10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Kamu

Manfaat daun kelor sudah banyak dirasakan dan dibuktikan oleh pencerita pengguna daun kelor sendiri atau oleh peneliti. Oleh karena itu manfaat daun kelor sudah banyak dicari oleh berbagai kalangan penduduk untuk bisa hidup dengan kualitas yang lebih baik.

Tidak heran jika daun kelor menjasi solusi andalam untuk hidup dengan ramuan herbal sebagi pengganti dari obat-obatan kimia yang biasa digunakan.

[Baca juga: Doa mandi wajib]

Untuk kamu yang ingin mengetahui berbagai manfaat daun kelor, silahkan simak penjelasan berikut ini:

Mencegah Diabetes dengan Manfaat Daun Kelor

cara mengobati diabetes dengan manfaat daun kelor
Ilustrasi penyebab diabetes

Penyakit diabetes memang sangat marak terjadi di abad ini. Tentu saja diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang tepat serta pola makan yang tidak sesuai dengan prisip kesehatan.

Kebanyakan orang hari ini memang sedikit bergerak namun banyak mengonsumsi makanan yang manis-manis. Kandungan gula itulah sebenarnya yang menyebabkan mudahnya terkena penyakit diabetes. Apalagi jika jarang olahraga, maka akan semakin rentan terkena penyakit diabetes.

Tidak heran, jika diabetes memang banyak dialami oleh pekerja kantoran.

Secara teori, penyakit diabetes disebabkan karena melemahnya fungsi insulin, yaitu hormon pengatur kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, vitamin D yang tidak cukup dalam badan seseorang akan membuat peluang terkena penyakit ini semakin besar pula.

Karena vitamin D memang dibutuhkan oleh sel-sel iselet dlam pangkreas kamu untuk menghasilkan lebih banyak insulin.

Nah, cara mengobati diabetes juga bisa dengan menggunakan manfaat daun kelor. Hal ini karena daun kelor memiliki kadar vitamin D yang tinggi serta asam askorbat yang bisa berperan pada proses sekeresi insulin. Paham ngga sih? Hehe.

Oleh karena itu, bagi kamu atau saudara kamu yang ingin mencegah diabetes secara alami, silahkan manfaatkan khasiat daun kelor setiap hari.

Mengkonsumsi daun kelor menjadi lebih penting bagi kamu yang memiliki riwayat diabetes dari keluarga. Karena biasanya jika secara riwayat ada yang mengalami diabetes, maka kemungkinan besar juga akan kena pada kerabat dekat.

Jadi, sudah siap untuk hidup sehat?

Selain khasiat daun kelor, kamu juga bisa mengobat diabetes dengan khasiat daun salam. Silahkan baca manfaat daun salam.

Manfaat Daun Kelor untuk Memperkuat Kekebalan Tubuh.

cara memperkuat kekebalan tubuh dengan manfaat daun kelor
Ilustrasi kekebalan tubuh

Daun kelor adalah tanaman yang mengandung senyawa klorofil atau zat hijau daun yang mampu berperan dalam proses detoksifikasi racun. Selain itu khasiat daun kelor juga telah terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Daun kelor dengan klorofilnya yang memiliki konsentrasi tinggi dibandingkan dengan tanaman sayuran lain sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Sehingga bukan hanya rematik yang bisa disembuhkan dengan daun kelor, namun juga penyakit lainnya.

Bukan hanya tinggi, bahkan daun kelor mengandung hingga 162 mg klorofil per 8 gram serbuk kering. Selain itu, daun kelor juga mengandung kadar polyfenol yang dalam kadar tinggi.

Senyawa polyfenol ini sangat penting.

Karena dengan senyawa polyfenol inilah, tubuh akan memiliki respon imun yang meningkat serta reaksi sel kekebalan tubuh guna menangkal radikal bebas pun ikut meningkat. Termasuk juga menghindari dari kuman penyebab penyakit yang masuk dalam tubuh.

Jadi, silahkan konsumsi daun kelor untuk mendapatkan manfaat daun kelor secara rutin.

Mencegah penyakit jantung

cara mengobati sakit jantung dengan manfaat daun kelor
ilustrasi pengecekan sakit jantung

Berbicara penyakit jantung, ada banyak sekali faktor yang bisa terjadi. Namun diantara faktor tersebut adalah kurangnya kandungan asam lemak yang baik dalam tubuh, khususnya untuk jantung.

Selain itu, biasnya penyakit jantung juga disebabkan karena kandungan kolesterol yang tinggi.

Dalam sebuah penelitian, dibuktikan bahwa asam lemak omega 3 mampu menjaga kesehatan sel dalam jantung serta pembulih darah. Pada saat pembuluh darah telah terjaga, saat itulah kandungan kolesterol juga bisa diturunkan dengan fungsi dari asam lemak omega 3 tersebut.

Baiknya, asam lemak omega 3 ini sangat banyak terkandung dalam daun kelor. Bahkan bisa  kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan omega 3 yang ada dalam ikan salmon. Hebat kan?

Jadi tidak perlu ragu lagi bagi kamu yang ingin mencegah penyakit jantung secara alami dan murah, seilahkan rutin nikmati manfaat daun kelor ini.

Kamu perlu serius mengobati penyakit jantung, karena mampu membunuh tiba-tiba, baik pada usia muda ataupun tua.

Mencegah dan Mengobati Kanker dengan Daun Kelor

cara mengobati kanker dengan daun kelor
cara mengobati kanker dengan daun kelor

Kanker merupakan penyakit yang bisa ditandai dengan adanya kelainan pada sel tubuh. Biasanya akan menyebabkan sel tumbuh secara tidak terkendali dan menyerang sel organ yang lainnya dalam tubuh.

Berita baiknya, daun kelor mampu menyembuhkan kanker.

Daun kelor mengandung sneyawa Isothiocyanate benzil yang berfungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bawhwa khasiat daun kelor ini memang baik untuk mengendalikan sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Tidak heran, jika daun kelor dijuluki sebagai the tree of life.

Melihat manfaat daun kelor yang begitu banyak, tentu saja julukan tersebut sangat cocok dan pantas untuk daun kelor. Karena memang daun kelor bisa menyembuhkan berbagai penyakit ganas bahkan penyakit seperti kanker yang kamu baca dalam tulisan ini.

Cara mencegah kanker memang bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi daun kelor. Selain itu, daun kelor juga diketahui mengandung lebih dari 40 jenis antioksidan yang berfungsi untuk melawan efek radikal bebas.

Karena jika radikal bebas ini terus terjadi, makan akan menyebabkan mutasi dan kelainan sel.

Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan meningkatkan kualitas hidup. Selain khasiat daun kelor, daun salam juga bisa mengobati kanker. Baca manfaat daun sirsak

Mencegah Penuaan Kulit

cara mengatasi penuaan dengan manfaat daun kelor
Ilustrasi penuaan

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa hormon sitokinin yang terkandung dalam daun kelor bisa berperan untuk mencegah penuaan. Selain itu juga bertindak untuk zat anti-aging. Inilah salah satu manfaat daun kelor yang banyak dicari.

Hormon ini bekerja untuk mempengaruhi siklus pergantian sel dalam kulit serta mempercepat proses pergantian sel kulit mati. Umumnya, pergantian sel kulit mati dengan yang baru bisa terjadi dalam waktu 300 hari, namun bisa lebih cepat dengan bantuan manfaat daun kelor.

Selain itu, termasuk khasiat daun kelor adalah mengandung sitokinin.

Kandungan sitokinin inilah yang juga berperan sebagai hormon alam dalam tubuh untuk merangsang pertumbuhan sel, pembelahan sel, serta terhabatnya proses penuaan.

Seperti yang kamu tahu bahwa vitamin C juga banyak terdapat dalam daun kelor. Bahkan vitamin C juga menjadi salah satu andalah dari khasiat daun kelor. Sehingga akan lebih cepat dalam merangsang produksi kolagen yang bisa menjaga kekencangan kulit serta kekenyalan kulit.

Dengan semua kandungan tersebut, kamu bahkan bisa mencegah keriput pada kulitmu.

Manfaat Daun Kelor untuk Menyembuhkan Batu Ginjal

cara mengobati batu ginjal dengan manfaat daun kelor
cara mengobati batu ginjal

Banyak sekali penelitian yang telah mempelajari efek dari zat yang terkandung dalam daun kelor. Dan ternya memang daun kelor memiliki banyak sekali manfaat termasuk menghancurkan batu yang mengendap dalam ginjal.

Atau biasa disebut “Batu ginjal”.

Batu ginjal atau gallstone adalah penyakit ataupun kelainan yang terjadi pada bagian ginjal yang disebabkan oleh banyaknya zat sisa yang tidak mampu disaring oleh ginjal.

Jika batu ginjal ini dibiarkan, maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada ginjal. Kerusakan pad ginjal sering juga disebut dengan istilah gagal ginjal. Menyeramkan kan?

Oleh karena itu kamu perlu mendapatkan khasiat daun kelor dengan mengkonsumsi daun kelor untuk mengatasi masalah tersebut. Karena daun kelor mengandung senyawa kimia seperti moringinan, pterigosperin, dan alkalid moringin. Semua senyawa tersebut berperan dalam mengatasi batu ginjal.

Selain itu, daun kelor juga bisa merangsang produksi urin atau disebut juga urinasi.

Merangsang produksi ASI dengan Manfaat Daun Kelor

cara merangsang ASI dengan manfaat daun kelor
cara merangsang ASI

Sebuah studi telah membuktikan bahwa daun kelor mimiliki banyak senyawa Galactagogues yang bisa merangsang produksi hormon prolaktin pada wanita yang baru saja melahirkan. Hormon prolaktin ini berguna untuk berperan dalam produksi ASI dalam tubuh ibu.

Oleh karena itu, khasiat daun kelor sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin.

Umumnya, banyak ibu-ibu menyusui yang rajin mengkonsumsi daun atuk untuk meningkatkan produk ASI. Akan tetapi sedikit sekali yang mengetahui bahwa daun kelor justru memiliki khasiat yang tidak kalah perannya.

Bagi ibu yang sulit produksi ASI dalam jumlah yang banyak, sebaiknya memang segera memanfaatkan khasiat daun kelor.

Daun kelor bisa langsung diberikan kepada ibu yang menyusuii setelah 3 hari sejak hari melahirkan. Dengan manfaat daun kelor ini, maka pengaruh dari daun kelor akan segera mempengaruhi wanita untuk memproduksi ASI lebih banyak.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

cara mengobati darah tinggi dengan manfaat daun kelor
cara mengobati darah tinggi

Tekanan darah tinggi terjadi karena menyempitknya pembuluh pada arteri. Penyempitan tersebut disebabkan oleh plak atau akumulasi kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

Khasiat daun kelor adalah solusinya.

Bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, silahkan konsumsi daun kelor secara rutin. Karena daun kelor dapat membantu menurunkan darah tinggi serta mempengaruhi hormon vasopressin atau disebut juga sebagai hormon pengontrol tekanan darah.

Fakta menariknya lagi, ternyata kadar kalium dalam daun kelor jauh lebih banyak dibandingkan kalium pada pisang hingga 15 kali. Jika manfaat daun kelor bisa sehebat ini, apa yang kita sia-siakan lagi?

Selain kalium, salah satu khasiat daun kelor juga diketahui memiliki banyak kandungan magnesium yang mampu merangsang relaksasi otot-otot polos yang ada pada pembuluh darah.

Kamu harus benar-benar serius menanggapi tekanan darah tinggi ini dan sesegera mungkin. Karena tekanan darah tinggi yang dibiarkan akan mampu memberikan efek serangan jantung dan stroke.

Khasiat Daun Kelor untuk Menghilangkan Nyeri Rematik

cara mengobati rematik dengan manfaat daun kelor
cara mengobati rematik

Kamu tentu sudah tahu penyakit rematik kan? Yaitu penyakit yang biasanya terjadi pada siapa saja yang merasa sakit pada bagian sendi, atau bisa disebut juga nyeri sendi.

Penyakit rematik sangat mengganggu aktifitas karena membatasi gerak kamu.

Namun tidak perlu khawatir, karena kamu akan menemukan obat untuk menghilangkan rasa nyeri pada rematik kamu dengan sangat alami, murah, serta cepat.

Yaitu dengan menggunakan manfaat daun kelor.

Kamu bisa langsung saja memanfaatkan khasiat daun kelor dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin untuk meringankan sakitnya nyeri sendi. Daun kelor meiliki senyawa kolkisin yang merupakan kelompok dari alkaloid. Senyawa alkaloid ini mampu menurunkan rasa nyeri karena rematik.

Kemampuan tersebut dikarenakan senyawa ini memiliki khasiat untuk anti inflamasi atau anti peradangan.

Mengobati Penyakit Liver

cara mengobati liver dengan manfaat daun kelor
cara mengobati liver

Di Jerman pernah dilakukan penelitian oleh beberap ilmuwan dan menemukan bawha daun kelor beguna untuk menyembuhkan penyakit liver.

Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan senyawa silymarin yang berguna untuk menetralkan racun yang diseabkan oleh kerusakan hati serta mampu melindungi dari infeksi penyakit. Senyawa silymarin yang bisa menetralkan racun tersebut adalah agen dari senyawa hepatotoksik.

Khasiat daun kelor sendiri memang memiliki kemampuan phytotherapy atau disebut juga sebagai kemampuan untuk melindungi organ dari kerusakan, terutama organ hati. Seperti penyakit hepatitis dan sirosis.

Bukan itu saja, senyawa aktif di dalam daun  kelor juga mampu merangsang pembentukan terbaik terhadap sel hati yang baru. Karena untuk menggantikan sel hati yang telah rusak. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi daun kelor setiap hari jika kamu memang ingin memiliki kualitas hati yang baik dan pergantian sel terbaik pula.

Ngomong-ngomong, kamu sudah tahu bahwa ternyata manfaat daun kelor sangat banyak digunakan di Eropa, lho. Yaitu untuk menyembuhkan liver dengan alami tentunya, hanya bermodalkan khasiat daun kelor saja.

Penutup

Nah, sampailah kita pada akhir pembahasan ya. Intinya daun kelor adalah daun yang sangat direkomendasikan untuk kamu konsumsi. Baik dari segi mencegah penyakit, mengobati penyakit, atau bahkan sekedar untuk menambah kekebalan tubuh.

Ada banyak khasiat daun kelor dan manfaat tanaman lain atau cara-cara alami yang bisa kamu temukan. Jadi, cek terus alhadiibrahim.com ya.

Sekian dan terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: