LENGKAP !! Doa Untuk Orang Tua Yang Harus Kamu Tahu [Lafadz, keutamaan, Dll]

Doa untuk orang tua merupakan doa yang harus dipanjatkan oleh setiap anak. Karena pengorbanan orang tua adalah tiada batas sama sekali. Namun sebenarnya hakikat dari doa kepada orang tua adalah karena memang Allah menyuruh kita untuk mendoakan orang tua.

Karena Allah suruh, maka menjadi penting.

Untuk itulah kami mencoba untuk menuliskan tentang tulisan doa untuk orang tua. Agar menjadi pengingat bagi diri kami sendir dan semoga bisa bermanfaat juga untuk para pembaca semua.

Namun sangat kami anjurkan untuk berdoa apapun dalam keadaan suci karena keadaan suci akan lebih bernilai dan berguna di sisi Allah. Raihah kesucian dengan berwudhu atau mandi junub jika sedang dalam junub. Pastikan juga untuk membaca doa mandi wajib ketika melakukan mandi wajib tersebut.

Demikian juga untuk semua doa yang hendak dibaca sangat dianjurkan untuk terlebih dulu mengucapkankan pujian kepada Allah serta Sholawat Nabi. Maka dengan itu Insya Allah doa akan dikabulkan oleh Allah.

Doa Untuk Orang Tua

doa untuk orang tua
doa untuk orang tua

Pembahasan mengenai doa untuk orang tua memang tidak akan pernah habisnya. Karena memang pengabdian kepada orang tua juga tidak akan pernah berhenti. Baik ketika orang tua masih hidup ataupun sudah meninggal.

Pengabdian itu tetap bisa dilakukan.

Yaitu dengan melalui doa. Doa yang kita panjatkan kepada Allah Insya Allah akan selalu bernilai di sisi Allah. Oleh karena itu kita jangan sampai pernah berhenti untuk mendoakan orang tua.

Mendoakan orang tua dengan banyak mengirimkan doa adalah salah satu bentu bakti kita kepada orang tua. Maka doa untuk orang tua sebenarnya menjadi ibadah dan mendatkan pahala bagi kita sendiri. Bukan hanya memberi manfaat kepada orang tua, akan tetapi juga diri sendiri.

Sampai di sini, paham kan?

Dan satu hal lagi yang harus kamu ingat bahwa doa seorang anak kepada orang tua adalah langsung diterima oleh Allah. Karena doa untuk orang tua termasuk doa yang tiada hijab anatara kita dengan Allah. Sehingga akan langsung dikabulkan oleh Allah.

Doa Kedua Orang Tua

doa kedua orang tua

Doa untuk orang tua atau doa kedua orang tua adalah doa yang kita panjatkan kepada Allah dan mendoakan orang tua kita. Banyak sekali jenis doa yang bisa kita sampaikan kepada Allah. Karena memang banyak pula hal yang dibutuhkan oleh orang tua kita.

Maka banyak pula doa yang bisa kita mohonkan.

Bukankah orang tua kita membutuhkan kesehatan? Bukankah orang tua kita juga membutuhkan perlidungan? Dan banyak lagi yang dibutuhkan oleh orang tua kita berupa kebahagiaan, kemudahan, kesembuhan, kecukupan, dan sebagainya yang bisa kita doakan.

Maka perbanyaklah doa kepada orang tua kita. Bahkan untuk hal kecil juga dianjurkan untuk kita panjatkan kepada Allah. Bukan hanya hal besar saja, karena pada hakikatnya tidak ada yang mudah selain yang Allah mudahkan. Termasuk hal yang kita anggap kecil.

Maka banyaklah berdoa.

Karena kita selalu membutuhkan bantuan Allah dan juga ridho Allah dalam semua aspek kehidupan kita. Baik hal besar ataupun hal kecil. Semua hanya mudah jika Allah mudahkan.

Berikut adalah lafadz doa untuk orang tua:

doa untuk orang tua

doa untuk orang tua

Doa Untuk Kedua Orang Tua

doa untuk kedua orang tua
doa untuk kedua orang tua

Beberapa orang terkadang membedakan antara orang tua antara ibu dan bapak. Sebenarnya bisa saja jika dibedakan termasuk dalam doa yang dipanjatkan. Akan tetapi jika digabung juga tidak menjadi masalah.

Bahkan dengan menggabungkan keduanya, kita telah menunjukkan bahwa kita sama-sama mencintai kedua orang tua kita. Baik itu ibu maupun ayah. Keduanya sama-sama bernilai bagi kita dan sama-sama kita doakan agar Allah berikan yang terbaik.

Namun jika dipisah juga tidak menjadi masalah.

Akan tetapi perlu diingat bahwa kedua orang tua kita sangat perlu untuk doakan. Karena berbakti kepada orang tua baik ayah maupun ibu adalah hal yang tidak boleh kita lupakan selamanya.

Bahkan jika ada ayah atau ibu kita yang mungkin jahat, maka kita juga wajib mendoakannya. Mendoakan agar Allah memberkahi umurnya dan selalu memberikan yang terbaik kepada orang tua kita tersebut. Dan tentunya kita jangan sampai mengikuti kejahatannya.

Semoga Allah memberikan keberkahan bagi kedua orang tua kita.

  • Doa Untuk Ibu

doa untuk ibu
Ilustrasi doa untuk ibu

Doa untuk ibu memang sangat perlu dan mungkin juga lebih utama dari pada doa kepada ayah. Namun hal ini jangan sampai menjadi perbandingan karena kamu boleh saja melakukannya dengan berdoa sekaligus bagi keduanya.

Namun pengabdian kepada ibu memang lebih utama.

Hal ini tentu sudah sangat dipahami dari hadist Rasulullah ﷺ bahwa ketika ada pemuda yang bertanya tentang siapakah orang yang harus dihormati terlebih dahulu.

Maka saat itu Rasulullah ﷺ mengatakan “Ibumu”, dan ketika pemuda bertanya lagi “Lalu siapa lagi?”, Rasulullah ﷺ kembali berkata “Ibumu”, lalu pemuda itu bertanya lagi pertanyaan yang sama, maka Rasulullah ﷺ berkata lagi “Ibumu”.

Barulah kemudia ketika pemudah itu bertanya untuk yang berikutnya, Rasulullah ﷺ menjawab “Ayahmu”. Itulah jawaban terakhir Rasulullah ﷺ.

Hadist ini menjadi pengingat bagi kita bahwa yang utam perlu kita berikan penghormatan yang tiinggi adalah kepada ibu kita.

Karena ibu adalah makhluk yang sudah berjasa sangat besar kepada kita. Ibu yang melahirkan kita serta merawat kita dari kecil dengan penuh kesabaran. Maka sangat penting bagi kita untuk berbakti kepada ibu.

Maka perbanyaklah doa kepada ibumu.

  • Doa Untuk Ayah

doa untuk ayah
doa untuk ayah

Di dalam hadist yang kamu baca sebelumnya juga disebutkan bahwa ayah juga menjadi orang yang sangat penting untuk kamu hormati. Itu artinya juga sangat penting pula untuk kamu doakan karena memang banyak sekali anjuran untuk juga mendoakan ayah.

Ayah adalah sosok yang hebat.

Mungkin begitulah semua anak beranggapan. Karena memang ayah adalah sosok yang sangat berjuang dengan penuh semangat demi menghidupi anak dan keluarganya. Ayah juga sosok yang sangat tegar dan berdiri di balik semua masalah yang ada.

Meskipun kita juga tahu bahwa ayah sering kali menyembunyikan lelahnya demi memperlihatkan kondisi yang baik-baik saja. Agar kita tidak khawatir dengan kelelahannya itu.

Namun kita harus peka akan hal ini.

Untuk itulah kita harus juga banyak berdoa kepada Allah demi kebaikan ayah dan ibu kita. Kita harus memperbanyak doa kepada ayah agar doa yang kita panjatkan mampu menguatkannya dalam bekerja.

Dan tentunya juga berharap kesehatan, apalagi ketika beliau sedang sakit. Doa dari seorang anak sangat dituntut untuk diberikan banyak agar cepat mendatangkan kesembuhan.

  • Doa Ibu Bapak

doa ibu bapak
doa ibu bapak

Dari penjelasan doa kepada ibu dan doa kepada bapak, kita harus membahas juga tentang doa ibu bapak. Hal ini adalah untuk menunjukkan kepada para pembaca semuanya bahwa sangat penting untuk mendoakan keduanya.

Yaitu bukan hanya ibu saja atau bapak saja.

Akan tetapi keduanya perlu untuk didoakan karena keduanya adalah berjasa bagi kita. Jika ibu berjasa dalam hal kelembutan dan pendidikan di rumah, maka sejatinya ayah telah berjasa bagi kita dari segi rezeki yang kita peroleh dan kita nikmati sehari-hari.

Maka keduanya perlu untuk didoakan.

Membedakan doa keduanya untuk membuat perbandingan bahwa kita jauh lebih menghormati ibu adalah hal yang dibolehkan. Akan tetapi hal ini jangan sampai membuat kita lupa untuk mendoakan ayah juga.

Maka berdoa langsung keduanya adalah pilihan yang baik. Dengan langsung mendoakan keduanya, maka kita telah berbakti sekalian kepada keduanya. Sehiingga tidak ada yang lupa kita doakan.

Allah akan mengabulkan doa kepada orang tua.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa doa kepada orang tua adalah doa yang tidak akan ada batasnya antara doa kita dengan Allah. maka itu artinya doa akan sangat mudah dikabulkan oleh Allah. Tentunya dengan berbagai kaedah doa yang dianjurkan.

Doa Untuk Orang Meninggal

doa untuk orang meninggal
doa untuk orang meninggal

Lalu bagaimanakan jika orang tua kita sudah meninggal? Bagaimana cara kita untuk berbakti kepada orang tua kita tersebut?

Dijelaskan oleh buya yahya, bahwa kita masih bisa berbakti dengan orang tua kita dengan memperbanyak doa. Yaitu doa agar Allah memberikan keluasan kubur bagi keduanya. Semoga Allah memberikan kenyamanan dan kebahagaiaan bagi orang tua kita di alam kubur.

Mudah kan?

Pengabdian memang tidak perlu harus dengan bersusah payah selalu. Karena Allah telah menyediakan jalan yang sangat mudah untuk kita ikuti. Yaitu jalan doa yang tentunya tidak membutuhkan banyak tenaga.

Cukup kita bersabar dalam berdoa kepada orang tua kita yang sudah meninggal, maka kita telah termasuk dalam beramal dan mengabdi kepada orang tua yang sudah meninggal.

Maka perbanyaklah doa untuk orang tua yang meninggal.

Karena Allah akan tetap mendengarkan doa yang kita panjatkan baik dari kita sendiri maupun dari orang lain. Selama doa itu diniatkan bagi orang yang sudah meninggal, maka Insya Allah akan sampai dan berguna bagi orang tua kita.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sakit

doa untuk orang tua yang sakit
doa untuk orang tua yang sakit

Doa kepada orang tua pada dasarnya tidak hanya ketika mereka sedang sakit. Akan tetapi setiap ada kesempatan, maka kita dianjurkan untuk memperbanyak doa untuk orang tua. Misalnya setiap selesai sholat dan juga di waktu-waktu yang mustajab lainnya.

Jadi bukan hanya ketika sakit saja.

Dengan memperbanyak doa kepada orang tua, maka selain untuk kebaikan bagi orang tua sendiri. Kita juga sudah mendapatkan pahala karena sudah mendoakan orang tua kita. Jadi doa selalu bisa dua arah.

Karena ketika kita mendoakan kedua orang tua kita, maka kita sendiri sudah mendapatkan pahala. Selain itu, doa kepada orang lain juga akan membuat malaikat ikut mendoakan kita dengan doa yang kita sampaikan.

Sehingga doa tidak pernah rugi.

Dengan maksimal dalam berdoa kepada orang lain, maka kiat juga sebenarnya sedang memaksimalkan doa untuk diri sendiri. Maka mari kita banyak mendoakan orang tua kita karena orang tua sangat perlu doa dari anak-anaknya.

Untuk orang tua yang sedang sakit, maka doakanlah dengan doa yang baik. Boleh pakai bahasa indonesia ataupun doa bahasa arab agar Allah berikan segera kesehatan dan kesembuhan.

Doa Untuk Orang Tua Sesuai Sunnah

doa untuk orang tua sesuai sunnah
doa untuk orang tua sesuai sunnah (Habib Umar dan Habib Munzir)

Doa untuk orang tua sesuai sunnah maksudnya adalah doa untuk orang tua yang sesuai dengan tuntunan baginda nabi Muhammad ﷺ. Maka doa doa yang terbaik baik adalah doa yang diajarkan langsung oleh baginda nabi Muhammad ﷺ.

Ataupun doa dari alquran.

Maka jika kita menemukan doa yang diajarkan oleh baginda nabi Muhammad ﷺ di dalam hadist, maka itu bisa menjadi doa terbaik. Tetapi harus dengan tuntunan dari ulama tentunya.

Doa yang kami tampilkan di sini juga termasuk doa yang sesuai dengan sunnah, sehingga tidak perlu khawatir. Jika membaca doa untuk orang tua sesuai yang kami tuliskan di sini, maka itu adalah doa untuk orang tua sesuai sunnah juga. Karena sumbernya adalah sahih.

Kata Doa Untuk Orang Tua

kata doa untuk orang tua
kata doa untuk orang tua

Berbicara tentang doa untuk orang tua bukanlah hal yang perlu anda khawatirkan. Karena yang paling penting hakikatnya adalah doa dari dalam hati. Jika hari kita telah bersih, maka Insya Allah akan dibantu oleh Allah untuk melahirkan kata-kata yang bagus pula.

Pada intinnya, yang paling penting adalah hatik.

Maka kata doa untuk orang tua bisa saja diucapkan dengan kata yang sederhana dan bermakna. Namun tidak harus sangat bermakna. Karena Allah akan menilai hatimu. Maka dengan hati yang baik, Allah akan menganggap jika kamu sudha berdoa dengan hati yang bersih pula.

Adapun kata doa untuk orang tua yang bisa kamu sampaikan kepada Allah adalah misalnya:

“Ya Allah, ampuni kedua orang tuaku”

“ya Allah, berikan kebaikan untuk kedua orang tuaku”

Dan sebaginya.

Pada intinya, apapun yang terbesit dari hati kamu untuk orang tua, maka lakukanlah itu dan ucapkan dengan kata yang baik pua. Usahakan saja agar kamu berucap yang baik, maka Insya Allah akan diberikan kemudahan oleh Allah dalam kamu bertutur kata nantinya.

Doa Orang Tua

doa orang tua
doa orang tua

Selain membahas tentang doa untuk orang tua, rasanya tidak lengkap juga jika kita tidak membahas tentang doa orang itu sendiri.

Benar kan?

Khususnya adalah doa orang tua kepada kita anaknya. Karena doa untuk orang tua juga sama seperti doa orang tua untuk anaknya. Karena doa orang tua kepada anaknya juga merupakan salah satu dari doa yang tidak akan ditolah oleh Allah.

Maka sangat penting untuk kita meminta kepada orang tua kita agar sering mendoakan kita. Bahkan jika kita lihat dari segi sejarah, banyak sekali para imam yang berhasil dikarenakan doa dari orang tua. Seperti Imam Syafi’i, Imam Ghazali, Syeikh Abdul Qadir Jaelani, dan lainnya.

Maka mintalah agar orang tua mendoakan kita.

Doa Untuk Anak

doa untuk anak
doa untuk anak

Doa untuk anak ini tentu saja sudah sangat jelas sekali ini adalah doa orang tua untuk anak. Akan tetapi hal ini ingin kami bahas secara terpisah dikarenakan doa untuk anak ini adalah doa yang sudah bisa kita lakukan mulai sekarang.

Meskipun belum menikah.

Namun kita sudah bisa langsung memohon kepada Allah agar diberikan anak yang shaleh nantinya. Selain itu kita juga sudah bisa langsung memohon kepada Allah agar diberikan anak yang berbakti, sukses, berjaya, dan sebagainya.

Kita bisa melakukannya dari sekarang. Meskipun belum memiliki anak, namun langkah itu sudah bisa kita lakukan dari sekarang. Sehingga nanti Insya Allah ketika Allah kabulkan maka anak kita akan sesuai dengan harapan.

Maka mulailah dari sekarang.

Maka dari sekarang sudah bisa membiasakan untuk mendoaka anak kita nanti, Insya Allah ke depannya akan dengan mudah pula Allah berikan sesuai dengan yang kita doakan sejak dini.

Pentingnya Doa Orang Tua Untuk Anak

pentingnya doa untuk anak
pentingnya doa untuk anak

Dari semua penjelasan tentang doa orang tua untuk anak, maka kami menyarankan agar anda sesegera mungkin untuk mendoakan anak-anak anda.

Karena sudah sangat banyak bukti bahwa doa orang tua sangat berpengaruh terhadap anak. Tentunya dalam hal kesuksesan dan kabahagiaan. Bahkan bukan hanya hal yang baik saja, hal yang buruk juga akan bisa terjadi jika didoakan oleh orang tua.

Begitulah hebatnya kata-kata orang tua.

Dengan kata orang tua yang sangat ajaib itu, maka manfaatkanlah hal itu. Manfaatkanlah keajaiban yang Allah berikan kepada lisan setiap orang tua untuk berdoa hal yang baik untuk anaknya.

Manfaatkan sebaik mungkin dengan berdoa sesering mungkin. Sehingga akan semakin banyak pula kebaikan yang Allah berikan di dalam diri kita berkat orang tua kita. Dengan mendoakan anak, maka Insya Allah anak akan lebih berbakti pula kepada orang tua.

Penutup

doa untuk orang tua
doa untuk orang tua

Demikianlah tulisan ini kami buat untuk menjadi pengingat bagi kita semua. Semoga bisa menjadi amalan baik dan bisa berguna kelak di hari kiamat ketika hari pembalasan.

Semoga Allah menberikan kita semua Husnul Khatimah dan mati dalam keadaan beriman. Update terus website alhadiibrahim.com ini untuk menambah ilmu pengetahuan kamu. Demikian dan terima kasih.

Salam,

Alhadi Ibrahim

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: