Doa Iftitah LENGKAP [Lafaz, Macam, Latin, Makna, Faedah, Dll]

Doa iftitah merupakan doa yang umumnya dibaca di dalam sholat. Tulisan ini akan membahas secara lengkap tentang doa iftitah sehingga akan memudahkan anda dalam memahami doa iftitah untuk diamalkan secara rutin.

Pembacaan doa iftitah ini dilakukan sebelum membaca surat Alfatihah. Jadi kalau dilihat dari rukun sholatnya, maka doa iftita dibaca begitu setelah takbiratul ihram.

Setelah membaca doa ifitah, barulah kemudian dibaca surat Alfatihah seperti biasa.

Doa iftitah sebenarnya jika dilihat dari hukum membacanya adalah sunnah, sama seperti membaca doa setelah adzan. Akan tetapi banyak yang menganggap doa ini adalah wajib dikarenakan banyaknya orang membaca doa ini di dalam sholat dan sudah sangat popular di dalam masyarakat.

Hal in tentu tidak menjadi masalah.

Justru akan bagus jika semakin banyak orang yang membaca doa iftitah ini sehingga pahala yang didapat juga sangat banyak pula. Akan tetapi akan menjadi keliru jika tidak membaca doa iftita telah menganggap sholat menjadi batal.

Harus kita ingat bersama bahwa doa iftitah hukumnya adalah sunnah. Sehingga tidak akan membatalkan sholat jika tidak membaca doa iftita ini.

Meskipun sunnah, namun sangat diajurkan untuk membacanya.

Karena pahala yang diberikan oleh Allah kelak karena pahala membaca doa iftita adalah luar biasa banyak. Oleh karena itu marilah kita juga selalu membaca doa iftitah di dalam sholat.

Namun pastikan juga anda sudah berada di dalam keadaan suci ketika ingin melakukan sholat. Yaitu dengan berwudhu atau juga melakukan mandi wajib apabila sedang dalam keadaan berhadast besar. Sempurnakan juga mandi wajib kamu dengan membaca doa mandi wajib.

Doa Iftitah Atau Doa Iftita?

doa iftita

Banyak bertanya dan kebingungan, yang benarnya tulisan Doa Iftitah atau Doa Iftita?

Hal ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah dikarenakan tulisan dalam bahasa Indonesia tidak bisa menjadi dalil terhadap cara baca. Akan tetapi yang lebih penting dan utama sebenarnya adalah bagaimana car pengucapannya.

Sehingga selain dari tulisan, kita sebenarnya harus berfokus pada bacaan saja.

Dengan memperhatikan bagaimana cara baca, maka kita tidak perlu meributkan lagi permasalahan manakah yang benar antara doa iftitah dan juga doa iftita.

Namun untuk menghilangkan rasa penasaran pembaca semua, maka akan kami bahas agar semakin jelas.

  • Doa Iftitah

doa iftitah
anak sedang sholat

Doa ifitah dengan penulisan seperti ini adalah penulisan yang lebih tepat daripada penulisan doa iftita. Hal ini dikarenakan penulisan dalam bahasa Arab adalah lebih mendekati dengan ejaan iftitah.

Yaitu dalam bahasa Arab tulisan iftitah adalah ditulis dengan kata افتتاح. Artinya ada huruf Ha pada akhir kata tersebut. Sehingga penulisan yang lebih tepat dalam bahasa Indonesia adalah iftitah.

  • Doa Iftita

Adapun penulisan dengan Istita juga banyak ditemui di berbagai tulisan atau sumber tulisan tertentu. Hal ini sebenarnya seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, bahwa penulisan tidak menjadi dasar penentuan ucapan.

Meskipun ditulis dengan tulisan Iftita akan tetapi jika membaca dengan bacaa Iftitah maka hal ini adalah dibenarkan.

Akan tetapi jika dilihat dari bahasa Arab sendiri, tentu saja yang lebih tepat adalah dengan menggunakan kata Iftitah karena lebih mendekati dengan bahasa Arab. Karena dalam penulisan bahasa Arab terdapat huruf “Ha” di akhir katanya.

Doa Iftitah dan Bacaan Iftitah

bacaan iftitah
Ilustrasi sedang sholat

Bacaan iftitah menjadi bacaan yang sudah sangat sering dan umum dibaca oleh mayoritas muslim di dunia khususnya di Indonesia. Maka jangan heran jika banyak pula orang yang membahas doa iftita ini. Karena memang menjadi rutinitas dan doa yang selalu dibaca di dalam sholat.

Terkait bacaan ifitah sendiri memang memiliki banyak sekali keutamaan. Karena dengan membaca bacaan iftitah ini maka kita sedang meminta kepada Allah.

Apalagi jika dilihat dari makna doa iftita sendiri adalah makna-makna yang sangat indah dan menunjukkan penghambaan kepada Allah.

Inilah hakikat dari kehidupan.

Yaitu kita memohon kepada Allah dengan berbagai cara. Termasuk salah satu caranya adalah dengan memohon kepada Allah di dalam sholat. Diantara banyaknya tempat untuk memohon kepada Allah, salah satunya adalah di dalam doa iftita.

Oleh karena itu marilah kita merutinkan membaca doa iftita agar semakin banyak pahala yang kita dapatkan dengan banyak memohon kepada Allah.

Doa Iftitah dan Bacaan Doa Iftitah

Ilustrasi sedang sholat

Apakah ada perbedaan antara istilah bacaan iftitah dengan istilah bacaan doa iftitah?

Pada dasarnya, jika dilihat dari segi pengucapan, maka keduanya adalah sama saja. Tidak ada maksud yang berbeda ketika orang mengucapkan doa iftita atau bacaan iftitah. Keduanya memiliki maksud untuk mengatakan doa iftita yang dibaca di dalam sholat itu.

Lantas kenapa perlu dibahas?

Pembahasan ini hanya untuk meluruskan saja bahwa keduanya adalah tidak memiliki perbedaan. Tujuan ini dilakukan agar tidak ada lagi orang yang bingung terkait istilah yang berbeda.

Karena kita terlalu lama membahas istilah dan ribut di dalamnya.

Padahal yang dibutuhkan bukanlah istilahnya, akan tetapi niat dan maksud dari istilah itu sendiri. Sehingga tidak bermasalah jika istilahnya berbeda. Akan tetapi maksud dari tujuannya itu adalah sama.

Jika maksudnya adalah sama, maka tentu tidak perlu diributkan tentang istilahnya.

Oleh karena itu, dengan istilah Bacaan iftitah atau Bacaan doa iftita, maka keduanya adalah bermaksud terhadap doa iftita yang dibaca di dalam sholat itu. Jadi tidak ada masalah dari kedua istilah yang berbeda.

Doa Iftitah Dan Artinya

Agar semakin jelas dan lengkap penjelasan tentang doa iftitah ini, mari kita lihat berikut lafaz dari doa iftita yang harus kamu ketahui.

doa iftitah dan artinya

doa iftitah dan artinya latin

Begitulah doa iftita yang biasanya dibaca oleh sebagian kaum muslimin di Indonesia. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa memang ada model doa iftita yang lainnya selain yang ada di atas tersebut. Namun jangan khawatir karena kami juga membahas terkait banyaknya macam dari doa iftita.

Doa Iftitah dan Macam Macam Doa Iftitah

macam macam doa iftitah

Macam-macam doa iftitah memang sering dibahas juga dikarenakan memang ada beberapa versi dari doa iftita ini. Sehingga tidak perlu bingung jika ada orang yanng berbeda membaca doa iftita dalam sholatnya.

Bukan hanya masalah panjang atau pendeknya doa, akan tetapi doa iftita memang memilik beberapa versi yang berbeda dalam isinya dan maknanya juga.

Maka kita tentu harus saling memahami jika adanya orang-orang yang berbeda pendapat dari kita. Atau adanya perbedaan dari segi amalan atau model amalan yang dilakukan. Oleh karena itu dengan bertambahnya ilmu yang kita miliki, maka kita harus sangat memahami akan perbedaan itu.

Adapun macam macam doa iftita adalah sebagai berikut:

Doa iftitah Versi 1

doa iftitah dan artinya

doa iftitah dan artinya latin

Doa iftitah Versi 2

macam macam doa iftitah

Doa iftitah Versi 3

macam doa iftitah

doa iftitah dalam sholat

arti doa iftitah

arti doa iftita

Doa iftita Versi 4

doa iftita dalam sholat

Doa iftita Versi 5

doa iftitah sholat

Doa Iftita Versi 6

doa iftitah shalat

Selain beberapa versi dari doa iftiah tersebut, sangat mungkin masih ada riwayat lain terkait doa iftita yang dibacakan di dalam sholat.

  • Doa Iftitah Sesuai Sunnah

doa iftitah sesuai sunnah
Ilustrasi sedang sholat

Selain banyaknya doa iftita yang dibacakan dalam sholat. Maka banyak pula orang yang hanya ingin berfokus pada amalan yang sesuai dengan sunnah saja. Hal ini tentu normal dan memang kita dianjurkan untuk ikut dengan sunnah saja.

Lalu bagaimana maksudnya dengan mengikuti sunnah atau doa iftita sesuai sunnah?

Doa iftita sesuai sunnah adalah doa iftita yang dibacakan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Sehingga kita menghindari membaca doa yang tidak dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Oleh sebab itu memang kehati-hatian dalam menyikapai fenomena ini adalah sangat diperlukan.

Maka darimana kita tahu tentang doa iftita yang dibacakan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ?

Tentu saja mengetahuinya adalah dari Hadist Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Maka dikarenakan semua doa iftita adalah berasal dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ, oleh karena itu semua doa bisa saja dibaca dan silahkan dipilih sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi yang sering digunakan adalah doa iftita yang versi 1.

  • Doa Iftita Muhammadiyah

doa iftitah muhammadiyah
Ilustrasi sedang sholat

Di Indonesia sendiri ada yang biasanya memilih doa iftita muhammadiyah. Padahal Muhammadiyah sendiri adalah organisasi di Indonesia tentang keagamaan. Sehingga pastinya jika Muhammadiyah adalah organisasi, maka tentu juga menggunakan doa iftita yang berdasarkan dengan dalil dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Oleh karenanya jika anda ingin mengetahui tentang doa iftita Muhammadiyah, maka tentu doanya adalah salah satu dari doa iftitah yang ada riwayat shahihnya dari Baginda Nabi Muhammad ﷺ.

  • Doa Iftitah Pendek

doa iftitah pendek
Ilustrasi sedang sholat

Doa iftitah yang kita baca itu sebenarnya adalah doa iftitah yang normal. Namun ada juga doa iftita pendek yang biasanya dibaca ketika seseorang terburu-buruh misalnya.

Atau ada hal lain yang ingin dikerjakan.

Sehingga ada juga doa iftita pendek yang dibaca oleh sebagian orang dan niatnya tentu saja untuk mempersingkat waktu.

Bagi anda yang memiliki banyak waktu, sebaiknya menggunakan versi full saja. Agar mendapatkan lebih banyak pahala dan balasan dari Allah SWT. Namun jika kondisi yang benar-benar mengharuskan untuk terburu-buru, maka tidak apa-apa jika menggunakan versi doa iftitah pendek.

Adapun lafaz doa iftita pendek adalah sebagai berikut:

 doa iftitah pendek

  • Doa Iftitah Latin

doa iftitah latin

Bagi anda yang belum bisa membaca bahasa Arab atau belum lancar membaca bahasa Arab, berikut kami juga menyajikan bentuk doa iftitah dalam bahasa latin sehingga mudah untuk anda pahami meskpiun belum tau bahasa Arab.

Namun kami sarankan untuk tetap serius mempelajari bahasa Arab atau bisa membaca bahasa Arab agar semakin mudah dalam membaca berbagai doa. Termasuk diantara doanya adalah doa iftita tentunya.

Mengetahui doa iftita lain tanpa mengetahui versi bahasa Arabnya adalah hal yang dimaafkan. Selama anda benar-benar punya keinginan untuk akan mempelajari juga bahasa Arab atau cara membaca Alquran.

Jika anda tidak mempelajari bahasa Arab atau tidak mempelajari cara baca alquran, maka tentu akan banyak kendala yang akan anda temui di dalam meningkatkan kualitas beragama. Khususnya dalam mempelajari dan membaca Alquran.

Karena kita sangat dianjurkan untuk banyak membaca Alquran di siang maupun di malam hari.

Di dalam Alquran mengandung banyak sekali kebaikan dan juga bisa menjadi obat bagi kita semua. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk banyak membaca Alquran karena banyak sekali keutamaan dan kelebihan yang akan didapat dari Allah SWT.  

Doa Iftitah Dalam Sholat

Doa Iftitah Dalam Sholat
Ilustrasi sedang sholat

Doa Iftitah dalam sholat karena memang sangat disunnahkan membaca doa iftitah di dalam sholat yang dikerjakan. Baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah tetap disunnahkan membaca doa iftitah dalam sholat.

Doa iftitah dalam sholat in imemang mengandung makna yang sangat dalam dan baik jika kita amalkan. Bukan hanya itu saja, doa iftitah dalam sholat bahkan mengandung banyak arti yang bisa menjadi doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT.

Sungguh sangat penting membaca doa ini.

Berbagai doa yang bisa dilihat dari doa iftitah dalam sholat adalah dalam beberapa kalimatnya misalnya “Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah”. Dalam doa itu tentu kita bisa merasakan betapa indahnya perjanjian atau pernyataan yang kita sampaikan kepada Allah.

Oleh karen itu, maka biasakanlah membaca doa iftita dalam setiap sholat yang kita kerjakan agar Allah memberikan balasan dan pahala yang melimpah.

Selain itu kita juga berharap dengan banyaknya doa yang kita panjatkan, semoga Allah meridhoi kita dan memasukkan kita ke dalam Surganya kelak. Amiin.

Leave a Comment

%d bloggers like this: