Doa Selamat LENGKAP [Penjelasan, Makna, Latin, Macam, Dll]

Doa selamat merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia, khususnya bagi muslim. Meskipun hal ini juga tentunya penting bagi non muslim. Karena pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan kepada Tuhannya.

Dalam hal ini adalah keselamatan.

Doa keselamatan merupakan wujud dari penghambaan kita kepada Allah. Dengan membaca doa selamat maka kita memohon kepada Allah agar diberikan keselamatan. Hal ini sudah menunjukkan bahwa kita membutuhkan Allah.

Inilah hakikat dari berdoa.

Dalam berdoa yang paling dituntut adalah menunjukkan bahwa kita membutuhkan Allah dalam setiap detik kehidupan kita. Oleh karena itu sangat penting untuk berdoa kepada Allah dalam setiap kondisi.

Baik itu kondisi yang mendesak ataupun tidak. Baik itu kondisi yang berhubungan dengan nyawa ataupun bukan. Karena pada hakikatnya kiita selalu membutuhkan Allah dalam kehidupan kita.

Maka sangat penting untuk membaca doa selamat sebagai wujud dari permohonan kita kepada Allah. Selain itu juga untuk menunjukkan kepada Allah bahwa kita lemah dan membutuhkan bantuan Allah dalam semua kondisi.

Selain itu, pastikan juga bahwa kita berada dalam keadaan suci ketika berdoa. Agar doa menjadi lebih bernilai. Bersuci bisa diperoleh dengan berwudhu atau tayamum. Namun jika anda dalam kedaan junub, maka lakukanlah mandi wajib dan baca doa mandi wajib.

Doa Selamat Dunia Akhirat

doa selamat dunia akhirat
Ilustrasi membaca doa selamat dunia akhirat

Doa selamat dunia dan akhirat merupakan doa yang sangat penting karena kehidupan yang sebenarnya adalah di akhirat. Oleh karena itu para ulama tidak henti-hentinya menganjurkan untuk membaca doa selamat dunia dan akhirat setiap saat.

Bahkan doa ini juga selalu dibaca setiap selesai sholat.

Oleh imam yang memimpin sholat, biasanya akan memimpin doa untuk meminta doa selamat dunia akhirat. Hal ini memang karena doa selamat dunia akhirat adalah sangat dirindukan dan diinginkan oleh semua muslim di seluruh dunia dari dulu hingga sekarang.

Begitulah pentingnya doa selamat dunia akhirat.

Untuk itu kita juga harus membiasakan diri untuk selalau rutin membaca doa doa selamat dunia akhirat dikarenakan akan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita kelak.

Dengan mengamalkan doa selamat dunia akhirat, maka kita berharap akan selamat kelak di dunia dan juga di akhirat. Keselamatan di akhirat tentu saja menjadi hal yang sangat dirindukan oleh semua orang. Karena di akhirat adalah kehidupan yang sebenarnya.

Sementara di dunia hanyalah kehidupan yang sementara.

Dengan mengetahui bertapa pentingnya membaca doa selamat dunia akhirat ini, maka semoga Allah memudahkan kita dalam beramal dan membaca doa selamat dunia akhirat ini secara rutin.

Doa Selamat Dunia Akhirat Dan Lafadznya

doa selamat dunia akhirat
Ilustrasi membaca doa selamat dunia akhirat

Setelah mengetahui kehebatan dan kepentingan membaca doa selamat dunia akhirat, tentu saja kita juga ingin membacanya secara rutin. Maka untuk itulah anda juga menghadirkan lafadz dari doa selamat dunia akhirat pada tulisan ini.

Tujuannya adalah untuk memudahkan anda dalam memahami dan memaca doa selamat dunia akhirat ini. Semoga doa doa selamat dunia akhirat bisa kita amalkan dengan baik dan juga mendapatkan balasan dari Allah.

Berikut adalah Lafadz dari doa selamat dunia akhirat:

doa selamat dunia akhirat

Doa Selamat Panjang

doa selamat panjang

Dari doa selamat berikut, ada juga doa selamat yang lebih panjang. Tentu saja doa selamat panjang ini juga bisa anda amalkan selama memang menginginkan untuk membacanya. Dan biasanya memang dengan doa selamat panjang menunjukkn bahwa kita lebih serius dalam mendoakannya.

Oleh karena itu, kami juga menghadirkan doa selamat panjang pada tulisan ini untuk membantu kami dalam memahami dan membaca berbagai doa yang anda butuhkan.

Semua doa itu baik.

Akan tetapi doa yang terbaik tetaplah doa yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ ataupun doa yang terdapat di dalam Alquran.

Sehingga tidak heran jika banyak doa yang kita baca sekarang adalah doa yang diambil dari Alquran maupun hadist Nabi Muhammad ﷺ.

Berikut adalah lafadz dari doa selamat panjang:

doa selamat panjang

Doa Selamat Dan Faedahnya

doa selamat dunia akhirat
Ilustrasi membaca doa selamat

Untuk apa sebenarnya kita berdoa kepada Allah? Berdoa kepada Allah bukanlah untuk merubah takdir. Akan tetapi hakikat berdoa kepada Allah adalah menunjukkan penghambaan diri kita kepada Allah.

Membaca doa selamat juga menunjukkan kepada Allah bahwa kita lemah dan tidak bisa melakukan apapun selain yang Allah bantu.

Hakikat doa adalah menunjukkan penghambaan diri.

Dengan berdoa maka kita telah mengatakan kepada Allah bahwa kita membutuhkan Allah dalam kehidupan kita. Sebenarnya semua kegiatan kita selalu membutuhkan Allah dan tidak ada satupun kegiatan yang tidak luput dari bantuan Allah.

Apalagi untuk urusan keselamatan.

Maka tentu urusan keselamatan menjadi hal yang lebih penting lagi karena berhubungan dengan kehidupan. Jika kita tidak selamat, maka pintu taubat kita telah berakhir. Maka sangat penting untuk menyelamatkan diri agar semakin banyak kesempatan taubat.

Namun apabila terjadi sesuatu hingga menyebabkan sakit, maka ikhtiyarlah dengan memperbanyak membaca doa untuk orang sakit. Semoga Allah memberikan kesembuhan bagi siapa saja yang sedang sakit. Dan tetap rutinkan doa selamat tentunya.

Maka biasakanlah dari sekarang untuk aktif membaca doa selamat kapanpun.

Akibat Lupa Membaca Doa Selamat

doa selamat
Ilustrasi membaca doa selamat

Ada orang bertanya, bagaimana jika lupa membac doa selamat? Apakah akan pasti terjadi kecelakaan?

Tentu saja lupa membaca doa selamat itu tidak tentu pasti terkena kecelakaan. Apalagi jika kita melihat betapa banyak orang yang hari ini lupa membaca doa ini. Padahal untuk kebaikan sendiri, namun tetap saja lupa dibaca.

Doa selamat ini adalah salah satu usaha.

Dengan membaca doa selamat, maka kita telah meminta perlindungan kepada Allah. Dengan begitu maka Allah akan melindungi kita. Selain dilidungi, yang lebih penting lagi adalah Allah meridhoi kita karena kita telah meminta kepada Allah.

Karena Allah sangat senang dengan hambanNya yang memohon dan meminta kepada Allah.

Dengan banyak meminta kepada Allah, maka Allah akan sering melihat kita. Jika kita sering dilihat oleh Allah, maka kita akan banyak memperoleh rahmat dari pandangan Allah kepada kita. Sehingga hidup kita menjadi lebih bernilai dan berkah.

Doa Selamat Dalam Perjalanan

doa selamat dalam perjalanan

Salah satu doa selamat yang juga penting untuk dibaca adalah doa selamat dalam perjalanan. Karena banyak sekali kita mendengar kecelakaan yang terjadi di dalam perjalanan yang menyebabkan banyak korban jiwa maupun luka-luka.

Meskipun hanya luka, tentu saja kita tidak ingin berada pada kondisi tersebut.

Untuk itulah kita disarankan untuk membaca doa selamat dalam perjalanan agar diberikan keselamatan oleh Allah. Semoga dengan memabca doa selamat dalam perjalanan ini kita bisa selamat dalam perjalanan apapun yang kita kerjakan.

Pada doa selamat dalam perjalanan bukanlah doa yang panjang.

Namun meskipun bukan doa yang panjang, tetap saja banyak orang yang lupa untuk membaca doa selamat dalam perjalanan ini. Oleh karena itu, marilah kita membiasakan diri untuk membaca doa selamat dalam perjalanan agar memperoleh keselamatan setiap saat.

Selain itu, doa selamat dalam perjalanan juga bertujuan untuk menunjukkan penghambaan diri kepada Allah. Sehingga kita bisa menjadi diri yang benar-benar membutuhkan Allah.

Dan memang pada hakikatnya adalah seperti itu.

Bahwa kita selalu membutuhkan Allah dalam kehidupan kita setiap saat. Baik dalam perjalanan maupun bukan. Demikian baik di dalam perjalanan jauh maupun perjalanan yang pendek, tetap saja kita harus membaca doa selamat dalam perjalanan ini.

Berikut adalah lafadz doa selamat dalam perjalanan:

doa selamat dalam perjalanan

Doa Selamat Dari Dajjal


Selain doa selamat dunia akhirat, salah satu doa yang juga sangat penting untuk dibaca adalah doa selamat dari dajjal. Hal ini karena doa selamat dari dajjal adalah doa yang juga disyariatkan yang sangat dianjurkan.

Rasulullah ﷺ sendiri berulang-ulang mengingatkan tentang kedatangan dajjal dan fitnah yang akan disebarkan olehnya.

Maka doa selamat dari dajjal adalah doa yang sangat penting.

Dengan doa selamat dari dajjal tentu saja kita mengharapkan keselamatan dari Allah agar dijauhkan dan dilindungi oleh dajjal ketika muncul nanti.

Masalahnya adalah kita tidak mengetahui kapan dajjal akan datang. Karena memang kedatanagan menjadi rahasia. Rahasia tersebut adalah untuk melatih dan mendidik kita untuk senantiasa selalu berdoa dan berharap kepada Allah.

Sehingga kita selalu siap kapan saja.

Dengan tidak mengetahui kedangannya pula, kita harus selalu siap kapanpun agar ketika dia muncul, kita sudah lebih dulu membaca doa. Dalam hal ini doa selamat dari dajjal menjadi senjata andalan. Karena tidak ada yang bisa menyelamatkan kita dari dajjal kecuali Allah.

Maka mintalah pengampunan kepada Allah dan juga permohonan agar diselamatankan dari dajjal. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak doa selamat dari dajjal.

Adapun lafadz dari doa selamat dari dajjal adalah sebagai berikut:

Doa Selamat Ulang Tahun

doa selamat ulang tahun
Ilustrasi membaca doa selamat

Dari berbagai doa selamat yang dianjurkan untuk kita baca, ada pula doa selamat ulang tahun yang biasa dibacakan oleh orang-orang.

Adapun doa selamat ulang tahun pada dasarnya adalah mendoakan kebaikan dan keberkahan bagi orang yang berulang tahun. Sehingga dengan mendoakan orang lain, maka kita juga akan mendapatkan balasan dari Allah.

salah satu agar doa cepat dikabulkan adalah dengan mendoakan orang lain.

Tentu saja dengan mendoakan kebaikan bagi orang tersebut. Selain itu doa selamat ulang tahun juga biasanya diisi dengan mengharapkan keberkahan bagi orang yang  berulang tahun. Semoga dengan doa kita tersebut, orang yang berulang tahun akan berkah umurnya.

Selain itu juga doa selamat ulang tahun justru akan membuat kita sendiri menjadi selamat. Dengan memabca doa selamat ulang tahun dan mendoakan orang lain, maka kita sendiri juga akan mendapat balasan seperti doa yang kita baca.

Maka sangat penting membaca doa selamat ulang tahun.

Namun perlu diingat bahwa membaca doa selamat ulang tahun tidak harus diketahui oleh orang yang ulang tahun. Justru akan lebih bagus jika doa tersebut kita baca secara rahasia.

Intinya adalah mendoakan keberkahan dalam umurnya. Jadi bisa kita doakan dengan kalimat “ya Allah, panjangkan umurnya dalam keta’atan dan keberkahan”. Dengan begitu sudah cukup bagus dan kita berharap pengampunan dan pengabulan dari Allah.

Doa Selamat Menikah

doa selamat menikah
doa selamat menikah

Doa selamat menikah juga biasanya disampaikan oleh orang-orang kepada orang yang baru saja menikah. Hal ini tentu saja sangat bagus karena mendoakan orang lain. Maka akan sangat bagus jika kita mau mendoakan orang lain sebanyak mungkin.

Bukan hanya doa selamat menikah tentunya.

Akan tetapi juga dengan diiringi doa lainnya. Seperti doa kebahagiaan, doa kesuksesan, doa kekayaan, dan sebagainya. Namun jika dia baru menikah, tidak ada salahnya jika anda mengucapkan doa selamat menikah.

Karena berdoa pada moment yang pas juga tepat kok.

Oleh karena itu jika anda membaca doa selamat menikah, maka doakanlah kebaikan baginya. Bisa juga dengan berdoa pada umumnya, yaitu “Semoga Sakinah, Mawaddah, Wa Rohmah”. Atau bisa juga dengan bahasa Indonesia saja, “Semoga bahagia, langgeng, dan penuh rahmat”.

Doa Selamat Sampai Tujuan

doa selamta sampai tujuan
doa selamta sampai tujuan

Doa selamat sampai tujuan juga menjadi doa yang harus anda baca setiap ingin berangkat ke suatu tujuan. Dengan membaca doa selamat sampai tujuan, maka diharapkan anda akan sampai dengan selamat di tujuan yang anda inginkan.

Dengan begitu, maka kita telah melakukan yang Rasulullah lakukan juga.

Sehingga sangat pening pula untuk membaca doa selamat sampai tujuan demi mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ dan juga para sahabat Rasulullah.

Para sahabat dan Rasulullah sendiri memang selalu membaca doa doa selamat sampai tujuan jika ingin berpergian. Karena Rasulullah sangat sadar akan butuhnya kita kepada perlindungan dari Allah SWT. Hanya Allah yang bisa menolong kita.

Dengan begitu, maka sangat penting bagi kita untuk membaca doa selamat sampai tujuan agar Allah membantu kita untuk sampai di tujuan.

Kalau Allah sudah bantu, maka tidak ada yang mempu mencelakakan.

Karena memang doa yang diajarkan oleh Rasulullah adalah semua sangat bermakna dan bagus untuk kita ikuti. Dengan itu pula, kita bisa membuat berbagai kebutuhan kita menajdi dilindungi oleh Allah dan diridhoi tentunya.

Adapun berikut adalah lafaz dari doa selamat sampai tujuan:

doa selamat sampai tujuan

Demikianlah penjelasan tentang doa selamat ini. Semoga bisa kita amalkan dengan sempurna dan rutin dalam kehidupan kita semua. Demikian dan terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: