√ Lengkap !! Doa Qunut dan Tata Caranya [Lafadz, Macam, Hukum, Dll]

Ibadah banyak sekali mengandung berbagai macam model dan variasinya. Termasuk dalam hal ini adalah doa qunut. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa doa qunut merupakan bagian dari syariat islam.

Maka menyikapi banyaknya orang yang bertanya tentang doa qunut, kami pun ingin membuat tulisan tentang doa qunut ini.

Doa Qunut

doa qunut
doa qunut

Doa qunut merupakan salah satu doa yang selalu dibaca oleh orang-orang yang sholat subuh. Khususnya dari kalangan mazhab Syafi’i. Karena dalam Mazhab Syafi’i sendiri doa qunut subuh merupakan bagian dari sunnah yang sangat dianjurkan.

Untuk itulah tulisan ini kami hadirkan untuk memudahkan anda dalam memahami doa qunut. Sehingga harapannya adalah anda bisa mahir dan fasih mengucapkan doa qunut serta menghafalnya dengan sempurna.

Tulisan ini juga akan membahas dengan sangat detail tentang doa qunut. Mulai dari hukumnya, pembagian qunut subuh dan qunut nazilah, dan sebagainya. Sehingga bisa membantu dalam menambah pengetahhuan anda.

Namun dianjurkan untuk berada dalam keadaan suci ketika akan mengamalkan amalan ini. Tentunya dengan berwudhu atau mandi wajib jika sebelumnya masih junub, pelajari juga doa mandi wajib biar mandinya sah.

Doa Qunut Subuh

doa qunut subuh
doa qunut subuh

Doa qunut subuh merupakan salah satu dari bagian doa qunut. Karena sebagaimana yang diketahui bahwa doa qunut bukan hanya qunut subuh saja. Akan tetapi adanya doa qunut nazilah juga. Oleh karena itu qunut subuh hanya salah satu bagiannya saja.

Doa qunut subuh adalah sunnah.

Khususnya dalam mazhab syafi’i, hukumnya adalah sunnah. Akan tetapi sunnah muakad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan dalam mazhab syafi’i sendiri sangat dianjurkan untuk membaca doa qunut subuh ini.

Dan apabila lupa membaca doa qunut subuh, maka disunnahkan untuk sujud sahwi (yaitu sujud dalam sholat yang dilakukan karena kelupaan atau ragu-ragu dalam sholat).

Begitulah karena pentingnya doa qunut subuh.

Adapun lafadz dari qunut subuh adalah sebagai berikut:

doa qunut

arti doa qunut subuh

Doa Qunut Nazilah

doa qunut nazilah
doa qunut nazilah

Doa Qunut Nazilah merupakan doa qunut yang dibacakan ketika umat islam sedang ditimpa musibah. Hal ini juga sudah dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Oleh karena itu akan sangat tepat pula jika kita mau mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ dalam hal membaca doa qunut ini.

Doa qunut nazilah sangat penting.

Karena doa qunut nazilah ini adalah salah satu usaha kita kepada Allah untuk mengobati masalah ummat. Doa adalah salah satu ikhtiyar. Oleh karena itu doa qunut ini merupakan salah satu hal yang menjadi penting untuk menunjukkan usaha kita kepada Allah.

Penting!!

Allah sangat menyukai hambaNya yang suka berdoa. Karena dengan berdoa, maka kita sudah menunjukkan kepada Allah bahwa kita benar-benar butuh kepada Allah. dengan rasa butuh itulah, Allah menyukai kita.

Karena kita benar-benar terlihat sebagai hamba yang lemah dan butuh bantuan Allah.

Allah sangat senang ketika kita menunjukkan bahwa diri kita membutuhkan Allah dalam segala aspek kehidupan kita. Karena dengan menunjukkan butuhnya kita kepada Allah, maka kita benar-benar menunjukkan bahwa kita adalah seorang hamba.

Meskipun tentu saja tanpa menunjukkan kita lemah pun, sebenarnya kita memang sudah lemah dan selalu membutuhkan bantuan Allah. Namun Allah tetapi menginginkan agar kita menunjukkan penghambaan diri tersebut.

Adapun lafadz doa qunut nazilah adalah sebagai berikut:

doa qunut nazilah

doa qunut nazilah

Doa Qunut Pendek

doa qunut pendek

Doa qunut pendek memang sering juga menjadi salah satu solusi jika memang sedang terbuuh-buru. Akan tetapi jika masih tidak terburu-buru, kami anjurkan agar membaca yang panjang sehingga tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Penting!!

Dalalm beribadah, sebaiknya kita memang memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Yaitu dengan benar-benar beribadah kepada Allah. Tidak menyia-nyiiakan waktu yang telah Allah hadiahkan kepada kita sehingga kesempat yang ada benar-benar maksimal.

Waktu sangatlah berharga.

Sehingga apabila tidak pintar dalam mengatur waktu, maka kita juga akan menjadi orang yang merugi karena waktu yang berlalu begitu saja dengan tidak berguna sama sekali.

Adapun doa qunut yang pendek tetap sah apabila dibaca. Namun pahalanya juga akan disesuaikan dengan pendeknya bacaan. Ibarat makanan, ya paling-paling dapat nasi sama kecap saja. Kalau makanan kita ingin lebih, kenapa dalam pahala justru hitung-hitungan banget?

Maka sebaiknya pilihlah doa qunut yang panjang agar pahala menjadi maksimal.

Adapun doa qunut pendek sebenarnya adalah seperti doa qunut subuh seperti biasa.

Doa Qunut Untuk Imam

doa qunut witir
doa qunut imam

Doa qunut imam sebenanrya sama saja dengan doa qunut untuk makmum. Bedanya adalah imam yang baca dengan suara keras, dan makmum dengan suara siir dan mengucapkan “Amiin”.

Oleh karenanya, untuk membaca doa qunut imam, silahkan langsung saja dengan membaca doa qunut seperti makmum juga atau seperti biasanya. Namun suaranya dikeraskan. Sehingga bisa didengar oleh makmum. Selain itu juga mengganti akhiran “Ni” menjadi “Na” agar artinya menjadi “Kami”.

Penting!!

Secara fiqih, Imam yang membaca doa dengan suara keras tidak boleh berniat agar didengar oleh makmum. Akan tetapi niatnya harus dengan niat Berdzikir. Karena yang dibolehkan dalam sholat hanyalah berdzikir, baca Alquran dan sholawat.

Akan tetapi “Niat Memberitahu Makmum” adalah termasuk niat yang salah. Dan jika dilakukan, maka akan bisa membatalkan sholat seseorang. Maka sangat perlu untuk mengetahui hukum dengan lengkap.

Doa Qunut Bahasa Indonesia

doa qunut dalam bahasa indonesia

Bolehkan membaca doa qunut dengan Bahasa Indonesia? Pada dasarnya membaca doa qunut adalah hal yang sunnah. Akan tetapi meskipun sunnah, tetapi dianjurkan untuk membaca dengan Bahasa Arab.

Karena letaknya adalah di dalam sholat.

Dikahwatirkan bisa membatalkan sholat jika berbicara dengan Bahasa Indonesia. Karena selama ini tetap yang diketahui bacaan di dalam sholat adalah bacaan yang menggunakan Bahasa Arab.

Penting!!

Bahkan dalam berdoa di dalam sujud, para ulama tetap menganjurkan agar membaca di dalam hati saja apabila menggunakan Bahasa Indonesia. Karena dikhawatirkan bisa membatalkan sholat apabila menggunakan bahasa selain Bahasa Arab.

Penting Juga!!

Jika banyak yang sudah bebas mengguanakan bahasa indenesia dalam beribadah sholat. Maka kemungkinan akan banyak pula yang menggunakan bahasa lainnya atau bahkan bahasa daerah masing-masing.

Akibatnya akan semakin banyak menimbulkan versi dalam ibadah. Dan hal ini berpotensi untuk mengganggu ketenteraman masyarakat karena masyarakat menjadi bingung dengan banyaknya macam dalam sholat.

Maka sangat dianjurkan untuk tetap menggunakan Bahasa Arab saja dalam doa qunut.

Hukum Doa Qunut

hukum doa qunut

Bagaimana hukum doa qunut yang sebenarnya?

Hukum dari membaca doa qunut adalah sunnah muakkad. Artinya hukumnya adalah sunnah, akan tetapi sangat dianjurkan bahkan hampir mendekati wajib. Hal ini adalah karena banyak sekali ditemukan hadist bahwa rasulullah membaca qunut.

Sehingga dalam mazhab syafi’i, kesunnahan untuk membaca doa qunut sangatlah dianjurkan untuk dilakukan. Karena selain dari dalil tentang seringnya rasulullah melakukan itu, makna-makna yang terkandung dalam doa qunut juga sangat bagus.

Penting!!

Jangan terlalu cepat untuk menanggapi secara negatif jika ada orang yang tidak membaca doa qunut. Karena kemungkinannya bisa banyak sekali mengapa dia tidak melakukan doa qunut itu. Dan memang tidak membaca doa qunut juga merupakan salah satu pendapat ulama.

Karena memang ada ulama yang berpendapat bahwa sunnah membaca doa qunut ini.

Perbedaan ulama adalah hal yang biasa terjadi dikalangan ahli ilmu. Karena memang mereka berijtihad dengan keilmuannya dan sudah sampai pada derajat untuk bisa mengambil hukum.

Jika berbicara masalah dalil, membaca doa qunut adalah ada dalilnya, demikian juga tidak membaca doa qunut juga ada dalil atau cara pengambilan hukum yang berbeda.

Paham Ngga sih? Hehe.

Penjelanan tentang ini panjang sekali.

Insya Allah sudah dijelaskan oleh Buya Yahya berikut ini.

Doa Qunut Witir

doa qunut imam
ilustrasi doa qunut witir

Doa qunut witir adalah doa qunut yang dibacakan oleh orang-orang yang melakukan sholat witir. Biasanya dilakukan juga di rakaat terakhir dari sholat witir.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sholat witir merupakan ibadah sholat yang dilakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil. Bisa 1, bisa 3, bahkan hingga 11 rakaat. Silahkan dipilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang ada.

Kamu biasanya berapa rakaat?

Jika melakukan 1 rakaat, maka doa qunut witir dilakukan langsung di rakaat pertama. Jika melakukan 3 rakaat, maka doa qunut witir dilakukan di rakaat yang ke 3. Demikian juga jika dilakukan sejumlah 5, 7, 9, dan 11 rakaat, maka dilakukan di akhir rakaat tersebut.

Adapun doa qunut witir bacaannya tetap sama saja dengan doa qunut subuh. Namun jika dibacakan dengan doa qunut nazilah juga tidak masalah. Karena doa qunut boleh dibaca lebih panjang, atau lebih pendek. Apalagi jika menggunakan lafadz doa qunut nazilah yang memang disyariatkan.

Pentingnya Membaca Doa Qunut

doa qunut

Seberapa pentingkah kita membaca doa qunut?

Tentu saja penting, dikarenakan semua doa pada dasarnya sangatlah penting untuk dibaca. Karena doa menunjukkan penghambaan diri kita kepada Allah. bahwa kita benar-benar membutuhkan Allah dalam kehidupan kita.

Untuk itu, jika memiliki waktu yang longgar, banyaklah berdoa. Sebenarnya akan lebih tepat jika kita memang sengaja menyisihkan waktu untuk berdoa, bukan sekedar kalau ada waktu longgar.

Kapan longgarnya?

Apalagi pada zaman ini merupakan zaman dimana banyak sekali godaan dan hiburan. Dengan hiburan yang beragam itu, kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Bahkan seharian untuk sekedar menikmati berbagai hiburan itu.

Maka untuk itu, sangat penting untuk menggunakan waktu secara bijak dan bermanfaat. Khususnya untuk mengingat Allah dan Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Jika Lupa Doa Qunut?

doa qunut

Lupa doa qunut apakah akan membatalkan sholat?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa doa qunut merupakan doa yang hukumnya adalah sunnah. Karena hukumnya sunnah, maka tidak akan membatalkan sholat jika lupa. Akan tetapi dalam mazhab kita yaitu mazhab syafi’i, sangat dianjurkan untuk melakukannya.

Bahkan jika lupa, sholat kita dianggap memiliki kekurangan. Dan dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi jika lupa membaca do aqunut.

Begitulah pentingnya doa qunut.

Maka jangan membuang kesempatan untuk mengerjakan amal ini khususnya amalan doa qunut. Karena setiap doa yang kita panjatkan tentu saja akan membuahkan banyak pahal dan balasan dari Allah.

Dengan begitu maka kita sudah memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan bisa untuk memperbanyak pahala di sisi Allah.

Kapan Dibaca Doa Qunut Subuh

waktu membaca doa qunut

Kapan sebenarnya dibaca doa qunut subuh? Umumnya doa qunut selalu dibaca di rakaat terakhir dan dibaca setelah i’tidal atau sebelum sujud.

Artinya jika sudah melakukan ruku’, lalu bangun untuk i’tidal. Setelah membaca doa i’tidal, maka disitulah waktu untuk membaca doa qunut. Maka bacalah doa qunut di waktu itu dengan sempurna dan semoga Allah memberikan balasan yang banyak untuk kita.

Demikian juga dalam qunut lainnya, tetap dibaca di rakaat terkahir dan setelah i’tidal.

Sebagaimana dibahas sebelumnya misalnya dalam doa qunut witir, maka dibaca di rakaat terakhir. Dan juga pada waktu yang tepat yaitu waktu setelah i’tidal. Setelah melakukan doa qunut, baru kemudian dilanjurkan dengan sujud dan seterusnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: