10 Manfaat Daun Seledri yang Luar Biasa untuk Tubuh Kamu

Manfaat daun seledri sebenarnya sangat banyak secara prakteknya. Namun beberapa masih belum memiliki bukti konkrit tentang pembuktiannya. Oleh karena itu, pada tulisan ini kamu akan mengetahui berbagai kelebihan daun seledri yang sudah dibuktikan oleh peneliti.

Pada dasarnya, daun seledri memang sudah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak kegunaan.

[Baca juga: Doa mandi wajib]

Nah, apa saja manfaat daun seledri? Langsung saja simak artikel berikut ini:

Menenangkan Sharaf dengan Manfaat Daun Seledri

menenangkan saraf dengan manfaat daun seledri
menenangkan saraf dengan manfaat daun seledri

Mungkin kamu bertanya, bagaimana caranya daun seledri memiliki manfaat yang bisa menenangkan sharaf.

Secara umum, hal ini bisa dirasakan karena banyaknya kanduangan kalium dalam daun seledri. Oleh sebab itu kalium ini sangat bermanfaat untuk menenangkan sharaf.

Bukan hanya sharaf, bahkan juga menenangkan pikiran.

Oleh karena itu, bagi orang yang rutin mengkonsumsi daun seledri, dia akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak dari yang lain. Secara sadar atau tidak, orang yang mengkonsumsi manfaat daun seledri jauh lebih rileks dibandingkan dengan orang lain.

Selain itu, daun seledri sendiri telah menjadi alternatif bagi banyak orang untuk menenangkan pikiran dan menghindari stress.

Ada banyak cara untuk menghindari stres.

Daun seledri adalah salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk me-refresh kembali kesegaran kamu daripada harus menggunakan banyak uang untuk sekedar melakukan piknik atau wisata. Wisata dan piknik memang menjadi solusi untuk penyegaran pikiran, namun tentu boros.

Maka, daun seledri menjadi alternatif murah untuk menggantikan aktifitas refreshing kamu.

Daun Seledri untuk Mencegah Penyakit Sembelit

mengobati sembelit dengan manfaat daun seledri
mengobati sembelit dengan manfaat daun seledri

Kamu tahu sembelit? Saya yakin kamu sudah tahu ya. Jadi saya tidak akan menjelaskannya lagi. Namun bagi kamu yang belum tahu, silahkan klik di sini.

Makanan yang mengandung banyak air sangat berguna untuk menurunkan sembelit atau mengobati sembelit. Tentu hal ini dipengaruhi oleh keadaan serat daun seledri yang tidak mudah diserap oleh tubuh. Makanan yang tidak diserap itu akan mudah untuk dikeluarkan.

Oleh karenanya, bagi kamu yang mengalami sembelit, rutinkan mengkonsumsi manfaat daun seledri.

Dengan segudang manfaat yang ditawarkan oleh daun seledri ini, kamu tentu sudah paham bahwa memang daun seledri mengandung begitu banyak manfaat jika kamu konsumsi dan tidak rugi sama sekali.

Dengan daun seledri pula, kamu selain bisa menurunkan berat badan, juga bisa mencegah sembelit yang juga berhubungan dengan pencernaan kamu.

Untuk pencernaan sendiri, ada juga cara lain untuk mengobati pencernaan. Bada Manfaat Daun Salam.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Mengurangi kolesterol dengan manfaat daun seledri
Mengurangi kolesterol dengan manfaat daun seledri

Kolesterol sebenarnya adahal zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Itu sebabnya, kolesterol itu dibagi menjadi kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Hal ini dikarenakan yang tidak baik berada dalam tubuh adalah kolesterol jahat. Yaitu kolesterol yang memiliki peran negatif bagi tubuh, seperti menjadi penyebab datangnya penyakit. Penyakit yang datang akibat kolesterol jahat pun tidak main-main, sebut saja penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Seram kan?

Maka sangat penting sebenarnya bagi kita untuk lebih memperhatikan kesehatan diri kita dengan juga membatasi asupan makanan tertentu yang mampu memberikan resiko negatif bagi kesehatan.

Manfaat daun seledri termasuk salah satunya adalah mengurangi kadar kolesterol.

Bagaimana caranya sehingga daun seledri bisa mengatasi kolesterol? Yaitu dengan kandungan vitamin A yang dimiliki oleh daun seledri. Vitamin A memiliki banyak fungsi selain menjaga kesehatan mata, tentu termasuk diantaranya adalah menjaga kadar kolesterol.

Oleh sebab itulah, makanan yang mengandung banyak kadar vitamin A akan sangat baik jika dikonsumsi secara rutin. Karena tidak hanya memiliki satu manfaat, akan tetap banyak sekali manfaat yang bisa dinikmati dari hanya satu jenis makanan ini.

Maka, sangat disarankan untuk aktif mengkonsumsi daun seledri secara rutin.

Selain daun seledri, daun sirsak juga bisa membantu menurunkan kolesterol. [Baca: alhadiibrahim.com/manfaat-daun-sirsak].

Menigkatkan Kecerdasan Otak dengan Manfaat Daun Seledri

meningkatkan kecerdasan otak dengan khasiat daun seledri
meningkatkan kecerdasan otak dengan khasiat daun seledri

Kamu tentu sudah paham bahwa otak memiliki peran yang sangat baik dalam kehidupan kamu. tentu saja tanpa adanya kemampuan yang baik bagi otak, akan sulit bagi kamu untuk berpikir bahkan untuk hal kecil sekalipun.

Memang benar bahwa setiap orang  memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Salah satu penyebab dari kecerdasan biasnaya adalah keturunan. Namun tidak hanya berhenti disitu, karena salah satu penyebab penting dari meningkatnya kemampuan otak adalah makanan.

Makanan yang bergizi akan meningkatkan kecerdasan otak.

Namun tidak hanya gizinya saja yang dibutuhkan, karena ada makanan tertentu yang memang sudah terbukti mampu meningkatkan kualitas otak secara drastis. Salah satunya adalah manfaat daun seledri.

Daun seledri sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak kamu.

Manfaat ini dikarenakan daun seledri memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi namun bukan karbohidrat yang diiringi dengan kandungan gula.

karbohidrat yang sehat inilah yang mampu mendatangkan manfaat luar biasa untuk kecerdasan otak. Yaitu meningkatkan kualitas serta kecerdasan otak dengan sangat maksimal, sehingga mampu memberikan manfaat yang akan sangat berpengaruh bagi kemampuan berpikir kamu.

Jika kemampuan berpikir sudah maksimal, tentunya akan sangat baik pula bagi ide yang dihasilkan, gagasan, serta prestasi kamu ke depan.

Jadi, rutinkan mengkonsumsi daun seledri untuk memaksimalkan hidupmu.

Ampuh Obati Anemia dengan Daun Seledri

mengobati anemia dengan khasiat daun seledri
mengobati anemia dengan khasiat daun seledri

Penyakit anemia termasuk penyakit yang bisa menimbulkan efek tar terduga. Pada dasarnya efek dari anemia adalah seperti pusing, badan terasa lemas dan sebainya. Namun jika kamu pusing di tempat yang tidak tepat, sangat mungkin pula konsentrasimu hilang dan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah mengapa kamu harus serius menanggapi penyakit anemia ini.

Karena jika dibiarkan, maka penyakit anemia bisa menimbulkan banyak kerugiannya. Namun tidak perlu khawatir. Karena kelebihan dari daun seledri juga bisa mengobati penyakit anemia.

Cara mengobati anemia dengan menggunakan manfaat daun seledri juga sangat mudah, berikut caranya:

  • Siapkan beberapa daun seledri yang sudah dicuci.
  • Siapkan 1/2 buah nanas yang sudah dikupas dan dicuci.
  • Masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan susu dan madu secukupnya agar terasa manis
  • Blender seperti biasa kamu membuat jus.
  • Minumlah sesuai selera.

Disarankan agar kamu meminum setiap hari sampai penyakit anemia kamu sembuh secara total dan badan kamu terasa lebih baik dan sehat.

Menurunkan Kolesterol dalam Darah

menurunkan kolesterol dalam darah dengan khasiat daun seledri
menurunkan kolesterol dalam darah dengan khasiat daun seledri

Manfaat daun seledri memang sangat banyak untuk tubuh kamu. Termasuk salah satu kelebihan daun seledri adalah bisa mengatur dan melemaskan otot pada bagian arteri. efek dari pemelasan ini adalah akan semakin mudah dalam mengatur tekanan darah.

Aelain itu, pelemasan itu juga membuat bagian pembuluh darah menjadi lebih lebar dengan sendirinya.

Daun seledri diketahui memiliki tingkat kalori yang rendah.

Sehingga dengan tingkat kalori yang rendah itu, maka tekanan darah dari orang yang makan seledri tentu tidak akan meningkat begitu saja. Bahkan mengkonsumsi seledri sendiri justru bisa mengontrol tekanan darah dengan mudah.

Menurunkan Berat Badan dengan Khasiat Daun Seledri

manfaat daun seledri untuk menurunkan berat badan
manfaat daun seledri untuk menurunkan berat badan

Di luar sana ada banyak sekali cara untuk mengurangi berat badan. Termasuk diet alami atau bahkan yang menggunakan obat-obatan tertentu.

Kamu tentu sudah pernah mendengar banyak sekali kasus efek samping yang disebabkan oleh obat diet yang tidak sehat serta pola diet yang salah dan justru merusak tubuh.

Daun seledri adalah solusi untuk menurunkan berat badan.

Oleh karenanya, bagi kamu yang memang  berencana menurunkan berat badan, janga tergesa-gesa untuk segera melakukan dengan obat atau diet sembarangan. Lakukan lah dengan cara sehat, seperti mengkonsumsi daun seledri secara rutin.

Daun seledri dikatehui memiliki tingkat kandungan karbohidrat yang rendah. Bukan asal-asalan, pembuktian ini justru dilakukan dengan 100 gram daun seledri, dan diketahui hanya memiliki 16 kalori saja. Hanya 16 kalori, sedikit sekali kan?

Daun seledri sendiri juga memiliki serat yang tidak bisa dilarutkan, sehingga tidak akan berpengaruh bagi kenaikan berat badan dan justru membantu menurunkannya.

Jadi, makanan yang memiliki rasa enak, dengan tingkat karbohidrat yang rendah pula, bukankah sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan? Itulah salah satu manfaat daun seledri.

‘Menurunkan berat badan intinya adalah dilakukan dengan 2 hal:

  • Membatasi kandungan yang masuk ke dalam tubuh, yaitu kalori. Sehingga disarankan makan yang tidak banyak mengandung kalori.
  • Olahraga yang rutin.

Untuk olahraga yang rutin, hal ini akan juga menjadi sia-sia apabila kamu tidak seimbangkan dengan asupan makanan. Sehingga banyak yang kita temukan, orang yang sudah banyak berolahraga, namun membayar lelahnya dengan banyak makanan.

Hal seperti itu tentu akan menghambat proses penurunan berat badan kamu.

Selain seledri, ada banyak makanan lain yang berpotensi untuk menurunkan berat badan. Carilah makanan yang mengandung kalori rendah. Untuk kamu ketahui, air putih tidak memiliki kalori, lho.Jadi kamu minum banyak air putih tidak akan membuat kamu gemuk kok.

Manfaat Daun Seledri untuk Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata dengan manfaat daun seledri
menjaga kesehatan mata dengan manfaat daun seledri

Mata merupakan organ yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tentu kamu sudah sangat paham begitu pentingnya mata dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, kamu tidak akan bisa membaca tulisan ini jika tanpa memiliki peran yang baik dari mata kamu. Benar kan?

Untuk itu, perlu usaha yang serius untuk menjaga mata.

Ada banyak sekali tips yang disarankan untuk menjaga mata. Misalnya dengan membatasi melihat benda digital terlalu sering seperti menonton tv, melihat layar hp terlalu dekat, dan sebagainya. Selain tips menjaga mata, ada juga tips yang berupa makanan baik untuk menjaga mata.

Salah  satunya adalah yang tertera di tulisan ini, yaitu dengan menggunakan manfaat daun seledri.

Daun seledri memang meiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga mata kamu. Pasalnya, daun seledri memiliki banyak kandungan Vitamin A. Kamu tentu sudah tahu kan bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata?

Itu sebabnya makanan yang banyak mengandung vitamin A sangat disarankan dikonsumsi karena bisa menjaga mata dan menjaga kualitas mata. Makanan yang banyak mengandung vitamin A yang lain adalah seperti wortel, tomat, dan lainnya.

Maka, mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A akan membantu penglihatan.

Selain vitamin A, daun seledri juga memiliki kandungan dari beta karotin. Beta karotin termasuk zat yang memiliki fungsi bagus sebagai atioksidan dan flavonoid yang alami.

Khasiatnya adalah untuk menjaga mata agar memiliki selaput lendir yang tetap sehat dari bagian kulit, dan juga mata kamu.

Daun seledri yang ukuran besar, diketahui memiliki vitamin A yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi 10% dari kebutuhan vitamin A untuk tubuh setiap hari. Jadi, tentu tidak diragukan lagi kan manfaat daun seledri untuk mata kamu?

Meningkatkan Gairah Hubungan Seksual

meningkatkan gairah seksual dengan khasiat daun seledri
meningkatkan gairah seksual dengan khasiat daun seledri

Salah satu faktor yang penting dalam tubuh adalah adanya aliran darah yang baik. Aliran darah yang baik itulah yang akan membantu kamu menjadi lebih semangat dalam hal apapun.

Daun seledri juga memiliki manfaat untuk meningkatkan dan memperlancar aliran darah.

Maka, mengkonsumsi daun seledri secara rutin sangat disarankan bagi kamu yang ingin memiliki aliran darah yang sehat dan lancar. Selain sekedar memperlancar aliran darah, pengaruh dari aliran darah yang baik itulah salah satunya menjadi lebih bergairah dalam kehidupan seksual.

Silahkan konsumsi daun seledri untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

Mengatasi Batuk Memakai Daun Seledri

mengobati batuk dengan manfaat daun seledri
mengobati batuk dengan manfaat daun seledri

Kamu tentu pernah mengalami sakit batuk kan?

Jika sakit batuknya tidak parah atau tidak termasuk penyakit batuk yang berdahak, sebenarnya tidak terlalu mengganggu. Asalkan frekwensi sakitnya tidak terlalu sering tentunya.

Namun meskipun begitu, ada baiknya jika kamu langsung saja mengobati batuk dengan alami.Jika solusi mengobati batuk secara alami sangat mudah untuk dilakukan, kenapa harus berlama-lama? Benar kan?

Nah, ternyata daun seledri juga mempunyai manfaat untuk mengobati batuk.

Cara mengatasi batuk dengan daun seledri sangatlah mudah, simak caranya berikut ini:

  • Sediakan beberapa daun seledri
  • Potong kecil-kecil.
  • Cuci hingga bersih.
  • Rebus dalam 3 gelas air.
  • Rebus hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air.
  • Saring air rebusan tersebut dan diamkan beberapa menit.
  • Minumlah dalam keadaan hangat atau dingin.

Minumlah 3 kali dalam 1 hari agar pengaruh positifnya langsung bisa dirasakan oleh penderita batuk.

Penutup

Nah, akhirnya kita sampai pada proses terakhir yaitu kesimpulan atau penutup. Intinya sederhana, ada begitu banyak tanaman berguna yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk daun seledri sudah dikupas di sini sehingga kamu sudah tahu banyak tentang manfaat daun seledri. Selebihnya, masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa kamu baca selengkapnya di alhadiibrahim.com.

Oke, jadi segitu dulu ya pembahasan kita hari ini. Terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: