√ Panduan Doa Masuk Masjid Lengkap [Lafadz, Tata Cara, Hukum, Dll]

Masjid merupakan sebuah tempat yang sangat sakral dan juga tempat ibadah kepada Allah. Masjid itu sendiri identik sebagai tempat sujud. Yaitu tempat orang melakukan sholat di dalamnya. Maka memasuki masjid juga harus dengan adab, tentunya dengan membaca doa masuk masjid.

Untuk itulah tulisan ini buat.

Yaitu untuk membantu anda dalam mengetahui tentang bacaan doa masuk masjid agar semakin sempurna adab dalam memasuki masjid.

Mari simak penjelasannya:

Doa Masuk Masjid

doa ketika masuk masjid
Masjid

Seperti yang sudah diketahui bahwa doa masuk masjid adalah doa yang dibaca ketika ingin masuk ke masjid. Membaca doa masuk masjid sendiri memang juga diperlukan penghayaran agar doa yang dibaca menjadi lebih berarti.

Doa masuk masjid dibaca untuk menghormati masjid itu sendiri. Karena masjid adalah rumah Allah. selain itu, masjid adalah tempat ibadah. Tentunya kita harus sangat menghargai masjid ini dan juga mencoba semaksimal mungkin untuk memakmurkannya.

Penting!!

Adab dalam memasuki masjid sangat perlu untuk diperhatikan. Karena dengan adanya adab, maka kita sudah mengharagai masjid itu sendiri. Dan juga dengan adab itulah kelak kita akan lebih fokus dalam beribadah. Karena Allah menyukai orang-orang yang beradab.

Maka sangat penting untuk memperhatikan adab kita kepada Allah. apalagi kepada rumahnya yang memang merupakan tempat yang sangat sakral dalam kehidupan kita.

Maka jagalah adab pada saat memasuki masjid dengan membaca doa masuk masjid. Adapun doa masuk masjid adalah sebagai berikut:

doa masuk masjid

Doa Masuk Masjid Dan Kepentingannya

Doa Masuk Masjid Dan Kepentingannya
Doa Masuk Masjid Dan Kepentingannya

Mengapa doa masuk masjid penting untuk dibaca?

Seperti yang sudah kami sampaikan, bahwa kepentingan membaca doa masuk masjid adalah sangat penting. Karena mesrupakan syariat dalam islam untuk membacanya. Adapun beberapa alasan membaca doa masuk masjid adalah sebagai berikut:

  • Adab Kepada Masjid

Ada merupakan hal yang harus dimiliki oleh semua muslim. Termasuk di dalam memasuki masjid. Bahkan untuk menghargai masjid sendiri kita juga harus selalau beradab dengan masjid. Yaitu dengan salah satunya adalah membaca doa masuk masjid.

Selain itu, adab dalam masjid juga tidak mengotori masjid, menjaga kebersihannya. Juga yang sangat penting adalah memakmurkannya dengan berbagai ibadah. Karean hakikat masjid adalah digunakan untuk ibadah.

Maka salah satu bukti beradab adalah dengan memabca doa masuk masjid.

  • Adab Kepada Allah

adab kepada allah

Masjid adalah rumah Allah. maka tentu kita sangat perlu untuk mengharagai Allah dengan menghargai apapun milik Allah. tentunya dalam hal ini adalah dengan menghargai masjid. Maka untuk mengharagai masjid juga harus dilakukan dengan sangat serius.

Salah satunya adalah memabca doa masuk masjid.

Sebagai wujud dari keseriusan kita kepada Allah dan juag ingin mendapatkan keutamaan dari berbagai hal yang ada di masjid.

  • Mengikuti Sunnah Baginda Nabi Muhammad

Siapa lagi yang paling pantas diikuti selain Baginda Nabi Muhammad ﷺ? Tentu tidak ada. Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah pedoman pertama dan terhebat. Baginya segala kebaikan dan tidak ada satupun yang bisa menandingi beliau dalam semua hal.

Baik hal amalan atau lainnya.

Karena Baginda Nabi Muhammad ﷺ selalu menang dalam semua hal. Maka oleh sebab itu, memasuki masjid juga merupakan salah satu hal yang menjadi bukti akan keinginan kita dalam mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Karena kita memang harus dengan sangat serius dalam mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Maka lakukanlah apa saja yang menjadi cirikhas beliau. salah satunya adalah dengan membaca doa masuk masjid.

  • Mengikuti Orang Shaleh

Selain mengikuti Baginda Nabi Muhammad ﷺ, membaca doa masuk masjid juga merupakan bukti bahwa kita mengikuti orang shaleh. Karena mengikuti orang shalah jika memang memiliki niat untuk ikut menjadi sholeh, maka Insya Allah akan semakin cepat pula kita menjadi sholeh.

  • Mendapat Keberkahan

Ini adalah point yang kadang banyak dibaikan. Banyak orang yang sekarang tidak terlalu mengejar keberkahan. Akan tetapi hanya berfokus pada kuantitas saja. Kualitas atau keberkahan juga merupakan suatu hal yang sangat penting pula.

Keberkahan akan mendatangkan kebaikan.

Karena dengan keberkahan itulah, biasanya kita mendapatkan banyak kemudahan dalam hal-hal yang kita lakukan. Keberkahan sangat terasa sebenarnya ketika adanya hal atau kondisi yang negatif, namun justru yang terjadi atau dirasakan adalah hal yang positif.

Itulah makna keberkahan.

Ajaib dan aneh sebenarnya. Karena kebaikan akan tetap didapatkan meskipun secara dhahirnya adalah hal yang negatif. Dengan keberkahan itu pula, Allah akan memandang kita sebagai orang yang serius untuk tidak hanya mengerjar jumlah saja. akan tetapi termasuk keberkahannya.

Doa Masuk Masjid Dan Waktu Membacanya

Doa Masuk Masjid Dan Waktu Membacanya

Kapankah waktu membaca doa masuk masjid yang baik? Adapun doa masuk masjid adalah dibaca ketika ingin memasuki masjid. Lebih tepatnya adalah sebelum menginjak masjid. Maka kita membaca doa terlebih dulu, baru kemudian langsung melangkah ke masjid.

Itulah waktu yang tepat.

Adapun jika dibaca setelah masuk masjid juga tidak menjadi masalah, namun lebih afdhal apabila dibaca sebelumnya.

Oleh karena itu, perhatikan juga waktu membaca doa masuk masjid ini agar tidak adanya kesalahan. Karena jika ada kesalahan, maka pahalanya menjadi berbeda dari yang lebih afdhalnya.

Cara Membaca Doa Masuk Masjid

Cara Membaca Doa Masuk Masjid

Bagaimanakah cara membaa doa masuk masjid? Adapun cara membacanya adalah sama saja dengan cara membaca doa lainnya.

Cukup dibaca sebelum memasuki masjid dengan suara yang biasa atau sekedar bisa didengar oleh sendiri saja. setelah itu langsung bisa memasuki masjid seperti biasanya. Dan tentunya menggunakan kaki kanan.

Sangat penting untuk memulai masuk masjid dengan kaki kanan. Karena begitulah sunnah Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Yaitu dengan menggunakan kaki kanan karena kakai kanan adalah kaki yang biasa dipakai oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ untuk masuk masjid.

Selain itu, masuk rumah juga dengan kaki kanan.

Begitulah sunnah yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Maka akan sangat dianjurkan agar kita juga mengikuti jejak Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Karena beliau adalah sosok yang sangat pantas untuk kita ikuti. Beliau adalah pedoman dan juga tuntunan kita semua di dunia dan juga akhirat.

Maka ikutilah cara dalam semua hal yang beliau lakukan.

Hukum Doa Masuk Masjid

Hukum Doa Masuk Masjid

Apa sebenarnya hukum membaca doa masuk masjid?

Hukum membaca doa masuk masjid adalah sunnah. Akan tetapi meskipun sunnah, sangat dianjurkan untuk dirutinkan membacanya. Karena seperti yang sudah kami bahas sebelumnya tentang faedah dan manfaat yang didapatkan dengan doa masuk masjid ini.

Penting!!

Sangat perlu diperhatikan bahwa amalan sunnah adalah amalan yang tidak berdosa jika ditinggalkan. Akan tetapi bukan berarti amalan ini dianggap remeh dan ditinggalkan begitu saja. Karena faedah atau manfaatnya sangatlah besar.

Maka sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Para ulama tidak hanya melakukan amalan wajib saja, akan tetapi juga amalan sunnah. Bahkan mereka memang mengerjar dan sangat bersungguh-sungguh di dalam melakukan amalan sunnah. Seperti misalnya mengerjakan sholat sunnah hingga ribuan rakaat.

Dan masih banyak lainnya.

Maka dari itu, sangat penting untuk ikut serta dalam menjalankan ibadah sunnah seperti membaca doa masuk masjid ini. Insya Allah dengan adab yang kita tunjukkan kepada Allah, maka Allah akan membuat kita menjadi lebih baik ke depan.

Adab itu selalu di atas ilmu. Karena bisa saja ilmu sedikit, namun jika adab atau akhlaknya bagus, maka Insya Allah akan tetap masuk ke dalam surga. Begitulah hebatnya adab atau akhlak.

Apabila Lupa Membaca Doa Masuk Masjid

Apabila Lupa Membaca Doa Masuk Masjid

Bagaimana hukumnya jika lupa membaca doa masuk masjid? Pada dasarnya hukum membaca doa masuk masjid adalah sunnah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Akan tetapi sangat diagalakkan untuk dibaca dan menjadi rutinitas sehari-hari setiap masuk ke masjid. Bukan hanya doa masuk masjid saja, akan tetapi semua amalan yang sunnah juga sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Karena keberkahannya itu sangat baik.

Maka dari itu, lakukanlah membaca doa masuk masjid agar mendapatkan semua keutamaan dalam amalan masuk masjid.

Akan tetapi jika lupa, maka tidak mengapa dari segi hukum fiqihnya. Namun sangat dianjurkan untuk kembali keluar dari masjid dan mengulang masuk masjid seraya membaca doa masuk masjid tadi. Itulah bukti kecintaan kita kepada syariat.

Itu pula bukti cinta kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Karena jika melakukannya dengan cinta, Insya Allah akan semakin bernilai semua amalan kita. Karena melakukan dengan cinta tentu menjadi lebih utama daripada melakukan karena mengharap balasan. Itu pula yang dilakukan oleh orang yang rajin mengikuti sunnah.

Doa Masuk Masjid Dan Adabnya

Doa Masuk Masjid Dan Adabnya

Sudah dibahas sebelumnya tentang cara membaca doa masuk masjid. Namun yang juga perlu dibahas adalah adab dalam memasuki masjid. Karena adab dalam memasuki masjid ini kerap kali diremehkan atau dilupakan oleh beberapa orang.

Padahal adab sangatlah penting.

Adab merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua muslim, bahkan jika ilmunya sedikit. Maka untuk itu, lakukanlah dengan penuh adab dalam melangkah ke masjid. Tentunya dengan adab yang sesuai denga syariat juga.

Yaitu adab yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Adapun adab-adab dalam memasuki masjid adalah:

  • Melangkah dengan kaki kanan
  • Membaca doa
  • Sudah dalam keadaan suci
  • Mengucapkan bismillah
  • Berharap keberkahan dari Allah

Jika kita melakukan semua adab berikut, maka Insya Allah kita sudah mendapatkan keutamaan atau melakukan adab yang benar dalam masuk masjid. Selain itu, bisa jadi ada banyak lagi adab dalam memasuki masjid yang disepakati oleh para ulama.

Doa Masuk Masjid Dan Doa Keluar Masjid

Doa Masuk Masjid Dan Juga Doa Keluar Masjid

Setelah memasuki masjid, tentu kamu akan keluar dari masjid. Benar kan? Hehe.

Pada saat keluar dari masjid juga sebenarnya ada adab-adab yang harus dilakukan. Bahkan semua amalan itu memiliki adabnya. Bukan hanya keluar dari masjid, keluar dari kamar mandi juga ada doanya. Begitulah hebatnya islam.

Karena semuanya diatur.

Tentu saja diaturnya semua hal tersebut adalah menunjukkan bahwa islam hadir untuk benar-benar mengubah kehidupan dunia. Yaitu bisa dibilang islam seolah-olah menemani kehidupan manusia dalam semua aspek kehidupannya.

Karena dalam setiap detik yang dijalani, islam mengaturnya. Bahkan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Sungguh sangat lengkap aturan dalam islam.

Begitu pula dalam adab keluar dari masjid.

Keluar dari masjid juga ada doanya. Doa keluar masjid juga sangat disarankan untuk dilakukan karena ini juga merupakan adab kepada masjid. Tentunya selain adab kepada masjid, ini juga merupakan adab kepada Allah sebagai pemilik masjid.

Adapun lafadh dari doa keluar masjid adalah sebagai berikut:

doa keluar masjid
doa keluar masjid

Leave a Comment

%d bloggers like this: