Doa Setelah Sholat PALING LENGKAP (Lafaz, Adab, Cara Hafal, Dll)

Doa setelah sholat merupakan doa yang seharusnya selalu dilakukan oleh setiap muslim ketika selesai mengerjakan sholat.

Mengapa perlu demikian?

Pentingnya doa setelah sholat ini adalah sebagai tanda bahwa kita membutuhkan Allah dan menginginkan Allah untuk mengabulkan doa kita. Apalagi buat kamu yang sedang memiliki banyak keinginan untuk dikabulkan, tentu sangat penting untuk merutinkan doa setelah sholat.

Apakah sholat saja tidak cukup?

Jika berbicara cukup atau tidak, tentu saja sholat itu sudah sangat cukup. Bahkan hakikat dari sholat itu sendiri memang doa. Dan jika dilihat dari segi kewajiban, salah satu rukun Islam adalah melakukan sholat, dan tidak termasuk doa seteleh sholat.

Namun prinsipnya, “Tidak diwajibkan bukan berarti tidak penting”.

Sebelum sampai ke pembahasan doa setelah sholat ini, pastikan juga bahwa kamu sudah paham tentang bersuci agar Ibadah sholat kamu menjadi sah. Karena hanya orang yang dalam keadaan suci yang akan diterima sholatnya. Maka pastikan kamu sudah mengetahui tentang cara berwudhu, cara mandi wajib termasuk doa mandi wajib, membersihkan hadist dan sebagainya.

Doa Setelah Sholat dan Kepentingannya

doa setelah sholat fardhu
doa setelah sholat fardhu

Doa setelah sholat sangat penting untuk dilakukan karena itulah adab kita kepada Allah. Minimal, mintalah agar Allah menerima ibadah sholat kita itu. Bukan hanya dikerjakan sholatnya saja, akan tetapi kita berusaha agar Allah juga menerima sholat kita.

  • Doa Setelah Sholat dan Adab Membacanya

Adab ini sangat diutamakan dalam Islam.

Jika kita mengingat sejarah, sebenarnya urusan adab ini telah menjadi bagian yang sangat penting dan krusial dalam Islam. Hal ini bisa dilihat dari berbagai sejarah para Nabi ataupun orang shaleh.

Kisah Nabi Ibrahim misalnya.

Kisah Nabi Ibrahim merupakan kisah yang sangat banyak mengandung tentang adab. Ada kisah menarik tentang adab Nabi Ibrahim saat mendirikan Ka’bah.

Yaitu Nabi Ibrahim berdoa agar Allah menerima ibadah Nabi Ibrahim berupa ibadah mendirikan ka’bah. Padahal jika ditinjau kembali, mendirikan ka’bah adalah perintah dari Allah. Lantas, mengapa Nabi Ibrahim perlu meminta agar Allah menerima ibadahnya itu? Itulah bagian dari adab seorang hamba kepada Allah.

  • Ibadah Kita Belum Tentu Diterima

Ini juga menjadi bagian penting untuk kita ingat sama-sama. Bahwa ibadah kita belum tetu diterima oleh Allah. Bukan berarti ibadah kita tidak sah ya.

Ingat baik-baik, bahwa “Tidak diterima bukan berarti tidak sah”.

Dan ingat juga bahwa “Tidak diterima bukan berarti ibadah menjadi sia-sia”.

Ibadah yang diwajibkan kepada kita untuk kita kerjakan berarti ibadah itu menjadi kewajiban bagi kita untuk melakukannya. Dan ketika kita sudah melakukan itu, maka itu berarti kita sudah menggugurkan kewajiban kita untuk melakukan ibadah tersebut.

Namun ibadah yang sudah dikerjakan belum tentu diterima oleh Allah.

Tidak diterima ini bukan berarti kamu belum menggugurkan kewajiban. Karena jika kita sudah melakukan ibadah itu, maka kita dihitung telah melakukan kewajiban. Itu artinya kita tidak akan dituntut atau dihukum karena meninggalkan kewajiban, toh kita sudah melaksanakan kewajiban itu kan?

Nah, dikarenakan ibadah kita belum tentu diterima oleh Allah. Untuk itulah kita perlu berdoa agar Allah menerima ibadah kita.

  • Doa Setelah Sholat Sebagai Penambah Nilai Ibadah Sholat

doa setelah sholat subuh
Membaca doa setelah sholat

Doa setelah sholat yang langsung dibacakan setelah melakukan sholat akan menjadi hal yang sangat baik buat kamu yang mengerjakan sholat. Hal ini dikarenakan doa setelah sholat akan menjadi pelenhkap dari ibadah sholat kita.

Sebenarnya sholat sendiri sudah sangat cukup.

Namunhal ini dilakukan agar Ibadah kita menjadi lebih bernilai di sisi Allah. Oleh karena itu, dengan mengerjakan ibadah doa setelah sholat, diharapkan kita bisa meningkatkan ibadah sholat kita menjadi lebih bernilai di sisi Allah.

Sedikit tapi bernilai itu jauh lebih baik daripada banyak tapi tidak bernilai. Setuju kan?

Maka mari merutinkan doa setelah sholat agar menjadi lebih dekat kepada Allah.

  • Doa Setelah Sholat Untuk Memudahkan Urusan

Dengan membaca doa setelah sholat secara rutin, kamu akan bisa mendapatkan kemudahan dalam semua urusan kamu. Hal ini dikarenakan semakin banyak kita berdoa kepada Allah, maka akan semakin dekat pula kita dengan Allah.

Jika kita sudah dekat dengan Allah, maka Allah akan selalu membantu setiap urusan dan permasalahan dalam kehidupan kita. Maka perbanyaklah doa dan semoga Allah memperkenankan kita dalam setiap doa yang kita panjatkan kepada Allah untuk dikabulkan secara maksimal.

Insya Allah dengan memperbanyak doa setelah sholat maka akan memudahkan urusan juga memperbanyak rezeki. Tentunya dengan berbagai usaha termasuk juga membaca doa pembuka rezeki agar rezekimu menjadi lebih lancar dan berkah.

Doa Setelah Sholat Harus Bahasa Arab?

kumpulan doa setelah sholat
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Ini kerap menjadi masalah dalam sebagian masyarakat. Karena ada banyak orang yang mengira bahwa berdoa harus menggunakan bahwa arab. Ini adalah pandangan yang keliru.

Karena berdoa itu tidak harus dengan menggunakan bahasa Arab. Tentu saja Allah juga memahami bahasa Indonesia atau bahkan bahasa daerah kita masing-masing. Jangankan bahasa manusia saja, bahkan Allah juga akan memahami segala jenis bahasa dari berbagai makhluk hidup.

Maka, Allah memahami segala jenis bahasa.

Allah memahami segala jenis bahasa apapun yang kita bacakan, termasuk bahasa bayi sekalipun. Maka jangan heran jika Allah menjawab doa laparnya para bayi dengan menangis. Hehe.

Maka kamu tidak perlu khawatir dengan doa yang menggunakan bahasa arab. Karena jika kamu tidak paham, kita bisa menggunakan bahasa indonesia saja kok. Bahkan terkadang akan lebih memahami dengan menggunakan bahasa indonesia.

Doa Setetalah Sholat dan Cara Membacanya

doa setelah sholat dhuha
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Doa setelah sholat sangat mudah untuk dibaca karena memang sama saja dengan doa lainnya. Yaitu dengan menggunakan adab berdoa pada umumnya.

Ada banyak versi dari adab membaca doa yang diajarkan oleh para ulama.

Namun secara umum, adab dalam berdoa adalah menengadahkan kedua tangan, menundukkan kepala, dan meminta kepada Allah dengan segala jenis pengharapan agar Allah mengabulkan doa kita.

Maka lakukan doa kepada Allah dengan segala jenis perhatikan dan fokus kepada Allah.

Lakukan dengan khusyu’ dan berharap agar Allah mengabulkan doa kita secepat mungkin dan dengan penerimaan sebaik-baiknya.

Dalam melakukan doa setelah sholat ini, kamu juga bisa menggabungkan antara doa bahasa indonesia dengan bahasa arab. Jika kita lihat ustad Arifin Ilham, beliau pun sering menggabungkan bahasa arab dengan bahasa indonesia saat berdoa.

Sesaat menggunakan bahasa arab, dan sesaat menggunakan bahasa indonesia.

Bahkan jika diperhatikan, para pendengar menjadi lebih fokus ketika dibacakan doa dalam bentuk bahasa yang lebih mudah dipahami oleh mereka sendiri. Dengan menggunakan bahasa sendiri, orang akan lebih mudah menghayati doanya.

Doa Setelah Sholat dan Durasinya

doa setelah sholat tahajud
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Apakah doa setelah sholat harus panjang? Atau boleh pendek saja?

Jawabannya sangat sederhana, jika kamu butuh banyak hal, maka mintalah kepada Allah sebanyak-banyaknya. Namun jika kamu butuh sedikit saja, maka tidak mengapa jika kamu minta sedikit.

Namun apakah tidak rugi jika Allah bisa mengabulkan segala doa dan kita hanya meminta sedikit saja?

Hal ini tentu saja menjadi sedikit sekali kesempatan yang kita manfaatkan. Di saat Allah mampu mengabulkan sebala doa, kita justru meminta hanya sedikit saja. Padahal doa kita tidak membutuhkan modal uang sedikit pun.

Maka dari penjelasan ini, kamu tentu paham bahwa durasi berdoa itu bebas. Boleh panjang dan boleh pendek. Tergantung keperluan kamu dalam berdoa dan meminta kepada Allah.

Jadi silahkan ambil kesempatan berdoa kepada Allah sebanyak-banyaknya dengan meminta kepada Allah apapun yang sedang kita inginkan. Karena Allah adalah Tuhan yang menguasai segala sesuatu dan Allah maha mengabulkan doa.

Doa Setelah Sholat dan Orang-Orang Yang Wajib Membacanya

bacaan doa setelah sholat
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Pada dasarnya tidak ada yang wajib membaca doa ini. Karena doa ini tidak bersifat hukumnya wajib atau sebagainya. Namun doa ini menjadi perhatian penting bagi kita untuk melakukannya karena manfaat yang didapat akan sangat banyak.

Namun secara umum, doa sesudah sholat ini biasanya dibaca oleh para imam sholat dan di-aminkan oleh para jama;ah.

Jadi untuk imam sholat, akan sangat bagus jika menguasai dan menghafal doa sesudah sholat ini agar mudah dalam memimpin doa saat sudah selesai mengerjakan sholat dan kemudian akan diaminkan oleh para jamaah.

Insya Allah doa yang diaminkan bersama-sama akan mudah diterima oleh Allah.

Doa Setelah Sholat dan Lafadz

doa setelah sholat hajat
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Berikut adalah lafadh doa setelah sholat yang bisa kamu amalkan sehari-hari.

doa setelah sholat

doa setelah sholat fardhu

doa setelah sholat dhuha

dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat

doa setelah sholat fardhu berjamaahdoa setelah sholat tahajud

doa setelah sholat sendiri

fiqih doa setelah sholat

doa setelah sholat jamaahfiqih doa setelah sholat berjamaah

bacaan doa setelah sholat

doa setelah sholat wajib

kumpulan doa setelah sholat

doa doa setelah sholat

Doa Setelah Sholat dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

doa setelah sholat tarawih
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Pada dasarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membaca doa setelah sholat. Dalam hal ini tidak ada perbedaan antara doa setelah dholat fardhu ataupun doa setelah sholat sunnah. Hal ini dikarenakan doa setelah sholat memiliki prinsip dan menghadap kepada Tuhan yang sama.

Yaitu Allah Subhanallahu Wata’ala.

Prinsipnya, doa sesudah sholat ini memiliki hal penting berupa adab dalam membaca doa secara umumnya. Yaitu yang penting untuk diperhatikan adalah seputar adab dan kesopanan kita kepada Allah.

Maka jika dirinci, hal yang perlu diperhatikan dalam membaca doa sesudah sholat ini adalah:

  • Doa Setelah Sholat dan Adab Membaca Doa

Adab ini menyangkut tentang kesopanan kita kepada Allah. Maka ketika kita berdoa, benar-benar posisikan diri sebagai hamba yang ingin meminta kepada Allah dengan serendah-rendahnya diri kita di hadapan Allah.

Hal ini untuk menunjukkan bahwa kita benar-benar membutuhkan Allah dalam hidup kita.

Maka mintalah selayaknya seorang hamba dalam memeinta dan memohon kepada Allah.

Mintalah seperti orang-orang yang membutuhkan bantuan Allah, tidak mampu mengerjakan apapun tanpa bantuan Allah dan hanya bisa melakukan dengan bantuan Allah saja. Jika kita sudah beradab dalam hal ini, maka Insya Allah akan mudah dikabulkan oleh Allah dalam semua doa kita.

Beberapa adab dalam berdoa adalah :

  • Menengadahkan tangan
  • Menundukkan kepala
  • Membaca tidak terburuh-buru
  • Menutup mata agar lebih fokus
  • Membaca dengan diikuti oleh hati
  • Khusyu’ dan fokus kepada Allah
  • Mengawali dengan pujian dan shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ
  • Mengakhiri dengan shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ dan pujian kepada Allah
  • Doa Setelah Sholat dan Berharap Pengabulan Dari Allah

Ini juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena berdoa tanpa berharap pengabulan di sisi Allah adalah sia-sia. Tentu saja kita berdoa karena memang berharap Allah mengabulkan semua doa kita.

Oleh karena ini dalam berdoa pun perlu dihadirkan rasa ingin benar-benar Allah mengabulkan doa kita. Maka fokuslah bahwa kita membutuhkan Allah dan berharap Allah memandang kita dan mengabulkan semua doa kita.

Doa Setelah Sholat Cara Menghafal

doa setelah sholat witir
Ilustrasi membaca doa setelah sholat

Ada banyak dalam menghafal doa setelah sholat yang bisa dipraktekakan dengan berbagai hasilnya. Namun secara umum, ada beberapa cara mudah menghafal doa setelah sholat yang bisa kamu coba:

  • Rutin membaca setelah sholat

Meskipun kamu tidak harus menghafal secara sengaja, namun dengan membaca secara rutin setiap setelah sholat, kamu akan dengan mudah secara tidak sengaja menjadi terhafal sendiri.

  • Membaca Setiap Sebelum Subuh

Sebelum subuh merupakan waktu yang sangat bagus untuk menghafa. Bahkan para penghafal Alquran juga melakukan tips ini ketika menghafal Alquran, yaitu membaca sebelum subuh.

  • Membaca Setelah Subuh

Waktu subuh adalah waktu dimana pikiran kita belum banyak diisi dengan berbagai perkara duniawi atau masalah lainnya. Itu lah mengapa menghafal sesudah subuh juga menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghafal doa setelah sholat ini.

Maka tentunya selain sesudah subuh, sebelum subuh juga merupakan waktu yang sangat tetap untuk membaca doa setelah sholat.

  • Menghafal Sesudah Maghrib

Waktu antara Maghrib dan Isya juga merupakan waktu yang baik beribadah. Termasuk menghafal atau mengulang bacaan. Maka manfaatkan waktu ini untuk menghafal doa sesudah sholat agar kamu segera cepat menguasai doa ini.

  • Mengulang Bacaan Setelah Maghrib

Bacaan yang sudah dihafal perlu untuk diulang agar terus teringat dalam kehidupan. Waktu yang tepat untuk mengulang diantaranya adalah waktu setelah maghrib. Manfaatkan waktu untuk kamu hafal doa setelah sholat ini sehingga kamu tidak perlu lagi membuka catatan ketika membcaa doa ini.

Doa Setelah Sholat dan Waktunya

doa setelah sholat wajib
Membaca doa setelah sholat

Waktu membaca doa setelah sholat terbaik adalah ketika kamu belum melakukan banyak hal setelah sholat tersebut dilakukan. Jadi usahakan jangan dulu melakukan aktifitas lain sebelum kamu membaca doa setelah sholat dilakukan.

Namun meskipun begitu, membaca doa sesudah sholat di luar waktu yang dianjurkan ini juga tidak menjadi masalah.

Kamu bisa membaca doa ini kapan saja, karena doa ini memang memiliki makna yang sangat dalam.

Maka perbanyaklah doa setelah sholat agar kamu selalu mendapat keberkahan dalam ibadah dan kehidupan kamu. Apalagi ketika Allah mendengar doa yang kamu baca walaupun di luar sholat itu, maka pastilah doa kamu akan menjadi sesuatu yang sangat kamu sukai dan syukuri.

Doa Setelah Sholat dan Tata Cara Membacanya

doa doa setelah sholat
Membaca doa setelah sholat

Tata cara membaca doa sesudah sholat ini sebenarnya sama dengan tata cara dalam kamu membaca doa yang lain.

Yaitu perhatikan adab dan tajwid dalam doa kamu.

Tata cara dari segi adab sudah di bahas di poin sebelumnya terkait adab dalam membaca doa sesudah sholat ini. Maka selain masalah adab, yang kamu perlu perhatikan setelah itu adalah tajwid dalam bacaan doa itu sendiri.

Karena doa yang dibaca dengan tajwid yang tidak diperhatikan akan menjadi sia-sia dan tidak bernilai di sisi Allah.

Apalagi doa dalam sholat itu sebenarnya sangat banyak merupakan potongan dari Alquran, dan ketika Alquran dibaca dengan tajwin yang salah, maka Alquran sendirilah yang mengutuk pembacanya.

Maka sangat penting bagi kita untuk belajar doa tajwid juga.

Namun bagi kamu yang ingin membaca Alquran dan belum memiliki ilmu tajwid yang mapan, kamu juga bisa membaca doa sesudah sholat dengan syawat kamu juga sambil belajar ilmu tajwid itu sendiri.

Karena kesalahan yang dilakukan dalam suasana belajar akan dimaafkan.

Doa Setelah Sholat Digabung dengan Doa Lain

dzikir dan doa setelah sholat
Membaca doa setelah sholat

Kamu bisa sajan menggabungkan doa sesudah sholat ini dengan doa-doa yang lain. Tidak ada batasan dalam hal ini. Apalagi jika kamu ingin membaca doa-doa yang menjadi keperluan pribadi kamu sendiri.

Tidak ada masalah, justru hal itu akan semakin bagus di sisi Allah.

Karena ketika kita berdoa lebih banyak, maka Allah juga akan lebih menyukai kita karena banyak meminta kepada Allah. Allah senang kepada hambanya yang banyak meminta dan Allah murka kepada hambaNya yang sedikit meminta.

Doa Setelah Sholat dan Penutup Pembahasan

doa setelah sholat taubat
Membaca doa setelah sholat

Demikianlah doa setelah sholat yang bisa kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menjadi pedoman dalam kehitupan kamu.

Untuk menyempurnakan doa sesudah sholat ini, kamu juga harus membaca berbagai doa lainnya yang ada di website alhadi ibrahim ini. Maka baca terus website ini agar kamu bisa mengupdate ilmu kamu dan semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

Bagi kamu yang ingin sharing ilmu atau ingin meminta pembahasan tertentu di website ini, silahkan komen atau hubungi kami di kontak yang sudah disediakan.

Demikian tulisan ini dibuat ya, maaf atas segala kesalahan, dan terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: