√ Panduan Doa Naik Kendaraan SHAHIH dan Lengkap Penjelasannya

Bepergian merupakan kegiatan yang memang rutin dikerjakan oleh seseorang. Terlebih lagi jika kerjanya jauh dari rumah, tentu akan sangat sering. Untuk itulah diperlukan membaca doa naik kendaraan agar mendapatkan perlindungan dar Allah.

Maka untuk itulah tulisan ini dibuat.

Untuk memudahkan anda dalam memahami dan membaca doa naik kendaraan ketika akan menaiki kendaraan. Baik itu kendaraan darat, laut, atau udara.

Namun sangat dianjurkan untuk berada dalam keadaan suci ketika akan mengamalkan amalan ini. Tentunya dengan berwudhu atau mandi wajib jika sebelumnya masih junub, pelajari juga doa mandi wajib biar mandinya sah.

Kembali ke pembahasan, simaklah penjelasannya ya.

Doa Naik Kendaraan

doa naik kendaraan lengkap

Doa naik kendaraan tentu saja merupakan salah satu doa yang harus kita biasakan bersama. Karena dengan doa ini, kita telah meminta kepada Allah akan perlindungan dan keamanan selama berada di dalam kendaraan.

Doa ini adalah bukti lemahnya kita.

Dan tentu saja merupakan salah satu bukti akan penghambaan diri kita kepada Allah. Sehingga dalam kita berdoa, kita memohon agar Allah memberikan perlindungannya. Inilah yang sangat disukai oleh Allah.

Maka oleh sebab itu, sangat perlu membiasakan diri untuk senantiasa berdoa. Baik doa naik kendaraan ini ataupun doa lainnya. Doa lainnya tentu saja tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan doa naik kendaraan ini.

Semua doa itu penting.

Karena memang kita harus banyak dan selalu memohon perlindungan dari Allah. Baik dalam hal perjalanan ataupun urusan lainnya. Kita selalu membutuhkan bantuan Allah.

Tentu saja bukan hanya ketika berada di kenadaraan saja, akan tetapi ketika berada dimanapun. Karena perlindungan Allah selalu kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena akan banyak sekali hal yang bisa terjadi jika tanpa bantuan Allah.

Maka banyaklah berdoa.

Dengan banyak berdoa, maka kita telah memohon ampunan dan bantuan dari Allah. Bantuan inilah yang sangat penting. Karena tidak ada yang bisa menolong selain Allah. Tidak ada yang mampu memberikan keamanan selain Allah.

Maka sangat penting untuk berdoa kepada Allah.

Pentingnya membaca doa naik kendaraan

Sebelum kita masuk kepada lafadz doa naik kenadaraan, alangkah lebih baik jika kita pelajari dulu tentang betapa pentingnya membaca doa naik kendaraan ini.

Pada dasarnya, semua doa itu penting. Termasuk dalam hal ini adalah membaca doa naik kendaraan. Pentingnya juga dilihat dari berbagai sisi. Baik dari segi meminta pertolongan Allah ataupun sisi bertawakkal kepada Allah.

Adapun beberapa alasan mengapa pentingnya memabca doa naik kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Penghambaan Diri

Alasan pertama mengapa berdoa kepada Allah itu begitu penting adalah karena untuk menunjukkan penghambaan diri kepada Allah. Dalam adab kita berdoa kepada Allah, maka akan menunjukkan bahwa kita membutuhkan Allah.

Di saat itulah, kita menunjukkan kepada Allah bahwa kita ini adalah hamba yang lemah. Dan juga menunjukkan kepada Allah bahwa Allah adalah tuhan kita tempat kita memohon perlindungan selalu.

Begitulah pentingnya doa.

Penghambaan diri ini sangat disukai oleh Allah. Karena Allah sangat menyukai ketika kita menunjukkan atau bersikap bahwa Allah adalah tuhan kita. Meskipun kita tahu, bahwa tanpa kita bersikap seperti itu, Allah tetaplah tuhan kita.

Dan kita tetaplah hambaNya.

Akan tetapi, banyak sekali yang lupa akan status dirinya yang sebagai hamba. Oleh karena itulah Allah sangat menyukai kita yang menunjukkan kepada Allah bahwa kita adalah hambaNya Allah. Dan Allah adalah tuhan kita.

  • Bertawakkal Kepada Allah

Bertawakkal kepada Allah adalah termasuk hal yang Allah sukai juga. Oleh karena itu, kita juga harus banyak bertawakkal kepada Allah. Termasuk tawakkal yang harus kita hadirkan adalah dalam menaiki kendaraan.

Untuk itulah pentingnya membaca doa naik kendaraan.

Maka, berdoa kepada Allah untuk diberikan perlindungan adalah termasuk bagian dari tawakkal kita kepada Allah. Karena tawakkal adalah hal yang juga harus dilengkapi dengan usaha. Nah, salah satu usaha kita adalah doa tersebut.

Maka membaca doa naik kendaraan adalah bagian dari tawakkal. Dan ini harus banyak kita dalam rangka benar-benar memohon kepada Allah. Setelah berdoa dan usaha, maka Insya Allah telah sempurna tawakkal kita kepada Allah.

  • Memohon Pertolongan

Ini adalah salah satu bagian dari pentingnya kita berdoa kepada Allah. Yaitu memohon kepada Allah akan pertolongan di setiap saat. Dalam hal ini tentu saja termasuk pertolongan di dalam berkendara.

Maka banyak berdoa tentu saja akan menjadi hal yang harus kita biasakan. Karena kita selalu membutuhkan bantuan Allah dalam setiap waktu. Bukan hanya dalam perjalanan saja, akan tetapi setiap detik memang kita membutuhkan bantuan Allah.

Dalam perjalan tentu saja sangat utama.

Karena ada banyak sekali hal yang bisa terjadi ketika kita berada di dalam perjalanan. Maka membaca doa naik kendaraan adalah hal yang harus dilakukan dalam rangka memohon pertolongan kepada Allah.

  • Menyadari Kelemahan Diri

Tentu kita menyadari bahwa ini lemah. Artinya tidak ada yang bisa kita lakukan ketika terjadinya kecelakaan di jalan. Apalagi kita mengetahui bahwa kita akan langsung terluka jika terjatuh ataupun kesenggol dengan jalan.

Begitulah lemahnya kita.

Maka oleh sebab itu sangat penting untuk menyadari akan kelemahan diri kita ini. Sehingga dengan lemahnya kita, maka kita tentu harus banyak berdoa kepada Allah. Termasuk yang sangat penting adalah membaca doa naik kendaraan.

  • Memohon Kebaikan

Setelah menyadari betapa banyaknya hal yang bisa terjadi di jalanan. Maka akan penting bagi kita untuk memohon kepada Allah akan kebaikan. Bahkan di dalam perjalanan sendiri. Karena kebaikan juga bisa diberikan oleh Allah kepada semua makhluk dan kapan saja.

Termasuk di kendaraan.

Maka mohonlah kepada Allah kebaikan di setiap waktu agar Allah memberikan rahmatnya kepada kita setiap waktu. Karena begitu pentingnya kita memohon kepada Allah dan berserah diri kepadaNya.

Bukankah kita ini lemah? Maka dengan menyadari betapa lemahnya kita, akan sangat baik jika kita memohon kebaikan kepada Allah.

  • Meminta Kelancaran

Jika Allah sudah berkehendak, maka semua hal bisa terjadi. Termasuk kelancaran yang Allah berikan adalah tentunya dengan kehendak dari Allah. Maka sangat penting untuk meminta kelancaran dari Allah.

Karena kelancaran merupakan hal yang kita inginkan dalam semua kegiatan. Baik dalam hal perjalanan ataupun dalam hal atau perkara lainnya. Maka banyaklah berdoa dan meminta kemudahan serta kelancaran dari Allah.

Karena kelancaran sangat penting.

Meminta kelancaran kepada Allah adalah salah satu bagian dari menunjukkan kelemahan kita kepada Allah. Dan tentunya dengan memohon kelancaran ini, Allah juga sudah mengetahui bahwa kita sudah membesarkanNya.

Yakni membesarkan Allah dengan berdoa dan memohon kepada Allah. Hal ini tentunya sangat berguna agar Allah semakin mencintai kita. Karena jika Allah sudah mencintai kita, maka Insya Allah semua urusan kita ke depan akan semakin dimudahkan oleh Allah.

Lafadz doa naik kendaraan

Dalam tulisan ini, kami akan menampilkan lafadz dari doa naik kendaraan ini. Hal ini tentu saja bertujuan agar memudahkan anda dalam memahami serta mengamalkan doa ini. Karena memang lafadz doa naik kendaraan ini sangat penting juga untuk diamalkan.

Namun jika anda belum juga bisa menghafal dengan doa ini, ada bisa saja berdoa dengan doa Bahasa Indonesia. Karena doa tidak harus dengan Bahasa Arab seperti doa pada umumnya.

Jadi silahkan saja dengan bahasa sendiri.

Tentu saja tidak harus juga dengan Bahasa Indonesia. Jika anda hanya paham dengan bahasa daerah sendiri, misalnya bahasa jawa atau sunda, maka silahkan juga menggunakan bahasa tersebut. Namun tentu saja jika bisa Bahasa Arab, maka gunakanlah Bahasa Arab.

Karena menggunakan Bahasa Arab adalah dengan tujuan untuk meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Tentu saja kita harus sangat bersemangat dalam meniru Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah pedoman kita.

Pertanyaan Tentang Doa Naik Kendaraan

  • Doa Naik Kendaraan Darat

Doa naik kendaraan darat merupakan doa yang paling sering ditanyakan. Karena banyak yang berpikir bahwa doa naik kendaraan darat ada perbedaan dari doa naik kendaraan lainnya.

Padahal sama saja.

Hanya ada perbedaan adalah pada bagian jenis kendaraannya saja. Akan tetapi jika bagian doanya, maka sama saja seperti doa yang lainnya. Namun perlu untuk diingat saja bahwa perjalanan yang ditempuh adalah perjalanan darat.

Sehingga persiapan yang dilakukan juga harus sesuai dengan persiapan perjalanan darat. Jangan sampai berbalik atau tertukar.

  • Doa Naik Kendaraan Laut

Doa naik kendaraan laut juga banyak yang menanyakan. Ya sama seperti doa naik kendaraan darat, banyak orang yang berpikir bahwa doa ini ada perbedaan. Padahal sama saja seperti doa naik kendaraan lainnya.

Pada dasarnya, semuanya sama.

Namun perbedaan ini tentu cukup menjadi pengingat diri sendiri agar melakukan persiapan yang sesuai pula dengan jenis perjalanan laut. Karena jangan sampai salah dalam melakukan persiapannya.

  • Doa Naik Kendaraan Udara

Selain doa naik kendaraan darat dan laut, doa naik kendaraan udara juga merupakan bagian dari doa yang kerap ditanyakan. Karena perjalanan udara merupakan hal yang belum dilakukan di masa Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Maka banyak yang bertanya tentang ini.

Pada dasarnya, semuanya sama saja dan tidak ada perbedaan. Karena memang doa naik kendaraan intinya adalah memohon perlindungan dan kelancaran kepada Allah pada saat kita berada di kendaraan.

  • Doa Naik Kendaraan Motor

Begitu pula dengan doa naik kendaraan motor. Doa yang dibacakan juga sama seperti doa yang dibacakan pada doa naik kendaraan lain.

Namun anda sangat perlu berhati-hati dalam melakukan perjalanan dengan menggunakan motor. Karena banyak sekali kejadian yang bisa terjadi pada orang yang mengendarai motor.

Semoga Allah memberi kita keselamatan.

  • Doa Naik Kendaraan Mobil

Demikian juga dengan doa saat naik kendaraan mobil. Anda juga cukup memabca doa seperti umumnya. Karena mobil sendiri juga bagian dari doa naik kendaraan. Khususnya adalah pada kendaraan darat.

Namun intinya sama saja.

Doa naik kendaraan baik darat, laut, ataupun udara adalah sama saja seperti doa yang lainnya. Karena dengan membaca doa itu, maka insya Allah sudah memenuhi semua unsur atau jenis kendaraan yang dinaiki.

  • Doa Naik Kendaraan Baru

Nah, pada bagian ini, apakah ada perbedaan antara kendaraan baru dan kendaraan lama?

Beda harganya ya? Hehe.

Kendaraan baru juga sama saja di mata syariat, artinya doa yang dibacakan juga tidak berbeda. Oleh karena itu, anda cukup dengan membaca doa naik kendaraan secara umum saja. Dan insya Allah hal itu sudah mencukupi.

  • Doa Naik Kendaraan Jarak Jauh

Demikian juga sama apakah jarak yang ditempuh itu dekat atau jauh, maka doanya juga sama. Namun tentu yang jauh lebih mendapatkan kelebihan atau kondisi yang berbeda dengan yang jarak jauh.

Namun doa yang dibacakan pada saat menaiki kendaraan adalah doa yang sama saja seperti doa yang naik kendaraan secara umumnya.

Meskipun jaraknya jauh.

Oleh karena itu banyaklah membaca doa naik kendaraan agar Allah semakin mencintai kita dan memberikan kepada kita perlindungan. Baik perlindungan di dalam perjalanan ataupun dalam hal lainnya. Karena memang kita selalu membutuhkan Allah setiap waktu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: