalam menentukan pilihan. Insya Allah akan selalu ada bantuan Allah jika memang Allah sudah ridho terhadap kita.

Menambah Kedekatan Dengan Allah

manfaat sholat istikharah

Orang yang senantiasa berdoa kepada Allah akan semakin dekat dengan Allah. Kedetakan ini sangatlah penting. Karena jika kita sudah dekat dengan Allah, maka Insya Allah akan semakin mudah jalan yang kita tempuh ke depannya.

Karena Allah pasti akan semakin mudah dan senang menolong orang-orang yang dekat denganNya.

Maka sangat penting untuk meraih kedekatan dengan Allah. Karena dengan kedekatan bersama Allah itulah akan sangat membantu kita dalam semua kegiatan. Selain itu, kedekatan dengan Allah juga akan membuat kita mudah khusyu’ dalam ibadah.

Sehingga ibadh kita menjadi lebih bernilai di sisi Allah.

Meningkatkan Ketaqwaan

Meningkatkan ketaqwaan tentu saja akan mudah kita peroleh jika sudah semakin sering untuk berdiskusi dengan Allah. Karena ketika semakin banyak kita memohon kepada Allah, maka semakin banyak pula Allah melihat kita.

Dan jika Allah sudah memandang kita, maka Insya Allah kita akan banyak sekali mendapatkan keberkahan dari pandangan Allah tersebut. Dan akan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita kelak di dunia maupun di hari kiamat.

Maka marilah banyak melakukan shalat istikharah untuk salah satu tujuan ini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: