Majas Personifikasi LENGKAP [Pengertian, Contoh, Cara buat, Dll]

Majas personifikasi adalah majas yang membuat atau menyamakan sifat manusia dengan benda mati atau tumbuhan. Sebenarnya majas personifikasi ini tidak hanya memiliki keterbatasan pada benda mati atau tumbuhan saja. Akan tetapi juga bisa dipakai pada istilah lainnya.

Asalkan pada prinsipnya adalah meletakkan sifat manusia atau makhluk hidup pada benda yang tidak sama dengan manusia.

Ada banyak sekali contoh majas tentang personifikasi yang bisa kamu temukan di dalam berbagai sumber. Baik itu sumber yang online maupun sumber offline. Hal ini tentu saja disebabkan karena banyaknya orang yang saat ini menggunakan majas personifikasi dalam berbagai bahasa yang digunakan.

[Baca juga: Doa mandi wajib]

Maka sangat penting pula untuk kamu mengetahui tentang majas personifikasi agar menjadi lebih mengerti tentang berbagai bahasa yang disampaikan. Selain bahasa, penting juga untuk mengerti model atau gaya bahasa yang digunakan oleh pembicara.

Oleh karena itu di tulisan ini akan membahas secara tuntas tentang majas personifikasi yang harus kamu tahu. Hal ini tentu saja untuk membantu kamu dalam memahami berbagai ilmu pengetahuan khususnya tentang majas.

Pengertian Majas dan Macam Macam Majas

macam macam majas
Ilustrasi penulisan majas

Sebelum kita membahas secara rinci tentang majas personifikasi itu sendiri. Akan lebih baik jiika kita juga membahas terlebih dulu tentang pengertian majas dan macam macam majas agar membuat kamu lebih paham.

Pemahaman dasar itu sangat diperlukan.

Jadi sebelum masuk ke majas tentang personifikasi, mari kita bahas dulu apa itu pengertian majas.

  • Pengertian Majas

pengertian majas
Ilustrasi penulisan majas

Majas adalah Gaya bahasa yang mengandung berbagai makna dan disampaikan dengan bahasa yang lain. Majas juga bisa diartikan sebagai gaya bahasa yang memanfaatkan kekayaan bahasa untuk meyampaikan sesuatu.

Secara umum begitulah pengertian majas. Apabila kamu ingin lebih memperdalam tentang pengertian majas, alhadiibrahim.com juga sudah menyediakan tulisan itu agar kamu bisa semakin paham. [Baca: Pengertian Majas]

  • Macam Macam Majas

macam macam majas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas

Macam macam majas juga menjadi bahan yang harus kamu tahu agar semakin mengerti tentang hakikat dari majas itu sendiri. Oleh karena itu di sini juga kamu akan memahami berbagai jenis majas atau macam macam majas sebelum selanjutnya masuk ke dalam pembahasan majas tentang personifikasi.

Langsung saja ya dibahas, macam macam majas atau jenis jenis majas adalah sebagai berikut:

  • Majas Pertentangan

  • Majas Perbandingan

  • Majas Sindiran

  • Majas Penegasan

Demikian pemahaman dasar tentang pengertian majas dan macam macam majas yang harus kamu ketahui sebagai dasar sebelum masuk ke dalam pembahasan majas tentang personifikasi ini. Jika kamu ingin membaca lebih lanjut tentang macam macam majas ini, silahkan juga baca di website ini  pada link yang diberikan berikut ini. [Baca: Macam macam majas]

Selanjutnya mari kita masuk ke pembahasan majas tentang personifikasi.

Majas Personifikasi

majas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Agar kamu bisa memahami lebih mudah, maka penjelasannya akan dibagi berdasarkan struktur keilmuan itu sendiri ya. Mulai di sub bab ini akan membahas tentang majas personifikasi yang bisa kamu pahami secara cepat.

Harapannya dengan penjelasan seperti ini maka kamu akan lebih mudah memahami tentang majas personifikasi ini sendiri. Karena ada banyak sekali model penjelasan yang bisa dijadikan dasar ilmu. Namun tidak semua bisa membahas ilmu itu secara rinci dan sesuai dengan target yang diinginkan.

Majas personifikasi di tulisan ini akan dibahas secara detail.

Arti detail itu adalh mencakup hampir semua bagian yang berhubungan dengannya. Sehingga satu tulisan ini saja telah bisa kamu jadikan rujukan dalam pengetahuan ilmu kamu.

Semoga saja tulisan ini benar-benar bisa menjawab kebutuhan kamu tentang pengetahuan berkenaan dengan majas tentang personifikasi ya. Yuk kita bahas langsung saja mengenai pengertian majas personifiasi.

Majas Personifikasi Pengertian Majas Personifikasi

pengertian majas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Majas personifikasi adalah majas yang menyamakan benda mati atau non-manusia dengan memakai sifat dari manusia sendiri.

Dengan memanfaatkan gaya bahasa yang seperti ini maka akan sangat mudah untuk kamu menyamakan benda tersebut untuk melukiskan apa yang sedang dilakukannya dengan menggunakan sifat yang ada pada manusia.

Banyak sekali orang yang menggunakan majas tentang personifikasi ini dalam kehidupan sehari-hari. Karena memang penggunaannya menjadi lebih mudah dan lebih bermakna ketika disampaikan melalui bahasa yang menggunakan sifat manusiai tersebut.

Kamu tentu pernah mendengar kalimat seperti “Pohon kelapa melambaikan tangannya”. Itu adalah salah satu contoh dari majas personifikasi untuk melukiskan bahwa pohon kelapa sebenarnya sedang bergoyang atau tergoyang karena ditiup angin.

Pada dasarnya bukanlah pohon kelapa yang melambaikan.

Itu adalah contoh yang sangat sering digunakan oleh orang untuk melukiskan bagaimana gerakan si pohon kelapan.

Bagi sebagian orang, ucapan seperti ini terkesan berlebihan. Akan tetapi akan sangat indah jika disampaikan kepada orang yang memiliki kesenian yang tinggi atau memiliki selera seni yang tinggi. Selain itu juga akan sangat indah jika disampaikan kepada lawan bicara seperti anak-anak.

Penyampaian kepada anak-anak ini tentu saja akan menjadi bahasa yang mudah dipahami oleh anak itu sendiri. Karena mereka memeng suka sekali dengan bahasa yang menggunakan bahasa yang indah.

Ini juga menjadi salah satu cara untuk mendidik agar anak menjadi bagus dalam bahasa yang digunakannya.

Majas Personifikasi Dan Contohnya

majas personifikasi dan contohnya
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Berbicara tentang majas personifikasi tentu akan sangat berguna jika kita ikut membicarakan contohnya juga.

Akan tetapi melalui sub judul majas personifikasi dan contohnya ini diharapkan agar kita benar-benar mampu menyambungkan antara majas tentang personifikasi antara pengertian majas itu sendiri dengan contohnya.

Karena banyak sekali orang yang bisa mengerti tentang suatu hal namun tidak bisa memberikan contoh dari majas itu sendiri. Tentunya dalam hal ini yang kita bicarakan adalah majas personifikasi.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memahami bagaimana cara membuat contoh dari majas personifikasi ini agar semakin lancar dalam ilmu yang dimiliki. Karena mengetahui saja tanpa bisa memberikan contoh adalah tanda ilmu kamu yang kurang lengkap.

Maka keduanya harus dimiliki.

Jadi, begitu kamu selesai membaca tulisan ini. Kamu sudah memahami bagaimana pengertian majas personifikasi dan bagaimana contoh majas personifikasi sehingga akan sangat mudah untuk kamu mendapatkan hal yang lebih bagus ke depannya.

Khususnya pada bagian membuat contoh dari majas personifikasi ini. Untuk itu, mari langsung kita bahas tentang contoh majas personifikasi berikut ini.

Majas Personifikasi dan Contoh Majas Personifikasi

contoh majas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Ada banyak sekali contoh majas personifikasi yang bisa kamu nikmati dan amati dengan sangat cepat. Akan tetapi pada tulisan ini akan hanya memberikan kepada kamu contoh majas personfikasi yang dibuat secara baik dan benar sehingga mudah dipahami.

Karena harapan dari tulisan ini bukan hanya sekedar paham saja. Akan tetapi harus bisa memberikan contoh secara baik dan benar. Khususnya pada bagian contoh majas tentang personifikasi ini.

Tentu saja ilmu bukan hanya tentang majas personifikasi ini. Akan tetapi kamu juga harus belajar bermacam-macam jenis majas lainnya. Namun tidak perlu khawatir karena kamu juga akan menemukan tulisan itu di website ini. Jadi akses terus alhadiibrahim.com ya.

Beberapa contoh dari majas personifikasi adalah sebagai berikut:

  • Mata anak itu berapi api karena menahan amarah.
  • Uang receh itu berhamburan dari kantong saku.
  • Puntung rokok itu membumihanguskan serluruh hutan.
  • Jalanan itu sudah sering kali memakan korban jiwa.
  • Setiap makan, garpu dan sendoknya selalu bertengkar.
  • Ketukan palu itu telah memvonisnya bersalah.
  • Tanggal di kalender itu mengingatkannya bahwa utang hampir jatuh tempo.
  • Setiap malam, buku dongeng itu mendongengkan kisah untuk anakku.
  • Kado itu menggelitik tanganku agar secepat mungkin membukanya.
  • Lumpur itu menahan langkahnya beberapa.
  • Air, tanah dan udara memberikan hidup untuk seluruh mahluk.
  • Bumi memangku berbagai bentuk kehidupan tanpa adanya pilih kasih.
  • Kalkulator telah menolong ibu menghitung bawannya.
  • Telephone ini berdering terus memanggil pemakainya.
  • Kacamata itu bisa membantu kakek dalam membaca.
  • Dasi kupu kupu ini telah mencekik lehernya.
  • Daun daun yang berguguran bisa mendengar berita menyedihkan itu.
  • Zebra cross tempat menyebarangi para pejalan kaki dengan rasa aman.
  • Rerumputan dan juga ilalang menari nari sambil mengikuti irama indahnya angin.
  • Helm itu telah menjaga keselamatan para pekerja.
  • Jarum suntik sangat menakuti adikku ketika imunisasi.
  • Aroma masakan Bunda sangat menggoda semua penghuni rumah.
  • Setiap hari pasti sisir selalu merapikan semua rambut kita.
  • Ketika senja tiba, perlahan matahari mulai pulang.
  • Botol susu ini menenangkan bayi yang mungil itu.
  • Langit mendadak menjadi muram ketika petir telah menggelegar menyambar.
  • Kursi roda ini berjalan kemanapun dengan membawa pemiliknya.
  • Tinta itu telah mengotori semua pakaian adik.
  • Janur yang ada di kedua sisi jalanan telah berdiri sejak pagi dan menyambut kedatangan para tamu undangan.
  • Lilin dan balon yang berwarna warni itu telah memeriahkan isi pestanya.
  • Kisah yang menyeramkan dari pemakaman ini menakuti warga yang ada disekitarnya.
  • Gelang emas ini menggenggam sangat erat pergelangan tangan ibu.
  • Koran lokal ini menulis kisah tentang perjuangan hidupnya.
  • Kemarau panjang telah menghisap kebutuhan air dari bumi.
  • Kartu taurot ini meramalkan akan peruntungan nasibnya.
  • Coretan ini merusak makalah tentang presentasi ibu tadi pagi.
  • Truk itu telah menumpahkan semua muatannya ketika terguling.
  • Pohon besar ini telah berhenti bernafas saat badai menumbangkannya.
  • Pagar dari beton dan teralis ini menjaga tokonya dari tamu yang tak di undang.

Majas Personifikasi dan Contoh Kalimat Majas Personifikasi

contoh kalimat majas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Apakah ada perbedaan antara contoh majas tentang personifikasi dan contoh kalimat majas personifikasi. Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh berbagai orang tentang kalimat majas personifikasi dan juga contoh majas personifikasi itu.

Itu juga yang memicu adanya sub heading dari contoh kalimat majas personifikasi ini.

Tujuannya adlah agar kamu lebih mengerti bagaimana sebenarnya perbedaan keduanya dan apakah memang ada perbedaan antara kedua ini.

Pada dasarnya, kedua istilah ini adalah sama saja. Tidak ada yang berbeda. Perbedaan dari segi pengucapan juga hanya tentang contoh kalimat majas yang personifikasi dan contoh majas perfonikasi. Perbedaannya ada pada kata “kalimat” saja.

Maka sebenarnya keduanya adalah sama.

Untuk itu, kamu harus mengerti juga bahwa contoh yang diberikan terkait contoh majas personnifikasi adalah berisi kalimat. Oleh karena itu sebenarnya memang tidak ada perbedaan antara contoh majas tentang personifikasi dengan contoh kalimat majas perconifikasi.

Dikarenakan keduanya sama-sama membahas tentang kalimat contoh sebenarnya.

Majas Personifikasi dan Contoh Personifikasi

contoh personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Berbicara tentang majas yang personifikasi, banyak pula orang yang bertanya tentang contoh personifikasi itu sendiri. Karena memang orang juga ingin memahami bagaimana sebenarnya personifikasi itu sendiri.

Sehingga sebelum seseorang memahami tentang majas ini. Ada orang yang lebih dulu ingin memahami tentang pengertian personifikasi itu sendiri.

Sehinigga diharapkan orang akan lebih paham dan juga bsia menyambungkan antara pengertian personifikasi dengan majas.

Jika dilihat dari kata majas adalah sebuah kalimat yang mendesinifikan atau menggunakan kata yang lebih kaya terhadap penjelasan mengenai sesuatu. Dan dilihat juga bahwa kata “personifikasi” artinya adalah memberikan sifat “person” atau seseorang.

Dari sinilah lahir kata majas ini.

Sehingga majas personifikasi jika dilihat dari pengertiannnya akan menjadi sedemikian rupa seperti yang sudah pernah dibahas di atas. Yaitu majas yang menggunakan sifat manusia pada benda non-manusia.

Majas Personifikasi serta Majas Personifikasi dan Kalimat Personifikasi

kalimat personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Melanjutkan dari berbicara tentang contoh personifikasi atau pengertian personifikasi, ada pula orang yang ingin mengetahui tentang kalimat personifikasi secara terpisah. Hal ini tentu saja untuk menyambungkan anatara personifikasi dengan istilah dari majas yang personifikasi itu sendiri.

Maka jangan heran jiia ada orang yang bertanya secara terpisah mengenai kalimat personifikasi ini.

Mudah saja untuk memberikan beberapa contoh dari kalimat personifikasi ini. Yaitu ketika kita mulai dari pengertian personifikasi itu sendiri tentang meletakkan sifat manusia pada benda non manusia. Maka berapa contoh kalimat personifikasi adalah:

  • Pohon kelapa melambaikan tangannya
  • Angin menghembuskan nafasnya
  • Kuda itu bagaikan sedang berbicara pada tuannya.
  • Bambu itu bernyanyi dengan sangat indah

Itulah beberapa contoh dari kalimat personifikasi yang bisa kamu lihat sendiri dan menjadi dasar untuk kamu membuat contoh kalimat personifikasi lainnya.

Jangan lupa terus latih kemampuan kamu dalam mengerjaannya ya.

Majas Personifikasi Puisi Bermajas Personifikasi

puisi bermajas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Puisi bermajas personifikasi adalah puisi yang memiliki sebagian kalimat atau beberapa kalimat yang mengandung majas personifikasi.

Artinya di dalam puisi itu selain adanya bahasa yang umum atau bahasa yang lainnya, ada pula banyak contoh dari majas personifikasi dalam pusi tersebut.

Pusisi bermajas personifikasi memang kerap disukai oleh berbagai kalangan atau orang tertentu.

Karena mengandung banyak nilai sastra yang indah. Khususnya bagi kamu yang memang mengerti tentang keindahan suatu karya seperti puisi dan sebagainya. Sehingga akan sangat mudah bagi kamu untuk memahami berbagai puisi bermajas ini jika kamusuka membaca puisi atau majas tersebut.

Tulisan ini juga akan memberikan kepada kamu tentang beberapa contoh kalimat puisi bermajas personifikasi atau contoh puisi yang menggunakan majas tentang personifikasi.

Majas Personifikasi dan Contoh Puisi Bermajas Personifikasi

contoh puisi bermajas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Selain kalimat biasa, apakah ada kalimat yang berisi puisi bermajas personifikasi?

Tentu banyak sekali contoh puisi bermajas personnifikasi. Seperti yang sudah pernah disampaikan sebelumnya. Bahwa banyak sekali tempat yang bisa menggunakan majas personifakasi ini. Karena memang orang sekarang suka berbicara dengan gaya yang penuh dengan kekayaan makna.

Apalagi tentang puisi.

Puisi menjadi salah satu sarana orang berbicara tentang ungkapan hati atau suatu kondisi yang disampaikan secara tidak langsung. Karena menggunakan gaya bahasa yang kaya dan penuh makna. Menggunakan majas ini pada puisi adalah hal yang sangat tepat karena kecocokannya.

Berikut adalah contoh puisi bermahas personifikasi:

Ibu, airmataku bermain main di pipi

Ditemani pena yang berjalan-jalan

Meninggalkan bekas tinta di lembaran berhelai

Aku rindu padamu Ibu.

Mengapa waktu tidak juga kunjung menyerah

Sehingga takdir membuat keindahan pertemuan

Bukankah tak seluruh harta membahagiakan

Terlebih saat kesepian mulai merajut sendu

Aku rindu padamu wahai Ibu

Majas Personifikasi dan Contoh Puisi Majas Personifikasi

contoh puisi majas personifikasi
Ilustrasi penulisan majas personifikasi

Jika sudah ada pembahasan tentang contoh puisi bermajas personifikasi, mengapa masih perlu membahas tentang contoh puisi majas personifikasi ini?

Karena keduanya adalah berbeda meskipun ada kemiripan dan kesamaan kata yang digunakan.

Contoh puisi bermajas tentang personifikasi artinya adalah puisi yang memiliki majas tentang personifikasi di dalamnya. Artinya puisi itu mengandung makna atau kalimat yang berisi tentang majas ini.

Akan tetapi jika puisi majas tentang personifikasi itu artinya adalah puisi tentang majas personifikasi. Artinya tidak ada pembahasan lain selain majas tentang personifikasi.

Penutup

Demikain penjelasan ini disampaikan. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu. Baca terus alhadiibrahim.com untuk menambah ilmu kamu ya.

Salam.

Leave a Comment

%d bloggers like this: