√ Panduan Doa Setelah Sholat Witir dan Penjelasan Sholat Witirnya

Sholat witir merupakan sholat yang sangat disunnahkan untuk dilakukan setiap malam. Terlebih lagi pada saat bulan ramadhan. Maka sempurnakan pula ibadah shalat witir dengan bacaan doa setelah sholat witir. Agar ibadah menjadi lebih sempurna tentunya.

Untuk itulah kami menuliskan ini.

Tulisan ini akan memberikan kepada anda pengetahuan tentang doa setelah sholat witir dan juga beberapa hal lainnya yang berkaitan. Silahkan dibaca pelan-pelan ya.

Namun sangat diharuskan untuk berada dalam keadaan suci ketika akan mengamalkan amalan ini. Tentunya dengan berwudhu atau mandi wajib jika sebelumnya masih junub, pelajari juga doa mandi wajib biar mandinya sah.

Shalat Witir

Shalat witir merupakan adalah shalat yang menutup shalat fardhu dan dilakukan di malam hari. Shalat witir sendiri dilkakan dengan jumlah rakaat yang ganjil. Anda boleh mengerjakan 1 rakaat, 3 rakaat, dan seterusnya dengan bilangan ganjil bahkan hingga 11 rakaat.

Shalat witir ini sangat dianjurkan. Karena selain banyaknya keutamaannya, shalat witir juga merupakan shalat sunnah yang sering dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Maka tentu sangat dianjurkan agar kita mengikuti perilaku Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah pedoman.

Karena Baginda Nabi Muhammad ﷺ bukan hanya diutus untuk menyampaikan dakwah saja, akan tetapi juga untuk menjadi pedoman bagi semua manusia. Begitulah pentingnya kita untuk mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Shalat witir sendiri juga merupakan amalan yang sering dilakukan oleh orang orang shaleh. Karena memang orang shaleh memiliki semangat mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ yang lebih besar daripada orang biasanya.

Maka rutinkanlah shalat witir.

Agar kita semakin sempurna dalam amalan dan juga semakin bertaqwa di sisi Allah juga. Karena kita sudah terlalu lama hidup dalam keadaan yang kurang memanfaatkan waktu dengan baik. Maka harus berubah dan harus menjadi lebih baik ke depan.

Niat Sholat Witir

Dalam menjalankan ibadah, tentu saja memiliki niat yang harus dilakukan. Agar ibadah kita benar-benar berjalan dengan baik dan sempurna. Serta benar-benar bernilai sebagai ibadah oleh Allah. Maka kita menginginkan nilai ibadah itu.

Begitu pula dalam sholat witir.

Membaca niat shalat witir juga merupakan hal yang harus dilakukan agar ibadah shalat witir bernilai ibadah di sisi Allah. Karena tentu akan terasa sia-sia jika ibadah yang dilakukan namun tidak bernilai sebagai ibadah.

Maka untuk itu, penting untuk mempelajari niat sholat witir agar tidak salah dalam shalat witir yang dilakukan. Karena niat yang salah juga akan membuat salahnya atau tidak sahnya suatu ibadah yang dilakukan. Oleh karena itulah pentingnya mempelajari niat dan mengucapkannya.

Bukan hanya niat sholat witir.

Akan tetapi semua ibadah yang dilakukan memang harus dengan niat yang benar. Karena kesalahan dalam niat akan membuat salahnya ibadah. Atau bahkan bisa membuat ibadah menjadi tidak sah.

Selain ibadah shalat, dalam ibadah sederhana seperti ibadah sedekah juga sebenarnya memerlukan niat. Apakah niat sedekah kita karena Allah atau bukan, itu akan sangat berpengaruh. Jika kita niatkan karena Allah, maka akan bernilai ibadah.

Namun jika bukan karena Allah, maka akan sangat sia-sia.

Maka perlu untuk benar-benar meluruskan niat dalam menjalankan semua amal ibadah. Bahkan bukan hanya ibadah saja. Banyak yang justru perbuatan duniawi yang bernilai ibadah di sisi Allah dikarenakan niat yang kita lakukan adalah niat karena Allah.

Maka jika niat karena Allah, perbuatan dunia juga menjadi ibadah.

Misalnya orang yang bekerja sehari-hari, jika diniatkan kerjanya adalah untuk menafkahi keluarga, maka itu adalah niat yang menjadi ibadah. Karena menafkahi keluarga adalah ibadah, sehingga pekerjaan yang dilakukan juga menjadi ibadah.

Termasuk juga dalam hal lainnya. Jika makan diniatkan untuk kuat ibadah, minum diniatkan agar fokus ibadah. Maka semua niat itu walaupun terkesan pekerjaannya duniawi, namun akan dinilai sebagai pahala di sisi Allah.

Maka luruskanlah niat.

Adapun niat sholat witir adalah sebagai berikut:

 

Doa Setelah Sholat Witir

Mari kita masuk kepada inti dari pembahasan dalam tulisan ini. Yaitu berkenaan tentang doa yang dibaca setelah sholat witir atau disebut juga doa sholat witir. Doa sholat witir ini merupakan doa yang dibaca setelah mengerjakan sholat witir.

Doa setelah sholat witir ini tentu memiliki anjuran yang besar. Dikarenakan sholat witir sendiri merupakan sholat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Maka membaca doa setelah witir juga dianjurkan untuk melengkapi ibadah sholat witir sendiri.

Begitulah pentingnya doa setelah witir.

Adapun jika masih belum menghafal doa setelah sholat witir secara lengkap, kamu bisa saja kok membaca doa bahasa indonesia sesuai dengan doa yang kamu harapkan. Artinya doa itu tidak harus sama persis seperti teks yang dianjurkan.

Apalagi dibacanya adalah di luar sholat.

Maka membaca doa setelah witir sendiri merupakan pilihan yang bisa kamu tentukan sendiri. Apakah akan membaca doa yang sesuai tulisan intinya, atau bisa juga menggunakan doa sendiri.

Karena doa adalah permintaan masing-masing kita kepada Allah. Sehingga bisa saja kalau kita tidak membaca doa sholat witir seperti yang pada umumnya dibaca. Akan tetapi kita ganti dengan doa sendiri-sendiri yang sesuai dengan kemauan sendiri.

Maka hal ini dibolehkan.

Namun apabila membaca doa sholat witir sesuai dengan yang dibaca pada umumnya juga tentu sangat baik. Maka silahkan dipilih dan ditentukan saja, doa seperti apa yang akan anda baca. ]

Adapun lafadh doa setelah sholat witir adalah sebagai berikut:

Keutamaan Doa Setelah Sholat Witir

Mengapa doa setelah sholat witir menjadi penting? Karena memang banyak keutamaan yang didapatkan. Pada dasarnya semua doa yang dibaca itu bagus. Karena memang doa sendiri merupakan amalan yang dicintai oleh Allah.

Dengan berdoa, kita menampakkan kelemahan kita kepada Allah. Kita menampakkan kepada Allah bahwa kita membutuhkan Allah dan juga kita tidak bisa melakukan sendiri. Oleh karena itu, membaca semua doa akan sangat bagus.

Dan menjadi penghambaan diri kepada Allah.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk banyak berdoa kepada Allah. Karena memang Allah sendiri membuka pintu doa selama 24 jam dalam sehari dan tidak ada batasan. Mengapa kita tidak memanfaatkannya?

Padahal doa doa yang dipanjatkan kepada Allah semuanya akan bernilai ibadah. Dan juga akan bernilai sebagai suatu penghambaan diri kepada Allah. dan Allah sangat menyukai penghambaan diri kita tersebut.

Dengan itulah akan banyak keberkahan dalam hidup. Adapun jika diurutkan, berikut adalah beberapa keutamaan doa shalat witir:

  • Sebagai Penghambaan Diri

Penghambaan diri adalah hal yang sangat disukai oleh Allah dari hambanya. Karena dengan penghambaan dirilah, Allah melihat kita benar-benar merendahkankan diri dan mentuhankan Allah.

Penghambaan diri adalah kegiatan yang menunjukkan kepada Allah bahwa kita adalah hamba, dan Allah adalah tuhan. Pada penghambaan diri ini, kita benar-benar mengakui bahwa kita lemah dan selalu membutuhkan bantuan Allah.

Inilah yang sangat Allah cintai.

Meskipun kalau kita tidak melakukan penghambaan diri, memang pada hakikatnya kita adalah hamba Allah. Dan Allah adalah tuhan kita. Akan tetapi kita sering lupa dan mengabaikan hal ini. Kita sering tidak banyak meminta kepada Allah.

Karena seringnya kita menganggap bahwa kita sudah hebat dan bisa melakukan semua hal secara sendiri. Dan dengan menggunakan kemampuan diri sendiri saja. Ini adalah hal yang keliru, karena Allah tidak menyukai orang yang sombong.

Maka lakukanlah penghambaan diri.

Inilah bentuk dari salah satu faedah ataupun keutamaan dari membaca doa setelah sholat witir. Karena dengan penghambaan dirilah, Allah akan sangat mencintai hambaNya. Jika Allah sudah sayang, maka semua akan diberikan.

  • Adab Kepada Allah

Keutamaan dari membaca doa setelah sholat witir berikutnya adalah sebagai adab kepada Allah. Yaitu adab untuk meminta kepada Allah dan memposisikan diri sebagai orang yang butuh. Kita harus beradab kepada Allah dengan banyak berdoa.

Karena dengan doa itulah, Allah melihat kita memiliki adab yang baik. Yaitu baik karena memang banyak yang kita lakukan untuk menghormati Allah.

Adab dalam hal ini sangat penting.

Karena seharusnya kita memang banyak meminta kepada Allah sebelum melakukan usaha pribadi. Dalam hal apapun bahkan termasuk dalam hal berobat jika sakit. Seperti yang sudah dijelaskan oleh Buya Yahya, bahwa sebaiknya kita memang harus berdoa dulu sebelum ke dokter.

Karena hakikat doa kesembuhan adalah dari Allah. Maka membaca doa setelah sholat witir adalah termasuk bagian dari menjaga adab kepada Allah.

  • Menjalankan Perintah Allah

Allah memerintahkan kita untuk berdoa. Maka membaca doa setelah sholat witir adalah juga termasuk bagian dari menjalankan perintah Allah. Karena doa setelah sholat witir juga termasuk bagian dari doa yang Allah inginkan agar kita baca.

Oleh karena itu, menjalankan perintah Allah dalam berdoa juga sangat penting. Dan itu sudah termasuk di dalam melaksanakan membaca doa setelah sholat witir seperti yang sudah dibahas dalam tulisan ini.

Maka bacalah doa setelah sholat witir.

Agar Allah melihat kita sebagai hamba yang benar-benar butuh kepadanya. Dan Allah juga melihat kita sebagai hamba yang menjalankan perintahNya dalam hal berdoa. Baik itu doa setelah sholat witir ataupun doa lainnya. Semua doa adalah bagian dari ibadah.

  • Meniru Baginda Nabi Muhammad

Siapa lagi yang pantas ditiru selain Baginda Nabi Muhammad ﷺ? Tentu saja Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah orang yang pertama harus kita ikuti. Karena memang Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah makhluk yang paling sempurna di dunia dan akhirat. Akhlak beliau sangat layak untuk kita ikuti.

Maka dalam hal membaca doa setelah sholat witir juga merupakan bagian dari meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Karena Baginda Nabi Muhammad ﷺ suka berdoa, bahkan dalam hal kecil.

Maka marilah kita tiru beliau.

Dalam hal ini, penekanannya adalah terkait kebiasaan Baginda Nabi Muhammad ﷺ dalam berdoa. Maka jika kita berdoa, kita pun sebenarnya sedang mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ atau meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

  • Sebagai Tambahan Ibadah

Ibadah kita tentu saja masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan ibadah para ulama. Maka oleh sebab itu, sangat penting untuk memperbanyak tambahan ibadah. Maka membaca doa setelah sholat witir adalah termasuk salah satu tambahan ibadah.

Dan tentunya juga dengan menambah ibadah-ibadah lainnya. Pada dasarnya silahkan saja ingin menambah ibadah yang mana. Karena semua ibadah akan bernilai di sisi Allah selama memenuhi hal-hal yang wajib dilakukan.

Seperti niatnya, sucinya, dan lain-lain.

Maka membaca doa setelah sholat witir adalah termasuk bagian dari menambah ibadah. Dan juga bisa dilakukan dengan menambah ibadah yang lain. Asalkan dipastikan untuk memperbanyak ibadah yang baik di sisi Allah.

Apalagi jika kita lihat, para ulama melakukan shalat sunnah hingga ratusan rakaat, khatam alquran berkali-kali, dan sebagainya. Tentu saja kita orang biasa ini harus banyak menambah ibadah agar semakin dekat dengan surga.

Leave a Comment

%d bloggers like this: