Doa Sebelum Tidur SUPER LENGKAP [Video, Lafadz, Latin, Arti, Dll]

Sebagai seorang muslim, sangat penting untuk selalu berdoa dalam keadaan apapun. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi tentunya. Oleh karena itu membaca doa sebelum tidur juga menjadi amalan yang harus dibiasakan dari sekarang.

Bukan hanya doa sebelum tidur saja, akan tetapi semua doa dalam kegiatan sehari-hari.

Dalam kehidupan yang kita jalani, kita harus selalu menunjukkan penghambaan diri dihadapan Allah. Karena dalam menjalani hidup ini kita selalu membutuhkan Allah dalam hal apapun.

Maka biasakan diri dalam berdoa. Dan pada tulisan ini akan berfokus pada doa sebelum tidur untuk memudahkan dan membantu kamu membaca doa sebelum tidur. Serta menjadi pedoman dalam amalan yang kamu lakukan.

Untuk tahap awal, kamu bisa menikmati dulu video dari Buya yahya berikut ini ya:

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur merupakan doa yang dibaca seseorang ketika hendak tidur atau menjelang tidur. Itu artinya doa sebelum tidur benar-benar dibaca ketika kamu memang sudah mengambil posisi untuk tidur atau sudah berada di tempat tidur.

Tidur adalah kebutuhan manusia.

Maka dalam kehidupan di dunia ini, tidur menjadi salah satu amalan juga karena kita memenuhi kebutuhan pribadi. Dengan tidur, maka tubuh akan menjadi segar di esok hari. Sehingga semua kegiatan yang akan kita jalani juga menjadi lebih bersemangat.

Maka bacalah doa sebelum tidur untuk mengawali kegiatan tidurmu.

Karena dengan membaca doa sebelum tidur, maka kita telah menyerahkan kepada Allah hidup kita kelak ketika dalam keadaan tidur. Karena dalam keadaan tidur kita tidak akan menyadari berbagai hal yang terjadi di dalam tidur tersebut.

Tidur adalah kondisi yang tidak kita sadari.

Sehingga ada banyak hal yang bisa terjadi dalam tidur seseorang. Maka sangat dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur demi menjaga kualitas tidur. Dan juga sebagai sarana menyerahkan hidup kita kepada Allah.

Khususnya saat keadaan tidur.

Maka bacalah doa sebelum tidur untuk mendapatkan perlindungan dari Allah. Membaca doa sebelum tidur juga menjadi ibadah yang sangat besar karena mengikuti sunnah Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Baginda Nabi Muhammad senantiasa membaca doa sebelum tidur. Maka sangat layak pula jika kita berusaha untuk mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ untuk meningkatkan kualitas dan keimanan kita sendiri.

Sangat dianjurkan untuk tidur dalam keadaan suci. Yaitu dengan berwudhu terlebih dulu agar tidur kamu dalam keadaan suci dan penuh rahmat. Atau segera mandi wajib jika kamu dalam keadaan junub, dan sempurnakan juga dengan membaca doa mandi wajib. Namun jika kedinginan, cukup dahulukan dulu dengan berwudhu.

Doa Sebelum Tidur Islam

doa sebelum tidur islam

Membaca doa sebelum tidur merupakan syariat dalam Islam. Artinya doa sebelum tidur adalah hal yang jika dikerjakan akan mendapatkan pahala. Meskipun tidak berdosa jika ditinggalkan. Namun sangat utama dan bagus untuk diamalkan untuk menyempurnakan diri.

Maksud menyempurnakan diri adalah mencoba semaksimal mungkin menjadi sempurna dalam mengikuti sunnah dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Maka doa sebelum tidur dalam islam menjadi hal yang dianjurkan.

Itulah sebabnya kita harus membiasakan diri untuk membaca doa sebelum tidur dalam islam, karena dengan membada doa itulah kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah. Allah yang maha melindungi kita dari apapun.

Apalagi dalam kondisi tidur yang tidak kita sadarkan diri.

Maka doa sebelum tidur dalam islam adalah amalan yang baik. Bahkan bukan hanya baik, namun juga sangat dianjurkan. Membaca doa sebelum tidur dalam islam sudah menjadi kebiasaan para Nabi dan para ulama.

Juga tentunya adalah kebiasaan orang shaleh.

Sehingga doa sebelum tidur dalam islam seolah menjadi kegiatan wajib bagi para ulama. Meskipun tidak wajib secara hukum asalnya. Namun para ulama melakukannya karena keutamannya sangatlah besar di sisi Allah.

Maka biasakanlah diri kita untuk membaca doa sebelum tidur dalam islam, apalagi kita sebagai umat islam yang memang dianjurkan untuk mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Jika dalam bulan Puasa atau besoknya kamu berniat untuk berpuasa. Maka kamu sudah boleh membaca niat puasa ramadhan sebelum tidur, apabila tidurmu sesudah Isya. Sehingga menghindari niat yang lupa jika bangun sahur besoknya.

Bacaan Doa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur
doa sebelum tidur

Bacaan doa sebelum tidur sebenarnya ada beberapa versi. Namun yang penting adalah bagaiman bacaan doa sebelum tidur menjadi benar-benar kita amalkan dalam kehidupan kita khususnya saat mau tidur.

Karena bacaan doa sebelum tidur mengandung makna yang indah.

Selain makna yang indah, bacaan doa sebelum tidur juga mengandung makna yang menyerahkan diri kita kepada Allah. Karena Allah yang menghidupkan kita dan Allah pula yang mematikan kita.

Demikianlah Allah yang menidurkan kita dengan seolah mati sejenak. Dan Allah pula yang berkuasa untuk membangunkan kita atau menghidupkan kita kembali dari tidur sejenak itu.

Doa adalah ibadah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui dan menghafalkan bacaan doa sebelum tidur agar semakin sempurna ibadah yang kita lakukan di hadapan Allah. Dengan bacaan doa sebelum tidur yang kita rutinkan, maka Insya Allah kita akan dilindungi selam tidur.

Demikian juga sebenarnya di luar tidur, kita tetap harus membiasakan diri untuk membaca berbagai doa dalam semua kegiatan. Dalam tidur adalah membaca bacaan doa sebelum tidur. Dalam makan maka membaca doa makan, dan sebagainya.

Orang yang tidak berdoa adalah orang yang sombong.

Maka perbanyaklah berdoa agar Allah mencintai kita. Agar Allah menyayangi kita dan juga tidak menganggap kita sebagai orang yang sombong. Karena tentu tidak pantas jika kita sombong di hadapan Allah. Padahal Allah yang menciptakan kita.

Bagaimana kita akan sombong di hadapan sang pencipta?

Oleh karena itu, dengan merutinkan membaca bacaan doa sebelum tidur, semoga Allah merahmati kita dan juga membuat kita menjadi lebih berkah dalam hidup. Serta memberikan kita kebiasaan yang istiqomah hingga kita masuk surga nanti.

Doa Sebelum Tidur Dan Artinya

doa sebelum tidur dan artinya
Ilustrasi tidur

Untuk memudahkan kamu dalalm memahami dan membaca doa sebelum tidur, maka tulisan ini akan melengkapi hal itu. Sehingga pada tulisan ini bukan hanya dibahas lafadz dari doa sebelum tidur saja, akan tetapi juga dengan berbagai versi.

Baik itu versi arab, latin, dan artinya.

Karena banyak orang menganggap bahwa doa itu harus Bahasa Arab. Padahal tidak demikian. Doa boleh dibaca dalam bahasa apapun, selama memang doa yang bersifat umum atau keperluan pribadi.

Bukan doa atau bacaan yang sudah disyaratkan Bahasa Arab, seperti bacaan dalam shalat, dan sebagainya.

Akan tetapi untuk doa sebelum tidur adalah bebas mau menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Arab. Namun sangat dianjurkan pula untuk menggunakan Bahasa Arab agar bisa mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ seutuhnya.

Baik dalam sunnahnya, maupun bahasanya.

Akan tetapi tidak menjadi masalah jika kamu menggunakan Bahasa Indonesia. Dan akan lebih baik lagi jika kamu membaca dengan Bahasa Arab dan dilengkapi dengan pemahaman arti yang kamu bacakan di dalam hati.

Maka hal itu akan lebih mendatangkan kekhusyukan. Berikut kita bahas doa sebelum tidur dari berbabagai versi:

  • Doa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur

Doa sebelum tidur yang dibahas ini merupakan doa sebelum tidur dalam Bahasa Arab. Ditampilkan dalam Bahasa Arab terlebih dahulu agar menjadi kebiasaan juga bagi kamu untuk memahami bahsasa arab.

Dan menjadi bacaan utama sebelum kamu membaca dalam bahasa lain.

Doa bangun tidur ini tidak panjang, sehingga akan sangat mudah untuk kamu pahami dan amalkan dalam setiap malam yang kamu lalui sebelum tidur. Jadi tidak perlu takut jika sulit menghafal, karena doanya hanya pendek saja. Jika kamu rutin membaca dalam seminggu saja, maka Insya Allah akan terhafal dengan sendirinya tanpa perlu menghafal dengan sengaja.

Berikut adalah lafadh doa sebelum tidur:

doa sebelum tidur
doa sebelum tidur
  • Doa Sebelum Tidur Latin

doa sebelum tidur

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa doa sebelum tidur yang kami tampilkan di sini bukan hanya dalam Bahasa Arab saja. Akan tetapi kami juga akan menampilkan dalam bacaan latin untuk memudahkan kamu dalam membacanya.

Khususnya bagi kamu yang belum bisa membaca dalam Bahasa Arab.

Namun pengetahuan atau setiap bacaan latin jangan sampai membuat kamu menyerah untuk membaca tulisan Bahasa Arab. Sebisa mungkin kamu juga harus berusaha untuk mempelajari Bahasa Arab agar mudah dalam semua doa yang kamu baca nantinya.

Apalagi dalam membaca alquran sendiri adalah menggunakan Bahasa Arab. Kamu harus benar-benar bersemangat untuk mempelajarai Bahasa Arab agar bisa juga membaca alquran secara lancar. Langsung saja ya, berikut adalah lafadz dari doa sebelum tidur latin:

doa sebelum tidur latin
doa sebelum tidur latin
  • Arti Doa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur

Setelah mengetahui doa sebelum tidur dalam Bahasa Arab dan juga latin, kamu tentu juga harus mengetahui arti doa sebelum tidur agar memudahkan kamu dalam menghayati doa ini.

Karena makna dari doa sebelum tidur sebelum tidur ini sangatlah tinggi. Yaitu kita memohon kepada Allah dalam makna yang sangat pasrah dan menyerahkan diri kepada Allah dengan penyerahan yang sangat besar pula.

Untuk itu, sebaiknya kita memang memahami juga arti doa sebelum tidur. Berikut adalah arti doa sebelum tidur:

arti doa sebelum tidur
arti doa sebelum tidur
  • Doa Sebelum Tidur dan Artinya

doa sebelum tidur

Agar kamu lebih mudah memahami dalam pembahasan ini terkait doa sebelum tidur yang juga dilengkapi dengan latin dan juga artinya sekalian, maka berikut kami tampilkan juga doa sebelum tidur yang lengkap dengan semua versi dari kebutuhan kamu.

doa bangun tidur dan artinya
doa bangun tidur, latin dan artinya

Doa Sebelum Tidur Dan Sesudah Tidur

doa sebelum tidur

Doa sebelum tidur dan sesudah tidur pada dasarnya adalah satu paket yang dibaca di waktu yang berbeda. Maka jika kamu sudah memahami doa sebelum tidur dengan benar, maka sebaiknya kamu juga mempelajari doa sesudah tidur.

Doa sesudah tidur disebut juga doa bangun tidur.

Itu karena memang doa sesudah tidur dibaca pada saat kamu sudah bangun tidur atau sudah selesai mengerjakan aktifitas tidur. Untuk itu kamu akan lebih sempurna juga jika bisa membaca doa sesudah tidur.

Sehingga kamu bisa dengan tepat dan sempurna membaca doa sebelum tidur dan doa sesudah tidur pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan.

Kedua doa ini sama-sama penting. Karena memang membaca doa itu sangatlah penting untuk menunjukkan penghambaan diri kita kepada Allah bahwa kita tidak bisa hidup tanpa Allah. Yaitu kita selalu membutuhkan Allah dalam setiap waktu yang kita lakukan.

Maka banyaklah berdoa.

Termasuk diantaranya adalah doa sebelum tidur dan doa sesudah tidur. Jika kamu rutin memabca doa sebelum tidur dan doa sesudah tidur setiap hari, maka Insya Allah tidurmu akan penuh dengan makna dan keberkahan dari Allah.

Berikut adalah lafadz dari doa sesudah tidur:

doa sesudah tidur
doa sesudah tidur

Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

doa sebelum tidur

Doa sebelum tidur sesuai sunnah maksudnya adalah doa sebelum tidur yang dibaca sesuai dengan sunnah dan tuntunan dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Itu artinya apapun model doa yang dibaca dan ada tuntunan dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ, maka itu adalah benar.

Namun seperti yang dibahas sebelumnya, kamu boleh saja membuat doa sendiri selama doa itu baik dan mengandung makna yang baik pula.

Karena doa adalah permohonan.

Maka kita bebas memohon kepada Allah. Tentunya dengan adab dan akhlak serta bahasa yang baik pula. Sehingga tidak menghilangkan adab kita kepada Allah dalam hal memohon kepadanya.

Namun penting untuk diketahui bahwa doa paling baik adalah doa yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Baik itu di dalam Alquran ataupun dari Hadist. Karena doa itu keluar dari mulut suci terbaik, yaitu mulut Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Adapun doa yang diajarkan selama ini sebenarnya juga sudah sesuai dengan sunnah. Demikian juga dengan doa yang ada di website ini juga sudah sesuai dengan sunnah. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang doa yang kamu temukan di sini.

Semuanya sudah sesuai dengan sunnah.

Amalan Doa Sebelum Tidur

amalan doa sebelum tidur
amalan doa sebelum tidur

Selain doa sebelum tidur yang kamu baca di sini, masih banyak pula doa lainnya yang disunnahkan dibaca sebelum tidur. Karena memang amalan doa ini sangat banyak. Beberapa mungkin sudah kamu ketahui namun ada juga yang mungkin belum.

Adapun amalam amalam doa sebelum tidur diantaranya adalah:

  • Membaca tasbih 33 kali
  • Membaca hamdalah 33 kali
  • Membaca takbir 33 kali
  • Membaca surat alkahfi
  • Membaca surat al-Mulk
  • Membaca ayat kursi
  • Membaca shalawat
  • Memaafkan semua orang
  • Memohon perlindungan dari Allah
  • Dan sebagainya

Jika kamu rutin membaca amalan doa sebelum tidur ini, maka Insya Allah kamu akan semakin dekat dengan Allah dan rasulullah karena sangat serius mengikuti sunnahnya. Selebihnya juga dijelaskan oleh Buya Yahya dalam video berikut ini:

Video Doa Sebelum Tidur

Salah satu metode belajar yang juga bagus adalah dengan menonton video. Untuk itu kami juga menampilkan kepada kamu tentang video doa sebelum tidur yang bisa kamu nonton dan jadi pedoman untuk dibaca sebelum tidur.

Karena doa sebelum tidur ini merupakan amalan harian, maka akan sangat baik jika kamu juga serius membacanya setiap hari dan juga menghafalnya.

Semoga video yang kami tampilkan disini juga bisa membuat kamu mudah dalam menghafal doa sebelum tidur ini.

Keutamaan Doa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur lengkap

Doa sebelum tidur bukanlah sembarang doa. Karena doa sebelum tidur merupakan doa yang terdapat banyak sekali keutamaan dan keberkahan di dalamnya. Bahkan para ulama sendiri mengamalkan doa ini seolah menjadi wajib.

Begitulah hebatnya doa sebelum tidur ini.

Maka untuk itu pula kami uraikan beberapa keutamaan pada saat membaca doa ini. Agar membuat para pembaca sekali memahami dan mengertai betapa hebatnya doa ini dan anjuran yang sangat besar untuk diamalkan.

Jangan sampai kita melewatkan berbagai kebaikan dan keutamaan yang terdapat di dalam keberkahan doa sebelum tidur ini. Karena akan sangat disayangkan jika dilewatkan sementara Allah menyimpan banyak keutaan dan kebesaran dari doa ini.

Untuk itu, marilah disimak berikut beberapa keutamaan doa sebelum tidur:

  • Doa Sebelum Tidur Minta Perlindungan Allah

Doa Sebelum Tidur Minta Perlindungan Allah

Salah satau keutamaan dari doa sebelum tidur adalah meminta perlindungan dari Allah. Hal ini tentu sangat diperlukan karena manusia senantiasa membutuhkan bantuan Allah. Manusia tidak akan pernah bisa lepas dari bantuan Allah.

Jika sudah tanpa bantuan Allah, pastilah manusia tidak bisa berbuat apapun. Untuk itulah sangat diperlukan bantuan Allah dalam semua kehidupan kita.

Maka jangan pernah remehkankan doa ini.

Karena meskipun yang kita lakukan adalah tidur, akan tetapi hal in sangat bermanfaat di sisi Allah. Karena keutamaan yang akan didapat sangatlah luar biasa. Yaitu akan mendapatkan bantuan Allah dalam mellindungi kita.

Dalam tidur pun manusia banyak mengalami segala kemungkinan. Karena manusia tidak sadar dalam tidurnya. Sehingga semua hal bisa terjadi.

Misalnya digigit oleh hewan berbisa.

Tentu sudah banyak kejadian bahwa manusia digigit ketika tidur karena memang tidak sadar. Oleh karena itu sangat penting untuk memohon bantuan Allah dalam tidur kita.

Namun apabila tidak adanya bantuan dari Allah, maka tentu akan sangat berbahaya. Apalagi jika hewan berbisa itu tentu berpotensi membuat kematian karena bahaya bisanya tersebut. Dan masih banyak lagi bahaya yang bisa ditimbulkan.

Maka mohonlah selalu perlindungan dari Allah.

  • Doa Sebelum Tidur Wujud Dari Tawakkal

Doa Sebelum Tidur Wujud Dari Tawakkal

Tawakkal merupakan rasa yang harus dimiliki oleh semua muslim dalam kehidupan ini. Tentunya juga harus dilengkapi dengan doa dan usaha sebelumnya. Seseorang tidak bisa dikatakan sudah bertawakkal jika masih belum berusaha semaksimal mungkin.

Maka usaha menjadi bagian dari kewajiban. Dan juga doa menjadi bagian dari kewajiban pula. Setelah berusaha dan doa, maka bertawakkAllah kepada Allah.

Tawakkal adalah keharusan.

Karena memang pada kenyataannya, manusia ini hanya bisa menerima apapun yang Allah berikan kepada hambanya. Setelah berbagai usaha dan doa yang dilakukan, manusia harus menyerahkan semuanya kepada Allah.

Tentunya dengan sangat menyadari bahwa hasil adalah hak Allah. Artinya Allah sangat bisa memberikan hasil yang sesuai keinginan kita ataupun sebaliknya.

Itulah tawakkal.

Namun prinsip yang harus kita anut adalah selalu meyakini bahwa doa pasti akan dikabulkan oleh Allah. Semua doa itu dikabulkan. Namun waktunya yang akan diberikan di waktu yang terbaik menurut Allah.

Sehingga kita tidak bisa memaksakan kapan waktu untuk dikabulkannya doa. Meskipun kita punya target waktu sendiri, akan tetapi semuanya tetap akan Allah berikan di saat terbaik.

Karena yang kita suka, belum tentu bagus.

Untuk itulah perlunya bertawakkal kepada Allah. Karena dengan tawakkal itulah kita akan menyadari bahwa Allah hanya akan memberikan yang terbaik saja kepada kita hambaNya.

Allah sangat pengertian dan mengetahui yang terbaik untuk hambaNya. Untuk itulah, Allah akan memberikan yang terbaik, di saat terbaik, di waktu terbaik, dalam kondisi terbaik, serta untuk manfaat yang terbaik pula.

Maka tawakkAllah kepada Allah dan tunggulah hasil yang sangat maksimal dari Allah.

  • Doa Sebelum Tidur Mengikuti Sunnah

Doa Sebelum Tidur Mengikuti Sunnah

Hal ini tentu sudah sangat jelas ya?

Membaca doa sebelum tidur adalah bagian dari sunnah. Yaitu mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Dalam mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ tentu saja tidak sekedar ikut. Akan tetapi kita juga mengharapkan pahala dan kedudukan di sisi Allah.

Karena menaikkan derajat di sisi Allah adalah hal yang harus kita lakukan sebisa mungkin. Dengan kedudukan yang tinggi itulah, insya alah akan memberikan kita kebaikan di dunia dan akhirat.

Surga adalah salah satunya.

Jika kita mau merenungi, maka insya Allah doa sebelum tidur akan benar-benar menjadi manfaat. Karena hanya dengan membaca doa sebelum tidur saja, kita sudah termasuk mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Bukankah Baginda Nabi Muhammad ﷺ sangat layak untuk diikuti

Tentu saja, karena Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah pedoman kita semua dalam kehidupan ini. Selain itu, Baginda Nabi Muhammad ﷺ juga merupakan rasul terbaik dan memiliki akhlak terbaik. Maka akhlak dan kebiasannya sangat pantas untuk kita ikuti.

Untuk meraih kedudukan yang tinggi dan juga berharap pahala dari Allah. Selain itu, mengikuti sunnah sendiri juga sudah termasuk bagian dari keutamaan yang sangat besar.

Karena kita mengikuti manusia terbaik.

Yaitu Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Tentu sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana pahala atau keutamaan saat mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Meskipun hanya dengan membaca doa sebelum tidur, insya Allah akan sangat bernilai di sisi Allah.

Karena memang apapun yang kita lakukan untuk mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ, semuanya sangat bernilai.

  • Doa Sebelum Tidur Berharap Keberkahan

Doa Sebelum Tidur Berharap Keberkahan

Doa sebelum tidur juga sangat dianjurkan untuk dibaca karena banyaknya keberkahan yang akan didapat. Keberkahan ini adalah karena kita mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Tentu saja mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah sangat diutamakan.

Orang yang mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ akan dikenal oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Dan jika ini sudah terjadi, insya Allah hidup kita akan penuh dengan keberkahan.

Keberkahan itulah yang dikejar.

Karena ada banyak sekali kebaikan yang didapatkan jika sudah ada keberkahan. Keberkahan inilah yang sangat penting untuk kita kejar dalam semua amalam yang ada. Begitulah hebatnya keberkahan.

Jika nilainya sedikit, keberkahan akan membuatnya menjadi seolah banyak. Dalam hal uang misalnya, uang yang sedikt tapi berkah itu akan sangat bernilai. Daripada uang banyak tapi tidak berkah, hasilnya akan sia-sia.

Maka raihlah keberkahan dalam doa.

Termausk tentunya adalah doa sebelum tidur ini. Doa sebelum tidur memiliki banyak sekali anjurannya karena memang sangat bermanfaat ketika dipraktekkan. Doa sebelum tidur seolah menjadi ritual wajib bagi semua orang.

Khususnya orang shaleh.

Mereka sangat serius dalam mengerjakan amalan doa sebelum tidur ini.

  • Doa Sebelum Tidur Agar Tidak Mimpi Buruk

Doa Sebelum Tidur Agar Tidak Mimpi Buruk

Salah satu cara agar tidak mimpi buruk adalah dengan membaca doa. Bukan hanya terbatas pada doa sebelum tidur saja, akan tetapi semua doa juga boleh dibaca. Khususnya doa-doa tentang perlindungan.

Seperti ayat kursi.

Selain itu juga masih banyak lagi doa-doa yang bisa kita baca dalam melengkapi doa sebelum tidur itu sendiri. Doa sebelum tidur sangatlah bagus untuk mengurangi kemungkinan mimipi buruk.

Apalagi jika sudah terjadi berulang-ulang. Tentu kita tidak ingin jika terus-terusan bermimpi buruk setiap tidur. Maka bacalah doa sebelum tidur agar benar-benar membuat kamu bisa terbebas dari mimpi buruk.

Begitulah hebatnya doa sebelum tidur.

Oleh karena itu, bagi kamu yang benar-benar ingin berhenti dari mimpi buruk, bacalah doa sebelum tidur. Tentu kita tidak ingin jika tidak bisa tidur nyenyak karena mimpi buruk yang terus mengganggu.

Selain itu, perbanyak pula zikir dan baca alquran sebagai pelengkap doa sebelum tidur ini. Sehingga tidurmu benar-benar berkualitas dan bernilai ibadah di sisi Allah.

Jadikan doa sebelum tidur kebutuhan.

Sehingga seseorang tidak akan tidur sebelum membaca doa sebelum tidur ini. Akibatnya jika sudah menjadi kebiasaan, insya Allah akan semakin mudah dalam mengamalkannya.

Ajarkan pula kepada anak dan istri/suami tentang doa sebelum tidur ini. Agar membuat tidur orang-orang terdekat kamu menjadi ibadah dan terhindar dari mimpi buruk.

  • Doa Sebelum Tidur Agar Mimpi Rasulullah

Doa Sebelum Tidur Agar Mimpi Rasulullah

Siapa yang tidak ingin bermimpi rasulullah?

Tentu semuanya ingin.

Bermimipi rasulullah adalah hal yang sangat mungkin dialami oleh semua muslim. Hal ini juga sudah disampaikan sendiri oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ dalam hadistnya.

Maka dari hadist itulah, bisa kita jadikan sandaran bahwa kita bisa bermimpi Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Para ulama sangat sering bermimpi Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Dan memang itulah yang salah satu tujuan tidur mereka.

Yaitu mimpi Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Bahkan Habib Ali Al-Jufri juga mengatakan bahwa jika kita tidur tanpa niat untuk berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ, maka tidur kita akan sia-sia semata. Karena berjumpa Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah hal yang sangat indah.

Kita akan berjumpa dengan orang yang terbaik di dunia dan akhirat. Bahkan kita akan melihat sosok dari kekasih Allah sendiri. Tentu ini merupakan peluang yang sayang sekali untuk dilewatkan. Maka manfaatkanlah dengan baik.

Begitulah hebatnya doa sebelum tidur.

Akan tetapi amalan doa sebelum tidur yang dilakukan jangan hanya menggunakan doa sebelum tidur saja. Namun lengkapilah dengan bersholawat sebanyak-banyaknya kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ setiap hari.

Khususnya di saat mau tidur.

Jadi bersholawatlah sebanyak-banyaknya kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ agar kemungkinan untuk bermimpi menjadi lebih besar. Manfaatkanlah momen doa sebelum tidur ini agar menjadi ajang pertemuan kamu dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Yakinlah Baginda Nabi Muhammad ﷺ sudah sangat merindukan kita. Sehingga kita juga harus merindukan beliau. Dengan doa sebelum tidur dan juga membaca sholawat sebanyak-banyaknya, insya Allah akan mudah untuk berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Maka manfaatkanlah sebaik mungkin.

Karena jika sudah berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ, maka hidup kita akan terasa sangat indah dan lebih indah dari biasanya. Baginda Nabi Muhammad ﷺ juga akan menentramkan hati kita bahkan di dalam mimpi. Maka milikilah rasa rindu yang mendalam agar bisa berjumpa.

Dan semoga perjumpaan dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ di dalam mimpi juga menjadi awal untuk berjumpa dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ di hari kiamat kelak. Sehingga bisa bersama dengan Baginda Nabi Muhammad ﷺ kelak di Surganya Allah.

  • Doa Sebelum Tidur Agar Tidur Menjadi Ibadah

Doa Sebelum Tidur Agar Tidur Menjadi Ibadah

Apakah kita ingin agar tidur kita juga dinilai sebagai ibadah meskipun tikdak perlu sujud atau ruku’? maka caranya adalah dengan membaca doa sebelum tidur.

Doa sebelum tidur sangat ampuh untuk dilakukan dan sangat manjur untuk dibiasakan. Karena memang dengan doa sebelum tidur, maka tidur akan bernilai sebagai salah satu ibadah di hadapan Allah. Sehingga pahala terus kita dapatkan selama melakukan tidur itu sendiri.

Padahal kita tidak sadar.

Bayangkan!

Dalam kondisi tidak sadar pun Allah masih menghitung tidur kita sebagai salah satu bagian dari ibadah. Betapa nikmatnya diri kita terus mendapatkan pahala dari Allah meskipun dalam kondisi yang tidak kita sadari.

Maka lakukanlah dengan rutin untuk membaca doa sebelum tidur. Sehingga dengan mudah kita akan mendapatkan pahala yang terus menerus dari Allah.

Ibadah seperti ini sangat perlu dibiasakan.

Bukan hanya doa sebelum tidur saja, akan tetapi ada banyak amalan lain yang bsia mendapatkan hasil serupa. Seperti misalnya sholat tahajud. Jika seseorang telah rutin melakukan sholat tahajud, namun tiba-tiba dia sakit dan tidak bisa mengerjakan tahajud.

Maka dia akan tetap mendapatkan pahala sholat tahajud dari Allah. Meskipun dia tidak melakukannya.  Namun pahala tetap mengalir.

Begitulah hebatnya Islam.

Oleh karena itu, biasakanlah membaca doa sebelum tidur baik ketika tidur malam ataupun tidur siang. Akan sangat bernilai di sisi Allah baik dari segi pahala maupun dari segi kesehatannya dan keselamatan.

Doa sebelum tidur ini sangat diperhatikan oleh para ulama. Bahkan para ulama bisa berjam-jam dalam membaca doa sebelum tidur. Tentunya dengan ditambah pula amalan atau doa yang lainnya.

Seperti membaca alquran.

Ada banyak ayat alquran yang disarankan untuk dibaca ketika hendak tidur. Seperti surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq, dan sebagainya.

  • Doa Sebelum Tidur Sebagai Wujud Syukur

Doa Sebelum Tidur Sebagai Wujud Syukur

Jangan dikira syukur itu hanya hamdalah atau lafadz Alhamdulillah saja. Syukur yang sebenarnya adalah yang harus disampaikan melalui bukti perbuatan. Misalnya syukur karena diberikan nikmat mata, maka bukti syukur adalah dengan melihat yang Allah ridhoi.

Dan tidak melihat yang Allah haramkan.

Hal in sangat perlu untuk kita pedomani dalam kehidupan sehati-hari. Karena jangan sampai kita salah menafsirkan makna syukur itu sendiri. Jangan sampai nikmat yang sudah kita sykuri justru kita gunakan untuk yang Allah tidak suka.

Maka akibatnya sama saja dengan kita tidak bersyukur.

Demikian juga dengan doa sebelum tidur ini. Doa sebelum tidur ini memiliki makna bahwa dengan nama Allah kita hidup dan dengan nama Allah pula kita mati. Maka kita menyadari bahwa kehidupan kita dari pagi tadi hingga malam adalah dari Allah.

Demikian juga sebentar lagi kita akan tidur pun juga merupakan dengan nikmat dari Allah. maka kita bersyukur kepada Allah atas nikmat yang sudah diberikan hingga malam tiba ketika hendak tidur.

Maka biasakanlah doa sebelum tidur ini.

Dengan membaca doa sebelum tidur, insya Allah hal ini sudah menjadi salah satu dari bukti syukurnya kita kepada Allah atas nikmat yang diberikan.

Syukur ini akan sangat berguna dalam kehidupan kita. Karena dengan syukur, maka Allah akan menambah nikmat yang kita rasakan. Sehingga syukur adalah solusi terbaik untuk menambah nikmat. Tidak perlu banyak mikir, cukup syukur saja, maka nikmat akan bertambah.

Inilah janji Allah.

Sehingga bagi orang yang serius ingin bersyukur kepada Allah, dia juga akan bersyukur dengan berdoa ketika hendak tidur. Maka rutinkanlah membaca doa sebelum tidur untuk meraih syukur dalam kehidupan kita.

  • Doa Sebelum Tidur Meraih Kedudukan di Sisi Allah

Doa Sebelum Tidur Meraih Kedudukan di Sisi Allah

Ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam kehidupan kita. Yaitu meraih kedudukan di sisi Allah. Bukan hanya dengan membaca doa sebelum tidur saja, akan tetapi termasuk juga dengan berbagai amalan lainnya.

Semua amalan itu akan meningkatkan kedudukan di sisi Allah. Demikian semua dosa akan merendahkan kedudukan di hadapan Allah. Maka sangat penting untuk menjaga agar diri kita berada di dalam keadaan yang positif setiap saat.

Ingat!! Setiap saat!!

Karena jika tergelincir di dalam dosa, maka kita akan mendapatkan dosa dan dapat menurunkan derajat dari Allah. sehingga akan sangat disayangkan jika derajat kita turun.

Maka pastikan selalu di dalam keadaan yang baik. Termasuk salah satunya adalah dengan membaca doa sebelum tidur. Insya Allah dengan rutin membaca doa sebelum tidur, Allah akan menilai kita sebagai hamba yang gemar berdoa dan tawakkal kepada Allah.

Insya Allah hal ini akan sangat baik untuk menaikkan kedudukan kita di sisi Allah. Sangat penting untuk mengejar kedudukan yang tinggi di sisi Allah. Karena kedudukan yang tinggi akan memudahkan berbagai urusan. Baik di dunia dan di akhirat.

Begitulah hebatnya doa.

Allah sangat suka mendengar doa hambanya. Baik doa sebelum tidur ataupun dao lainnya. Semuanya sangat bernilai di sisi Allah. Maka oleh sebab itu, biasakanlah untuk berdoa setiap waktu. Tentunya bukan hanya ketika mau tidur saja. Akan tetapi usahakanlah setiap waktu.

Karena dengan berdoa, kita sudah membuktikan kepada Allah bahwa kita adalah hamba. Dan kita juga sudah menuhankan Allah. Maka hal ini snagat dicintai oleh Allah.

Maka rutinkanlah berdoa setiap waktu.

  • Doa Sebelum Tidur Menguatkan Tubuh

Doa Sebelum Tidur Menguatkan Tubuh

Doa sebelum tidur juga bisa membuat seseorang menjadi kuat tubuhnya dan segar di pagi besok hari. Inilah yang terdapat di dalam sebuah hadist dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Tentunya bukan hanya dengan amalan doa sebelum tidur saja, akan tetapi juga harus dibarengi dengan amalan lainnya. Adapun amalan yang bisa membuat badan menjadi segar esok hari adalah sebagai berikut:

  • Membaca SubhanAllah 33 kali
  • Membaca Alhamdulillah 33 kali
  • Membaca Allahu Akbar 34 kali

Jika mau membaca amalan tersebut ketika hendak tidur, maka insya Allah besoknya akan sangat segar. Hal ini didapat dari hadist shohih dari rasulullah. Sehingga para ulama sangat menyarankan untuk membaca amalan ini secara rutin dan jangan pernah ditinggalkan.

Penting!!

Dalam membaca amalan seperti ini, niatnya harus tetap melakukan karena Allah. Sehingga niatnya bukan untuk mendapatkan kekuatan. Jika ini dilakukan, maka keberkahan atau kekuatan yang diinginkan juga akan didapatkan sebagaimana biasanya.

Dan tentunya tetap mendapatkan pahala dari Allah karena niatnya adalah karena Allah. Pelengkap dari doa sebelum tidur memang sangat bagus untuk dipraktekkan sebaik mungkin dan sebisa mungkin.

Lakukan dengan khusyu’.

Insya Allah jika doa sebelum tidur dan amalan sebelum tidur diprakttekan dengan fokus dan khusyu’, akan sangat bermanfaat bagi semua muslim. Karena hal ini selain mendapat pahala, juga akan mendapatkan berbagai keutamaan lainnya.

  • Doa Sebelum Tidur Menghilangkan Siksa Kubur

Doa Sebelum Tidur Menghilangkan Siksa Kubur

Ada amalan sebelum tidur yang jika dibaca akan menjauhkan kita dari siksa kubur. Amalan tersebut adalah membaca surat Al-Mulk setiap sebelum tidur. Jika rutin dibaca, insya Allah akan sangat bermanfaat untuk kehidupan di dalam kubur nanti.

Biasakanlah membaca doa sebelum tidur dan juga dilengkapi dengan surat Al-Mulk. Hal ini akan sangat bagus untuk kamu. Baik dari segi duniawi atau akhirat. ‘

Maka rutinkanlah.

Insya Allah jika dirutinkan, selain mendapatkan pahala dari Allah, juga akan mendapatkan keutamaan berupa terhindar dari siksa kubur.

Hal ini juga terdapat di sebuah hadist. Sehingga akan sangat bermanfaat jika kta lakukan dengan sepeuh hati dan penuh harap agar Allah memberikan kemudahan di dalam amalan ini. Bahkan semua alquran juga memiliki keutamaan sendiri.

Salah satunya surat Al-Mulk.

Selain surat Al-Mulk, ada pula surat lainnya yang sangat bagus untuk dibaca dan mendapatkan keutamaan tersendiri. Jangan khawatir, semua akan dibahas pada poin berikutnya. Intinya biasakanlah untuk surat Al-Mulk sebagai pelengkap dari doa sebelum tidur.

Maka insya Allah akan sangat memberikan dampat bagi kita kelak di dalam kubur. Bahkan juga sejak di dunia ini akan Allah berikan berbagai kemudahan dalam urusan duniawi.

Maka jangan dianggap remeh.

Cukup dengan rutin membaca doa sebelum tidur dan juga surat Al-Mulk ini kita bisa terhindari dari siksa kubur. Tentunya juga dengan disertakan amalan-amalan wajib lain yang tidak boleh ditinggalkan selama hidup.

Seperti sholat lima waktu, puasa di Bulan Ramadhan, dan lainnya. Jika kita sudah melakukan kewajiban dan juga rutin membaca surat Al-Mulk sebelum tidur, maka insya Allah akan terhindar dari siksa kubur.

Siksa kubur sangatlah berat.

Sehingga sangat penting untuk semua orang memahami hal ini dan berusaha untuk tidak mendapat siksa kubur. Berbagai amalan yang mungkin dilakukan sangat perlu untuk diseriusi agar tidak mendapatkan siksa kubur tersebut.

Oleh karena itu, bacalah surat al-mulk sebagai pelengkap dari doa sebelum tidur agar Allah menghindarkan kita dari siksa kubur.

  • Doa Sebelum Tidur Membebaskan dari Fitnah Dajjal

Doa Sebelum Tidur Membebaskan dari Fitnah Dajjal

Mengindar dari fitnah dajjal juga termasuk bagian yang sangat perlu untuk diperhatikan. Karena fitnah dajjal itu amatlah besar. Dikatakan bahkan ulama besar saja bisa kalah dan tertipu dengan fitnah dajjal. Maka sangat penting untuk menghindari dari fitnah dajjal tersebut.

Salah satu cara untuk menghindari dari fitnah dajjal adalah dengan membaca surat al-kahfi setiap sebelum tidur. Khususnya surat al-kahfi di 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir.

Lakukan dengan rutin.

Insya Allah akan mendapatkan keberkahan yang sangat banyak dalam amalan ini. Khususnya mampu menghindarkan kita dari fitnah dajjal. Jadikanlah surat Al-Kahfi juga sebagai pelengkap doa ini yang dibaca secara rutin setiap hari.

Bayangkan!!

Hanya dengan membaca potongan ayat saja, khususnya 10 ayat pertama dan terakhir, kita bisa terbebas dari fitnah dajjal. Yang paling berbahaya dari fitnah dajjal ini adalah efeknya kelak di hari akhirat.

Karena siapapun uang tertipu dengan fitnah dajjal, maka orang tersebut akan masuk neraka. Tentu ini sangat menyakitkan.

Karena akhirat adalah penentu.

Jika kita gagal di akhirat, maka kita akan masuk neraka dan itulah saat terburuk di dalam hidup kita. Neraka adalah tempat terburuk. Tidak ada yang sanggup bertahan di dalam neraka walaupun 1 detik.

Maka sangat penting bagi kita untuk merutinkan membaca doa ini dan juga dilengkapi dengan Al-Kahfi. Insya Allah hal ini akan sangat berpengaruh kelak di akhirat. Dan juga pengaruh ketika datangnya dajjal. Semoga kita semua terbebas dari fitnah dajjal.

  • Doa Sebelum Tidur Menjawab Doa Istikharah

Doa Sebelum Tidur Menjawab Doa Istikharah

Kalau kamu sedang berada di dua pilihan atau lebih, biasanya tentu akan melakukan sholat sunnah istikharah. Jawaban dari doa istikharah sendiri banyak macamnya. Bisa jadi diberikan di dalam mimpi berupa tandanya, ataupun condongnya hati ke suatu pilihan.

Khusus pada bagian pilihan yang disampaikan di dalam mimpi, maka sangat dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur. Karena bertujuan agar pilihan yang diberikan benar-benar pilihan atau tanda dari Allah.

Bukan dari syaitan.

Jika tidak membaca doa ini, maka dikhawatirkan akan banyak pengaruh syaitan di dalam tidur yang dilaksanakan. Dan ini tentu akan mempengaruhi keputusan atau tanda dari jawaban yang Allah berikan melalui mimpi.

Maka sangat penting untuk menjaga diri agar selalu dalam keadaan yang baik. Termasuk dalam hal ini adalah membaca doa agar tidak diganggu oleh syaitan.

Lakukanlah dengan serius.

Karena jika ada gangguan jin atau syaitan, dikhawatirkan akan mengganggu tanda-tanda yang Allah berikan di dalam mimpi. Sehingga pengambilan keputusan kita justru menjadi tertunda atau keliru karena pengaruh syaitan.

Sehingga selain penting untuk melakukan sholat istikharah, penting juga membaca doa ini agar semakin sukses dalam mengambil keputusan. Karena memang keputusan yang diambil adalah hal yang pastinya penting untuk dipilih.

Benar kan?

Oleh karena itulah, lakukan doa sebelum tidur lengkap dengan berbagai amalan lainnya. Sehingga keputusan atau tanda-tanda yang muncul adalah tanda dari Allah dan tidak ada pengaruh dari makhluk lainnya.

  • Doa Sebelum Tidur Sebagai Sarana Masuk Surga

Doa Sebelum Tidur Sebagai Sarana Masuk Surga

Siapa yang tidak ingin masuk surga? Tentu semuanya ingin.

Masuk surga sendiri memang perkara yang sangat dirindukan oleh semua muslim. Tentu saja sudah dimaklumi bahwa cara untuk masuk surga adalah dengan melakukan amalan sholeh dan meninggalkan maksiat.

Nah, doa sebelum tidur adalah salah satu bentuk doa kita kepada Allah. Sehingga akan dinilai sebagai ibadah tentunya. Dan jika ini dilakukan, maka insya Allah akan masuk surga.

Semua doa itu baik.

Akan tetapi doa ini tidur sangat dianjurkan untuk dilakukan. Karena memang jika dilakukan, maka tidur kita menjadi ibadah. Dan apabila kita meninggal di dalam ibadah, insya Allah kita akan masuk ke dalam surga.

Meskipun tidak sadar apa yang terjadi ketika tidur, akan tetapi tidur itu akan tetap dianggap sebagai ibadah oleh Allah. sehingga sangat bagus untuk diperhatankan nilai ibadah dalam tidur ini.

Maka lakukanlah doa ini.

Karena ada banyak sekali keutamaan yang terdapat dalam doa ini. Baik yang bisa kami jelaskan maupun penjelasan-penjelasan lainnya.

Maka jangan menganggap remeh doa sebelum tidur ini karena memang keutamaan dalam mengerjakannya sangatlah banyak. Dan memang itulah yang kita kejar salah satunya. Yakni mendapatkan berbagai keutamaan tersebut.

Semoga kita semua masuk Surga.

  • Doa Sebelum Tidur Sebagai Penghambaan Diri

Doa Sebelum Tidur Sebagai Penghambaan Diri

Doa sebelum tidur ini juga termasuk salah satu penghambaan diri. Apa itu penghambaan diri? Yaitu merasakan diri adalah hamba dan Allah adalah tuhan. Meskipun ini memang kenyataan, akan tetapi banyak sekali yang lupa akan hal ini.

Maka harus sering-sering diingatkan.

Agar kita benar-benar kembali menyadari bahwa diri kita adalah haba dan Allah adalah tuhan kita. Artinya ketika kita sudah memohon kepada Allah, maka kita sudah menunjukkan bahwa kita adalah hamba.

Kita pun pada saat itu sudah menunjukkan bahwa Allah adalah tuhan kita. Ini lah yang sangat disukai oleh Allah. Allah menyukai ketika kita berdoa kepadanya. Karena itu menunjukkan bahwa kita adalah lemah dan Allah yang bisa membantu kita.

Lakukanlah hal ini selalu.

Karena penghambaan ini begitu berharga di sisi Allah. Dengan penghambaan diri, kita bisa meminta apapun kepada Allah karena Allah sangat menyukai ketika kita menghambakan diri kepada Allah.

Dan doa sebelum tidur adalah salah satu bagian dari menghambakan diri kepada Allah. Karena di dalam doa ini, kita juga memohon kepada Allah. Yakni meminta perlindungan dan sebagainya ketika hendak tidur.

Allah pun menyukai semua permintaan kita.

Sehingga sangat penting untuk merutinkan membaca doa ini agar dicintai oleh Allah. selain itu juga agar menjadikan tidur kita berkualitas dan sangat bagus untuk diamalkan setiap akan tidur.

  • Doa Sebelum Tidur Melindungi dari Sihir

Doa Sebelum Tidur Melindungi dari Sihir

Doa sebelum tidur juga berpotensi untuk melindungi seseorang dari sihir. Akan tetapi harus dilengkapi dengan amalan lainnya. Yakni amalan yang memang dianjurkan untuk dibaca ketika hendak tidur.

Keutamaan dari amalan tersebut adalah bisa melindungi kita ketika sedang tidur. Baik dari sihir ataupun bahay yang lainnya. Adapun amalan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Membaca Surat Al-Ikhlas
  • Membaca Surat Annas
  • Memabca Surat Al-Falaq
  • Meniupkan di kedua telapak tangan
  • Mengusapkan di seluruh badan

Insya Allah dengan amalan itu, kita bisa terlindungi dari berbagai bahaya selama tidur. Khususnya bahaya sihir yang memang banyak terjadi ketika malam hari. Karena orang-orang biasanya mengirim sihir ketika seseorang sedang lengah.

Orang tentu lengah ketika tidur. Sehingga jika tidak dibarengi dengan amalan tertentu atau doa tentu sebelum tidur, maka sangat beresiko dikenakan sihir oleh orang-orang jahat.

Maka rutinkanlah amalan itu.

Amalan-amalan tertentu itu memang akan sangat berguna untuk dipraktekkan secara rutin. Dan jika sudah rutin, insya Allah perlindungan akan semakin banyak dan semakin ketat.

Maka harus diseriusi untuk melakukan amalan-amalan hebat ini. Amalan hebat insya Allah juga akan mendatangkan pahala yang hebat pula. Apalagi sihir, tentu ini sangat perlu untuk dihindari karena akan sangat berbahaya jika terkena sihir.

Semoga Allah melindungi kita semua dari berbagai mara bahaya.

  • Doa Sebelum Tidur Agar Dicintai oleh Allah

Doa Sebelum Tidur Agar Dicintai oleh Allah

Berdoa pada dasarnya memang kegiatan yang sanga dicintai oleh Allah. Demikian juga sama halnya dengan doa sebelum tidur. Jika kita membacanya, Allah pasti akan mencintai kita. Maka silahkan biasakan diri untuk berdoa sebelum tidur.

Berdoa sebelum tidur juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat dicintai oleh Allah seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Selain itu, doa ini juga akan sangat mengundang rahmat Allah.

Maka penting untuk membaca doa.

Doa sebelum tidur sendiri bisa mendatangkan cinta Allah kepada kita karena kita sudah berserah diri kepada Allah ketika hendak tidur. Karena di dalam tidur bisa terjadi banyak hal, maka kita pun meminta perlindungan dari Allah.

Proses dan rasa berharap kepada Allah itulah yang sangat Allah sukai. Allah menyukai ketika seorang hamba hanya berserah diri kepada Allah. Allah menyukai ketika kita tawakkal kepada Allah.

Karena kita ini memang lemah.

Maka ketika Allah melihat bahwa kita menyadari akan kelemahan kita, dan sekaligus kebesaran Allah. Saat itulah Allah sangat mencintai kita karena kita mengetahui bahwa diri kita lemah dan membutuhkan Allah.

Karena banyak sekali yang lupa akan kelemaan dirinya dan kebesaran Allah. Oleh karena itu jika ada yang mengingat akan hakikat kehidupannya, maka inilah yang sangat Allah cintai. Maka pastikan agar selalu mengingat kelemahan diri serta kebesaran Allah.

Sehingga kita akan terbiasa berdoa kepada Allah disebabkan mengetahui bahwa tidak ada yang akan berhasil tanpa bantuan dari Allah.

Maka raihlah cintanya Allah.

Tentu saja dengan serius dalam berdoa termasuk doa sebelum tidur ini. Insya Allah dengan mengamalkan doa ini, kita akan dengan mudah mendapatkan kecintaan dari Allah.

  • Doa Sebelum Tidur agar Husnul Khatimah

Doa Sebelum Tidur agar Husnul Khatimah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa doa sebelum tidur akan menjadikan tidur sebagai salah satu ibadah sepanjang tidurnya. Oleh karena itu jika seseorang meninggal dalam tidurnya itu, maka kemungkinan besar dia meninggal dalam husnul khatimah.

Namun harus dibapastikan juga untuk melakukan berbagai sunnah-sunnah sebelum tidur. Karena sunnah-sunnah sebelum tidur itu pula yang akan membuat mudahnya husnul khatimah.

Maka pelajari juga adab tidur.

Agar melakukan tidur dengan berbagai adab dan tata cara yang benar-benar disunnahkan. Sehingga akan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan juga tepat sesuai dengan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Mendapatkan husnul khatimah adalah cita-cita semua manusia. Karena penentuan nasib baik atau buruknya ketika nanti di akhirat adalah ada pada bagaimana kita akan mati.

Mati baik atau mati buruk?

Jika mati baik (husnul khatimah), maka insya Allah perjalanan di akhirat juga akan baik ataupun masuk surga. Demikian juga bila matinya buruk (Su-ul Khatimah), maka perjalanan di akhirat juga akan buruk atau masuk neraka.

Tentu saja kita semua menghindari hal tersebut.

Karena memang neraka adalah tempat kembali yang sangat mengerikan dan sangat tersiksa bila berada di sana. Maka kita harus sangat serius dalam mengejar kedudukan di surga.

Salah satunya dengan banyak berdoa kepada Allah. Tentunya termasuk salah satunya adalah doa sebelum tidur. Silahkan perbanyak berbagai doa dan juga tawakkal kepada Allah agar semakin besar kemungkinan untuk husnul khatimah dalam kematian kelak.

Apabila Lupa membaca Doa Sebelum Tidur

Apabila Lupa membaca Doa Sebelum Tidur

Bagaimanakah jika kelupaan membaca doa sebelum tidur? Pada dasarnya membaca doa sebelum tidur ini adalah bagian dari sunnah, bukan wajib.

Sehingga tidak berdosa jika meninggalkan amalan ini.

Akan tetapi, sangatlah rugi jika tidak mengerjakan amalan ini. Dikarenakan amalan ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan banyak sekali terdapat berbagai keutamaan dari doa ini.

Jadi, apakah kita ingin berada di dalam kerugian? Tentu tidak. Maka bacalah selalu doa sebelum tidur ini agar mendapatkan pahala dan berbagai keutamaan dari Allah setiap saat. Khususnya adalah ketika kita sedang tidur.

Demikian penjelasan dari tulisan ini kami tuliskan, semoga bisa menjadi amal dan pedoman untuk diamalkan sehari-hari.

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: