Doa Setelah Wudhu TERLENGKAP (Lafaz, Cara, Adab, Pedoman)

Doa setelah wudhu merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan dan dianjurkan setelah melakukan wudhu. Meskipun secara fiqih hukumnya dalah sunnah, namun sangat banyak para ulama yang menganjurkan untuk membacakan doa setelah wudhu untuk menyempurkanan wudhu itu sendiri.

Wudhu merupakan perbuatan yang diwajibkan sebelum seseorang akan melakukan beberapa amalan dalam islam. Termasuk diantaranya dalah ketika ingin sholat, tawaf, memegang Alquran, dan sebainya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui doa setelah wudhu.

Namun sebelum membaca doa setelah wudhu, akan lebih sangat berguna jika anda juga mengetahui hakikat wudhu itu sendiri.

Oh iya, perlu anda tahu juga bahwa doa sesudah wudhu ini berbeda dengan doa wudhu. Doa sesudah wudhu adalah doa yang dibacakan setelah berwudhu. Sementara doa wudhu adalah doa yang dilakukan saat wudhu dilakukan, atau biasa disebut juga dengan niat wudhu.

Jadi harus dibedakan ya keduanya.

Wudhu adalah cara yang dilakukan oleh seorang muslim untuk membersihkan diri dari Hadast kecil. Sedangkan jika ingin membersihkan diri dari hadas besar, maka seseorang harus melakukan mandi junub, atau mandi wajib, atau biasa dikenal juga disebut mandi besar.

Terkait mandi wajib, pastikan jangan sampai salah melakukannya. Karena mandi wajib kamu salah, maka semua sholatmu menjadi tidak sah. Karena memang tidak suci. Pastikan juga untuk membaca doa mandi wajib ketika kamu melakukan mandi wajib itu sendiri.

Wudhu yang bisa membersihkan hadast kecil adalah wudhu yang sah.

Apakah anda sudah tahu bagaiman agar wudhu kita sah?

Untuk mendapatkan wudhu yang sah, maka harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan memperhatikan semua syarat sah wudhu. Oleh karena itu, selain membahas doa setelah wudhu, tulisan ini juga akan membantu anda mengetahui tentang wudhu itu sendiri.

Doa Setelah Wudhu dan Kepentingannya

Pentingnya membaca doa setelah wudhu
Ilustrasi belajar membaca doa setelah wudhu

Membaca doa setelah wudhu maupun doa wudhu menjadi penting dikarenakan adab kita kepada Allah dalam melaksanakan suatu ibadah. Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa para ulama sangat menganjurkan untuk membaca doa setelah wudhu ini.

Adab adalah bagian yang sangat penting selain ilmu.

Salah satu adab kita kepada Allah adalah meminta sebanyak-banyaknya kepada Allah. Permintaan itulah yang kita sebut sebagai doa. Termasuk juga isi permintaan dalam doa sesudah wudhu.

Maka jangan heran jika semua doa kita sebenarnya isinya adalah permintaan.

Minta A, minta B, semuanya minta. Karena meminta kepada Allah itu adalah sebuah tanda betapa kita membutuhkan Allah dalam kehidupan kita. Para ulama menyebutkan bahwa hakikat dari berdoa adalah penghambaan diri.

Apa yang dimaksud dengan penghambaan diri?

Penghambaan diri adalah kondisi dimana kita benar-benar menunjukkan kepada Allah bahwa kita butuh sesuatu dan Allah yang memberi sesuatu itu. Kita benar-benar lemah dan butuh kepada Allah. Untuk itulah kita berdoa. Memnita kepada Allah karena memang kita adalah manusia yang lemah.

Dengan kata lain, kita menjelaskan kepada Allah bahwa “Ya Allah, aku adalah hambamu, yang engkau ciptakan, yang bisa engkau hidupkan dan matikan kapan saja, aku lemah, dan aku membutuhkanMu untuk membantuku setiap saat, karena tanpa bantuanMu, maka tidak ada yang bisa aku lakukan”.

Itulah hakikat berdoa, yaitu menunjukkan penghambaan diri kepada Allah.

Sama halnya dengan doa wudhu dan doa setelah wudhu, hakikatnya adalah tetap menunjukkan bahwa kita membutuhkan Allah, sedangkan Allah tidak membutuhkan kita.

Tanpa bantuan Allah, maka tidak ada yang akan berhasil.

Apakah anda pernah merenung, siapa yang mengalirkan aliran darah kita sekarang?

Siapa yang mengalirkan darah kita saat kita tidur?

Siapa yang memompa jantung kita?

Siapa yang membuat kita tetap bernafas saat kita tidur dalam keadaan tidak sadar?

Begitulah renungan orang-orang shaleh, bahwa semuanya terjadi dengan bantuan dari Allah. Jika bukan karena Allah, maka tidak ada yang bisa terjadi di dunia ini. Termasuk daun yang jatuh, termasuk angin berhembus, bahkan debu yang menempel pada sandal.

Maka dianjurkan berdoa kapan saja termasuk dalam doa setelah wudhu, karena untuk menunjukkan penghambaan diri kita kepada Allah dan sebagai adab kita kepada Allah sebagai hamba yang lemah dan selalu membutuhkan Allah dalam hidup kita. Sehingga sebenarnya bukan hanya doa setelah wudhu saja yang penting, termasuk yang harus kamu pahami juga adalah doa setelah sholat karena begitu penting memanfaatkan situasi setelah sholat sebagai waktu yang mustajab doa.

Doa Setelah Wudhu dan Pengertian Wudhu

Pengertian Wudhu
Pengertian Wudhu

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa wudhu adalah kegiatan mensucikan diri dari hadast kecil. Ingat baik-baik ya pengertian ini. Karena ada yang berpendapat bahwa wudhu adalah kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan sholat.

Hal tersebut adalah keliru, karena wudhu bukan hanya dilakukan ketika akan melakukan sholat. Akan tetap wudhu adalah membersihkan diri dari hadas kecil.

Itu artinya anda bisa berwudhu meskipun tidak berencana untuk sholat.

Selain itu, wudhu sendiri merupakan ibadah yang sangat dianjurkan meskipun sedang dalam keadaan tidak berencana untuk sholat dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan manusia dianjurkan untuk selalu berada dalam keadaan suci dari hadas besar dan hadas kecil.

Salah satu faedah dari selalu dalam keadaan suci dari hadas besar dan kecil adalah didoakan oleh malaikat. Orang yang suci senantiasa didoakan oleh malaikat bahkan setiap langkah yang dilakukan.

Oleh karena itu, setiap detik kita sangat berharga jika didoakan oleh malaikat.

Kenapa begitu berharga dan penting untuk didoakan oleh malaikat? Hal tersebut adalah karena doa malaikat itu sangat maqbul dan sangat mudah dikabulkan oleh Allah. Bukankah anda tahu bahwa doa dari hamba yang tidak berdosa akan segera dikabulkan?

Malaikat adalah makhluk yang tidak pernah berdosa.

Itulah sebabnya mengapa kita perlu berada dalam keadaan selalu suci agar didoakan oleh para malaikat. Jangan bingung tentang apa saja yang didoakan oleh malaikat, karena malaikat selalu mendoakan kebaikan untuk kita. Seperti mendoakan keberkahan umur, kebahagiaan, dan sebagainya.

Lalu bagaiman cara menjaga agar tetap dalam keadaan suci?

Caranya mudah sekali, anda hanya perlu selalu segera berwudhu setelah melakukan hal-hal yang membatalkan wudhu, tentunya lebih sempurna pula bila disertai doa wudhu. Untuk itu anda juga harus tahu hal-hal yang membatalkan wudhu.

Doa Setelah Wudhu dan Hal-hal yang Membatalkan Wudhu

Hal yang membatalkan wudhu

Berikut adalah hal-hal yang membatalkan wudhu:

  1. Keluar sesuatu dari salah satu diantara kubul (kemaluan) atau dubur (anus). Seperti kencing, kentut, BAB, dan lainnya.
  2. Terkena najis
  3. Bersentuhan kulit dengan lawan jenis.
  4. Hilang akal. Hilang akal ini bisa disebabkan karena gila ataupun pingsan. Tidur juga digolongkan dalam hilang akal, kecuali tidur dengan posisi duduk tegap.

Itulah beberapa yang membatalkan wudhu, untuk bab yang membatalkan wudhu ini akan dibahas pada tulisan lain ya agar lebih lengkap penjelasannya. Namun secara umumnya, agar anda selalu berada dalam keadaan suci, maka segeralah berwudhu setiap terjadi sesuatu yang membatalkan wudhu.

Misalnya jika anda kentut, segera saja berwudhu kembali, sehingga anda kembali berada dalam kedaan suci. Demikian juga jika anda kencing, BAB, atau bersentuhan kulit dengan lawan jenis, maka segera berwudhu agar kembali menjadi suci dan didoakan oleh Mlaikat.

Bukankah enak sekali selalu didoakan oleh malaikat secara gratis?

Maka mari sama-sama kita praktekkan agar senantiasa mendapatkan doa dari para malaikat dalam setiap detik dalam kehidupan kita.

Balik lagi ke topik kita sebelumnya ya, bahwa wudhu bukan hanya dilakukan ketika ingin melakukan sholat, namun bisa kapan saja agar mensucikan diri dari hadas kecil.

Sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan dengan wudhu (atau tayamum jika tidak ada air). Selain sholat, ada pula ibadah lain yang diwajibkan dengan adanya wudhu, yaitu seperti tawaf, memegang Alquran, dan lainnya.

Jadi, sudah cukup jelas ya tentang pengertian wudhu?

Mari kita masuk ke penjelasan berikutnya terkait doa sesudah wudhu.

Doa Setelah Wudhu dan Waktu Membacanya

Waktu membaca doa setelah wudhu
Ilustrasi waktu membaca doa setelah wudhu

Kapan dibaca doa setelah wudhu? Tentu saja ini sudah sangat jelas jika dilihat dari judul tulisan ini, doa setelah wudhu dibaca setelah dilakukan wudhu. Sedangkan jika doa wudhu dibacanya ketika mulai berwudhu atau berbarengan dengan niat wudhu.

Namun yang perlu dibahas sebenanrnya adalah, apakah doa setelah wudhu boleh dibaca setelah wudhu namun setelah berlalu beberapa menit? Atau harus langsung dibaca begitu wudhu telah dilakukan?

Jawabannya adalah doa setelah wudhu umumnya dilakukan begitu selesai dilakukan wudhu itu sendiri.

Jadi tidak ditunggu beberapa menit dulu atau harus ada yang dikerjakan sebelum membaca doa tersebut. Akan tetapi, doa setelah wudhu segera dibaca begitu wudhu telah dilaksanakan.

Doa Setelah Wudhu dan Cara Membacanya

cara membaca doa setelah wudhu
cara membaca doa setelah wudhu

Cara membaca doa setelah wudhu sebenarnya cukup mudah, yaitu langsung saja dibaca dengan membaca suara yang tidak terlalu keras agar tidak mengganggu orang lain. Namun dibolehkan juga jika dilakukan dengan suara yang keras apabila sedang dalam keadaan mengajar dan sebagainya.

Umumnya doa setelah wudhu dilakukan dengan suara yang pelan atau sekedar bisa didengar oleh telinga sendiri. Sehingga tidak harus terlalu besar suaranya.

Yang perlu diperhatikan dalam doa wudhu dan doa setelah wudhu adalah adabnya.

Bagaiman adab membaca doa setelah wudhu?

Secara umum, doa sesudah wudhu ini juga tidak berbeda dengan mayoritas doa yang dibaca. Karena ada dalam membaca doa setelah wudhu juga sama dengan adab secara umum.

Yaitu mengangkat kedua tangan sambil membacakan doanya.

Perlu diketahui juga bahwa membaca doa setelah wudhu bisa dilakukan juga dianjurkan untuk adanya khusyu’ atau ada nya fokus yang sangat tinggi antara kita dengan Allah.

Sehingga kita benar-benar fokus kepada Allah dan terhubung antara hati kita dengan Allah pada saat kita membaca doa. Dengan adab yang mulia tersebut, kita akan sangat dengan mudah untuk mendapatkan rahmat dari Allah karena adab kita yang baik kepada Allah.

Doa Setelah Wudhu dan Lafadz

Nah, sampailah kita pada inti  dari pembicaraan ini, yaitu lafadh dari doa setelah wudhu. Berikut adalah doa setelah wudhu yang bisa anda baca begitu wudhu setelah dilakukan:

lafaz doa setelah wudhu
lafaz doa setelah wudhu

“Asyhadu Alla Ilaha Illallah Wahdahu laa Syarika lahu Wa Asyhadu Anna Muhammad ‘Abduhu Wa Rasuluhu. Allahummaj’alni Minat Tawwabiina Waj’alni Minal Muthatahirin”.

Artinya adalah:

“Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu (tandingan) kepadaNya. Dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dari golongan orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk dari golongan orang yang bersuci“.

Bacalah doa setelah wudhu ini begitu anda selesai melakukan wudhu dengan adab yang telah dijelaskan tadi, yaitu mengangkat kedua tangan dan berdoa dengan khusyu’.

Orang-orang yang Disunnahkan Membaca Doa Ini

Orang yang disunnahkan membaca doa setelah wudhu
Ilustrasi Orang yang disunnahkan membaca doa setelah wudhu

Secara umum, yang disunnahkan untuk membaca doa setelah wudhu adalah orang-orang yang melakukan wudhu. Oleh karena itu jika anda melakukan wudhu, maka sempatkan diri untuk membaca doa setelah wudhu ini.

Hal ini perlu anda lakukan agar wudhu menjadi sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Tentu saja misi hidup kita adalah mengikuti manusia paling sempurna yaitu Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Agar hidup kita menjadi hidup yang baik dan bisa masuk ke dalam surga kelak.

Namun perlu diketahui juga bahwa doa setelah wudhu ini tidak hanya dianjurkan dibaca setelah wudhu, akan tetapi juga boleh dibaca di selain waktu sesudah wudhu. Bahkan banyak sekali orang yang membaca doa setelah wudhu ini dalam waktu yang lain.

Hal ini tentu saja dikarenakan makna dari doa sesudah wudhu tersebut yang sangat indah dan mewakili banyak permintaan semua muslimin di dunia ini.

Tidak jarang juga doa setelah wudhu dibaca setelah sholat.

Banyak para imam dan muslimin secara umumnya yang menbaca doa setelah wudhu ini dalam doa lain atau dalam waktu lain, seperti setelah sholat. Anda bisa lihat sendiri betapa bagusnya makna yang terkandung dalam doa tersebut, sangat menyentuh dan indah untuk dibaca.

Bukan itu saja, doa ini seolah memang sangat dibutuhkan oleh semua muslim karena artinya yang menunjukkan penghambaan diri kita dan harapan kita semua kepada akhir kehidupan ini.

Yaitu menjadi manusia yang shaleh dan termasuk dalam golongan orang yang bertaubat.

Karena taubat akan menghapus semua dosa kita, maka akan sangat penting bagi kita untuk melakukan taubat dengan serius. Dan permintaan menjadi orang yang bertaubat juga sudah tertulis dalam doa setelah wudhu ini.

Sehingga dengan membaca doa setelah wudhu baik dalam waktu setelah wudhu atau bukan, kita baru saja juga meminta kepada Allah untuk sempurna dalam taubat.

Doa Setelah Wudhu dan Tempat untuk Membaca

Tempat membaca doa setelah wudhu
Contoh tempat membaca doa setelah wudhu

Membaca doa memang sangat dianjutkan dimana pun kita berada dan kapanpun waktunya. Demikian juga dengan doa setelah wudhu. Anda bisa baca kapan saja dan dimana saja jika anda telah selesai melakukan wudhu ataupun di luar waktu wudhu.

Namun ada satu tempat yang tidak dianjurkan untuk membaca doa setelah wudhu ini, yaitu ketika anda berada di dalam tempat untuk BAB. Atau di masa sekarang disebut dengan toilet atau WC. Sebenarnya bukan hanya doa sesudah wudhu, akan tetapi semua doa termasuk doa wudhu, doa sesudah wudhu, dan lainnya.

Kenapa saya tidak langsung menyebutkan wc atau toilet?

Karena di masa Baginda Nabi Muhammad ﷺ dulu tentu belum ada tempat khusus berupa bangunan yang dipakai untuk buang hajat seperti zaman sekarang.

Bahkan di daerah pedesaan atau orang-orang yang masih tinggal di dekat hutan dan gunung pun juga belum menggunakan toilet seperti yang kita gunakan hari ini. Melainkan masih melakukan BAB di sungai atau di tempat primitif lainnya.

Nah, yang ingin saya sampaikan adalah, apapun kondisi dan bentuk tempatnya, jika itu dipakai untuk BAB, maka tidak dianjurkan untuk membaca doa setelah wudhu apabila anda berada di tempat itu.

Hari ini kita tentu melihat bahwa kamar mandi kita juga satu ruangan dengan toilet. Sehingga banyak orang yang melakukan wudhu dan membaca doa sesudah wudhu di dalam toilet. Untuk anda yang juga melakukan hal yang sama yaitu berwudhu di dalam toilet, maka jangan dibaca doa setelah wudhu di dalam toilet tersebut.

Dianjurkan agar anda keluar dulu dari kamar mandi tersebut, lalu silahkan anda membaca doa setelah wudhu di luar kamar mandi.

Menghadap Kiblat

menghadap kiblat saat membaca doa sesudah wudhu
menghadap kiblat saat membaca doa sesudah wudhu

Pada dasarnya, semua doa yang dibaca dianjurkan agar menghadap kiblat. Termasuk juga doa setelah wudhu.

Jadi, jika anda berwudhu dan membaca doa sesudah wudhu dengan membelakangi kiblat atau tidak menghadap kiblat, itu tidak menjadi masalah.

Namun dianjurkan agar anda segera menghadap kiblat apabila setelah wudhu dan ingin membaca doa setelah wudhu. Dan tentunya tetap dengan adab yang disampaikan sebelumnya, yaitu sambil mengangkat kedua tangan dan berdoa dengan penuh kekhusyu’an.

Apabila anda sudah melakukan ini dengan semua unsurnya, maka doa setelah wudhu menjadi sempurna.

Maka lakukanlah doa setelah wudhu ini dengan melengkapi setiap adab dan tata cara yang dianjurkan dalam syariat untuk membaca doa setelah wudhu ini.

Doa Setelah Wudhu dan Jumlah Bacaan?

membaca doa sesudah wudhu
Ilustrasi jumlah membaca doa sesudah wudhu

Anda tentu pernah mendengar bahwa adanya doa yang dibaca berkali-kali atau dalam jumlah tertentu agar menjadi semakin afdhal dalam mengamal kan doa tersebut.

Contohnya saja, misalnya adalah doa yang dibaca dalam sholat.

Dalam sholat, saat ruku’, kita biasanya membaca doa sebanyak tiga kali, demikian juga saat sujud. Bahkan dalam wudhu sendiri juga semua gerakan membasuh atau mengusap dilakukan sebanyak tiga kali. Hal ini tentu saja ada hadist dari Rasulullah bahwa memang Baginda Nabi Muhammad ﷺ mengulang gerakannya sebanyak tiga kali.

Selain itu juga Baginda Nabi Muhammad ﷺ sangat menyukai angka ganjil.

Namun untuk doa setelah wudhu ini biasanya hanya dibaca satu kali saja. Akan tetapi tidak ada larangan apabila anda ingin membaca doa sesudah wudhu lebih dari sekali hingga berkali-kali.

Karena semakin banyak doa itu diucapkan tentu saja telah menunjukkan betapa seriusnya seorang hamba dalam meminta kepada Allah terhadap suatu permintaannya itu. Bahkan seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa doa setelah wudhu ini memang sering dibaca meskipun di luar wudhu.

Jadi tidak perlu bingung apabila anda juga ingin membaca doa ini di luar waktu setelah wudhu.

Termasuk apabila anda ingin membaca doa sesudah wudhu ini sebanyak 3 kali saat selesai wudhu, hal ini tentu tidak menjadi masalah. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan berlama-lama, sehingga bisa membuat anda telat untuk sholat bersama imam.

Apalagi kalau kondisinya baru selesai azan, dianjurkan untuk segera melakukan sholat rawatib qabliyah (sebelum sholat fadhu) untuk mendapatkan pahala yang berlimpah.

Selain itu, antara azan dan qamat juga merupakan waktu yang sangat mudah untuk diqabulkannya doa.

Jadi sebaiknya setelah membaca doa selesai wudhu, sempatkan segera untuk sholat rawatib dan berdoa sebanyak-banyaknya hingga dimulainya waktu sholat.

Doa Setelah Wudhu dan Membiasakan Membacanya

Membiasakan Doa setelah wudhu
Membiasakan Doa setelah wudhu

Ini adalah pembahasan yang paling penting menurut saya. Karena semakin hari saya melihat semakin jarang orang yang membaca doa wudhu, doa setelah wudhu, bahkan ada juga yang belum paham bagaimana niat wudhu.

Sebenarnya ini kemungkinannya bukan hanya mereka tidak membaca. Namun ada juga kemungkinan bahwa mereka membaca, namun membacanya hanya dalam hati dan tidak menggunakan adab berupa menengadahkan tangan dan menghadap kiblat.

Oleh karena itu, penting juga untuk membiasakan adabnya dengan sempurna.

Doa setelah wudhu ini sangat penting seperti yang sudah dibahas di bagian atas sebelumnya. Maka sangat perlu untuk dibiasakan membaca doa sesudah wudhu ini karena mengandung banyak makna dan adab kepada Allah.

Selain itu, salah satu bukti kita cinta kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah dengan mengikuti beliau termasuk dalam hal adab membaca doa sesudah wudhu ini.

Lakukan dengan ikhlas dan khusyu’.

Selain membiasakan membaca doa sesudah wudhu ini, penting bagi kita semua untuk ikut mengajarkan doa ini kepada orang-orang terdekat kita. Seperti keluarga, saudara, dan teman-teman dekat. Bahkan juga kepada karyawan atau asisten rumah tangga masing-masing.

Dengan membiasakan doa sesudah wudhu ini, doa wudhu, dan doa lainnya, serta mengajarkannya kepada kerabat, maka kita juga telah membantu Baginda Nabi Muhammad ﷺ dalam menyebarkan agama ini atau membantu Baginda Nabi Muhammad ﷺ dalam berdakwah.

Dakwah bisa dilakukan meskipun ilmu kita sedikit.

Dengan syarat kita hanya menyampaikan yang kita ketahui saja, jadi apabila tidak benar-benar mengetahui, maka jangan asal mengeluarkan pendapat. Karena para ulama shaleh juga seing mengatakan “Aku tidak tahu” untuk hal-hal yang mereka tidak ketahui.

Penutup

Doa sesudah wudhu
Doa sesudah wudhu

Demikianlah pembahasan terkait doa sesudah wudhu yang bisa disampaikan pada tulisan ini. Ilmu tentang wudhu ini sangat lengkap sekali.

Oleh karena penjelasan bab lainnya akan dibahas pada tulisan lain ya. Seperti cara berwudhu, niat wudhu, niat wudhu dan sebagainya. Pemisahan bab ini dimaksudkan agar penjelasan per bab menjadi lebih rinci dan detail, sehingga mendapatkan pengatahuan yang lebih lengkap.

Untuk itu, cek terus informasi yang update di alhadiibrahim.com.

Insya Allah kita semua akan berusaha untuk memberikan tulisan dan ilmu yang diperlukan dan bermanfaat bagi khalayak. Jika pembaca punya pertanyaan atau saran tentang apa yang ingin dibahas pada tulisan berikutnya, silahkan untuk berkomentar atau menghubungi kami di bagian kontak yang telah disediakan.

Demikian ya teman-teman. Terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: