Doa Setelah Sholat PALING LENGKAP (Lafaz, Adab, Cara Hafal, Dll)

Pada tulisan ini, anda akan membaca :

Sholat merupakan ibadah yang selalu harus dilakukan oleh semua Muslim. Salah satu doa yang mustajab adalah doa setelah sholat. Maka rutinkanlah membaca doa setiap selesai setelah sholat.

Untuk itulah tulisan ini kami buat.

Yaitu bertujuan untuk membuat anda lebih mudah memahami doa setelah sholat. Tujuannya agar bisa membantu amalan dalam sehari-hari dan bisa rutin untuk beramal.

Karena doa setelah sholat merupakan amalan yang sangat disarankan. Banyak sekali keutamaan yang ada di dalam doa sesudah sholat ini. Maka sangat penting untuk dirutinkan.

Sebelumnya, nonton dulu nih pentingnya Doa Setelah Sholat ya:

Doa Setelah Sholat

doa sesudah sholat wajib

Doa setelah sholat merupakan doa yang seharusnya selalu dilakukan oleh setiap muslim ketika selesai mengerjakan sholat.

Mengapa perlu demikian?

Pentingnya doa setelah sholat ini adalah sebagai tanda bahwa kita membutuhkan Allah dan menginginkan Allah untuk mengabulkan doa kita. Apalagi buat kamu yang sedang memiliki banyak keinginan untuk dikabulkan, tentu sangat penting untuk merutinkan doa setelah sholat.

Apakah sholat saja tidak cukup?

doa sesudah sholat fardhu

Jika berbicara cukup atau tidak, tentu saja sholat itu sudah sangat cukup. Bahkan hakikat dari sholat itu sendiri memang doa. Dan jika dilihat dari segi kewajiban, salah satu rukun Islam adalah melakukan sholat, dan tidak termasuk doa seteleh sholat.

Namun prinsipnya, “Tidak diwajibkan bukan berarti tidak penting”.

Sebelum sampai ke pembahasan doa setelah sholat ini, pastikan juga bahwa kamu sudah paham tentang bersuci agar Ibadah sholat kamu menjadi sah.

Karena hanya orang yang dalam keadaan suci yang akan diterima sholatnya. Maka pastikan kamu sudah mengetahui tentang cara berwudhu, cara mandi wajib termasuk doa mandi wajib, membersihkan hadist dan sebagainya.

Doa Setelah Sholat dan Kepentingannya

doa setelah sholat fardhu
doa setelah sholat fardhu

Doa setelah sholat sangat penting untuk dilakukan karena itulah adab kita kepada Allah. Minimal, mintalah agar Allah menerima ibadah sholat kita itu. Bukan hanya dikerjakan sholatnya saja, akan tetapi kita berusaha agar Allah juga menerima sholat kita.

  • Doa Setelah Sholat dan Adab Membacanya

adab membaca doa setelah sholat

Adab ini sangat diutamakan dalam Islam.

Jika kita mengingat sejarah, sebenarnya urusan adab ini telah menjadi bagian yang sangat penting dan krusial dalam Islam. Hal ini bisa dilihat dari berbagai sejarah para Nabi ataupun orang shaleh.

Kisah Nabi Ibrahim misalnya.

Kisah Nabi Ibrahim merupakan kisah yang sangat banyak mengandung tentang adab. Ada kisah menarik tentang adab Nabi Ibrahim saat mendirikan Ka’bah.

Yaitu Nabi Ibrahim berdoa agar Allah menerima ibadah Nabi Ibrahim berupa ibadah mendirikan ka’bah. Padahal jika ditinjau kembali, mendirikan ka’bah adalah perintah dari Allah. Lantas, mengapa Nabi Ibrahim perlu meminta agar Allah menerima ibadahnya itu? Itulah bagian dari adab seorang hamba kepada Allah.

  • Ibadah Kita Belum Tentu Diterima

doa sesudah sholat

Ini juga menjadi bagian penting untuk kita ingat sama-sama. Bahwa ibadah kita belum tetu diterima oleh Allah. Bukan berarti ibadah kita tidak sah ya.

Ingat baik-baik, bahwa “Tidak diterima bukan berarti tidak sah”.

Dan ingat juga bahwa “Tidak diterima bukan berarti ibadah menjadi sia-sia”.

Ibadah yang diwajibkan kepada kita untuk kita kerjakan berarti ibadah itu menjadi kewajiban bagi kita untuk melakukannya. Dan ketika kita sudah melakukan itu, maka itu berarti kita sudah menggugurkan kewajiban kita untuk melakukan ibadah tersebut.

Namun ibadah yang sudah dikerjakan belum tentu diterima oleh Allah.

Tidak diterima ini bukan berarti kamu belum menggugurkan kewajiban. Karena jika kita sudah melakukan ibadah itu, maka kita dihitung telah melakukan kewajiban. Itu artinya kita tidak akan dituntut atau dihukum karena meninggalkan kewajiban, toh kita sudah melaksanakan kewajiban itu kan?

Nah, dikarenakan ibadah kita belum tentu diterima oleh Allah. Untuk itulah kita perlu berdoa agar Allah menerima ibadah kita.

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Penambah Nilai Ibadah Sholat

doa setelah sholat subuh
Membaca doa setelah sholat

Doa setelah sholat yang langsung dibacakan setelah melakukan sholat akan menjadi hal yang sangat baik buat kamu yang mengerjakan sholat. Hal ini dikarenakan doa setelah sholat akan menjadi pelenhkap dari ibadah sholat kita.

Sebenarnya sholat sendiri sudah sangat cukup.

Namunhal ini dilakukan agar Ibadah kita menjadi lebih bernilai di sisi Allah. Oleh karena itu, dengan mengerjakan ibadah doa setelah sholat, diharapkan kita bisa meningkatkan ibadah sholat kita menjadi lebih bernilai di sisi Allah.

Sedikit tapi bernilai itu jauh lebih baik daripada banyak tapi tidak bernilai. Setuju kan?

Maka mari merutinkan doa setelah sholat agar menjadi lebih dekat kepada Allah.

  • Doa Setelah Sholat Untuk Memudahkan Urusan

Doa Setelah Sholat Untuk Memudahkan Urusan

Dengan membaca doa setelah sholat secara rutin, kamu akan bisa mendapatkan kemudahan dalam semua urusan kamu. Hal ini dikarenakan semakin banyak kita berdoa kepada Allah, maka akan semakin dekat pula kita dengan Allah.

Jika kita sudah dekat dengan Allah, maka Allah akan selalu membantu setiap urusan dan permasalahan dalam kehidupan kita. Maka perbanyaklah doa dan semoga Allah memperkenankan kita dalam setiap doa yang kita panjatkan kepada Allah untuk dikabulkan secara maksimal.

Insya Allah dengan memperbanyak doa setelah sholat maka akan memudahkan urusan juga memperbanyak rezeki. Tentunya dengan berbagai usaha termasuk juga membaca doa pembuka rezeki agar rezekimu menjadi lebih lancar dan berkah.

Sunnah-sunnah Dalam Membaca Doa Setelah Sholat

Sunnah-sunnah Dalam Membaca Doa Setelah Sholat

Membaca doa setelah sholat memang sudah menjadi sunnah sendiri ketika selesai mengerjakan sholat. Namun selain itu, membaca doa setelah sholat juga terdapat sunnah-sunnah sendiri dari amalannya.

Pada umumnya sebenarnya sunnahnya sama saja dengan sunnah di doa yang lain. Karena memang membaca doa setelah sholat pada intinya adalah berdoa.

Adapun berikut adalah beberapa sunnah dalam membaca doa setelah sholat:

  • Membaca Bismillah

Membaca bismillah tentu sudah diketahui oleh semua orang muslim tentang kesunnahannya. Dalam membaca doa sangat dianjurkan untuk diawali dengan bismillah terlebih dulu. Bahkan bukan hanya doa saja, semua ibadah umumnya disunnahkan dengan bismillah.

Yang tidak termasuk dalam ibadah juga banyak disunnahkan. Maka perkara tersebut pun akan dinilai sebagai ibadah oleh allah karena sudah diawali dengan bismillah.

  • Awali Dengan Pujian Kepada Allah Dan Sholawat

Mengawali dengan pujian kepada allah dan juga sholawat merupakan adab kita saat berdoa. Dimana saat berdoa, kita harus memuji allah terlebih dulu sebagai zat tempat kita mengadu. Kemudian bersholawat karena dengan sholawat, maka allah akan memandang kita.

Ketika allah memandang kita itulah, saatnya yang sangat tetap untuk membaca doa. Sehingga doa kita tetap masih dalam pandangan allah.

  • Akhiri Dengan Sholawat Dan Hamdalah

Demikian juga pada akhir doa.

Dianjurkan untuk bersholawat lagi, agar allah kembali memandang kita. Sehingga doa kita didenganr oleh allah. Lalu ditutup kembali dengan pujian kepada allah sebagai adab kita kepada allah. Ketika kita sudah meminta, maka pujilah zat tempat kita meminta tersebut.

Tentu saja dalam hal ini adalah memuji allah yang maha agung dan maha mengabulkan doa.

Doa Setelah Sholat Harus Bahasa Arab?

kumpulan doa setelah sholat
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Ini kerap menjadi masalah dalam sebagian masyarakat. Karena ada banyak orang yang mengira bahwa berdoa harus menggunakan bahwa arab. Ini adalah pandangan yang keliru.

Karena berdoa itu tidak harus dengan menggunakan bahasa Arab. Tentu saja Allah juga memahami bahasa Indonesia atau bahkan bahasa daerah kita masing-masing. Jangankan bahasa manusia saja, bahkan Allah juga akan memahami segala jenis bahasa dari berbagai makhluk hidup.

Maka, Allah memahami segala jenis bahasa.

Allah memahami segala jenis bahasa apapun yang kita bacakan, termasuk bahasa bayi sekalipun. Maka jangan heran jika Allah menjawab doa laparnya para bayi dengan menangis. Hehe.

Maka kamu tidak perlu khawatir dengan doa yang menggunakan bahasa arab. Karena jika kamu tidak paham, kita bisa menggunakan bahasa indonesia saja kok. Bahkan terkadang akan lebih memahami dengan menggunakan bahasa indonesia.

Doa Setetalah Sholat dan Cara Membacanya

doa setelah sholat dhuha
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Doa setelah sholat sangat mudah untuk dibaca karena memang sama saja dengan doa lainnya. Yaitu dengan menggunakan adab berdoa pada umumnya.

Ada banyak versi dari adab membaca doa yang diajarkan oleh para ulama.

Namun secara umum, adab dalam berdoa adalah menengadahkan kedua tangan, menundukkan kepala, dan meminta kepada Allah dengan segala jenis pengharapan agar Allah mengabulkan doa kita.

Maka lakukan doa kepada Allah dengan segala jenis perhatikan dan fokus kepada Allah.

Lakukan dengan khusyu’ dan berharap agar Allah mengabulkan doa kita secepat mungkin dan dengan penerimaan sebaik-baiknya.

Dalam melakukan doa setelah sholat ini, kamu juga bisa menggabungkan antara doa bahasa indonesia dengan bahasa arab. Jika kita lihat ustad Arifin Ilham, beliau pun sering menggabungkan bahasa arab dengan bahasa indonesia saat berdoa.

Sesaat menggunakan bahasa arab, dan sesaat menggunakan bahasa indonesia.

Bahkan jika diperhatikan, para pendengar menjadi lebih fokus ketika dibacakan doa dalam bentuk bahasa yang lebih mudah dipahami oleh mereka sendiri. Dengan menggunakan bahasa sendiri, orang akan lebih mudah menghayati doanya.

Doa Setelah Sholat dan Durasinya

doa setelah sholat tahajud
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Apakah doa setelah sholat harus panjang? Atau boleh pendek saja?

Jawabannya sangat sederhana, jika kamu butuh banyak hal, maka mintalah kepada Allah sebanyak-banyaknya. Namun jika kamu butuh sedikit saja, maka tidak mengapa jika kamu minta sedikit.

Namun apakah tidak rugi jika Allah bisa mengabulkan segala doa dan kita hanya meminta sedikit saja?

Hal ini tentu saja menjadi sedikit sekali kesempatan yang kita manfaatkan. Di saat Allah mampu mengabulkan sebala doa, kita justru meminta hanya sedikit saja. Padahal doa kita tidak membutuhkan modal uang sedikit pun.

Maka dari penjelasan ini, kamu tentu paham bahwa durasi berdoa itu bebas. Boleh panjang dan boleh pendek. Tergantung keperluan kamu dalam berdoa dan meminta kepada Allah.

Jadi silahkan ambil kesempatan berdoa kepada Allah sebanyak-banyaknya dengan meminta kepada Allah apapun yang sedang kita inginkan. Karena Allah adalah Tuhan yang menguasai segala sesuatu dan Allah maha mengabulkan doa.

Doa Setelah Sholat dan Orang-Orang Yang Wajib Membacanya

bacaan doa setelah sholat
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Pada dasarnya tidak ada yang wajib membaca doa ini. Karena doa ini tidak bersifat hukumnya wajib atau sebagainya. Namun doa ini menjadi perhatian penting bagi kita untuk melakukannya karena manfaat yang didapat akan sangat banyak.

Namun secara umum, doa sesudah sholat ini biasanya dibaca oleh para imam sholat dan di-aminkan oleh para jama;ah.

Jadi untuk imam sholat, akan sangat bagus jika menguasai dan menghafal doa sesudah sholat ini agar mudah dalam memimpin doa saat sudah selesai mengerjakan sholat dan kemudian akan diaminkan oleh para jamaah.

Insya Allah doa yang diaminkan bersama-sama akan mudah diterima oleh Allah.

Manfaat Doa Setelah Sholat

Manfaat Doa Setelah Sholat

Doa setelah shalat sangat penting untuk dilakukan karena itulah adab kita kepada Allah. Minimal, mintalah agar Allah menerima ibadah shalat kita itu. Bukan hanya dikerjakan shalatnya saja, akan tetapi kita berusaha agar Allah juga menerima shalat kita.

Bagian ini akan membahas tentang manfaat dari membaca doa sesudah melakukan sholat. Hal in tentu penting untuk diketahui karena manfaatnya sangatlah banyak.

Semoga kita bisa memperoleh semua manfaat doa sesudah sholat ini. Berikut penjelasannya:

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Permohonan Doa

Doa Setelah Sholat Sebagai Permohonan Doa

Doa setelah sholat salah satunya menjadi snagat penting dilakukan karena merupakan salah satu ajang untuk memohon doa kepada Allah. Pada hakikatnya kita selalu membutuhkan Allah dalam kehidupan kita.

Untuk itulah kita harus banyak berdoa kepada Allah.

Permohonan doa juga harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Salah satunya tentu pada saat setelah sholat dilakukan.

Karena banyak sekali keberkahan dalam waktu setelah sholat ini. Untuk itulah kita harus benar-benar memanfaatkan waktu setelah sholat ini agar bisa menjadi moment yang tidak kita lewatkan. Karena memang waktu setelah sholat sangat bagus untuk dimanfaatkan.

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Penghambaan Diri

Doa Setelah Sholat Sebagai Penghambaan Diri

Alasan berikutnya adalah doa setelah sholat merupakan salah satu tempat atau waktu sebagai penghambaan diri kepada Allah. penghambaan diri kepada Allah amatlah penting dilakukan.

Karena penghambaan diri kepada Allah merupakan salah satu cara kita menunjukkan kelemahan kita kepada Allah. Penghambaan diri juga menjadi salah satu waktu untuk menunjukkan dan mengagungkan Allah sebagai tuhan.

Meskipun Allah memang tuhan kita.

Akan tetapi Allah sangat menyukai ketika kita menunjukkan atau bersikap benar-benar bahwa kita hanya mentuhankan Allah.

Karena banyak sekali kejadian bahwa kita sebagai manusia lupa kepada Allah. Banyak sekali kita lupa mentuhankan Allah. Dan justru kita banyak mentuhankan uang, mentuhankan usaha, mentuhankan ilmu, dan sebagainya.

Seolah-olah semua terjadi dengan usaha sendiri.

Padahal hakikatnya semua terjadi karena Allah. Maka untuk itulah kita manfaatkan doa setelah shalat sebagai salah satu ajang atau waktu untuk benar-benar menghambakan diri kepada Allah. Dan juga sekalian untuk menunjukkan akan ketuhanan Allah.

Maka manfaatkanlah dengan baik doa setelah sholat untuk benar-benar mentuhankan Allah dalam rangka penghambaan diri.

  • Doa Setelah Sholat Adalah Waktu Mustajabah Doa

Doa Setelah Sholat Adalah Waktu Mustajabah Doa

Salah satu alasan berikutnya mengapa doa setelah sholat penting untuk dibaca adalah karena waktu setelah sholat merupakan waktu yang mustajab doa. Untuk itulah penting bagi kita membaca doa setelah shalat dikerjakan.

Jangan pernah remehkan waktu mustaja.

Karena waktu mustajab ini akan berpotensi untuk membuat semua doa yang kita panjatkan menjadi diterima oleh Allah. Dan memang inilah yang sangat kita selalu inginkan, yaitu semua doa kita diterima oleh Allah.

Doa setelah sholat memang sangat direkomendasikan karena mustajabnya doa ini. Dan dengan waktu setelah sholat ini pula, insya Allah akan mendapatkan berbagai kebaikan dan keutamaan.

Jangan pernah remehkan waktu setelah sholat. Maka banyak-banyaklah membaca doa setelah sholat. Selain itu, sampaikan pula permohonan yang banyak kepada Allah. Karena Allah akan sangat menyukai hambanNya yang berdoa.

Apalagi doa setelah sholat.

Pasti akan semakin mudah untuk dikabulkan oleh Allah karena waktu setelah sholat merupakan waktu mustajabnya doa kita. Maka jangan pernah sia-siakan waktu itu dan menfaatkan dengan sebaik mungkin untuk memperbanyak doa kepada Allah.

  • Doa Setelah Sholat Solusi Berbagai Permasalahan

Doa Setelah Sholat Solusi Berbagai Permasalahan

Dari doa yang dipanjatkan, selain sebagai permohonan dari keinginan. Salah satu tujuan dari berdoa adalah agar Allah membantu menyelesaikan masalah yang kita rasakan.

Untuk yang mempunyai banyak masalah, manfaatkan doa setelah sholat untuk memohon kepada Allah agar adanya bantuan dari Allah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Waktu untuk menyelesaikan masalah ini harus diperhatikan.

Agar tepat sasaran tentunya.

Maka waktu berdoa juga sangat perlu untuk diperhatikan. Gunakanlah sebaik mungkin doa setelah sholat sebagai doa untuk memohon kepada Allah. Doa setelah sholat ini tidak hanya tergantung dari doa setelah sholat fardhu saja, akan tetapi juga semua sholat.

Termasuk doa setelah melakukan sholat tahajud, sholat dhuha, sholat witir, sholat hajat dan sebagainya. Karena memang doa setelah sholat itu merupakan waktu yang sangat mustajab.

Maka manfaatkan waktu tersebut.

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Pembuka Rezeki

Doa Setelah Sholat Sebagai Pembuka Rezeki

Doa setelah sholat juga merupakan salah satu solusi untuk membuka pintu rezeki. Karena rezeki itu salah satu cara untuk menggapainya adalah dengan banyaknya berdoa dan istighfar. Oleh karena itu, banyak berdoa setelah shalat merupakan salah satu cara untuk memudahkan rezeki.

Bukankah kita semua membutuhkan rezeki?

Maka untuk itulah kita harus banyak membaca doa setelah sholat dan juga di waktu-waktu mustajab lainnya agar rezeki menjadi mudah. Karena jika rezeki kita seret, maka bisa terkendala dalam hal ekonomi untuk berbagai keperluan.

Untuk itulah, banyaknya membaca doa adalah hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Bukan hanya di waktu setelah sholat tentunya, akan tetapi termasuk di waktu lainnya juga.

Terutama di waktu yang mustajab.

Seperti ketika hujan deras, di sepertiga malam, ketika duduk dua khutbah saat sholat jumat, dan juga lainnya. Waktu-waktu tersebut harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk membuat dao dan permohonan kita semakin cepat diterima oleh Allah.

Apalagi untuk urusan rezeki, tentunya kita menginginkan rezeki yang berkah dan banyak. Maka doa setelah sholat merupakan salah satu solusi yang sangat hebat untuk memudahkan rezeki.

Tentunya dengan maksimal berdoa.

Karena banyaknya berdoa tentang rezeki ataupun yang lainnya akan memudahkan terbukanya pintu langit. Tentunya dengan berdoa seputar rezeki juga. Agar Allah membuka rezeki kita sebesar-besarnya.

  • Doa Setelah Sholat Meniru Baginda Nabi Muhammad

Doa Setelah Sholat Meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ

Di luar dari berbagai keinginan yang kita inginkan. Salah satu alasan terbesar kita berdoa adalah agar untuk meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Karena meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ sendiri adalah salah satu bukti cinta kita kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Tentu saja kita harus meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Karena Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah suri tauladan kita dalam kehidupan ini. Tentunya selain Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah Rasulullah. Akan tetapi akhlak beliau dan cara-cara beliau dalam beribadah juga harus kita tiru. Apalagi dalam perkara doa setelah sholat ini.

Tentu akan sangat bernilai jika kita ikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Karena ini memang perkara ibadah. Bahkan meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ sendir adalah ibadah, demikian juga berdoa sendiri juga ibadah. Maka ketika kita membaca doa setelah sholat, kita sudah melakukan lebih dari satu ibadah.

Yaitu ibadah doa dan ibadah meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Tentu saja tidak terbatas hanya dari ini saja. Akan tetapi sangat mungkin juga menjadi lebih dari 2 ibadah karena banyak nilai yang terkandung dalam amalan doa setelah sholat ini.

Maka pastikan untuk rutin membaca doa setelah sholat agar semakin banyak pula akhlak Baginda Nabi Muhammad ﷺ yang kita tiru. Tentu saja kita sangat menginginkan untuk mampu mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ seutuhnya.

Maka tirulah yang bisa ditiru.

Apalagi dalam urusan ibadah seperti doa setelah sholat ini, tentu saja sangat dianjurkan. Maka untuk itu, doa setelah sholat merupakan salah satu bagian dari kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Selain itu tentu saja ibadah doa setelah sholat in sendiri menjadi ibadah tersendiri di hadapan Allah.

  • Doa Setelah Sholat Agar Sholat Diterima

Doa Setelah Sholat Agar Sholat Diterima

Poin ini merupakan adab kita kepada Allah. Pada dasarnya, ibadah sholat merupakan suatu kewajiban kita kepada Allah. Namun selain itu juga, ibadah sholat sendiri merupakan pemberian kita kepada Allah. Agar pemberian kita diterima oleh Allah, maka mintalah.

Karena Allah sangat bebas dalam menentukan apakah akan menerima sholat kita atau tidak. Maka agar Allah menerima sholat kita, kita hanya bisa meminta dengan sangat serius agar Allah menerimanya.

Karena akan sangat menyakitkan jika tidak diterima.

Maka untuk menghindari kesedihan karena tidak diterimanya sholat tersebut, mintalah kepada Allah dengan banyak berdoa. Tentunya langsung saja dengan berdoa begitu selesai mengerjakan sholat. Insya Allah dengan begitu, sholat kita akan diterima oleh Allah.

Sama halnya dengan Nabi Ibrahim ketika selesai membangun ka’bah sesuai perintah dari Allah. Nabi Ibrahim pun juga ikut berdoa setelah membangun ka’bah tersebut. Berdoa agar Allah menerima ibadah membangun ka’bahnya.

Maka kita juga meniru akhlak Nabi Ibrahim.

Kalau nabi saja meminta agar ibadahnya diterima, tentu saja kita juga lebih pantas untuk meminta hal tersbut. Karena kita bukanlah nabi dan hanya manusia yang banyak dosany.

Maka doa benar-benar menjadi andalan kita agar Allah menerima ibadah yang kita lakukan. Maka banyaklah berdoa setelah sholat agar Allah benar-benar mengabulkan doa kita dan menerima semua ibadah yang kita lakukan.

Tentu saja ini yang sangat kita inginkan. Yakni agar Allah mengabulkan doa kita, menerima permintaan kita, dan menerima pula ibadah yang kita kerjakan. Dan semoga Allah mengabulkan semua hajat dan keinginan kita.

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Adab Kepada Allah

Doa Setelah Sholat Sebagai Adab Kepada Allah

Doa setelah sholat memang termasuk adab kepada Allah karena kita baru saja mengerjakan ibadah sholat kepada Allah. Sama halnya seperti poin yang dijelaskan sebelumnya, bahwa kita menginginkan agar Allah menerima sholat kita.

Meminta agar sholat kita diterima oleh Allah adalah merupakan salah satu adab kita kepada Allah. yakni adab untuk tidak langsung saja meninggalkan Allah begitu selesai kita ibadah.

Akan tetapi tunggu sebenar.

Tunggu pun tidak sekedar tunggu saja, akan tetapi tunggu yang dibarengi dengan berdoa kepada Allah. Boleh berdoa apa saja, terutama agar Allah menerima ibadah sholat yang kita kerjakan tersebut.

Dan silahkan saja lengkapi dengan berbagai doa yang lainnya juga. Karena doa setelah sholat tentunya bukan hanya doa untuk diterimanya sholat saja. Akan tetapi termasuk doa yang lainnya juga dan bebas untuk ditanyakan.

Maka maksimalkan adab kepada Allah.

Tentunya adab ini juga akan dihitung sebagai ibadah juga di sisi Allah. Dan jika sudah dihitung sebagai ibadah, tentu kita akan mendapatkan balasan juga berupa pahala. Namun meskipun bukan hanya pahala yang kita kejar, akan tetapi juga adab kepada Allah.

Adab ini disebutkan di atas ilmu. Yaitu tujuan dari semua adab tentunya adalah hingga kita benar-benar beradab kepada Allah dan juga kepada manusia.

Sehingga sangat penting untuk memperhatikan adab.

  • Doa Sesudah Sholat Meniru Akhlak Ulama

Doa Sesudah Sholat Meniru Akhlak Ulama

Tujuan lain dari doa yang kita panjatkan kepada Allah dari doa setelah sholat ini adalah meniru akhlak para ulama. Tentu saja meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ saja sebenarnya sudah cukup. Namun kita juga bisa meniatkan untuk meniru ulama untuk mendapatkan keberkahan.

Karena jika tanpa keberkahan, maka semua akan hanya menjadi sia-sia tanpa ada hasil yang baik. Karena keberkahan itulah yang mendatangkan kebaikan.

Tanpa keberkahan, tiada kebaikan.

Bahkan uang jika sudah banyak namun tidak berkah, tetap akan terasa tidak cukup. Bahkan akan sering digunakan untuk keperluan yang tidak bermanfaat. Sehingga fungsi dari uang itu sendiri tidak bisa dirasakan secara maksimal.

Karena memang pengaruh dari tidak adanya keberkahan di dalam uang tersebut. Demikian dalam hal ini kita meniru ulama dengan tujuan untuk meniru ulama. Agar mendapatkan keberkahan.

Semoga kita bisa meniru akhlak ulama.

Karena memang ulama itu adalah pewaris para nabi. Selain mewarisi ilmunya, para ulama juga mewarisi keberkahan dan akhlaknya nabi. Sehingga mengikut akhlak ulama juga insya Allah akan mendatangkan keberkahan dalam kehidupan kita.

Tentunya dengan niat yang tulus dan jujur untuk mendapatkan keberkahan dalam doa setelah sholat. Para ulama sangat serius dalam membaca doa setelah sholat.

Bahkan bisa berjam-jam.

Doa setelah sholat seolah-olah menjadi wajib bagi mereka. Karena memang para ulama memanfaatkan doa setelah sholat sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Oleh karena itu para ulam bisa berjam-jam untuk mendekatkan diri kepada Allah.

  • Doa Setelah Sholat Menambah Kedekatan Dengan Allah

Doa Setelah Sholat Menambah Kedekatan Dengan Allah

Mendekatkan diri kepada Allah tentu saja harus kita lakukan dengan sangat serius. Karena kedetakan dengan Allah akan sangat berpengaruh bagi kedudukan kita nanti di surga. Orang yang dekat dengan Allah akan mudah masuk surga.

Karena jika Allah sudah dekat dengan hamba, maka Allah akan mencintainya. Dan jika Allah sudah mencintai hambaNya, maka insya Allah semuanya akan Allah berikan kebaikan kepada di hamba.

Termasuk surga tentunya.

Karena surga adalah tempat yang nyaman sedangkan neraka adalah tempat yang menyakitkan. Dalam hal ini sangat penting untuk mendekatkan diri kepada Allah agar mendapatkan kedudukan yang tinggi. Sehingga bisa mendapatkan surga kelak.

Maka manfaatkanlah doa setelah sholat untuk benar-benar beribadah kepada Allah dan meraih kedudukan yang tinggi. Kedudukan yang tinggi juga akan memudahkan semua urusan di dunia.

Karena Allah sudah cinta.

Dengan cinta itulah insya Allah akan membuat seseorang mudah dalam semua urusan yang dikerjakannya. Baik urusan dunia maupun akhirat.

Para ulama sendir melakukan ibadah doa setelah sholat dengan sangat serius dan bahkan bisa berjam-jam lamanya. Karena memang meraih kedudukan di sisi Allah sangat penting untuk dilakukan.

Semua manusia bisa melakukannya.

Oleh karena itu, jangan minder apakah kita bisa atau tidak meraih kedudukan di sisi Allah. jawabannya adalah bisa. Tentunya harus dibuktikan usahanya atau keinginannya dengan cara benar-benar berdoa semaksimal mungkin.

Khususnya adalah doa setelah sholat. Karena doa setelah sholat ini memang sangat dianjurkan dengan berbagai kelebihan yang sudah disampaikan dari awal tadi.

  • Doa Setelah Sholat Meraih Ridho Allah

Doa Setelah Sholat Meraih Ridho Allah

Doa setelah sholat juga merupakan salah satu ajang untuk mendapatkan ridho dari Allah. Karena ridho dari Allah memang sangat penting untuk didapatkan. Selain itu juga ridho dari Allah akan sangat membantu kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Manusia pada intinya hidup untuk mencari ridho dari Allah. Ridho Allah ini lah yang akan memasukkan kita ke surga. Karena orang yang sudah diridhoi oleh Allah akan dicintai oleh Allah.

Cinta yang akan menaikkan kedudukan.

Termasuk kedudukan di sisi Allah. Dan seperti yang sudah disampaikan sebelumnya juga, bahwa cinta kepada Allah akan sangat mampu membuat seseorang masuk ke surganya Allah dengan cepat.

Karena jika Allah sudah mencintai hambaNya, maka Allah akan memberikan hambanya semua kebutuhan dan keperluan yang diinginkannya. Termasuk surga tentunya. Karena surga adalah tempat kembali terbaik.

Penting

Manusia masuk surga bukan karena amalannya. Akan tetapi karena rahmat Allah atau ridho Allah atas manusia tersebut. Karena jika dibandingkan antara nikmat yang Allah berikan dengan ibadah yang kita lakukan, tentu tidak ada apa-apanya.

Akan tetapi Allah tetap akan memberikan surga kepada hambanya yang sudah dia ridhoi. Maka lakukanlah amalan dengan sebaik mungkin untuk meraih ridho dari Allah. Terutama ibadah sholat dan doa setelah sholat.

Karena ibadah ini sangat diutamakan.

Doa sesudah sholat sangat mampu menaikkan kedudukan kita di sisi Allah dan juga memasukkan kita ke surga. Karena dengan menggapai ridho Allah terlebih dulu.

Maka lakukanlah ibadah doa setelah sholat dengan semaksimal mungkin agar Allah memberikan ridhonya kepada kita. Dan harapannya dengan ridho tersebut Allah akan memasukkan kita ke surganya kelak di hari kiamat.

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Ajang Tafakkur

Doa Setelah Sholat Sebagai Ajang Tafakkur

Tafakkur merupakan saat dimana kita merenungi kekuasaan Allah dan nikmat yang sudah kita rasakan hingga kini. Tafakkur juga menjadi ajang untuk mengingat kembali diri kita sejauh mana kita sudah beribadah kepada Allah dan mengkhianati Allah.

Tafakkur juga ajang untuk merenungi dosa kita di hadapan Allah. Sungguh banyak sekali dosa yang telah kita buat jika kita ingin merenungi dengan serius.

Maka tafakkur menjadi hal yang sangat penting.

Doa setelah sholat juga bisa menjadi salah satu ajang untuk bertafakkur di hadapan Allah. Yaitu ketika membaca doa setelah sholat, kita harus banyak merenungi dosa kita dan mohonlah ampun kepada Allah ketika itu.

Dan juga merenungi nikmat Allah dan berdoalah saat itu dengan doa yang baik dan sebagai syukur juga kepada Allah. Maka doa setelah sholat sangat bagus untuk dijadikan ajang bertafakkur.

Begitulah hebatnya doa setelah sholat.

Maka jadikan lah doa setelah sholat untuk bertafakkur kepada Allah dan sekaligus juga ditambah dengan doa yang ingin kamu minta. Jika mengingat dosa, berdoalah untuk pengampunan. Jika mengingat nikmat, mintalah rasa syukur, dan sebagainya.

Jangan pernah remehkan atau abaikan doa setelah sholat ini, karena pengaruhnya sangatlah besar dan bagus untuk dibiasakan. Doa setelah sholat memang harus selalu kita biasakan dan rutinkan karena terdapat begitu banyak manfaat yang sudah kami bahas sebelumnya.

  • Doa Setelah Sholat Mendapat Pahala Seperti Haji Dan Umrah

Doa Setelah Sholat Mendapat Pahala Seperti Haji Dan Umrah

Doa setelah sholat juga bisa mendapatkan pahala seperti haji dan umrah. Hal ini sejalan dengan yang disabdakan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Yaitu dengan cara berzikir SubhanAllah sebanyak 33 kali, Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan Allahu Akbar 33 kali.

Maka pahala yang didapatkan adalah sama seperti haji dan umrah, bahkan lebih dari itu semua. Maka sangat penting untuk rutin dengan jumlah yang seperti itu setiap selesai mengerjakan sholat agar mendapat pahala yang besar.

Apalagi haji dan umrah itu mahal.

Namun kita bisa mendapatkan pahala amalan yang sangat mahal tersebut dengan hanya berzikir setelah sholat. Tentu kesempatan dan kemudahan ini sangat perlu untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

  • Doa Setelah Sholat Membiasakan Kebaikan

Doa Setelah Sholat Membiasakan Kebaikan

Doa setelah sholat ini juga salah satu ajang bagi kita untuk membiasakan kebaikan dalam kehidupan. Karena kebiasaan untuk berdoa setelah beramal adalah kebiasaan yang sangat bagus.

Dan hal itu harus dilatih.

Agar menjadi kebiasaan yang benar-benar bermanfaat bagi kita. Karena kebiasan itu perlu untuk dilatih ataupun diasah agar terbiasa dan lama-lama akan menjadi perilaku yang sulit untuk dihilangkan.

Tentu akan sangat bagus jika kebiasaan doa setelah sholat menjadi hal yang tidak bisa dihilangkan. Karena memang itulah tujuan dari kita semua.

Yaitu membiasakan yang baik.

Termasuk yang baik adalah doa setelah sholat ini. Maka lakukanlah selalu doa setelah sholat agar Allah memberikan kebaikan dan menjadikan diri kita sebagai hamba yang selalu dalam kebaikan.

Doa setelah sholat yang sudah terbiasa tentu akan menjadikan kita hamba yang mendapat kedudukan lebih tinggi di sisi Allah. Dan kedudukan yang tinggi tersebut insya Allah akan meningkatkan peluang untuk masuk surgaNya Allah kelak.

Maka lakukanlah dengan sangat serius.

Karena doa setelah sholat insya akan memberikan dampak ataupun pengaruh yang sangat positif di dalam diri kita masing-masing.

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Wujud dari Syukur

Doa Setelah Sholat Sebagai Wujud dari Syukur

Doa setelah sholat juga bisa menjadi ajang untuk kita bersyukur kepada Allah. Karena sholat merupakan ibadah yang kita kerjakan. Dan jika renungkan, kita bisa mengerjakan sholat karena memang Allah yang mengizinkan kita untuk sholat.

Dan Allah juga yang membantu kita untuk bisa sholat. Sehingga hal ini harus disyukuri, dan salah satu cara untuk syukur ini adalah dengan doa. Doa setelah sholat harus selalu dibiasakan sebaik mungkin dan sesering mungkin.

Itulah cara untuk menyalurkan syukur kita.

Yaitu dengan berdoa ketika selesai sholat. Sebagai wujud dari terima kasih kita kepada Allah dengan berdoa ketika diberikan nikmat sholat. Dan sampaikan juga terima kasih atau syukur kita kepada Allah pada saat berdoa tersebut.

Maka insya Allah doa setelah sholat akan benar-benar menjadi salah satu ajang atau wujud dari syukur kita kepada Allah dan harus kita biasakan sesering mungkin.

  • Doa Setelah Sholat Melatih Istiqomah

Doa Setelah Sholat Melatih Istiqomah

Manfaat lain dari doa setelah sholat adalah untuk melatih kesitiqomahan. Karena memang istiqomah merupakan bagian ataupun salah satu hal yang kita kerja agar mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah.

Istiqomah meskipun amalan itu sedikit adalah lebih baik daripada amalan besar tapi tidak istiqomah. Maka doa setelah sholat bisa menjadi salah satu bagian atau cara untuk meraih keistiqomahan dalam beribadah kepada Allah.

Maka raihlah istiqomah.

Istiqomah bisa dilakukan dengan berbagai macam hal. Salah satunya dengan melatih atau membiasakan hal yang baik. Doa setelah sholat jika dibiasakan maka insya akan menjadi amala yang istiqomah.

Dan istiqomah ini tentunya akan menaikkan derajat seseorang di sisi Allah. Maka sangat penting untuk meraih keistiqomahan dalam hidup ini.

Apalagi amalan doa setelah sholat.

Amalan ini tentu sangat bagus jika istiqomah dikerjakan. Karena pada doa setelah sholat inilah, sangat banyak kesempatan agar Allah mengenal kita lebih baik. Dan Allah sangat mencintai hambaNya yang berdoa.

Lafadz Doa Setelah Sholat 

doa setelah sholat hajat

Ilustrasi membaca doa setelah sholatBerikut adalah lafadh doa setelah sholat yang bisa kamu amalkan sehari-hari.

doa setelah sholat

doa setelah sholat fardhu

doa setelah sholat dhuha

dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat

doa setelah sholat fardhu berjamaahdoa setelah sholat tahajud

doa setelah sholat sendiri

fiqih doa setelah sholat

doa setelah sholat jamaahfiqih doa setelah sholat berjamaah

bacaan doa setelah sholat

doa setelah sholat wajib

kumpulan doa setelah sholat

doa doa setelah sholat

Doa Setelah Sholat dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

doa setelah sholat tarawih
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Pada dasarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membaca doa setelah sholat. Dalam hal ini tidak ada perbedaan antara doa setelah dholat fardhu ataupun doa setelah sholat sunnah. Hal ini dikarenakan doa setelah sholat memiliki prinsip dan menghadap kepada Tuhan yang sama.

Yaitu Allah Subhanallahu Wata’ala.

Prinsipnya, doa sesudah sholat ini memiliki hal penting berupa adab dalam membaca doa secara umumnya. Yaitu yang penting untuk diperhatikan adalah seputar adab dan kesopanan kita kepada Allah.

Maka jika dirinci, hal yang perlu diperhatikan dalam membaca doa sesudah sholat ini adalah:

  • Doa Setelah Sholat dan Adab Membaca Doa

Doa Setelah Sholat dan Adab Membaca Doa

Adab ini menyangkut tentang kesopanan kita kepada Allah. Maka ketika kita berdoa, benar-benar posisikan diri sebagai hamba yang ingin meminta kepada Allah dengan serendah-rendahnya diri kita di hadapan Allah.

Hal ini untuk menunjukkan bahwa kita benar-benar membutuhkan Allah dalam hidup kita.

Maka mintalah selayaknya seorang hamba dalam memeinta dan memohon kepada Allah.

Mintalah seperti orang-orang yang membutuhkan bantuan Allah, tidak mampu mengerjakan apapun tanpa bantuan Allah dan hanya bisa melakukan dengan bantuan Allah saja.

Jika kita sudah beradab dalam hal ini, maka Insya Allah akan mudah dikabulkan oleh Allah dalam semua doa kita.

doa sesudah sholat

Beberapa adab dalam berdoa adalah :

  • Menengadahkan tangan
  • Menundukkan kepala
  • Membaca tidak terburuh-buru
  • Menutup mata agar lebih fokus
  • Membaca dengan diikuti oleh hati
  • Khusyu’ dan fokus kepada Allah
  • Mengawali dengan pujian dan shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ
  • Mengakhiri dengan shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ dan pujian kepada Allah
  • Doa Setelah Sholat dan Berharap Pengabulan Dari Allah

Doa Setelah Sholat dan Berharap Pengabulan Dari Allah

Ini juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena berdoa tanpa berharap pengabulan di sisi Allah adalah sia-sia. Tentu saja kita berdoa karena memang berharap Allah mengabulkan semua doa kita.

Oleh karena ini dalam berdoa pun perlu dihadirkan rasa ingin benar-benar Allah mengabulkan doa kita. Maka fokuslah bahwa kita membutuhkan Allah dan berharap Allah memandang kita dan mengabulkan semua doa kita.

Doa Setelah Sholat Cara Menghafal

doa setelah sholat witir
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Ada banyak dalam menghafal doa setelah sholat yang bisa dipraktekakan dengan berbagai hasilnya. Namun secara umum, ada beberapa cara mudah menghafal doa setelah sholat yang bisa kamu coba:

  • Rutin Membaca Setiap Selesai Sholat

Meskipun kamu tidak harus menghafal secara sengaja, namun dengan membaca secara rutin setiap setelah sholat, kamu akan dengan mudah secara tidak sengaja menjadi terhafal sendiri.

  • Membaca Setiap Sebelum Subuh

Sebelum subuh merupakan waktu yang sangat bagus untuk menghafa. Bahkan para penghafal Alquran juga melakukan tips ini ketika menghafal Alquran, yaitu membaca sebelum subuh.

  • Membaca Setelah Subuh

Membaca Doa Setelah Sholat Setelah Subuh

Waktu subuh adalah waktu dimana pikiran kita belum banyak diisi dengan berbagai perkara duniawi atau masalah lainnya. Itu lah mengapa menghafal sesudah subuh juga menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghafal doa setelah sholat ini.

Maka tentunya selain sesudah subuh, sebelum subuh juga merupakan waktu yang sangat tetap untuk membaca doa setelah sholat.

  • Menghafal Sesudah Maghrib

Waktu antara Maghrib dan Isya juga merupakan waktu yang baik beribadah. Termasuk menghafal atau mengulang bacaan. Maka manfaatkan waktu ini untuk menghafal doa sesudah sholat agar kamu segera cepat menguasai doa ini.

  • Mengulang Bacaan Setiap Setelah Maghrib

Bacaan yang sudah dihafal perlu untuk diulang agar terus teringat dalam kehidupan. Waktu yang tepat untuk mengulang diantaranya adalah waktu setelah maghrib. Manfaatkan waktu untuk kamu hafal doa setelah sholat ini sehingga kamu tidak perlu lagi membuka catatan ketika membcaa doa ini.

Doa Setelah Sholat dan Waktunya

doa setelah sholat wajib
Membaca doa setelah sholat

Waktu membaca doa setelah sholat terbaik adalah ketika kamu belum melakukan banyak hal setelah sholat tersebut dilakukan. Jadi usahakan jangan dulu melakukan aktifitas lain sebelum kamu membaca doa setelah sholat dilakukan.

Namun meskipun begitu, membaca doa sesudah sholat di luar waktu yang dianjurkan ini juga tidak menjadi masalah.

Kamu bisa membaca doa ini kapan saja, karena doa ini memang memiliki makna yang sangat dalam.

Maka perbanyaklah doa setelah sholat agar kamu selalu mendapat keberkahan dalam ibadah dan kehidupan kamu. Apalagi ketika Allah mendengar doa yang kamu baca walaupun di luar sholat itu.

Maka pastilah doa kamu akan menjadi sesuatu yang sangat kamu sukai dan syukuri.

Doa Setelah Sholat dan Tata Cara Membacanya

doa doa setelah sholat
Membaca doa setelah sholat

Tata cara membaca doa sesudah sholat ini sebenarnya sama dengan tata cara dalam kamu membaca doa yang lain.

Yaitu perhatikan adab dan tajwid dalam doa kamu.

Tata cara dari segi adab sudah di bahas di poin sebelumnya terkait adab dalam membaca doa sesudah sholat ini. Maka selain masalah adab, yang kamu perlu perhatikan setelah itu adalah tajwid dalam bacaan doa itu sendiri.

Karena doa yang dibaca dengan tajwid yang tidak diperhatikan akan menjadi sia-sia dan tidak bernilai di sisi Allah.

Apalagi doa dalam sholat itu sebenarnya sangat banyak merupakan potongan dari Alquran, dan ketika Alquran dibaca dengan tajwin yang salah, maka Alquran sendirilah yang mengutuk pembacanya.

Maka sangat penting bagi kita untuk belajar doa tajwid juga.

Namun bagi kamu yang ingin membaca Alquran dan belum memiliki ilmu tajwid yang mapan, kamu juga bisa membaca doa sesudah sholat dengan syawat kamu juga sambil belajar ilmu tajwid itu sendiri.

Karena kesalahan yang dilakukan dalam suasana belajar akan dimaafkan.

Doa Setelah Sholat Digabung dengan Doa Lain

dzikir dan doa setelah sholat
Membaca doa setelah sholat

Kamu bisa sajan menggabungkan doa sesudah sholat ini dengan doa-doa yang lain. Tidak ada batasan dalam hal ini. Apalagi jika kamu ingin membaca doa-doa yang menjadi keperluan pribadi kamu sendiri.

Tidak ada masalah, justru hal itu akan semakin bagus di sisi Allah.

Karena ketika kita berdoa lebih banyak, maka Allah juga akan lebih menyukai kita karena banyak meminta kepada Allah. Allah senang kepada hambanya yang banyak meminta dan Allah murka kepada hambaNya yang sedikit meminta.

Kisah-Kisah Hebatnya Doa Setelah Sholat

Kisah-Kisah Hebatnya Doa Setelah Sholat

Doa setelah sholat memang sudah banyak sekali yang dikenali oleh mayoritas kalangan muslim di seluruh dunia. Karena selain dalil atau anjurannya, doa setelah sholat juga terdapat banyak sekali kisah yang membahas tentangnya.

Kisah kisah dimana para orang shaleh benar-benar serius dalam mengerjakan doa setelah sholat. Hal ini tentu menjadi penyemangat sendiri bagi kita untuk mengamalkan doa setelah sholat sesering mungkin.

Beberapa kisahnya adalah sebagai barikut:

  • Rasulullah

Tentu sudah banyak sekali kejadian dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ yang kita dengarkan tentang doa beliau setelah sholat. Sehingga tidak perlu disebutkan secara rinci juga pastinya sudah mewakili atau sudah diketahui secara umum.

Misalnya kisah Baginda Nabi Muhammad ﷺ yang mendoakan Siti Aisyah. Saat itulah Siti Aisyah menjadi senang sekali dengan doa yang dibacakan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Saat itu Baginda Nabi Muhammad ﷺ mendoakan agar Allah mengampuni dosa Siti Aisyah.

Maka mendengar senangnya Siti Aisyah, Baginda Nabi Muhammad ﷺ pun mengatakan bahwa itulah doa beliau kepada ummatnya setiap malam. Begitulah kasih sayangnya Baginda Nabi Muhammad ﷺ kepada ummatnya.

doa sesudah salat

  • Muaz Bin Jabal

Kisah Muaz Bin Jabal ini memang juga sudah banyak dikenal. Kisahnya adalah ketika rasulullah mendatangi Muaz Bin Jabal dan mengatakan “Wahai Muaz, sungguh aku mencintaimu. Bacalah olehmu setiap selesai sholat Allahullam A’inni ala zikrika, wa syukrika, wa husni ibadatik”.

Doa tersebut tentu sudah sangat bisa menjadi pedoman bagi kita doa setelah sholat sangatlah dianjurkan. Terutama doa yang sudah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ tersebut.

Maka oleh sebab itu, maksimalkanlah doa setelah sholat.

Karena banyak sekali anjuran untuk mengerjakan doa ketika sudah selesai mengerjakan sholat. Dan hal ini tentu akan sangat bagus jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan rutin setiap selesai sholat.

  • Ulama

Para ulama juga sangat menghargai waktu setelah sholat dengan memperbanyak doa setelah sholat. Doa setelah sholat memang kerap dibaca oleh para ulama dan memang sangat dianjurkan untuk dibaca.

Dikisahkan bahwa ada seorang ulama yang sedang membaca doa ketika selesai sholat maghrib. Lalu didatangi oleh anaknya untuk menanyakan hal tentang dunia. Maka sang ayah pun menjadi sangat marah dan menyuruh anaknya untuk belajar akhlak selama 1 tahun di suatu tempat.

Begitulah ulama dalam menghormati waktu setelah sholat.

Yakni benar-benar dimanfaatkan dalam ibadah dan doa sebanyak-banyaknya. Maka pantasnya kita pun meniru perbuatan para ulama dan juga kebiasaan orang-orang yang sudah kita ketahui tentang kesholihannya.

Doa Setelah Sholat dan Penutup Pembahasan

doa setelah sholat taubat
Membaca doa setelah sholat

Demikianlah doa setelah sholat yang bisa kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menjadi pedoman dalam kehitupan kamu.

Untuk menyempurnakan doa sesudah sholat ini, kamu juga harus membaca berbagai doa lainnya yang ada di website alhadi ibrahim ini. Maka baca terus website ini agar kamu bisa mengupdate ilmu kamu dan semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

Bagi kamu yang ingin sharing ilmu atau ingin meminta pembahasan tertentu di website ini, silahkan komen atau hubungi kami di kontak yang sudah disediakan.

Demikian tulisan ini dibuat ya, maaf atas segala kesalahan, dan terima kasih.

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: