Manfaat Jeruk Lemon TERBARU yang Belum Kamu Tahu

Kamu suka makan jeruk lemon? Jangan berhenti, karena kesukaanmu itu sebenarnya sekalian sambil kamu memenuhi berbagai kandaungan penting untuk tubuh kamu. karena manfaat jeruk lemon sebenarnya sangat banyak dalam kehidupan.

Banyak yang belum tahu apa saja manfaat jeruk lemon. Padahal jika semua orang tahu tentang besarnya manfaat buah ini, pasti akan dijadikan sebagai makanan rutin setiap hari.

[Baca juga: Doa mandi wajib]

Baiklah, langsung saja kita simak berbagai manfaat jeruk lemon berikut ini ya:

Manfaat Jeruk Lemon untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan manfaat jeruk lemon
meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan manfaat jeruk lemon

Buah lemon mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Termasuk diantaranya adalah penyakit cacingan. Bukan itu saja, lemon bahkan bisa menyembuhkan penyakit kanker juga. Hal itu karena lemon memiliki 22 nutrisi anti kanker. Hebat bukan?

Selain itu, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Tentunya kamu sudah paham karena memang bisanya makanan yang terasa asam itu banyak kandungan vitamin C nya. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Bukan hanya meningkatkan, bahkan juga menjaga dari bakteri, jamur, parasit, dan virus.

Jika lemon dicampur dengan madu dan sedikit air hangat, maka akan lebih berfungsi secara optimal untuk membauat sistem kekebalan tubuh agar menjadi lebih baik. Kemampuan ini dikarenakan campuran terebut mampu menyerap lebih banyak zat besi.

Kandungan vitamin C yang banyak dalam lemon membuat lemon memiliki banyak bioflavonoid di dalamnya. Kandungan itulah yang bisa meningkatkan pertahanan tubuh, khususnya menghindari dari penyakit pilek dan flu.

Oleh karena itu, baik bagi kamu untuk mengkonsumsi lemon secara rutin karena juga terdapat kandaungan saponin yang memiliki sifat antimikroba.

Menjaga Kesehatan Pencernaan dengan Khasiat Jeruk Lemon

menjaga pencernaan dengan manfaat khasiat jeruk lemon
menjaga pencernaan dengan manfaat khasiat jeruk lemon

Lemon bisa bermanfaat juga untuk meningkatkan gerakan peristaltik di dalam perut kamu. Efek dari manfaat ini adalah kamu akan mudah dalam proses buang air besar (BAB).

Tentunya kamu bisa mendapatkan semua khasiat ini dengan rutin mengkonsumsi lemon. Karena masalah pencernaan itu jika terganggu akan menimbulkan banyak penyakit. Makanya dengan hanya modal buah lemon, kamu bisa meredakan berbagai gangguan pencernaan.

Buah lemon memang memiliki segudang manfaat.

Kamu harus tahu bahwa ada banyak sekali uang yang dikeluarkan oleh orang untuk mengobati penyakit seperti asam lambung. Karena memang pengaruh dan rasanya yang sangat sakit.

Namun kamu bisa mengatasi asam lambung itu semua dengan bermodal lemon saja.

Selain itu, bagi kamu yang suka minum jus, bisa juga langsung disajikan dengan jus namun tetap menikmati khasiatnya. Jus lemon mampu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak empedu. Juga menjaga saluran pencernaan dengan menjaga gerakan makanan dalam tubuh.

Cara menyajikan lemon yang paling bagus adalah jika lemon dicampur dengan air hangat. Maka pengaruhnya akan sangat cepat terasa.

Hindari mencampurkan lemon dengan susu, karena rasanya juga tidak sedap. Hehe.

Cara menjaga pencernaan juga bisa dilakukan dengan cara lainnya. [Baca cara mengatasi pencernaan].

Membersihkan Usus

membersihkan usus dengan khasiat jeruk lemon
membersihkan usus dengan khasiat jeruk lemon

Penting untuk kamu tahu, bahwa jika kamu sering mengkonsumsi banyak makanan cepat saji, maka resiko untuk kesehatan kamu akan semakin besar pula. Efek bahayanya terletak pada usus besar.

Seperti yang kamu lihat sendiri, bahwa masyarakat sekarang memang sangat mudah dan lebih cenderung memilih makanan fast food. Tentu saja secara waktu, makanan cepat saji ini memang menjadi solusi, apalagi bagi kamu yang sangat terikat dengan waktu.

Namun, alasan tidak membuat kamu terhindar dari bahaya.

Apapun alasan yang kamu miliki, jika gaya hidupmu tidak sehat, maka tetap berbahaya bagi tubuh kamu sendiri.

Makanan cepat saji membuat kotoran transit terlalu lama di usus besar. Sehingga adanya sisa makanan yang terlalu lama di perut kamu akan bisa menimbulkan rasa mual. Bukan hanya mual, bahkan bisa juga muntah, sakit perut, diare, bahkan nyeri pada otot tubuh utamanya sendi.

Hal tersebut terjadi karena kurangnya serat dalam makanan fast food.

Namun buah lemon berfungsi untuk meningkatkan kontraksi otot usus. Dengan membantu gerakan secara teratur dan lancar pada usus besar, maka proses pencernaan akan menjadi lebih lancar dan cepat.

Untuk mendapatkan semua manfaat jeruk lemon ini, kamu hanya perlu mengkonsumsi segelas air lemon pada pagi hari, dan rutinkan setiap pagi.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke.

menjaga jantung dengan khasiat jeruk lemon
menjaga jantung dengan khasiat jeruk lemon

Seperti yang kamu tahu bahwa jeruk lemon memiliki banyak kandungan vitamin C.

Vitamin C memang dikenal sangat baik untuk jantung. Hal ini dikarenakan vitamin C sangat ampuh dalam berperan untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, juga mampu mengurangi tekanan darah.

Hmm, sepertinya memang memilik segudang manfaat ya.

Jeruk lemon juga mampu memenuhi HDL atau kolesterol jenis baik yang ada di dalam tubuh. Dengan memanfaatkan jeruk lemon, maka kamu sebenarnya telah menjaga agar jantungmu dalam keadaan baik.

Untuk jantung sendiri, salah satu perannya adalah melindungi pembuluh darah dari terjadinya penimbunan kelosterol, sehingga akan mencegah terjadinya serangan jantung.

Mengatasi kanker

mengatasi kanker dengan manfaat jeruk lemon
mengatasi kanker dengan manfaat jeruk lemon

Sebenarnya fungsi jeruk lemon dalam mengobati kanker adalah hal yang sudah lama dibicarakan.

Karena penelitian tentang manfaat jeruk lemon untuk kanker sudah dilakukan dari beberapa dekade terakhir. Hasilnya memang benar bahwa ekstrak lemon memiliki manfaat yang besar untuk menghancurkan sel-sel ganas dari jenis kanker di beberapa bagian tubuh.

Sel-sel yang dihancurkan tersebut termasuk di kanker usus, kanker paru-paru, bahkan kanker payudara.

Lemon mampu menghancurkan kanker dengan sangat efektif. Bukan hanya efektif, bahkan jauh lebih efektif dibandingkan dengan kemoterapi.

Tentunya faktor alami menjadi kekuatan dasar dari manfaat jeruk lemon ini.

Jadi kamu bisa banyak mengkonsumsi jeruk lemon untuk mendapatkan manfaat yang sempurna.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Menyeimbangakn keasaman (pH) tubuh

menyeimbangkan keasaman tubuh dengan manfaat jeruk lemon
menyeimbangkan keasaman tubuh dengan manfaat jeruk lemon

Manusia memiliki tingkat asam yang berbeda-beda. Asam sendiri jika sudah berlebihan maka akan beresiko terkena beberapa penyakit. Seperti asam lambung atau asam urat yang sudah sering kamu dengar.

Ngomong-ngomong, apakah kamu tau apa itu pH? Kalau belum tau, boleh baca di sini.

Secara umum, kadar asam itu tidak boleh dibiarkan terlalu banyak. Salah satu caranya adalah dengan mentralisir kandungan asam itu sendiri.

Nah, lemon memiliki fungsi untuk itu.

Kandungan yang terdapat dalam lemon ketika sudah masuk dalam tubuh akan berubah menjadi basa. Basa inilah yang memiliki peran untuk menetralisir asam. Jadi, kalau hitam berlawanan dengan putih, panas dengan dingin, begitu juga asam berlawanan dengan basa. Paham kan?

Dengan kandungan alkalinic yang terdapat di dalam lemon, kamu bisa menyeimbangkan kadar pH internal dengan dengan banyak mengkonsumsi lemon ini.

Tujuannya sederhana saja, yaitu untuk mengatasi peradangan termasuk nyeri akibat asam urat.

Memutihkan Gigi Menggunakan Jeruk Lemon

memutihkan gigi dengan manfaat jeruk lemon
memutihkan gigi dengan manfaat jeruk lemon

Apakah kamu memiliki gigi yang kurang putih atau kuning?

Ada cara mudah untuk membuat gigi kamu menjadi putih kembali. Yaitu dengan menggunakan lemon.

Kandungan dalam lemon yang berupa kalsium yang berperan besar untuk memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan lemon juga cukup sederhana:

  • Siapkan sebuah lemon
  • Siapkan baking soda.
  • Peras lemon ke dalam baking soda.
  • Aduk hingga merata dan tercampur sempurna.
  • Oleskan dan ratakan pada seluruh permukaan gigi.
  • Diamkan selama 90 detik.
  • Bilas dan sikat gigi kamu kembali hingga bersih.

Kandungan natrium bikarbonat yang ada di dalam lemon bermanfaat untuk menghancurkan lapisan warna pada gigi kamu. Oleh karena itu ketika lapisan warna luar sudah habis, maka lapisan dalamnya yang putih akan muncul kembali ke bagian luar.

Namun jangan melakukan cara ini terlalu sering. Karena kandungan yang menghancurkan lapisan warna kulit tersebut juga berpotensi merusak email gigi.

Mengatasi rambut dan ketombe

manjaga rambut dengan khasiat jeruk lemon
manjaga rambut dengan khasiat jeruk lemon

Ada banyak shampo yang juga menawarkan fungsi untuk menghilangkan ketombe. Namun kamu punya solusi lain selain membeli shampo dengan harga yang lumayan itu. Yaitu dengan menggunakan manfaat jeruk lemon tentunya.

Selain ketombe, khasiat jeruk lemon juga bisa untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya menggunakan manfaat jeruk lemon ini juga cukup mudah untuk kamu praktekkan. Berikut cara mengatasi rambut rontok dan ketombe dengan manfaat jeruk lemon:

  • Peras 1 jeruk lemon atau 2 jika rambut kamu terlalu tebal.
  • Ratakan pada seluruh rambut dan kulit kepala
  • Pijat agar semakin merata dan menyerap.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Lalu bilas seperti biasa atau bisa langsung keramas.

Sebuah penelitian di Undip juga disebutkan bahwa kandungan dlimonene yang terdapat dalam jeruk lemon memiliki efek yang anti jamur. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk rambut kamu.

Kamu juga bisa ikut memanjangkan rambut dengan cara mudah, silahkan baca cara meanjangkan rambut.

Khasiat Jeruk Lemon untuk Kesehatan otak

menjaga kesehatan otak dengan manfaat jeruk lemon
menjaga kesehatan otak dengan manfaat jeruk lemon

Sudah tidak perlu dibahas bahwa memang otak memiliki peran yang sangat mendasar dalam hidup kita.

Semua ide, semua gagasan itu memang muncul dari otak. Benar kan?

Meskipun sumbernya mungkin dari ide teman, saran teman, atau bacaan buku tertentu, namun jika otak tidak menangkap hal itu sebagai hal yang bisa diambil, maka semuanya tetap tidak berguna.

Mengkonsumsi manfaat jeruk lemon juga sama dengan kamu sudah menjaga kesehatan otak. Kulit lemon memiliki zat phytonutrient, atau terkadang disebut sebagai tangeretin. Kandungan ini berfungsi untuk meminimalisir permasalahan pada otak contohnya seperti penyakit parkinson.

Peran otak sangat mendasar, oleh karena itu kamu harus sangat serius dalam menjaga kesehatan otak.

Kesehatan hati dengan Menggunakan Manfaat Jeruk Lemon

menjaga kesehatan hati dengan manfaat jeruk lemon
menjaga kesehatan hati dengan manfaat jeruk lemon

Kamu tentu paham kan bahwa hati memiliki fungsi yang sangat besar bagi tubuh.

Oleh karena itu penting juga bagi kamu untuk merawat hati agar tetap dalam keadaan sehat, sehingga semua fungsinya bisa bekerja dengan optimal.

Kandungan buah lemon bisa membantu proses detoksifikasi pada organ hati yang vital. Selain itu juga sekaligus merangsang produksi empedu, melarutkan asam urat, dan membuang berbagai racun dalam tubuh.

Termasuk kandungan yang sangat berharga dari lemon adalah asam sitrat.

Asam sitrat inilah yang berfungsi untuk memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja hari menjadi lebih baik.

Petutup

khasiat jeruk lemon
khasiat jeruk lemon

Nah, itulah beberapa khasiat jeruk lemon yang sangat bagus untuk kamu ketahui. Tentunya bukan hanya mengetahui ya, akan tetapi akan sangat bermanfaat jika kamu mau mengkonsumsi secara rutin buah lemon tersebut.

Jangan lupa menyebar kebaikan termasuk dengan menyebarkan manfaat dari buah jeruk lemon ini, agar semua merasakan manfaat dari buah ini.

Sehingga semua orang bisa mendapatkan banyak pengaruh positif secara alami dan hemat kantong.

Itu saja ya pembahasan kali ini, akses terus Alhadi Ibrahim untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Demikian, terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: