Doa Pembuka Rezeki TERLENGKAP [Lafaz, Pedoman, Cara Baca, DLL]

Nah, pada tulisan ini kamu akan mengetahui bagaimana doa pembuka rezeki dipanjatkan agar membuat kamu semakin banyak rezekinya.

Rezeki merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua orang tentunya. Banyak sekali orang yang bercita-cita menjadi orang kaya dengan berbagai kemewahan tententu dan uang sebanyak mungkin. Meskipun hakikat rezeki sebenarnya bukanlah hanya uang saja, namun ada banyak jenis lainnya.

Semoga dengan tulisan ini kamu bisa meningkatkan berbagai ibadah kamu termasuk dalam hal memanjatkan doa sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan rezeki kamu ke depannya.

Tentu saja dalam membaca setiap doa, pastikan jika kamu sudah berada dalam keadaan yang suci dan bersih dari najis. Suci sendiri bisa diperoleh dengan berwudhu. Atau jika kamu dalam keadaan junub, maka lakukanlah mandi wajib terlebih dulu dan lengkapi juga dengan doa mandi wajib agar lebih sempurna.

Sebagai pendahuluan, silahkan simak dulu video ini ya:

Doa Pembuka Rezeki

Doa pembuka Rezeki terbaik
Ilustrasi membaca doa pembuka Rezeki

Doa pembuka rezeki sangat penting untuk dibaca oleh setiap manusia sebagai salah satu updaya dalam melengkapi ikhtiar dalam mencari rezeki.

Karena rezeki itu bukan hanya datang dengan usaha yang kita lakukan, akan tetapi juga dengan doa dan usaha secara spiritual kepada Allah sehingga akan lebih sempurna terhadap rezeki yang kita peroleh nantinya.

Usaha itu penting, namun doa juga penting.

Hakikat doa adalah menghambakan diri kepada Allah. Itulah salah satu alasan kita berdoa kepada Allah. Yaitu untuk menunjukkan kepada Allah bahwa kita membutuhkannya dan berharap bantuannya dalam setiap usaha yang kita lakukan.

Seperti yang kita tahu bahwa usaha harus maksimal, akan tetapi usaha dengan doa juga harus maksimal agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dan berkah tentunya. Maka doa pembuka rezeki sangat penting untuk mendatangkan keberkahan.

Ketika nanti rezeki kamu sudah menjadi lancar, jangan sampai kamu justru banyak menghabiskan apalagi jika banyak makan ya. Justru yang sangat dianjurkan adalah memperbanyak puasa agar semakin banyak sunnahnya. Dan sempurnakan juga puasa sunnah kamu dengan doa buka puasa agar lebih lengkap.

Doa Pembuka Rezeki dan Waktu Membaca Doa Rezeki

membaca doa pembuka rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka Rezeki

Secara umum doa rezeki bisa dibaca kapan saja. Akan tetap memang ada waktu khusus yang diperlukan agar membaca doanya menjadi lebih maksimal dan sangat cepat diterima di sisi Allah.

Maka salah satu saat yang sangat tepat untuk membaca doa pembuka rezeki juga sama dengan waktu membaca doa secara umum, yaitu dengan waktu-waktu berikut ini:

  • Antara azan dan iqamah
  • Saat hujan deras
  • Saat duduk antara dua khutbah
  • Sepertiga malam akhir
  • Setelah sholat
  • Dan lainnya

Waktu tersebut merupakan waktu yang sangat tetap untuk kamu membaca doa apapun. Dan Insya Allah akan sangat mudah dikabulkan oleh Allah karena Allah memang berjanji untuk mengabulkan setiap doa dari hambanya.

Begitu juga dengan doa untuk membuka rezeki juga sama. Yaitu dengan menggunakan manfaat dari waktu-waktu berikut untuk mendapatkan keutamaan yang maksimal dan pengabulan yang lebih cepat di sisi Allah SWT.

Namun pastikan kembali bahwa sebaik-baik doa adalah doa yang dibacakan dalam keadaan berwudhu atau dalam keadaan suci. Selain wudhu itu sendiri, sempurnakan juga wudhu kamu dengan membaca doa setelah wudhu ya. Agar Ibadah kita menjadi lebih bernilai di sisi Allah.

Terkait doa setelah sholat, kamu juga bisa melengkapi doa setelah sholat dengan susunan yang lebih lengkap dan tentunya sudah termasuk doa pembuka rezeki di dalamnya.

Doa Pembuka Rezeki dan Kiat Memperoleh Rezeki

doa melancarkan rezeki dan usaha
Ilustrasi membaca doa pembuka Rezeki

Nah, selain mengetahui tentang doa pembuka rezeki, kamu juga harus tau tentang kiat-kiat memperoleh rezeki yang bisa kamu praktekkan dalam kehidupan kamu nantinya.

Secara umum, tuisan ini ingin mengajak kamu untuk semakin dekat dengan jalan-jalan yang diridhai oleh Allah. Selain itu juga untuk membantu kamu mengetahui tips rahasia yang selama ini jarang diketahui oleh orang secara umum.

Sebenarnya bukan karena tips ini rahasia. Karena memang tips ini adalah hal yang sudah dikabarkan oleh Rasulullah sejak dulu.

Namun hal ini menjadi terlihat rahasia dikarenakan banyak orang yang melupakan cara ini dan lebih tertarik dengan cara-cara konvensional yang terkadang jauh dari Allah.

Beberapa kiat mendapatkan rezeki yang berlimpah adalah:

  • Tidak tidur setelah subuh
  • Membaca surat Al-waqi’ah setiap malam
  • Memperbanyak Istighfar
  • Banyak berdoa
  • Banyak bersedekah
  • Banyak mendoakan orang lain

Jika kamu rutin melakukan itu, maka Insya Allah rezekimu akan sangat lancar dan banyak, serta berkah tentunya.

Doa Pembuka Rezeki VS Penghambat Rezeki

doa memperlancar rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka Rezeki

Nah, selain hal-hal yang bisa mendatangkan rezeki, kamu juga harus tahu tentang hal-hal yang bisa menghambat rezeki kamu. Hal yang menghambat rezeki ini juga harus sangat kamu perhatikan karena pengaruhnya yang sangat luar bisa dalam rezeki seseorang.

Bisa dikatakan bahwa membaca doa pembuka rezeki akan sangat menjadi sebuah kebohongan jika kita justru melakukan hal-hal yang bisa menghambat rezeki itu sendiri.

Maka, pahami sesuatu dengan sempurna.

Memahami sesuatu dengan sempurna membuat kamu benar dan tepat dalam bertindak sehingga juga akan sangat efektif dalam menyikapi sesuatu.

Termasuk pada tulisan ini adalah pembahasan mengenai rezeki.

Nah, beberapa hal yang bisa menghambat rezeki adalah:

  • Tidur setelah subuh
  • Malas
  • Banyak makan
  • Banyak tidur
  • Kikir

Jika kamu melakukan hal itu, maka pahamilah bahwa hal ini bisa menghambat rezeki seseorang. Perlu dipahami juga bahwa menghambat rezeki ini bukan berarti rezekinya sedikit. Akan tetapi tidak ada keberkahan dalam rezekinya.

Atau bisa juga diartikan dengan selalu “merasa tidak cukup” dengan rezeki yang telah diberikan oleh Allah. Sehingga akibat yang dirasakan tetaplah merasa seperti tidak memiliki uang. Inilah yang disebut dengan kefakiran yang sangat menyedihkan.

Yaitu di saat seseorang memiliki harta, namun merasa seperti tidak memiliki harta. Hal ini akan membuat kesedihannya sama saja seperti orang yang bersedih dengan tidak memiliki uang.

Apa gunanya jika memiliki uang tetapi merasa seperti tidak memilikinya?

Bukankah dia tetap tidak bisa bahagia?

Maka hindarilah hal yang bisa membuat kamu terhambat rezekinya karena akan sangat berpengaruh dalam rezeki kamu.

Doa Rezeki dan Penunjang Rezeki

doa minta rezeki lancar
Ilustrasi Rezeki

Penunjang rezeki ini adalah hal yang bagus untuk kamu lakukan guna menunjang rezeki kamu agar semakin lancar, banyak dan berkah.

Penunjang rezeki tentunya menjadi pelengkap juga dari doa pembuka rezeki yang selalu kamu panjatkan nantinya.

Maka akan sangat penting juga bagi kamu untuk memahami apa saja hal yang menunjang rezeki, sehingga akan semakin memudahkan kamu dalam mendapatkan rezeki dalam jumlah yang banyak dan semakin berkah tentunya.

Beberapa hal yang bisa menunjang rezeki adalah:

  • Rajin bekerja
  • Bekerja sejak subuh
  • Awali kerja dengan bismillah
  • Niatkan kerja untuk mencari nafkah yang halal
  • Niatkan rezeki yang didapat untuk kebutuhan yang bermanfaat
  • Banyak membaca surat Al-waqi’ah
  • Banyak istighfar
  • Meminta doa dari orangtua
  • Meminta doa dari pasangan
  • Minta doa dari anak dan keluarga

Doa Pembuka Rezeki dan Hakikat Rezeki

doa rezeki lancar
Ilustrasi membaca doa pembuka Rezeki

Sebagai seorang muslim, maka yang sangat harus kita perhatikan dan kita yakini adalah bahwa semuanya yang terjadi di dunia ini baik itu berupa rezeki, jodoh, kelahiran, pertemuan, kematian, itu semua sudah dijanjikan dan sudah ditakdirkan oleh Allah.

Artinya seberapa banyakpun rezeki yang Allah berikan kepadamu hari ini atau bulan ini, maka yakinilah bahwa semua rezeki itu adalah angka yang sudah ditakdirkan oleh Allah.

Demikian juga jika rezekinya sedikit.

Rezeki yang sedikit juga merupakan takdir Allah yang Allah berikan kepadamu dan pada saat itu merupakan hal yang sudah Allah janjikan dan juga takdirkan kepadamu. Sehingga jumlah rezeki yang diterima pasti sesuai dengan jumlah yang ditakdirkan sebelumnya.

Memangnya kapan ditakdirkannya?

Kapan takdir itu ditulis?

Disebutkan oleh Habib Umar Bin Hafidh bahwa semua takdir kita sudah Allah tentukan jauh sebelum kita lahir. Bukan hanya jauh sebelum kita lahir saja, akan tetapi bisa hingga ribuan tahun sebelum kelahiran kita.

Allah sudah menulis semua takdir yang akan terjadi dalam dunia ini.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak perlu khawatir tentang rezeki besok atau lusa, karena semuanya sudah Allah takdirkan jauh-jauh hari. Dan semuanya akan terjadi sesuai dengan ketentuan Allah.

Doa Pembuka Rezeki Dapat Merubah Takdir?

kumpulan doa mustajab pembuka pintu rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

Setelah kita membahas bahwa takdir itu sudah diatur oleh Allah. Mungkin ada yang bertanya atau membisik di dalam hatinya.

“Kalau rezeki sudah diatur, kenapa harus kerja?”.

Atau “Kalau rezeki sudah diatur, memangnya bisa berubah?”.

Hal seperti ini biasa ditanyakan oleh orang-orang yang baru pertama kali mendengar tentang takdir atau mengetahui tentang ilmu yang berhubungan dengan ketentuan rezeki dari Allah.

Pertanyaan seperti ini sebenarnya bagus jika langsung ditanyakan kepada ahli ilmu atau orang yang benar-benar memahami agama. Sedangkan pertanyaan ini juga bisa menjadi perkara yang berbahaya jika hanya dipikirkan sendiri saja karena jawabannya akan banyak kekeliruan.

  • Bertanyalah pada Ahli Ilmu

Maka bertanyalah pada ahli ilmu.

Anjuran bertanya kepada ahli ilmu memang anjuran yang sangat penting untuk kamu perhatikan dan kamu jalankan dengan benar. Karena bertanya kepada selain ahli ilmu akan mendatangkan kamu kepada jalan atau jawaban yang salah pula.

Maka kenali pula siapa saja ulama kita.

Sehingga harapan kita adalah dengan mengenalnya ulama, maka kita juga akan mengenal dengan baik tentang agama Islam. Termasuk dengan pertanyaan seperti ini yang akan berbahaya jika jawabannya kamu pikir sendiri saja.

  • Jawaban dari doa rezeki

doa pelancar rezeki

Maka jawaban untuk “Apakah takdir bisa diubah” adalah “Tidak bisa”.

Jika tidak bisa, lantas untuk apa kita berdoa atau berusaha?

Sebelum memikirkan itu, maka akan lebih baik jika saya bertanya “Apakah kamu tahu takdirmu besok seperti apa?”.

Maka tentu saja kita tidak akan tahu bagaimana takdir kita besok. Takdir kita baru akan ketahuan jika kita sudah mengalami takdir tersebut. Jika tidak, maka semuanya masih menjadi misteri dan semua misteri itu hanya bisa terpecahkan dengan selesainya kejadian tersebut.

Oleh sebab itu, ketika doa rezeki itu dipanjatkan, maka akan terasa banyak perubahan dalam hidup kita terutama tentang rezeki yang dirasa bertambah dari biasanya.

Semua tambahan itu sebenarnya bukanlah perubahan takdir.

Akan tetapi juga termasuk dalam rezeki itu sendiri. Rezeki yang sudah bertambah itu hakikatnya adalah rezeki yang sebenarnya sudah termasuk dalam takdir yang ditentukan oleh Allah.

Meskipun itu terasa perubahan, namun sebenarnya perubahan itu juga sudah ditakdirkan.

Inilah yang membuat kita menjadi manusia yang akan banyak bertawakkal kepada Allah dikarenakan takdir yang terjadi pada diri kita semuanya memang sudah ditentukan oleh Allah.

Maka, tidak ada yang perlu diributkan kan?

Doa Pembuka Rezeki dan Keutamaan Membacanya

doa dimudahkan rezeki dan dipermudahkan segala urusan
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

Membaca doa pembuka rezeki juga merupakan hal yang sangat berharga untuk kamu lakukan agar semakin cepat memudahkan kamu dalam mendapatkan jumlah rezeki yang sesuai dengan keinginan.

Dan hebatnya lagi, sebanarnya justru doa pembuka rezeki ini menjadi salah satu sarana kita bertakwa kepada Allah.

Bukankah doa isinya adalah permintaan?

Maka ketika kita meminta kepada Allah, sebenarnya kita juga sedang melakukan hal yang memperlihatkan kepada Allah bahwa kita sedang dalam keadaan membutuhkan Allah dalam kehidupan kita.

Dan itu merupakan salah satu tanda kita bertawakkal kepada Allah.

Doa Pembuka Rezeki dan Lafadznya

pintu rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

Berikut inilah doa rezeki yang akan sangat bagus untuk kamu amalkan setiap hari.

Doa Pembuka Rezeki Versi 1

doa dimudahkan rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 2

 

Doa Pembuka Rezeki Versi 3

Muslim man prays
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

doa mencari rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 4

doa mendapatkan rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 5

doa mendatangkan rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 6

doa mudah rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

doa minta rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 7

doa mohon rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

doa murah rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 8

doa pembuka pintu rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 9

doa penarik rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

doa pembuka rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 10

doa rezeki

Doa Pembuka Rezeki Versi 11

doa melancarkan rezeki
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

rezeki

Doa Pembuka Rezeki dan Orang-orang yang Dianjurkan Membaca

doa minta rezeki lancar
Ilustrasi rezeki

Pada dasarnya, semua orang sangat dianjurkan untuk membaca doa ini. Karena semua orang selalu membutuhkan bantuan Allah dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

Selain itu, doa pembuka rezeki merupakan bukti bahwa kita membutuhkan Allah dalam kehidupan kita khususnya pada bagian rezeki dan tentu saja kita tidak akan mendapatkan rezeki sedikitpun melainkan dengan bantuan dari Allah dan izin dari Allah.

Maka, sangat dianjurkan untuk membaca doa ini.

Semua orang sangat dianjutkan untuk rutin membaca doa rezeki ini dikarenakan rezeki sebenarnya bisa saja naik dan bisa juga turun.

Maka oleh sebab itu, semua orang patutnya merasa selalu membutuhkan Allah dan menyadari bahwa semua yang didapat adalah bantuan dari Allah dan juga semua yang terjadi adalah karena bantuan Allah.

Tidak ada satupun yang terjadi tanpa izin Allah.

Hakikat Takdir

rezeki
Ilustrasi mencari rezeki

Tidak ada yang terjadi melainkan dengan izin Allah. Inilah hakikat takdir.

Selain itu, perlu juga dipahami bahwa selain izin dari Allah, kita harus menyadari bahwa semua yang terjadi adalah ketentuan dari Allah.

Tidak ada satupun yang bergerak melainkan adalah sudah ditakdirkan oleh Allah. Demikian pula tidak ada yang diam melainkan ditentukan oleh Allah.

Semuanya sudah diatur.

Tidak ada yang jatuh, tidak ada yang naik, tidak ada yang terlihat dan tidak ada yang tersembunyi, melainkan semuanya sudah diatur oleh Allah. Bahkan sehelai daun yang jatuh di gurun pasir, itu juga sudah Allah tuliskan sesuai dengan ketentuannya.

Maka yang terjadi hanyalah takdir dari Allah.

Untuk itulah kita harus menyadari bahwa semuanya adalah takdir dari Allah. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh takdir yang terbaik dan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Doa Pembuka Rezeki dan Orang yang Harus Membaca Doa Rezeki

doa mudah rezeki
Ilustrasi rezeki

Jika berbicara tentang orang yang dianjurkan membaca doa pembuka rezeki, maka sebenarnya semua sepatutnya membaca doa ini sebagai bukti bahwa kita butuh kepada Allah.

Demikian juga jika berbicara orang yang harus membaca doa rezeki ini, maka sebenarnya juga sama, yaitu semua orang memang harus membaca doa rezeki ini sebagai bukti kebutuhkan kita kepada Allah.

Maka semuanya perlu.

Namun di luar itu, perlu disadari bahwa jika ada orang yang sedang mengalami kekurangan rezeki, maka inilah saat yang tepat untuk membaca doa rezeki ini. Dikarenakan dengan membaca doa rezeki ini maka dipastikan akan adanya keluasan rezeki dari Allah.

Maka sangat dianjurkan bagi orang yang sedang sempit rezekinya untuk membaca doa ini.

Tentu saja semua perlu membacanya. Namun bagi yang sudah sempit rezekinya, maka keharusan membacanya menjadi lebih besar lagi dikarenakan kebutuhannya kepada rezeki agar semakin berkah dan banyak mencapai rezeki yang diinginkannya.

Maka bacalah doa ini agar Allah memudahkan rezekimu dan Allah lancarkan rezeki serta diberikan keberkahan dalam rezeki yang kita dapatkan.

Doa Pembuka Rezeki dan Pentingnya Doa Rezeki

doa banyak rezeki
Ilustrasi sumber rezeki

Mengapa penting untuk mendapatkan keberkahan dalam rezeki? Apakah banyak saja tidak cukup?

Jawabannya adalah tidak cukup dengan kaya saja. Akan tetapi sangat diperlukan keberkahan dalam mencari rezeki demi kebaikan dan kenikmatan yang lebih maksimal lagi dalam menikmati rezek.

Jika kita ingat kembali bagaimana kepribadian Baginda Nabi Muhammad SAW, maka kita akan mendapati bahwa Baginda seringnya meminta ilmu yang banyak. Namun untuk urusan rezeki, baginda justru meminta rezeki yang berkah.

Pada khusus bagian rezeki ini baginda tidak meminta rezeki yang banyak, namun meminta keberkahan.

Kenapa?

Karena rezeki yang berkah itu bisa terasa banyak meskipun sedikit. Namun rezeki yang banyak jika tidak berkah akan tetap terasa sedikit. Sehingga orang yang memiliki banyak rezeki namun tidak berkah itu sama saja dengan orang yang kekurangan rezeki.

Kesusahannya sama saja, yaitu tetap terasa kurang.

Oleh sebab itulah diperlukan keberkahan dalam mencari rezeki agar selalu terasa cukup. Jika rezeki sudah terasa cukup, maka kesenangan akan menyelimuti kita.

Doa Pembuka Rezeki dan Contoh Rezeki yang Tidak Berkah

doa minta rezeki kepada allah
Ilustrasi sumber rezeki

Jika dilihat dalam kehidupan masyarakat, ada banyak kasus diaman rezeki menjadi tidak berkah. Apakah itu orang terdekat kita, ataupun cerita-cerita yang sering kita dengar dalam masyarakat.

  • Sumber yang Haram

Beberapa contoh rezeki yang tidak berkah adalah rezeki yang didapatkan dengan cara yang haram.

Orang yang memperoleh rezeki secara tidak halal akan sulit untuk memperoleh kepuasan dalam rezeki. Misalnya menjual minuman keras. Akibatnya dengan ketidakpuasan itu, maka akan terus rakus dalam mencari rezeki sehingga menghalalkan segala cara.

Orang yang seperti ini, meskipun uangnya banyak, maka akan tetap merasakan kesusahan dalam kehidupannya. Dikarenakan rezekinya selalu terasa tidak cukup walaupun sebenarnya sudah sangat banyak. Apalagi jika hartanya masih sedikit, maka lebih menjadi susah lagi.

Jika dibandingkan, dia akan lebih bahagia dengan harta yang sedikit namun  halal daripada harta yang banyak itu namun dengan status yang haram.

Maka seharusnya kita selalu memfokuskan diri untuk hanya mencari yang halal saja.

  • Cara yang Haram

doa mohon rezeki
Ilustrasi pekerja mencari rezeki

Sumber yang haram itu berbeda dengan cara yang haram. Jika sumber yang haram, maka yang berstatus harama adalah sumber rezekinya, bukan caranya. Meskipun caranya juga menjadi haram dikarenakan haramnya sumber tersebut.

Namun cara yang haram sendiri adalah cara yang dilakukan dengan jalan yang melanggar Allah atau di luar syariat. Untuk hal ini, bisa saja sumbernya adalah halal, namun dikarenakan menggunakan cara yang haram, maka statusnya menjadi haram pula.

Contohnya adalah orang yang menjual beras, namun menggunakan timbangan yang sudah diatur sehingga beratnya tidak sesuai dengan berat asli.

Akibatnya berat yang dijual selalu kurang dari berat yang sebenarnya. Sehingga hartanya juga menjadi haram. Akibatnya tetap akan tidka adanya keberkahan dalam rezeki tersebut. Maka rezeki yang tidak halal itu akan tetap mendatangkan kesusahan dalam kehidupan.

Maka carilah yang halal, agar Allah memberikan ketenangan dalam kehidupan kita.

Doa Pembuka Rezeki dan Rahasia Rezeki Para Sahabat Rasulullah

doa pembuka rezeki dari segala penjuru
Ilustrasi sahabat rasulullah

Berbicara masalah rezeki, kita tentu harus mengikut manusia yang paling sempurna terkait semua aspek dalam kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah rezeki.

Salah satu bukti kehebatan Baginda Nabi Muhammad SAW dalam mendidik para sahabat bisa kita lihat di dalam kehidupan para sahabat sendiri. Para sahabat dididik oleh rasulullah dengan sangat sempurna dan menghasilkan karakter yang sangat kuat.

Terkait masalah rezeki, mari kita lihat contoh yang sangat fenomenal dalam mencari rezeki ini.

Yaitu para sahabat Rasulullah yang memang dikenal sebagai sahabat yang kaya raya. Kalau membahas kekayaan Sahabat Rasulullah SAW, maka kita akan mendapati bahwa kekayaannya jauh melebihi kekayaan orang-orang terkaya di dunia hari ini.

Jika mengenal orang paling kaya di dunia memiliki harta ribuan Triliun rupiah, maka kekayaan para sahabat Rasulullah SAW itu jauh melebihi hanya sekedar ribuan triliun itu.

Lalu apa sebenarnya rahasia para sahabat hingga bisa menjadi kaya seperti itu? Rahasianya adalah mereka selalu mengutamakan Allah daripada apapun. Mereke menyengajakan diri untuk bisa selalu hadir berjamaah di mesjid demi mendapat kedudukan tinggi di sisi Allah.

Bahkan diceritakan oleh Imam Nawawi. Para sahabat yang kaya itu masih selalu sempat bertahajjud dan selalu tamat 1 Alquran setiap malam.

Begitulah hebatnya mereka dalam mengagungkan Allah, hingga Allah juga mengagungkan mereka.

Oleh karena itu jika kita ingin mengikuti langkah sukses, maka ikutilah langkahnya para sahabat agar kita mendapatkan keberkahan yang luar biasa di sisi Allah.

Kisah Berkahnya Doa Pembuka Rezeki

dzikir penarik rezeki dari segala penjuru
ilustrasi mencari rezeki dengan mengamalkan doa pembuka rezeki

Seberapa hebatkah doa pembuka rezeki itu?

Pada dasarnya, semua doa itu baik. Termasuk doa pembuka ini tentunya. Hal ini disebabkan karena ketika kita berdoa, kita telah memohon kepada Allah sang maha pencipta dunia ini. Oleh karena itu, semua doa itu menjadi sangat bernilai di sisi Allah.

Maka jangan pernah lelah untuk berdoa apapun.

Mintalah kepada Allah apapun yang kamu inginkan. Pasti Allah akan mengabulkan doamu. Karena Allah sendiri sudah berjanji untuk mengabulkan doa hambanya. Maka jangan pernah sombong kepada Alah dengan tidak ingin berdoa kepadanya.

Karena kita begitu lemah.

Makanya kita perlu meminta kepada Allah semaksimal mungkin karena kita selalu membutuhkan Allah dalam mengabulkan semua permintaan kita.

Ada banyak kisah tentang hebatnya doa pembuka rezeki ini. Salah satunya adalah seorang sahabat Rasulullah yang mendatangi Rasulullah dan mengeluhkan tentang sempitnya rezekinya.

Lalu Rasulullah bertanya kepada sahabat tersebut “Apakah selama ini kamu tidak mengamalkan zikir para malaikat? Yang berkat tasbih malaikat tersebut, semua orang diberikan rezeki?”

Lalu sahabat itu bertanya “Memangnya amalan apa itu ya Rasulullah?”

Lalu Rasulullah menjawab “Bacalah Subhanallah Wa Bihamdihi, Subhanallahil ‘Adhim, Astaghfirullah sebanyak 100 kali sebelum shalat subuh”

Lalu Sahabat tersebut mengamalkannya dan ternyata benar bahwa rezekinya menjadi bertambah sangat luas dan dia menjadi manusia yang makmur juga pada saat itu.

Itulah hebatnya zikir yang diajarkan oleh Nabi.

Maka oleh sebab itu jangan pernah kita menjadi lalai dari melakukan zikir itu agar Allah senantiasa membuka selebar-lebarnya rezeki kita.

Kamu juga bisa melihat video penjelasannya berikut ini:

Pesan Rasulullah Terkait Rezeki

zikir rezeki

Rasulullah memiliki pesan yang sangat dalam terkait rezeki. Bukan karena rezeki itu penting, akan tetapi karena rezeki itu benar-benar bisa membawa seseorang ke arah yang berlawanan.

Artinya, rezeki bisa membawa seseoran ke Surga, dan juga bisa membawa ke Neraka.

Bahkan, Rasulullah sangat mengkhawatirkan jika para ummatnya memiliki banyak harta. Bukan karena mereka sekedar sibuk mengurusinya. Akan tetapi dikarenakan rezeki benar-benar bisa membuat pemiliknya menjadi gila.

Gila yang dimaksud adalah hilangnya kesadaran terhadap agama hingga membuat pemiliknya hanya berfokus pada harta itu saja.

Rasulullah pernah begitu khawatir tentang ini.

Salah satu pesan Rasululullah adalah ketakutan beliau terhadap rezeki yang diluaskan kepada ummatnya. Berikut dalilnya:

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Sungguh demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku khawatirkan dari kalian. Akan tetapi yang aku khawatirkan atas kalian adalah bila kalian telah dibukakan (harta) dunia sebagaimana telah dibukakan kepada orang-orang sebelum kalian lalu kalian berlomba-lomba untuk memperebutkannya sebagaimana mereka berlomba-lomba memperebutkannya sehingga harta dunia itu membinasakan kalian sebagaimana telah membinasakan mereka.” (HR Bukhari 2924)

Maka harta yang dibukakan terlalu luas kepada ummat mampu membuat umat itu sendiri menjadi terlena dengan harta dan melupakan hakikat kehidupan yang sebenarnya.

Maka hati-hatilah dengan harta atau rezeki.

Bukan berarti mencari rezeki itu tidak penting, akan tetapi rezeki harus diatur dengan sebaik mungkin agar tidak salah dalam penggunaannya.

Kita bisa melihat hal itu pada hari ini. Betapa banyak orang yang menjadi saling bunuh-bunuhan dikarenakan harta. Banyak yang saling mengkhianati karena harta. Dan yang lebih bahayanya lagi adalah banyak yang melupakan agama dikarenakan harta atau rezeki.

Maka hati-hatilah dalam menyikapi harta ini.

Jangan sampai kita menjadi orang yang lupa kepada agama dikarenakan fokus kita kepada harta dan membuat kita akhirnya menjadi orang yang merugi di hari kiamat kelak.

Penutup

doa minta rezeki kepada allah
Ilustrasi membaca doa pembuka rezeki

Demikianlah penjelasan tentang doa pembuka rezeki yang bisa kamu amalkan di dalam kehidupan kamu dan menjadi pedoman dalam melaksanakannya.

Untuk menyempurnakan doa pembuka rezeki ini, kamu juga harus membaca berbagai doa lainnya yang sudah ditulis di alhadiibrahim.com ini. Baca dan pelajari terus isi website ini supaya kamu bisa menambah ilmu kamu dan semoga bisa menjadi ilmu yang sangat bermanfaat.

Untuk kamu yang ingin juga berbagi ilmu atau ingin meminta pembahasan lebih rinci tentang ilmu tertentu di website ini, silahkan memberikan komentar atau boleh juga hubungi kami di kontak yang telah disediakan.

Demikian tulisan ini dibuat, mohon maaf atas segala kesalahan, dan terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: