Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro LENGKAP [Pengertian | Kasus | Penggunaan]

Perbedaan ekonomi mikro dan makro merupakan hal yang seharusnya dikehatui oleh mayoritas masyarakat. Khususnya buat kamu yang memang sedang mempelajari ekonomi dan fokus pada bidang ilmu ekonomi ini.

perbedaan ekonomi mikro dan makro sangat banyak dibahas pada berbagai aspek pengetahuan ilmu ekonomi.

Hal ini dikarenakan perbedaan ekonomi mikro dan makro menjadi salah satu indikasi penting untuk menentukan seberapa besar kemajuan suatu bangsa atau negara. Akibatnya akan banyak pembahasan tersendiri terkait perbedaan ekonomi mikro dan makro baik dilihat dari sisi mikro atau makronya.

[Baca juga: Doa mandi wajib]

Lalu bagaimana sebenarnya pengertian ataupun perbedaan ekonomi mikro dan makro?

Mari kita bahas.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro serta Orang-Orang Yang Harus Mengetahuinya

ekonomi mikro dan makro
ilustrasi memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro

Orang yang harus benar-benar memahami tentang ilmu perbedaan ekonomi mikro dan makro ini bukanlah hanya dari kalangan akademisi saja. Namun semua masyarakat harus memahami ini. Tujuannya adalah agar mengerti berbagai isu ekonomi yang sedang terjadi.

Baik di negara sendiri ataupun negara lainnya.

perbedaan ekonomi mikro dan makro menjadi hal yang sangat penting karena kekayaan atau kemakmuran suatu negara juga bisa dinilai dari kategori ini.

Tentunya kamu akan paham bahwa jika kita tidak mengetahui tentang perbedaan ekonomi mikro dan makro, maka kita akan mudah dibohongi oleh pihak tertentu untuk kepentingannya.

Misalnya adanya orang yang mengatakan bahwa indonesia memiliki kemakmuran ekonomi yang bagus dengan pertumbuhan yang menigkat. Padahal data yang ditampilkan adalah data mikro, tentu saja ini menjadi kesalahan fatal.

Karena pertumbuhan mikro yang tidak merata tidak akan mampu menerjemahkan pertumbuhan global suatu bangsa.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui ilmu secara keseluruhan.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Dan Kepentingan Mempelajarinya

pengertian ekonomi mikro
ilustrasi memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro

Perbedaan ekonomi mikro dan makro menjadi sangat penting memang karena ini merupakan suatu hal yang bisa mendeskripsikan suatu bangsa.

Selain itu, perbedaan ekonomi mikro dan makro harus benar-benar dipahami sebelum pihak kementrian atau pemerintahan mengambil keputusan tertentu dalam membantu perekonomian suatu bangsa.

Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa perbedaan ekonomi mikro dan makro harus benar-benar dipahami secara keseluruhan.

Karena jika pemerintah atau pengamat ekonomi salah memilih keputusan dalam mengelola perekonomian bangsa, maka yang terjadi justru suatu negara akan hancur. Kehancuran suatu bangsa bukan hal yang sederhana. Akan tetapi sangat berbahaya.

Karena bahayanya akan meluas.

Bahaya yang meluas adalah bahaya yang disebabkan karena peluang untuk meluluhkan suatu bangsa menjadi lebih besar ketika bangsa asing sudah melihat bahwa banyaknya peluang untuk menguasai suatu negara.

Indonesia misalnya.

Jika Indonesia memiliki pengetahuan terkait ekonomi yang rendah, maka akan sangat mudah untuk diakali oleh neraga luar. Akibatnya bangsa indonesia atau negera indonesia akan dengan mudahnya dibohongi.

Bertambahnya Pengangguran

pengertian ekonomi makro
ilustrasi pengangguran

Jika suatu bangsa tidak memahami dengan baik tentang perbedaan ekonomi mikro dan makro, maka dipastikan pula bahwa kebijakan yang akan diambil adalah kebijakan yang biasanya akan salah atau keliru.

Akibatnya pun akan menjadi lebih besar karena pada saat  itu indonesia akan sulit untuk memperdayakan putra bangsanya sendiri. Sehingga akan banyak pengangguran yang ada di Indonesia. Inilah akibat fatalnya.

Pada dasarnya, kebijakan ekonomi diambil untuk memajukan ekonomi.

Lalu apa yang terjadi jika penganguran bertambah? Justru bangsa menjadi gagal menjadi negara yang baik dan menumbuhkan ekonomi suatu bangsa. Oleh karena itulah, pentingnya untuk memahami pengetahuan tentang perbedaan ekonomi mikro dan makro karena efeknya sangat besar.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Dari Segi Kerugian

ekonomi makro dan mikro
ilustrasi kerugian akibat tidak memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro

Mengapa penting untuk membahas kerugian pada bab ini?

Bukankah kita justru menginginkan pertumbuhan? Pentingnya juga membahas tentang kemungkinan kerugian yang akan didapatkan oleh suatu negara jika salah dalam mengambil keputusan.

Tentu saja kesalahan karena tidak memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro.

Oleh karena itu sangat penting untuk memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro dikarenakan adanya faktor yang akan menyebabkan terhambatnya suatu keputusan ekonomi yang harus diambil.

Jika keputusan ekonomi sulit diambil, maka akan sulit pula untuk menatta negara secara cepat dan tepat. Akibatnya akan didapatkan kesalahan besar dalam perekonomian suatu bangsa. Jika hal itu terjadi, maka suatu negara berpotensi menjadi negara yang miskin dan tidak makmur.

Apakah itu yang kita inginkan? Tentu tidak.

Oleh karena itu perlu adanya keseriusan dalam memahami semua aspek berkaitan dengan ekonomi, khusunya pada bagian memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Bisa Memajukan Ekonomi?

teori ekonomi mikro
ilustrasi perbedaan ekonomi mikro dan makro

Banyak orang yang menganggap ilmu akan penting jika hanya dinilai dari segi ekonominya saja. Atau juga ilmu dinilai penting jika sudah bisa dihitung dari segi keuangan.

Itu adalah pemahaman yang keliru.

Hal itu karena disebabkan oleh keuangan tidak selalu bisa didapatan meskipun kita sudah mengetahui suatu ilmu tertentu.

Bukankah keuangan itu faktornya banyak?

Itulah yang terjadi ketika ingin menilai suatu ilmu dengan uang. Karena pada dasarnya, ilmu itu sangat luas dan tidak terbatas. Pengetahuan atau pemahaman itulah yang sangat mahal dari seseorang. Sehingga akan keliru jika dinilai dari uang saja.

Ilmu itu luas.

Sehingga kehebatan ilmu tidak selalu bisa dinilai dengan uang. Akan tetapi banyak sekali yang menjadi kaya atau memajukan ekonomi dengan kehebatan ilmu yang dimiliki. Contohnya adalah para menteri di suatu negara yang menggunakan ilmunya untuk membangun bangsa.

Namun secara umum, memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro akan sangat membatu suatu negara untuk membangun bangsanya.

Oleh karena itu sangat penting untuk kamu memahami ilmu perbedaan ekonomi mikro dan makro demi memajukan bangsa dan perekonomian. Apalagi kalau kamu berencana ingin menjadi salah satu bagian penting dalam bangsa ini.

Kamu tentu harus sangat memahami perbedaan ekonomi mikro dan makro ini.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro

  • Ekonomi Mikro

ekonomi mikro
ilustrasi ekonomi mikro

Ekonomi Miro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari ekonomi dalam lingkup kecil atau sempit. Lingkup yang dibahas dalam ekonomi mikro biasanya adalah lingkup rumah tangga, lingkup usaha kecil, atau perusahaan.

Pada dasarnya, ekonomi mikro hanya membahas urusan individu yang menggunakan sumber daya terbatas. Khususnya sumber daya dari diri sendiri saja.

Ekonomi mikro memang hanya membahas tentang individu yang dilihat dari sisi ekonominya. Sehingga jika dilihat hal-hal yang dibahas dalam ekonomi, maka ekonom mikro akan membahas hal-hal berikut:

  • Permintaan
  • Penawaran
  • Perilaku konsumen
  • Perilaku produsen
  • Pasar
  • Penerimaan
  • Biaya
  • Laba dan rugi

Jadi tidak ada membahas tentang ekonomi negara di dalam pembahasan ekonomi mikro. Semuanya adalah berkenaan tentang ekonomi dalam lingkup sederhana, sempit, kecil, dan individual. Untuk pembahasan negara, itulah yang menjadi fokus dari ekonomi makro.

Untuk lebih lengkap akan dibahas di bawah ini.

  • Ekonomi Makro

ekonomi makro
ilustrasi ekonomi makro

Ekonomi makro adalah pembahasan ekonomi yang mempelajari variabel ekonomi secara keseluruhan. Ekonomi makro lebih luas jika dibandingkan dengan ekonom mikro, karena mencakup negara atau wilayah.

Inilah salah satu fokus dasar dari perbedaan ekonomi mikro dan makro. Jika mikro hanya membahas skala kecil, maka makro membahas skala yang lebih luas.

Perbedaannya ada pada variabel.

Pada ekonomi makro, variabel yang dibahas menjadi lebih lengkap dan secara keseluruhan. Beberapa variabel tersebut adalah:

  • Pendapatan nasional
  • Kesempatan kerja
  • Pengangguran
  • Jumlah uang beredar
  • Inflasi
  • Pertumbuhan ekonomi negara
  • Hutang negara
  • Pembayaran internasional

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Dari Segi Masalah Ekonomi

pengantar ekonomi mikro
ilustrasi perbedaan ekonomi mikro dan makro

Di lihat dari segi masalah ekonomi yang terjadi. Kita juga bisa meninjau kembalkembali bagaimana sebenarnya perbedaan ekonomi mikro dan makro. Pemhasan masalah ini diperlukan untuk semakin bisa membedakan apa saja sebenarnya perbedaan ekonomi mikro dan makro.

  • Sumber Daya Dalam Ekonomi Mikro dan Makro

teori ekonomi makro
ilustrasi sumber daya

Dalam ekonomi makro akan membahas bagaimana suber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Jika sumber daya belum bisa dimanfaatkan secara keseluruhan, maka hal ini disebut under employement.

Sementara jika sudah bisa dimanfaatkan semuanya secara keseluruhan, maka keadaan ini disebut dengan full employement.

Sedangkan dalam ekonomi mikro, sumber daya yang dibahas hanya masalah sumbed daya yang digunakan sehari-hari oleh usaha perorangan atau skala kecil. Sehingga pembahasan menjadi lebih sederhana.

  • Nilai Uang Dalam Ekonomi Mikro dan Makro

perbedaan ekonomi makro dan mikro
ilustrasi nilai uang

Ekonomi makro membahas nilai uang secara keseluruhan atau menyeluruh. Yaitu dengan melihat bahwa apakah nilai uang mengalami penurunan atau kenaikan. Bagaimana kestabilan nilai uang jika dibandingkan dengan mata uang luar negeri.

Sedangkan dalam ekonomi mikro, pembahasan nilai mata uang tidak disinggung. Yang dibahas hanya beberapa barang mengalami kenaikan atau penurunan saja. Tidak membahas secara global atau luas seperti makro.

  • Pertumbuhan Ekonomi Dalam Ekonomi Mikro dan Makro

contoh ekonomi mikro
ilustrasi kenaikan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi ini jika dalam ekonomi makro akan dibahas secara merata yaitu dengan sangat luas dan melihat semua sisi dari ekonomi bangsa. Umumnya pertumbuhan ekonomi dilihat dari :

  • Distribusi pendapatan yang baik.
  • Pemerataan ekonomi.
  • Pemerataan distribusi.
  • Pendapatan negara

Sedangkan dalam ekonomi mikro hanya dibahas bahwa beberapa pengusaha atau sektor usaha mengalami kenaikan dan ada yang mengalami penurunan. Hanya lingkup kecil, tidak dibahas secara menyeluruh seperti ekonoi makro.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Dari Segi Tujuan Analisa

masalah ekonomi makro
ilustrasi perbedaan ekonomi mikro dan makro

Selain pembahasan di atas tersebut, perbedaan ekonomi mikro dan makro juga bisa dipahami dengan lebih mudah jika dilihat dari segi tujuan analisa yang dilakukan. Berikut adalah tabel dari perbedaan ekonomi mikro dan makro dari segi analisanya:

Aspek Makro Mikro
Harga Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja) Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan)
Unit Analisa                

Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan

Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbu8han ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.
Tujuan Analisa Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat. Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan

Jika kita sudah bisa memahami semua isi dari pengertian ini, maka kamu sudah memahami bagaimana perbedaan ekonomi mikro dan makro sebenarnya. Sehingga akan mudah bagi kamu untuk mengambil keputusan demi kebaikan negeri dan juga untuk memudahkan pemahaman berikutnya.

Petutup

pengantar ekonomi makro
perbedaan ekonomi mikro dan makro

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan ekonomi mikro dan makro. Semoga kamu bisa memahami dengan baik dan bisa menambah ilmu pengetahuan kamu.

Update terus wesite alhadiibrahim.com agar kamu bisa memahami lebih baik tentang berbagai ilmu dan pengatahuan lainnya.

Demikian dan terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: