√ Panduan Niat Sholat Jumat LENGKAP [Lafadz, Keutamaan, Dll]

Muslim yang laki-laki memiliki kewajiban untuk melakukan sholat jumat. Sedangkan bagi perempuan, hukumnya adalah sunnah. Dalam menjalanakan sholat jumat tentu ada banyak hal yang harus dipelajari. Mulai dari niat sholat jumat, tata cara sholat jumat, dan lainnya.

Untuk itulah tulisan ini dibuat, yaitu untuk membantu anda dalam memahami hal tersebut.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa pengetahuan tentang hal seperti ini adalah sangat penting untuk dijalankan dan diamalkan. Jika tidak, akan menimbulkan dosa besar. Khususnya bagi laki-laki karena berkewajiban untuk menunaikan sholat jumat.

Sholat Jumat

niat sholat jumat

Sholat jumat adalah sholat yang dikerjakan di hari jumat dan dikerjakan di waktu zuhur. Sholat jumat sendiri diawali dengan khutbah terlebih dulu. Dalam penjelasan khutbah ini juga sebenarnya lumayan panjang.

Namun kita tidak akan membahas hal tersebut di tulisan ini. Karena tulisan ini akan lebih berfokus pada niat sholat jumat guna membuat sholat jumat yang dilakukan menjadi lebih sempurna. Serta sesuai dengan ketentuan yang ada.

Penting!!

Jika salah dalam niat, maka semua menjadi sia-sia. Sebagaimana yang disabdakan oleh baginda bahwa semua amalan adalah tergantung dari niatnya. Jika niatnya benar, maka amalan itu akan benar selama syarat dan rukunnya terpenuhi.

Akan tetapi jika niatnya salah, akan tetap tidak sah walaupun syarat dan rukunnya sudah dijalankan. Maka pelajarilah dengan benar tentang semua niat dalam ibadah kita.

Termasuk niat sholat jumat.

Khususnya bagi laki-laki, karena niat sholat jumat adalah bagian dari rukun sholat jumat yang harus dipenuhi oleh semua orang yang sholat jumat.

Niat Sholat Jumat

niat sholat jumat

Niat sholat jumat kerap kali ditanyakan oleh beberapa orang. Padahal yang bersangkutan sudah menjalankan sholat jumat selama bertahun-tahun lamanya. Lalu bagaimana niatnya selama ini?

Fenomena atau pertanyaan seperti ini banyak sekali terjadi. Bahkan untuk hal-hal dasar seperti cara mandi wajib atau doa mandi wajib pun masih banyak yang bertanya. Meskipun sudah tua. Untuk itulah kami berinisiatif untuk membahas hal-hal seperti itu untuk memenuhi kebutuhan ummat.

Pada dasarnya hal itu wajar saja.

Karena orang akan bertanya sesuai dengan kemampuannya dalam memahami ilmu. Tentu saja dia bertanya sesuatu yang belum diketahui ini. Bahkan niatnya atau kemauannya untuk bertanya pun sudah harus diapresiasi.

Itu artinya orang tersebut punya niat untuk berubah. Maka kita juga harus saling mendukung untuk mewujudkan hal itu. Agar semua masyarakat muslim menjadi lebih baik dan lebih sempurnan dalam semua ibadah yang dikerjakan.

Sepakat?

Jika sepakat, bantulah dakwah baginda dengan berbagai cara. Bisa membuat tulisan di media sosial, ajak langsung, atau share tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Nah, mari kita masuk kembali ke pembahasan tentang niat sholat jumat.

Niat sholat jumat pada dasarnya sama dengan niat sholat jumat lainnya dari segi hukum dan penggunaannya. Karena niat adalah wajib diucapkan di setiap awal sholat. Demikian juga niat sholat jumat.

Berikut adalah lafadz dari niat sholat jumat:

niat sholat jumat

Tata Cara Sholat Jumat

Tata Cara Sholat Jumat

Tata cara sholat jumat juga merupakan hal yang harus dipahami oleh kamu yang menjalankan sholat jumat. Tentu saja harus tahu, agar sholat jumat yang dikerjakan menjadi sah dan sempurna sesuai ketentuan yang berlaku.

Tata cara sholat jumat adalah sama dengan sholat yang lainnya. Hanya perbedaannya adalah ada pada niatnya dan juga sholat jumat harus dilakukan secara berjamaah.

Jadi tidak bisa sholat sendiri.

Maka untuk melakukan sholat jumat, kamu harus pastikan bahwa kamu sudah ikut dengan khutbah jumat dan sudah ke mesjid untuk melaksanakan sholat jumat secara berjamaah. Ingat kembali bahwa sholat jumat tidak bisa dikerjakan di rumah karena harus berjamaah.

Amalan Hari Jumat

amalan hari jumat

Ada banyak sekali amalan yang bisa dilakukan di hari jumat. Selain itu juga keutamannya yang memang sangat penting untuk diingat. Karena itu, jangan sampai kita menyia-nyiakan hari jumat untuk benar-benar beramal semaksimal mungkin.

Beberapa amalan yang bisa dilakukan di hari jumat adalah sebagai berikut:

  • Membaca Surat Al-Kahfi.
  • Memperbanyak Dzikir
  • Memperbanyak Doa
  • Memperbanyak Shalawat
  • Mandi Jum’at
  • Memakai Pakaian Terbaik
  • Membersihkan Diri dan Menggunakan Minyak Wangi
  • Membersihkan Diri dan Menggunakan Minyak Wangi
  • Memperbanyak Shalat Sunnah Sebelum Khatib Naik Mimbar
  • Menyegerakan Berangkat ke Masjid
  • Melaksanakan Shalat Sunnah Setelah Shalat Jum’at

Jika kita serius untuk melakukan amalan-amalan berikut pada hari jumat, Insya allah akan mendapatkan banyak sekali kebaikan dan pahala dari allah. Selain itu juga allah akan semakin mencintai kita karena kita telah mengagungkan hari jumat.

Amalan pada hari jumat harus dilakukan dengan khusyu dan fokus. Serta banyak mengingat bahwa ketika kita mengikuti atau memeriahkan hari jumat dengan berbagai sunnah, niatnya adalah mengikuti baginda.

Karena cinta pada baginda.

Cinta itulah yang akan membuat ibadah kita menjadi lebih bernilai di sisi allah. Karena dengan cinta itu, allah telah menilai kita bahwa kita hanya ingin melakukan karena cinta. Bukan karena pahala atau lainnya.

Meskipun melakuakn karena berharap pahala adalah dibolehkan. Akan tetapi akan sangat baik pula jika alasan kita melakukan adalah semata-mata karena allah atau karena baginda.

Tentu hal ini lebih utama.

Niat Sholat Jumat Dan Kepentingannya

Niat Sholat Jumat Dan Kepentingannya

Seberapa pentingkah niat sholat jumat?

Tentu sangat penting, karena merupakan rukun dari sholat jumat itu sendiri. Jika tidak membaca niat dalam sholat jumat, maka sholat jumat menjadi tidak sah alias sia-sia.

Apabila sudah disebut sebagai rukun, maka wajib untuk melakukannya. Sama halnya dengan rukun alfatihah misalnya. Tentu membaca surat alfatihah adalah sebuah rukun dan wajib untuk dibaca. Dan apabila tidak dibaca, maka sholat menjadi tidak sah.

Begitu pula dengan niat sholat jumat.

Harus dilakukan layaknya rukun yang lain karena ini berkaitan dengan sah atau tidaknya suatu amalan. Amalan yang sah tentunya adalah amalan yang dilengkapi dengan niat beserta rukun lainnya.

Jika niat tidak dilakukan, maka meskipun rukun lain sudah lengkap, tetap saja dianggap tidak sah karena adanya salah satu rukun yang tidak dijalankan. Yaitu rukun niat sholat jumat dalam sholat jumat yang dikerjakan.

Niat Sholat Jumat Dan Waktu Membacanya

Niat Sholat Jumat Dan Waktu Membacanya

Kapankah waktu membaca niat sholat jumat yang benar?

Seperti yang sudah dijelakan sebelumnya bahwa niat sholat jumat adalah kedudukannya sama seperti niat dalam sholat lainnya. Itu artinya jika niat tidak dilakukan, maka sholatpun menjadi tidak sah. Karena semua amalan tengantung dari niatnya.

Adapun dalam hal ini, membaca niat sholat jumat juga sama seperti kita membaca niat sholat lainnya. Yaitu dibaca sekalian dengan takbiratul ihram. Ketika mulut mengucapkan ‘Allahu Akbar”, maka pada saat itu juga hati melakukan niat.

Sama seperti sholat lainnya.

Oleh karena itu tidak perlu bingung dalam menanggapi hal ini. Kamu cukup mengetahui bagaimana niat sholat jumat dan bisa langsung mempraktekkannya sama seperti sholat lainya. Yaitu dibaca ketika takbiratul ihram.

Niat Sholat Jumat Dan Hukumnya

Niat Sholat Jumat Dan Hukumnya

Apakah hukum membaca niat sholat jumat? Hukumnya adalah wajib.

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan bahwa niat merupakan rukun, maka rukun adalah salah satu penentu apakah suatu ibadah itu sudah benar atau belum. Jika rukun tidak dipenuhi, maka ibadah juga menjadi tidak sah.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membaca niat sholat jumat ketika mengerjakan sholat jumat. Karena tidak membaca niat adalah suatu kesalahan dalam ibadah dan bisa membuat amalan itu menjadi tidak sah.

Kesalahan Niat Sholat Jumat

Kesalahan Niat Sholat Jumat

Ada beberapa kesalahan niat sholat jumat yang terkadang dilakukan oleh seseorang. Diantaranya adalah:

Niatnya Tidak Dibaca di Awal

Niat yang tidak dibaca di awal atau sekalian dengan takbiratul ihram bisa membuat ibadah sholat menjadi tidak sah. Misalnya seseorang yang sudah sholat dan baru lupa membaca niat sholat jumatnya. Ketika sudah alfatihah, baru dia teringat.

Maka jika ini terjadi, sholatnya tidak sah.

Orang tersebut harus kembali melakukan takbiratul ihram dan dibarengi dengan niat, serta memulai sholatnya dari awal. Jika tidak diulang, maka semua gerakan dan rukun sholat jumatnya yang diakukan juga menjadi tidak sah atau sia-sia.

Lupa membaca niat

Lupa membaca niat juga menjadi salah satu hal yang sering terjadi karena kurangnya konsentrasi pada saat mengerjakan ibadah sholat jumat. Untuk itu, maka harus diperhatikan kembali semua hal yang dikerjakan harus lengkap dengan niatnya.

Tidak Berniat Sebagai Makmum (bagi makmum)

Ada juga orang melakukan sholat jumat sebagai makmum, akan tetapi tidak berniat sebagai makmum dalam sholat jumat. Hal ini merupakan kesalahan. Karena sholat jumat adalah tidak boleh dilakukan secara sendiri-sendiri.

Melainkan harus berjamaah.

Untuk itu harus benar-benar diperhatikan semua hal berkaitan dengan niat sholat jumat agar tidak ada kesalahan dalam sholat jumat yang dikerjakan.

Orang Yang Harus Membaca Niat Sholat Jumat

Siapa saja yang wajib membaca niat sholat jumat?

Jawabannya adalah siapa saja yang melakukan sholat jumat. Karena semua amalan harus dilakukan dengan benar dan juga memenuhi semua rukunnya. Termasuk dalam hal ini adalah niat sholat jumat.

Maka semua yang sholat jumat atau sudah wajib untuk melakukan sholat jumat, harus membca niat sholat jumat. Maka siapakah yang wajib melakukan sholat jumat? Tentu saja semua laki-laki yang sudah baligh maka wajib mengerjakan sholat jumat.

Untuk itu semua laki-laki baligh juga menjadi wajib untuk membaca niat sholat jumat ketika mengerjakan sholat jumat tentunya.

Jika Belum Hafal Doa Sholat Jumat

Jika belum hafal doa sholat jumat

Bagaimanakah solusinya jika belum hafal niat sholat jumat? Solusinya mudah, karena niat sholat jumat tidak harus dibaca dalam bahasa arab seperti yang umum diketahui. Akan tetapi bisa juga dibaca dalam bahasa indonesia.

Oleh karena itu, bagi anda yang belum hafal dalam bahasa arabnya, bisa membaca dalam bahasa indonesia. Sehingga menjadi sah dalam menjalankan sholat jumatnya.

Pada dasarnya, niat tidak harus sama persis.

karean yang sangat diperlukan dalam suatu niat adalah kesengajaan ketika melakukan sesuatu. Oleh karena itulah lafadh niat sholat jumat dalam bahasa indonesia adalah “Sengaja aku melakukan sholat fardhu jumat 2 rakaat, sebagai makmum, karena Allah”.

pada lafadh tersebut bisa kita lihat bahwa ada kata “sengaja”. Hal inilah yang  membuktikan niat seseorang.

Yaitu harus ada kesengajaan dalam melakukan sesuatu.

Termasuk ibadah tentunya. Karena jika tidak sengaja, maka itu berarti bukanlah ibadah yang diniatkan, akan tetapi hal yang kebetulan terjadi. Misalnya orang menyumbangkan uangnya kepada suatu lembaga karena tidak adanya kembalian dari pembelian suatu barang.

Jika orang itu tidak berniat ketika menyumbang, maka tidak ada pahala baginya.

Karena dia hanya beramal dikarenakan tidak ada uang kembalian. Namun jika dia berniat walaupun awalnya karena tidak ada kembalian, maka hal ini dibolehkan dan dia tetap sudah berpahala.

Leave a Comment

%d bloggers like this: