√ Lengkap !! Doa Sholat Tahajud dan Tata Caranya [Lafadz, Keutamaan, Dll]

Doa merupakan senjata kaum muslimin. Termasuk dalam hal ini adalah doa sholat tahajud. Doa sholat tahajud menjadi salah satu topik yang penting untuk dibahas karena faedah dan keutamaannya yang sangat luar biasa.

Maka pada tulisan ini kamu akan mempelajari tentang doa sholat tahajud beserta hal-hal yang berkaitan dengannya.

Untuk memudahkan penjelasan, tulisan ini akan dibahas dengan lengkap namun dengan penyampaian yang dimulai dari hal umum hingga kepada inti dari ilmu doa sholat tahjud ini.

Doa Sholat Tahajud

doa sholat tahajud
doa sholat tahajud

Doa sholat tahajud adalah doa yang dibacakan setelah sholat tahajud dikerjakan. Hal in tentu menjadi doa yang sangat diinginkan oleh semua orang yang melakukan sholat tahajud.

Karena tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diperoleh dari sholat tahajud sendiri.

Tidak ingin mubazir kan?

Maka dari itu, kami coba untuk menjelaskan dan menuliskan tentang doa sholat tahajud. Agar ibadah tahajud kamu menjadi lebih sempurna tentunya. Karena untuk bangun sholat tahajud saja sudah merupakan salah satu prestasi yang baik.

Dan tentunya sulit dilakukan.

Apalagi ditambah dengan membaca doa sholat tahajud. Tentunya akan sangat menambah amal ibadah dan pahala yang didapat dari allah.

Penting!!

Bangun untuk sholat tahajud pada dasarnya adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Dan hanya dilakukan oleh hamba-hamba yang dimudahkan oleh allah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin di saat tahajud tersebut.

Agar menjadi maksimal tentunya. Karena waktu yang mustajab doa itu akan sangat disayangkan bila dilewati dengan hanya tidur semata.

Oleh karena itu, mari kita semangat mengamalkan doa sholat tahajud agar semakin maksimal dan sempurna dalam tahajudnya.

Sholat Tahajud

Sholat tahajud
Sholat tahajud

Sebelum kita membahas tentan doa sholat tahajud, akan lebih baik jika kita bahas tentang sholat tahajud terlebih dulu.

Setuju?

Sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan setelah seseorang tidur terlebih dulu. Itu artinya sholat tahajud hanya boleh dilakukan jika sudah tidur sebelumnya. Jadi kalau sholat malam sebelum tidur, apakah boleh?

Boleh saja. Namun namanya bukan sholat tahajud, akan tetapi sholat malam. Karena sholat tahajud hanya sah disebut sebagai tahajud jika sudah tidur sebelumnya.

Berapa lama tidurnya?’

Tidak ada batas minimalnya kok. Asalkan kamu sudah tidur dan bangun ketika sudah isya, maka kamu sudah boleh menunaikan sholat tahajud. Jadi walaupun tidurmu hanya 5 menit atau 10 menit saja, kamu sudah bisa mengerjakan sholat tahajud.

Sholat tahajud merupakan sholat yang sangat diutamakan. Tentunya hal ini adalah karena faedahnya yang sangat hebat, yaitu menjadi waktu yang sangat mustajab untuk diterima doa.

Hebat kan?

Oleh karena itulah banyak orang yang mengejar sholat tahajud dan ingin benar-benar bisa merutinkan sholat tahajud setiap malam. Karena dengan mengerjakan sholat tahajud, maka semau orang akan memiliki kesempatan untuk berdoa yang mudah dikabulkan.

Para ulama sangat menganjurkan sholat tahajud ini. Rata-rata semua ulama biasanya menjadikan amalan sholat tahajud menjadi amalan yang diwajibkan untuk diri sendiri.

Bahkan di pesantrennya juga.

Biasanya di pesantren atau pondok tertentu, ada beberapa yang mewajibkan sholat tahajud sebagai bagian dari peraturan yang harus dilakukan setiap malam. Tentunya hal ini adalah untuk membiasakan para santri untuk rutin sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud

doa sholat tahajud
doa sholat tahajud

Berbicara suatu ibadah, tentu tidak pernah terlepas dari niatnya. Hal ini tentu menjadi penting karena sesuai dengan sabda baginda bahwa ibadah atau setiap ibadah itu selalu tergantung dari niatnya.

Maka jika niatnya salah, ibadahnya pun menjadi salah. Jika niatnya benar, maka insya Allah amalannya menjadi benar tentunya dengan diikuti oleh rukun dan syarat suatu ibadah tersebut.

Penting!!

Niat dalam sholat merupakan salah satu rukun sholat. Sehingga jika tidak dilakukan, maka akan membuat sholat itu menjadi tidak sah. Demikian pula dengan sholat tahajud ini, jika niatnya tidak dilakukan, maka sholat tahajud menjadi sia-sia.

Bukankah kita tidak ingin ada yang sia-sia?

Maka mari mendalami dengan serius terkait ilmu agama agar memahami semua hal dengan sempurna. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan sah atau tidaknya suatu ibadah. Dalam hal ini adalah ibadah sholat tahajud atau doa sholat tahajud.

Semuanya harus diperhatikan.

Adapun niat sholat tahajud adalah sebegai berikut:

niat sholat tahajud

Doa Sholat Tahajud Dan Hajat

doa sholat tahajud dan hajat
doa sholat tahajud dan hajat

Doa setelah tahajud dan hajat maksudnya adalah doa sholat tahajud yang dikerjakan namun sekaligus dengan menyampaikan hajat atau keinginannya.

Doa sholat tahajud memang sangat tepat untuk menjadi salah satu bagian atau waktu berdoa untuk hajat sendiri. Karena memang kita banyak sekali kebutuhan dan permintaan. Maka memanfaatkan waktu sholat tahajud dengan meminta hajat akan sangat baik.

Penting!!

Waktu tahajud jika tidak dimanfaatka dengan baik, maka akan berlalu dengan sia-sia. Maka mintalah sebanyak-banyaknya pada saat sedang dalam suasana tahajud. Tentunya setelah melakukan sholatnya.

Jika tidak dimanfaatkan, maka khawatir jika besok kita akan sulit untun bangun dan kembali tahajud. Selama masih ada kesempatan, maka maksimalkan sebaik mungkin.

Benar kan?

Maka doa sholat tahajud silahkan dibarengi dengan berbagai doa dan harapan sesuai kemauan dan keinginan masing-masing. Tentunya hal ini akan sangat membantu agar hajat atau keinginan kita menjadi cepat terkabul.

Doa Sholat Tahajud Dan Witir

doa sholat tahajud dan witir
doa sholat tahajud dan witir

Doa sholat tahajud dan witir ini memang yang paling sering juga ditanyakan. Karena banyak yang melakukan sholat tahajud dan sekaligus juga dengan witir. Tentu saja niatnya agar menjadi sekalian bangunnya.

Selain itu juga banyak yang mengira bahwa jika sudah sholat witir, maka tidak boleh lagi sholat tahajud. Hal ini adalah hal yang keliru. Karena sebenarnya boleh saja.

Maka, ilmu itu penting.

Pengetahuan yang salah akan sangat berpotensi menyebabkan banyaknya resiko dalam ibadah. Misalnya dengan pengetahuan yang salah tentang sholat tahajud dan witir, hal ini akan membuat banyak orang yang tidak mengerjakan sholat tahajudnya.

Karena beranggapan bahwa sholat tahajud tidak boleh dilakukan jika sudah mengerjakan witir. Maka banyaklah mencari ilmu agar lebih memahami.

Penting!!

Sholat tahajud dan sholat witir adalah sholat yang berbeda. Sehingga dijerkannya sendiri-sendiri. Jika sudah tahajud, baru lanjutkan dengan witir.

Namun untuk doanya, boleh saja dibacakan sekalian setelah melakukan witir. Misalnya kamu baru saja melakukan sholat tahajud, lalu langsung melakukan sholat witir. Dan setelah witir, baru kamu membaca doa.

Maka ini dibolehkan.

Karena yang paling penting dalam doa sholat tahajud ini adalah waktunya. Dengan memanfaatkan waktu di malam hari inilah, Insya Allah doa kita akan mudah dikabulkan oleh allah.

Maka manfaatkanlah waktu malam atau di sepertiga malam akhir dengan sebaik mungkin. Karena akan sangat berpengaruh terhadap pengabulannya di sisi Allah.

Apakah Doa Sholat Tahajud Pasti Dikabulkan?

apakah doa sholat tahajud pasti dikabulkan

Jika bertanya seperti ini, maka jawabannya adalah pasti dikabulkan. Asalkan dengan ketentuan bahwa sudah mengerjakan dan berdoa dengan syarat-syarat doa itu dikabulkan. Misalnya makan dan pakaian yang halal, dan sebagainya.

Hal ini juga sudah disampaikan oleh Imam Syafi’i tentang berdoa di sepertiga malam akhir.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa pengabulan doa adalah dari allah dan dengan cara allah. sehingga mungkin hasilnya tidak akan persis seperti yang kita minta. Akan tetapi pengabulannya akan sangat indah dan terbaik dari allah.

Bukankah allah yang lebih mengetahui apa yang kita butuhkan daripada diri kita sendiri?

Maka dari itu, setelah berdoa dengan doa terbaik. Maka pasrahkanlah kepada allah terhadap pengabulannya. Serahkan lah kepada allah tentang bagaimana pengabulannya akan dilakukan.

Maka Insya Allah pasti indah.

Karena pengabulan dari allah adalah pasti terbaik dan memang allah yang lebih mengetahui mana yang terbaik kepada kita. Bisa saja kita tidak suka, tapi allah tahu bahwa itu yang terbaik. Demikian bisa saja kita suka, namun sebenarnya tidak baik bagi kita.

Maka serahkanlah pada allah terkait pengabulannya.

Doa Sholat Tahajud Dan Caranya

Doa Sholat Tahajud Dan Caranya

Bagaimanakah cara membaca doa sholat tahajud? Doa sholat tahajud adalah doa yang dibacakan setelah sholat tahajud dilakukan. Maka membaca doa sholat tahajud tidak berbeda dengan membaca doa setelah sholat lainnya.

Intinya adalah memohon kepada allah dengan sebaik-banyknya permohonan. Sehingga kita benar-benar menginginkan agar allah mengabulkan doa dan permintaan kita.

Begitulah adabnya.

Dalam memohon atau membaca doa sholat tahajud ini, yang perlu sangat perlu diperhatikan adalah adabnya. Karena adab merupakan hal yang harus dijaga antara kita dengan allah.

Dengan adab pula akan banyak keberkahan dalam kehidupan kita sehingga menjadi lebih baik. Selain itu, adab juga akan banyak menaikkan derajat kita di sisi allah.

Adab Dalam Membaca Doa Sholat Tahajud

adab doa sholat tahajud

Adapun doa sholat tahajud yang dianjurkan adabnya adalah sama saja dengan adab dalam memohon doa lainnya. Diantaranya adalah:

  • Mengangkat kedua tangan.
  • Membaca doa dengan khusyu’.
  • Hadir hati.
  • Bersungguh-sungguh.
  • Yakin bahwa allah pasti mengabulkan.
  • Awali dengan pujian kepada allah dan sholawat kepada baginda.
  • Akhiri dengan sholawat kepada baginda dan pujian kepada allah.

Dengan mempraktekkan cara berdoa seperti ini, maka insya allah akan segera diberikan kemudahan oleh allah dalam semua doa yang kita panjatkan. Semoga allah mengabulkan semua permintaan kita.

Doa Sholat Tahajud Dan Keutamaannya

Doa Sholat Tahajud Dan Keutamaannya
Doa Sholat Tahajud Dan Keutamaannya

Doa sholat tahajud memiliki banyak sekali keutamaannya. Inilah yang menjadi perhatian dari semua hamba-hamba allah yang beriman. Yaitu ingin mencari ridho allah dan memperoleh banyak keutamaan dari ibadah yang dilakukan.

Doa sholat tahajud memilik banyak sekali keutamaan. Diantaranya yang menjadi salah satu keutamaannya adalah mudahnya untuk dikabulkan doa tersebut.

Karena di waktu yang mustajab.

Maka dengan waktu yang mustajab itulah, allah akan dengan sangat mudah untuk mengabulkan doa kita. Makanya perlu sangat bijak dan cerdas dalam menyikapi waktu berharga pada saat selesai sholat tahajud ini.

Selain itu, termasuk keutamaan dalam doa sholat tahajud adalah kita akan diperhatikan oleh allah. Hal inilah yang menjadi salah satu incaran dari ulama.

Yaitu pandangan allah.

Karena jika allah sudah memandang kita, maka Insya allah semua hal akan dimudahkan. Selain dimudahkan, kita juga akan mendapatkan banyak rahmat dan keberkahan dengan berinteraksi dengan allah di waktu yang sepertiga malam tersebut.

Karena pada saat itu begitu banyak orang yang tidur, sementara allah terus menerima berbagai doa. Pada saat orang tidur itulah menjadi saat yang berharga untuk kita memohon kepada allah.

Leave a Comment

%d bloggers like this: