Doa Setelah Adzan LENGKAP [Lafaz, Arti, Latin, Penjelasan]

Pada tulisan kali ini anda akan membaca tentang doa setelah adzan yang akan dibahas secara lengkap dengan beberapa hal yang berkaitan dengannya. Tulisan ini bertujuan untuk memudahkan anda mendapatkan ilmu pengeahuan berkenaan dengan doa setelah adzan yang saat ini banyak dicari.

Hal ini tentu tidak mengherankan.

Karena memang banyak sekali anak muda yang mulai hijrah di abad ini. Fenomena ini menjadi fenomena yang sangat dicintai oleh berbagai kalangan muslim di Indonesia maupun di dunia.

Karena tentu saja keadaan hijrahnya seseorang adalah dicintai dan diharapkan oleh semua orang. Untuk itulah anda akan membaca tulisan ini dengan berbagai pengetahuan tentang doa setelah adzan dan juga berbagai hal yang berkaitan dengannya.

Selain doa setelah adzan, doa yang juga menjadi sangat wajib untuk diketahui oleh semua muslimin adalah doa mandi wajib. Hal ini dikarenakan banyak sekali amalan yang mengharuskan kita dalam keadaan suci. Maka mandi wajib dan berwudhu adalah hal yang harus dipahami.

Doa Setelah Adzan

doa sesudah adzan
Ilustrasi membaca doa sesudah adzan

Doa setelah adzan adalah hal yang bisanya dibaca oleh seseorang ketika selesai mendengar adzan. Meskipun sebenarnya hukum dari membaca doa setelah adzan adalah sunnah. Akan tetapi banyak sekali orang yang rutin dan membaca doa setelah adzan dengan berbagai lafaz atau model bacaannya.

Selain doa setelah adzan, kamu sebaiknya juga merutinkan banyak doa lainnya seperti misalnya doa selamat agar semakin terbiasa dengan hal yang positif. Karena semua doa pada dasarnya adalah baik.

Doa setelah adzan menjadi hal yang seolah dianggap wajib oleh orang-orang sekarang.

Sebenarnya kenyataan ini tidak ada keburukannya. Karena memang jika seseorang menjadi melakukan suatu ibadah meskipun hukum yang diyakini adalah sedikit berbeda, maka hal itu tidak menjadi masalah.

Untuk itulah penting bagi anda untuk membaca doa setelah adzan.

Maka di tulisan ini akan dibahasa secara lengkap dan lugas pembahasan mengenai doa setelah adzan ini. Bukan hanya itu saja, untuk memudahkan pemahaman anda, maka tulisan ini akan membahas secara dasar dari awal pengertian adzan dan sebagainya.

Langsung saja kita bahas ya:

Doa Setelah Adzan dan Adzan

adzan
adzan

Adzan merupakan panggilan atau seruan untuk melakukan sholat. Adzan sendiri juga menjadi signal atau penentu atauipun tanda bahwa waktu sholat telah tiba.

Namun sebenarnya waktu sholat tidak bisa hanya diwakili dengan adzan. Karena waktu sholat itu adalah keadaan yang berdasarkan dari kondisi alam. Baik itu dilihat dari letak matahari, sinar, cahaya, dan sebagainya.

Namun secara umum, adzan adalah salah satu tanda bahwa waktu sholat telah tiba.

Adzan memiliki banyak sekali keutamaan dan kelebihan. Bahkan azan sendiri menjadi amalan yang sangat disunnahkan dalam agama islam. Adzan memang menjadi amalan yang selalu rutin dikerjakan oleh setiap muslim khususnya muazin.

Apalagi di Indonesia akan sangat mudah ditemui suara adzan. Hal ini karena memang banyaknya mesjid yang ada di Indonesia. Bahkan jaraknya pun tidak terlalu jauh.

Tentu saja kita bersyukur dengan kondisi ini karena akan memudahkan kita dalam beramal khususnya tentang sholat berjamaah dan tepat waktu.

“Adzan” atau “Azan”?

azan
Ilustrasi azan

Selain adzan, ada pula orang yang menulisnya dengan kalimat azan. Hal ini tidak bisa langsung disalahkan karena memang Bahasa Indonesia dalam penulisannya tidak bisa langsung mewakili dari pengucapan dalam Bahasa Arab.

Oleh karena itu, bukan penulisan yang paling penting, akan tetapi adalah penucapannya.

Bisa saja dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan tulisan azan akan tetapi jika dibaca sesuai dengan Bahasa Arab atau loghat Bahasa Arab, maka pengucapannya menjadi benar. Bahkan kita juga tidak bisa menuliskan semua Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia.

Karena huruf arab berbeda.

Demikian dengan perbedaan itu maka akan sulit untuk mencari bagaimanakah penulisan dalam Bahasa Indonesia yang benar sesuai dengan ketentuan dari bunyi Bahasa Arab. Maka jangan terlalu dipermasalahkan terkait penulisan adzan atau azan.

Karena yang sangat perlu diperhatikan adalah pengucapannya.

Adapaun pengucapan dalam Bahasa Arab terkait lafaz adzan adalah أَذَان yang berarti menggunakan huruf Dza. Dalam Bahasa Indonesia sendiri huruf tersebut sering ditulis dengan kata Dza, sehingga penulisan yang lebih mendekati adalah Adzan.

Akan tetapi hal ini bukanlah menjadi dasar dari pengucapan yang benar. Karena pengucapan tetap diliat dari bunyi suara dan darimana sumber suara itu berasal.

Oleh karena itu mari kita tidak terlalu memperdebatkan masalah tulisan dalam Bahasa Indonesia, karena yang paling penting adalah tulisan dalam Bahasa Arab serta pengucapannya.

Doa Setelah Adzan dan Lafadz Adzan

Untuk memahami secara lengkap tentang doa setelah adzan, kamu akan lebih baik juga memahami tentang lafadz adzan itu sendiri. Karena doa setelah adzan biasanya dibacakan setelah terdengar adzan. Maka kamu juga harus tahu dulu bagaiman adzan itu sendiri.

Ngomong-ngomong, kamu sudah tahu belum sih lafaz adzan? Semoga sudah ya.

Namun untuk melengkapi agar tulisan ini semakin sempurna dan menjadi rujukan yang lengkap, maka tulisan ini juga akan memberitahukan tentang lafaz adzan. Berikut adalah lafaz adzan yang dikundangkan di seluruh dunia:

lafadz adzan
lafadz adzan

Bacaan Adzan

bacaan adzan

Apakah ada perbedaan antara lafadz adzan dan bacaan adzan? Sebenarnya sama saja antara lafadz adzan dengan bacaan adzan. Akan tetapi banyak orang yang masih bingung tentang hal ini dan ada yang menganggap bahwa keduanya adalah berbeda.

Lafadz adzan adalah bagaiman adzan itu dilafadzkan atau dibacakan. Ya pada intinya sama saja antara keduanya.

Hanya berbeda istilah saja.

Karena jika kamu bertanya tentang lafadz adzan, maka akan didapati hasilnya adalah seperti lafdz Adzan yang sudah dbahas sebelumnya. Dan jika kamu mencari bacaan adzan, kamu juga akan menemukan hal yang sama.

Sehingga perbedaan istilah ini tidak perlu diperdebatkan terlalu lama dikarenakan yang dibutuhkan adalah bagaiman agar adzan itu banyak dan selalu dikumandangkan di seluruh dunia. Khususnya setiap waktu sholat.

Doa Setelah Adzan beserta Lafadz Adzan Dan Artinya

lafadz adzan dan artinya

Kamu tentu akan lebih mendapatkan kekhusyukan dan fokus jika mengetahui lafadz adzan dan artinya sekalian. Sehingga dengan adanya pengertian terkait lafadz adzan dan artinya ini maka diharapkan akan membuat kamu juga menjadi lebih fokus terhadap membaca doa setelah adzan.

Arti akan membuat hati lebih khusyu.

Dengan memahami lafadz adzan dan artinya maka kamu pasti akan menjadi lebih fokus dan khusyu dalam mendengar adzan itu sendiri dan bisa membuat kamu mudah paham.

Dengan lafadz adzan dan artinya ini juga akan memudahkan kamu dalam merasakan indahnya mana adzan. Serta akan semakin indah juga saat kamu menjawab adzan itu sendiri. Karena adzan sangat sunnah untuk dijawab dengan jawaban yang sudah disunnahkan pula.

Maka tulisan ini juga akan memberikan kamu lafadz adzan dan artinya.

Untuk segera memudahkan kamu dalam memahami lafadz adzan dan artinya, maka silahkan simak lafadz adzan dan artinya berikut ini:

lafadz adzan dan artinya

lafadz adzan

lafadz azan

Doa Setelah Adzan Jadwal Adzan

Jadwal Adzan
Ilustrasi Jadwal Adzan

Jadwal adzan di setiap negara atau daerah berbeda-beda. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak perbedaan. Perbedaan pun bisa mencapai hitungan menit bahkan bisa berjam-jam. Hal ini tentu saja karena letak beberpa daerah di Indonesia yang sangat berjauhan.

Selain itu, jadwal adzan yang berbeda juga akan menyebabkan adanya perbedaan dalam waktu berbuka puasa. Karena waktu buka puasa adalah masuknya waktu maghrib.

Sehingga tidak heran jika ada yang buka dan ada yang belum.

Karena memang perbedaan waktu itu membuat adanya perbedaan jadwal adzan. Namun perlu diketahui juga bahwa jadwal adzan tetap sesuai dengan jadwal sholat itu sendiri. Sehingga kapanpun jadwal sholatnya, maka jadwal adzan juga harus dilakukan di saat itu.

Doa Setelah Adzan dan Doa Sebelum Adzan

doa sebelum adzan

Selain doa setelah azan, ada pula yang dibaca oleh muazin yaitu berupa doa sebelum adzan. Sebenarnya hal ini jarang dibahas. Karena yang biasa membaca doa sebelum azan ini hanya muazzin saja.

Akan tetapi orang yang tidak melakukan adzan jarang membaca doa ini karena memang tidak tahu akan ada adzan. Oleh karena itu doa ini tidak terlalu populer di masyarakat umum.

Akan tetapi sangat populer di kalangan ahli ilmu.

Karena memang setiap ahli ilmu mempelajari semua hal dan ingin agar mendapatkan pahala di setiap amalan yang dikerjakan. Doa sebelum adzan ini diucapkan atau dibacakan. Muazzin biasanya tidak membaca doa ini dengan keras.

Hanya untuk sekedar didengar oleh dirinya saja.

Akan tetapi  ada juga muazzin yang membaca doa sebelum adzan ini di mic sehingga juga didengar oleh banyak orang. Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah, asalkan benar-benar diketahui bahwa doa sebelum adzan tidak termasuk dalam adzan itu sendiri.

Adapun doa sebelum adzan adalah sebagai berikut:

doa sebelum adzan

Doa Sesudah Adzan

doa setelah adzan

Nah, tibalah kita pada inti pembicaraan yaitu mengenai doa setelah adzan. Tentu kamu sudah sangat memahami dari awal hingga bab ini. Karena doa setelah adzan menjadi penting juga untuk dibaca dikarenakan banyaknya pahala yang didapat.

Doa setelah adzan sangat dianjurkan untuk dibaca rutin setiap mendengar adzan. Baik itu adzan di mesjid ataupun adzan di muhollah. Bahkan bukan hanya adzan yang dikumandangkan di mesjid atau musholla saja. Doa setelah adzan juga disunnahkan dibaca meskipun adzannya di rumah sendiri.

Begitulah kesunnahan doa setelah adzan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengerti lafadz dari doa setelah adzan dan rutin membacanya juga. Karena pahalanya juga banyak.

Doa setelah adzan juga bisa menjadi syi’ar ataupun dakwah kita kepada orang lain jika dibaca dengan suara yang agak keras sehingga didengar oleh orang lain. Orang yang mendengarkan doa kita biasanya akan juga ikut membaca doa tersebut.

Hal ini disebut juga “Dakwah dengan perbuatan” sehingga anda tidak harus berdiri di podium dan sebagainya untuk melakukan dakwah kepada sesama muslim.

Oleh karena itu, lakukanlah dan bacakan lah doa setelah adzan secara rutin dan tepat dari segi makhrajul huruf dan juga keutamaannya. Adapun doa setelah adzan adalah sebai berikut:

doa seteleh adzan

Doa Setelah Adzan atau Doa Adzan

doa setelah adzan

Apa perbedaan antara doa setelah adzan dengan doa adzan? Sebenanrya keduanya jika dilihat dari niat membacanya adalah sama-sama doa setelah adzan. Akan tetapi ada juga orang yang beranggapan doa adzan adalah doa yang dibaca ketika adzan itu dikumandangkan.

Sebenarnya jawaban yang dibacakan setiap adzan dikumandangkan itu adalah jawaban adzan, bukan doa adzan. Karena doa adzan itu doa yang dibacakan ketika adzan telah selesai dikumandangkan.

Sementara jawaban adzan dijawab setiap kalimat dari adzan.

Maka doa adzan itu juga maksud sebenarnya adalah doa setelah adzan seperti yang dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu doa setelah adzan merupakan hal yang sama dengan doa adzan. Maka jika ada yang bertanya tentang doa setelah adzan dan doa adzan, maka jawabannya adalah sama dengan doa setelah adzan yang ditunjukkan di atas.

Doa Setelah Adzan dan Faedahnya

doa setelah adzan

Sebenarnya jika berbicara tentang faedah dari doa setelah adzan sungguh sangat banyak. Namun perlu diketahui bahwa inti dari berdoa adalah menunjukkan penghambaan kepada Allah. Bahwa kita membutuhkan Allah dalam setiap kehidupan kita.

Demikian pula dalam doa setelah adzan.

Doa setelah adzan jika dilihat dari maknanya, maka kita akan melihat lebih banyak keindahan dalam makna yang menginginkan Rahmat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Selain itu doa ini juga memuji Allah dengan memanfaatkan waktu setelah adzan. Yaitu ketika Allah menyeru dengan sangat sempurna.

Maka sadarilah makna dari keindahan Allah memberikan kepada kita kesempatan untuk mendengar adzan dan juga menjawab adzan. Selain itu tentunya dengan membaca doa setelah adzan.

Demikian tulisan ini dibuat, semoga bisa bermanfaat. Baca juga berbagai tulisan lain di website ini untuk terus menambah pengetahuan kamu. Demikian, terima kasih.

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: