√ Doa Nurbuat beserta Penjelasan Lengkap [Lafadz, Faedah, Hukum, Dll]

Ada banyak sekali doa yang bisa kita panjatkan kepada Allah, salah satunya adalah doa nurbuat. Pada dasarnya semua doa adalah bagus dan bisa untuk diamalkan. Tentu saja selama mengandung makna yang baik.

Dan bila ditemukan adanya makna yang tidak sesuai atau berlawanan dengan aqidah islam, maka tentu harus dihentikan. Serta tidak membacanya lagi. Doa nurbuat sendiri sudah dilihat oleh berbagai ulama dan tidak terdapat makna yang berlawanan.

Sehingga bisa saja untuk diamalkan.

Namun dianjurkan untuk berada dalam keadaan suci ketika akan mengamalkan amalan ini. Tentunya dengan berwudhu atau mandi wajib jika sebelumnya masih junub, pelajari juga doa mandi wajib biar mandinya sah.

Doa Nurbuat

doa nurbuat dan khasiatnyaDoa nurbuat telah dibahas banyak oleh para ulama dan dilihat bahwa banyak kata dan makna yang positif. Dengan begitu, maka doa nurbuat bisa diamalkan secara rutin. Karena yang penting untuk diingat adalah makna dari doa yang dibuat itu.

Bukan hanya namanya.

Memang banyak orang yang jarang mendengar nama doa nurbuat ini. Apalagi dengan bahasa yang katanya jarang terdengar di kalangan umum. Padahal banyak sekalli yang mengetahui hal ini.

Bahkan di banyak kalangan penduduk sudah mengerjakan rutin untuk mengerjakan doa ini. Termasuk di berbagai lembaga pendidikan juga merutinkan membaca doa nurbuat ini. Tentu saja tidak mengherankan karena memang maknanya sangat bagus.

Itu sebabnya banyak dibaca.

Doa Nurbuat dan Kepentingan Membacanya

Doa nurbuat ini memang sudah dianggap penting untuk membacanya karena faedah dan khasiatnya yang baik. Namun perlu diketahui juga bahwa kebaikan dan khasiatnya itu didapat karena memang makna-makna yang terkandung di dalamnya adalah baik.

Bahkan ada orang-orang yang sudah menjadikan doa nurbuat ini sebagai bacaan rutinnya sehari-hari. Hal ini tentu tidak menjadi masalah, karena memang isi dari doa yang dibaca adalah baik.

Jika isinya baik, maka membacanya juga baik.

Maka silahkan saja jika ingin membiasakan membaca doa nurbuat ini agar mendapatkan berbagai khasiat atau manfaat doa nurbuat ini.

Semoga saja dengan sering membacanya, maka Insya Allah akan diberikan berbagai kebaikan dan keberkahan dalam hidup. Tentu sudah banyak yang merasakan manfaat dari doa nurbuat ini, namun tetap diyakini bahwa tetap Allah yang memberikan keberkahan.

Doa Nurbuat dan Hukum Membacanya

Dengan sangat banyak khasiat dari doa nurbuat ini, bagaimana sebenarnya hukum membaca doa nurbuat?

Sudah diketahui bersama bahwa hukum membaca doa nurbuat adalah boleh. Tidak ada larangan membaca doa ini dikarenakan kandungan dari doanya yang tidak melanggar syariat. Bahkan bahasa yang digunakan juga bagus sekali.

Maka hukumnya tidak dilarang.

Akan tetapi juga tidak dihukumi sebagai wajib. Karena memang tidak ada anjuran khusus dari nabi terkait doa ini untuk dibaca secara wajib. Bahkan dari kalangan ulama juga tidak mewajibkan secara mutlak.

Namun dianjurkan oleh para ulama karena memang bahasanya baik dan maknanya juga bagus. Namun hukumnya bukanlah wajib. Akan tetapi boleh diamalkan.

Jika Tidak Membaca Doa Nurbuat

Bagaimana jika kita tidak membaca doa nurbuat ini? Apakah akan berdosa atau sebagainya?

Jawabannya tentu saja tidak.

Karena seperti yang sudah dibahas bahwa doa nurbuat ini bukanlah doa yang diwajibkan oleh nabi, akan tetapi doa yang disusun dengan makna yang baik. Sehiingga karena maknanya baik, maka banyak yang mengamalkan.

Namun tidak akan berdosa jika anda tidak mau mengamalkannya. Namun kami juga menyarankan agar anda banyak membaca doa apa saja yang bermakna positif.

Salah satunya adalah doa nurbuat ini.

Karena membaca doa hakikatnya adalah ingin menunjukkan penghambaan diri kepada Allah. Yaitu tentu saja dengan banyak memohon kepada Allah. karena memohon kepada Allah adalah salah satu tanda bahwa kita membutuhkan Allah.

Dan kita juga menunjukkan kepada Allah bahwa kita adalah seorang hamba yang banyak membutuhkan pertolongan dari Allah.

Orang-orang yang Dianjurkan Membacanya

Siap saja yang dianjurkan untuk membaca doa nurbuat ini?

Semua dianjurkan jika memang memiliki keluangan waktu yang banyak. Intinya adalah sebisa mungkin agar kita mengisi waktu dengan yang bermanfaat atau yang bernilai ibadah. Dengan itu maka akan semakin dekat dengan Allah.

Salah satu cara mengisi waktu agar semakin bermanfaat adalah dengan banyak berdoa. Doa yang paling baik adalah doa-doa yang diajarkan oleh baginda nabi muhammad saw. Maka perbanyaklah membaca doa dari baginda nabi muhammad saw.

Intinya pastikan waktu diisi dengan baik.

Jadi jika anda memiliki banyak waktu kosong dan tidak tahu akan diisi dengan apa, maka isilah dengan doa. Maka dibolehkan juga untuk membaca doa nurbuat ini agar menjadi amalan yang berguna dan bermanfaat.

Maka perbanyaklah membaca doa nurbuat atau doa lainnya untuk memudahkan kenaikan derajat kita di sisi Allah.

Leave a Comment

%d bloggers like this: