√ Panduan Doa Sholat Tarawih LENGKAP dan MUDAH Dipahami

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua muslim. Apalagi di bulan ramadhan juga terdapat satu amalan yang tidak ada di bulan lain, yaitu amalan shalat tarawih. Maka untuk itu sangat perlu mempelajari doa sholat tarawih agar maksimal dalam ibadahnya.

Untuk itulah kami menulis tulisan ini.

Berharap semoga bisa menjadi pedoman dalam mempelajari berbagai doa dan juga amalan. Sehingga bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan ibadah semaksimal mungkin.

Mari kita bahas.

Shalat Tarawih

sholat tarawih
sholat tarawih

Shalat tarawih merupakan jenis shalat malam yang hanya dikerjakan di bulan ramadhan. Inilah keistimewaan dari shalat tarawih sendiri. Yaitu hanya ada di bulan ramadhan. Sehingga akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Karena tidak ada di bulan lain.

Oleh karena itu, dalam memaksimalkan diri mempelajari shalata tarawih dan doa shalat tarawih haruslah menjadi prioritas juga. Tentunya selain membahas tentang puasa ramadhan. Namun tentu saja tentang doa shalat tarawih ini tidak boleh diabaikan atau diremehkan begitu saja.

Shalat tarawih sendiri dikerjakan sebanyak 20 rakaat. Inilah yang banyak dilakukan di berbagai negara. Namun di Indonesia sendiri ada sebagian yang melakukan sebanyak 8 rakaat juga. Masalah perbedaan pendapat ini, silahkan lihat berdasarkan penjelasan Buya Yahya untuk lebih jelas.

Penting!!

Amalan yang tidak ada di selain bulan ramadhan adalah amalan yang harus diperhatikan sebaik mungkin agar tidak menyia-nyiakan waktu. Karena jika sudah di bulan lain, maka akan sangat disayangkan jika tiba-tiba timbul keinginan untuk tarawih.

Sementara suddah tidak ada lagi selain di bulan ramadhan.

Doa Sholat Tarawih

doa shalat tarawih
doa shalat tarawih

Doa shalat tarawih adalah doa yang dibaca setelah melakukan sholat tarawih. Jadi bukan doa yang dibaca di dalam shalat tarawih sendiri. Akan tetapi setelahnya.

Karena untuk shalat tarawih sendiri pada bagian pengerjaannya adalah sama saja dengan sholat yang lain. Yaitu dimulai dari niat hiingga diakhiri dengan salam. Akan tetapi yang membedakan hanyalah pada niatnya saja.

Maka oleh karena itu, jangan salah paham ya.

Lafadh Doa Sholat Tarawih

lafadh doa shalat tarawih
lafadh doa shalat tarawih

Adapun untuk lafadh doa tarawih ini sebenarnya tidak harus anda baca persis dengan lafadh yang sama. Memang benar bahwa lafadh yang dibaca ini sangat disarankan untuk dibaca. Akan tetapi jangan sampai dikarenakan belum hafal lafadh arabnya, anda menjadi tidak membacanya.

Ini adalah pemahaman yang salah.

Karena doa setelah sholat tarawih ini tidak harus dibaca dengan bahasa arab saja. Akan tetapi sangat bisa juga jika dibaca dalam bahasa indonesia. Atau selain bahasa indonesia, anda juga bisa membacanya dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing.

Hal ini akan lebih mudah jika anda lakukan tentunya.

Maka dalam tulisan ini kami akan menampilkan doa sholat tarawih dengan lafadh bahasa arab, latin juga dengan bahasa indonesia. Harapannya agar semakin mudah dalam memahami makna doanya. Sehingga tetap bisa berdoa dengan makna yang sama atau mirip meskipun belum hafal arabnya.

Berikut adalah lafadh dari doa sholat tarawih:

doa sholat tarawih

bacaan doa sholat tarawih

bacaan doa sholat tarawih lengkap

doa sholat tarawih lengkap

arti doa sholat tarawih

arti doa sholat tarawih lengkap

Waktu Membaca Doa Shalat Tarawih

Waktu Membaca Doa Shalat Tarawih
Waktu Membaca Doa Shalat Tarawih

Kapankah waktu membaca doa sholat tarawih yang baik? Secara umum, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa doa sholat tarawih adalah doa yang dibaca setelah dikerjakan sholat tarawih.

Begitu pula dalam aplikasinya.

Namun untuk lebih afdhal, akan lebih baik jika dibaca setelah sholat tarawih dan sebelum banyak melakukan aktifitas lainnya. Ini akan menjadi lebih afdhal. Sehingga moment atau saat setelah sholat itu benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

Sehingga tidak kehilangan moment setelah sholat. Sebagaimana yang diketahui bahwa waktu setelah sholat merupakan waktu yang mustajab doa. Dalam hal ini tentu saja yang dimaksud juga termasuk sholat tarawih.

Maka manfaatkanlah waktu itu.

Apalagi di bulan ramadhan, setiap detiknya sangatlah berharga. Maka manfaatkan sebaik mungkin waktu di bulan ramadhan untuk fokus berdoa dan juga ibadah. Dan kurangi hal yang sia-sia bahkan tidur yang berlebihan.

Tidurlah secukupnya dalam takaran normal saja. jangan sampai berlebihan sehingga membuat banyaknya waktu yang terbuang karena tidur. Sementara ketika kita tidur, saat-saat di bulan ramadhan akan terus berlalu dengan begitu saja.

Hukum doa sholat tarawih

Hukum doa sholat tarawih
Hukum doa sholat tarawih

Hukum membaca doa sholat tarawih adalah sunnah. Bahkan mengerjakan sholat tarawih sendiri hukumnya adalah sunnah. Sehingga memang tidak akan berdosa jika tidak mengerjakan sholat tarawih ini.

Akan tetapi meskipun sunnah, sangat dianjurkan untuk dibaca doa sholat tarawih setelah melakukan sholat tarawih itu sendiri. Harapannya tentu saja untuk mendapatkan banyak pahala, banyak keutamaan dan banyak keberkahan dalam amalan tersebut.

Untuk keutamaannya, juga akan dibahas di bab berikutnya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, amalan sunnah itu tidak boleh diremehkan. Bahkan amalan sunnah juga sangat bisa mendatangkan kita ke surga dan mendapat banyak keutamaan dengan amalan sunnah tersebut.

Keutamaan Doa Shalat Tarawih

Keutamaan Doa Shalat Tarawih
Keutamaan Doa Shalat Tarawih

Berbicara keutamaan sholat tarawih ada sangat banyak yang perlu dibahas. Karena memang banyak sekali hal yang bisa didapatkan selama bulan ramadhan dan khusus di dalam sholat tarawih sendiri. Adapun beberapa keutamaan membaca doa sholat tarawih adalah sebagai berikut:

Menghambakan diri kepada allah

Menghambakan diri kepada allah merupakan salah satu sikap yang harus selalu kita lakukan kepada allah. Karena memang pada dasarnya kita adalah hamba dan allah adalah tuhan. Maka oleh sebab itu, menyadari hal ini dan juga membuat pengakuan tentang hal ini sangatlah penting.

Karena allah menyukai pengakuan dari hambanya.

Memang derajat allah atau kekusaan allah tidak akan turun sedikitpun kalau kita tidak mengakuiNya. Demikian juga tidak meningkat sedikitpun ketika kita mengakuinya. Karena kekuasaan dan kekuatan allah memang sudah berada pada puncaknya.

Sehingga tidak ada naik atau turun lagi. Allah adalah yang paling berkuasa atas bumi ini dan semua yang ada di dalamnya.

Maka sangat penting untuk sering mengakui kehebatan allah atau kekuatan allah. Dan tentunya sambil mengakui juga kelemahan diri kita kepada allah. bahwa kita membutuhkan allah dalam semua kehidupan kita. ‘

Hanya dengan bantun allah, semua bisa terjadi.

Oleh karena itu, ketika kita banyak berdoa kepada allah, maka allah menjadi sangat senang dengan sikap kita. Karena kita telah menunjukkan penghambaan diri dan menunjukkan juga bahwa allah adalah tuhan kita.

Meskipun posisi tetap tidak berubah walaupun kita tidak mengakuinya. Namun allah sangat menganjurkan agar kita melakukan hal ini dan insya allah akan semakin banyak kebaikan yang kita dapatkan dari banyaknya berdoa kepada allah.

Dikabulkan segala hajat

Dikabulkan segala hajat
Dikabulkan segala hajat

Dikabulkan segala hajat termasuk bagian dari permintaan muslim yang berdoa kepada allah. Allah sendiri sudah menyuruh kita agar banyak berdoa, maka insya allah semua yang kita mintakan akan dikabulkan oleh allah.

Tentu selama syarat dan adab dalam berdoa dipenuhi.

Termasuk juga ketika kita berdoa kepada allah dengan doa sholat tarawih atau doa setelah sholat tarawih. Insya allah juga akan dikabulkan oleh allah. Maka disitu juga menjadi saat dimana kita juga dianjurkan untuk membaca banyak doa lainnya. Sehingga semua doa dikabulkan oleh allah.

Baik doa setelah tarawih sendiri ataupun doa lain yang dimohonkan kepada allah. maka insya allah semua akan dikabulkan. Tentunya dengan adab dan cara berdoa yang sudah tepat.

Dipandang oleh allah

Dipandang oleh allah merupakan suatu hal yang sangat hebat. Bahkan para ulama sangat sering mengejar ini. Yaitu mengejar pandangan allah terhadap kita. Karena dengan pandangan allah, maka insya allah akan diberikan kemudahan dan keberkahan dalam hidup.

Karena jika allah sudah memandang hambanya, maka hambanya menjadi lebih baik dalam kehidupannya. Selain itu juga menjadikan kasih sayang allah lebih banyak kepada kita sebagai hamba yang sudah mendapat pandangan oleh allah.

Pandangan dari guru saja sangat penting.

Apalagi pandangan dari baginda, dan terlebih lagi pandangan dari allah. Tentu hal ini menjadi lebih utama lagi untuk kita kejar. Pastinya akan banyak sekali keutamaan dan kemuliaan yang didapatkan jika kita sudah mendapatkan pandangan dari allah.

Orang yang mendapat pandangan dari allah, maka insya allah hidupnya akan lebih banyak kebaikan. Karena allah akan banyak membantunya dalam ibadah dan menghindarkannya dari maksiat yang ada. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk mengerjar pandangan allah tersebut.

Hidup menjadi lebih berkah

Hidup menjadi lebih berkah
Hidup menjadi lebih berkah

Hidup juga menjadi lebih berkah jika kita membaca doa. Bukan hanya doa setelah tarawih saja. Akan tetapi semua doa yang bisa kita baca, maka itu akan semakin mendekatkan kita dengan allah dan mendapat pandangan allah.

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya tentang pandangan allah. Bahwa jika kita mendapatkan pandangan allah, maka hidup kita akan semakin mendapat banyak kemudarah dan kebaikan.

Itulah keberkahan.

Dengan keberkahan itulah, insya allah kita akan semakin baik dan berkualitas dalam hidup. Oleh karena itu sangat perlu untuk melakukan atau memabaca doa sholat tarawih beserta doa lainnya agar hidup menjadi lebih berkah.

Keberkahan itu tidak bisa diukur dengan logika sederhana. Karena keberkahan itu sangat unik. Adakalanya jumlah uang kita kurang, akan tetapi semua kebutuhan bisa dipenuhi. Entah bagaimana caranya, itulah keberkahan.

Jika tidak membaca doa sholat tarawih

Jika tidak membaca doa sholat tarawih
Jika tidak membaca doa sholat tarawih

Bagaimana kalau seseorang tidak membaca doa sholat tarawih?

Untuk menjelaskannya, kita perlu lihat dari berbagai sisi. Pertama, sisi hukumnya, memang membaca doa itu hukumnya bukanlah wajib. Namun sunnah saja, akan tetapi sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Memang mengerjakannya bukanlah menjadi amalan wajib. Sehingga jika dilihat dari segi hukumnya, hanyalah sunnah dan jika dijelaskan tidak akan berdosa.

Akan tetapi jika dlihat dari sisi faedah dan keutamannya, sangat harus diperhatikan untuk membaca doa sholat tarawih ini. Karena seperti yang sudah dibahas bahwa doa sholat tarawih memiliki banyak sekali keutamaan. Bahkan lebih banyak dari yang bisa kami sampaikan.

Untuk itu, jangan hanya memperhatikan doa sholat tarawih dari segi hukumnya saja. Akan tetapi perlu diperhatikan dari berbagai sisi. Termasuk dalam hal ini adalah sisi faedah dan keutamaannya. Betapa banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan mengerjakan ibadah ini.

Banyak sekali yang bisa kita dapatkan hanya dengan berdoa ketika sudah selesai mengerjakan sholat tarawih. Oleh karena itu, jangan disia-siakan kesempatan untuk beramal ini agar semakin maksimal dalam ibadah yang dilakukan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: