10 Akibat Rotasi Bumi yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bumi ini memang berputar. Namun apakah kamu tahu apa saja akibat rotasi bumi tersebut? Akibat dari rotasi sangat beragam, dan hampir semuanya sebenarnya telah kita rasakan tanpa sadar.

Biar kamu bisa menghilangkan rasa penasaran kamu, segera saja yuk kita bahas apa saja akibat rotasi bumi. Simak penjelasan berikut ini:

[Baca juga: Doa mandi wajib]

Terjadinya Siang dan Malam Akibat Rotasi Bumi

terjadinya siang dan malam akibat rotasi bumi
terjadinya siang dan malam akibat rotasi bumi

Rotasi bumi membuat bumi mengalami siang dan malam. Tentu saja ini mudah untuk kamu pahami.

Wilayah yang terkena matahari adalah wilayah yang sedang mengalami masa siang. Ketika bumi berputar atau berotasi, maka posisi wilayah yang tadinya kena matahari menjadi berpindah tempat ke sebaliknya, sehingga mengalamai waktu malam.

Pada saat yang sama pula, wilayah yang tadinya mengalami waktu malam pun berubah menjadi mengalami waktu siang.

Seperti di Negara Indonesia, secara garis besar berada pada waktu siang selama 12 jam, dan berada pada waktu malam selama 12 jam. Namun tidak semua negara berada di pembagian siang dan malam yang sama seperti Indonesia.

Ada negara yang mengalami masa siangnya begitu lama hingga 20 jam, dan hanya 4 jam mengalami masa malam.

Ada pula yang terus-terusan mengalami masa malam dan hanya beberapa jam saja yang siang.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan posisi negara sehingga berbeda pengaruhnya dari rotasi bumi. Oleh karena itulah, kamu tidak perlu bingung jika suatu hari berkunjung ke Negara yang waktu malamnya terlalu lama atau waktu siangnya yang terlalu lama.

Karena itu adalah hal yang biasa dikarenakan pengaruh dari rotasi bumi.

Sudah paham kan?

Akibat Rotasi Bumi terhadap Perbedaan Waktu

akibat rotasi bumi terhadap perbedaan waktu
akibat rotasi bumi terhadap perbedaan waktu

Apakah kamu tahu bahwa waktu Indonesia Barat (WIB) itu berbeda dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA) selama 1 jam?

Demikian juga WITA dengan dengan Waktu Indonesia Timur (WIT) juga berbeda 1 jam. Bahkan bukan hanya di Indonesia saja, ada banyak tempat yang memiliki perbedaan waktu. Baik di dalam negaranya sendiri, atau perbedaan dengan negara lainnya.

Semua perbedaan waktu itu adalah akibat rotasi bumi.

Di dunia ini, terdapat 24 daerah yang memiliki waktu berbeda. Namun untuk pusat daerahnya berada di kota Greenwic, yaitu Inggris dan terletak di bujur 0⁰.

Perbedaan bujur itulah yang menyebabkan adanya perbedaan waktu di dunia ini. Setiap perbedaan 15⁰, maka akan ada perbedaan waktu selama 1 jam. Jika di daerah Greenwich sendiri, pada bagian sebelah barat Greenwich akan mengalami waktu yang lebih lambat. Dan pada bagian timurnya akan lebih cepat 1 jam.

Di Indonesia juga sama seperti itu.

Bagian barat lebih lambat dari bagian timur, atau bagian timur menjadi lebih cepat dari bagian barat. Oleh karena itulah misalnya jika di Aceh adalah jam 08.00 WIB, maka di Bali sudah menunjukkan jam 09.00 WIT. Pada saat yang sama pula di Maluku sudah menunjukkan jam 10.00 WITA.

Menarik kan?

Jadi jika kamu suatu hari berpergian ke daerah lain di Indonesia atau di luar negeri yang mengalami waktu berbeda, jangan heran jika ketika kamu menghubungi orang lain di daerahmu jamnya berbeda. Itu terjadi karena waktunya memang berbeda di setiap daerah.

Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

gravitasi bumi akibat rotasi bumi
gravitasi bumi akibat rotasi bumi

Rotasi bumi membuat gerakan yang arahnya menjauhi pusat. Akibat dari hal ini adalah, bumi menjadi tidak terlalu lagi bulat seperti sebelumnya.

Akibat rotasi bumi itu membuat bumi menjadi mengembang dan adanya bentuk yang tidak baku pada kedua kutub. Hal itu membuat diameter pada daerah kutub menjadi lebih kecil jika dibadingkan dengan diameter di daerah khatulistiwa.

Adanya perbedaan itu membuat gravitasi di daerah kutub menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang hidup di daerah khatulistiwa.

Jadi jangan heran jika berat badanmu berbeda saat berada di kutub. Hehe.

Tentu saja perbedaan gravitasi membuat perbedaan berat badan juga. Karena gaya gravitasi yang semakin tinggi membuat tubuh kita lebih tertarik ke bumi. Itu menyebabkan akan lebih banyak energi yang terpakai jika bergerak di daerah kutub.

Daerah kutub sendiri sampai sekarang jarang ditempati. Biasanya dipakai untuk penelitian atau sarana belajar.

Selain itu, di kutub juga menjadi tempat penyimpanan barang-barang yang membutuhkan suhu dingin. Akibat dari lapisan ozon yang semakin menipis, bumi menjadi lebih panas dan es di kutub juga diberitakan mulai mencair.

Pembelokan Arah Arus Laut

arus laut akibat rotasi bumi
arus laut akibat rotasi bumi

Apakah kamu suka bermain di laut?

Pernahkan kamu memperhatikan arah arus laut itu bagaimana?

Tentu kamu akan sadar bahwa memang ada perbedaan arus laut yang terjadi. Kamu tahu apa yang menyebabkan adanya arus dalam laut? Arus itu disebabkan oleh adanya angin yang membawanya.

Pada bagian bumi selatan, arus laut berbelok searah dengan jarum jam. Sedangkan pada bagian utara, angin justru berbelok berlawanan dengan arah jarum jam. Fakta ini juga terjadi sebagai salah satu dari akibat rotasi bumi.

Perbedaan arus laut ini tentu saja berhubungan dengan laut yang menjadi sarana wisata biasanya. Jadi jika kamu sudah memahami hal ini, akan mudah bagi kamu yang ingin mencari laut dengan arah arus tertentu.

Jika kamu ingin arah arus searah dengan jarum jam, pilihlah laut bagian selatan. Dan sebaliknya.

Perbedaan itu memang bagus jika disikapi dengan mengambil hikmahnya. Karena arah arus laut yang berbeda itu membuat jenis ikan yang disimpan dalam lautannya pun berbeda, sehingga konsumsi ikan kiat juga mejadi beragam.

Enak kan ikannya beda-beda?

Perbedaan Tanggal karena Rotasi Bumi

perbedaan tanggal akibat rotasi bumi
perbedaan tanggal akibat rotasi bumi

Kamu pernah dengar kan bahwa di Indonesia dan di Amerika itu tanggalnya beda?

Menurut kamu, yang mana yang benar dan mana yang salah?

Jawabannya adalah semuanya benar. Perbedaan itu memang disebabkan juga karena akibat rotasi bumi. Rotasi bumi membuat adanya perbedaan waktu, selanjutnya perbedaan waktu itu juga bisa menunjukkan perbedaan tanggal.

Sederhana saja, jika waktu sudah melewati jam 00.00, maka sudah memasuki hari berikutnya.

Jangan heran jika di Indonesia juga bisa terjadi perbedaan tanggal, bukan hanya dengan antar negara.

Sebagai contoh, bisa aja terjadi bahwa di Maluku sudah menujukkan pukul 01.00 dini hari pada tanggal 5, namun di Aceh masih menunjukkan tanggal 4 dikarenakan masih jam 23.00. Perbedaan waktu inilah yang akhirnya menunjukkan tanggal yang berbeda pula.

Tidak perlu bingung lagi, kamu sudah memahami informasi ini dan bisa langsung mengetahui bahwa hal ini adalah normal saja, tidak ada masalahnya.

Itu juga sebabnya jika kamu ingin menonton pertandingan bola di suatu negara yang diadakan pada tanggal 4 misalnya, kamu hanya bisa menonton pada tanggal 5 dikarenakan perbedaan tanggal itu. Meskipun kejadiannya serentak atau sekalian.

Bukankah kamu sering nonton bola di tengah malam padahal permainan bolanya kelihatan siang hari kan?

Itulah salah satu dari akibat rotasi bumi.

Akibat Rotasi Bumi berupa Gerak Semu Harian Matahari

gerak semu matahari akibat rotasi bumi
gerak semu matahari akibat rotasi bumi

Gerak semu matahari yang dimaksud di sini adalah dikarenakan kita berpikir bahwa matahari itu bergerak, namun sebenarnya matahari itu diam saja.

Pemikiran seperti itu wajar saja karena memang seolah-olah terihat matahari bergerak, atau terbit dari timur dan tenggelam di barat. Bagi kamu yang masih berpikir bahwa matahari itu bergerak, sekaranglah saatnya kamu mengubah paradigma kamu tentang pergerakan itu.

Karena kenyataannya adalah matahari itu diam.

Lalu bagaimana bisa matahari terlihat seolah bergerak dari timur ke barat?

Hal itu disebabkan karena pergerakan bumi sendiri. Jadi yang bergerak sebenarnya adalah bumi, bukan matahari. Ketika bumi bergerak setiap detiknya, pada saat yang sama juga kita melihat bahwa matahari yang bergerak dengan arah sebaliknya.

Hal ini bisa diumpamakan seperti kamu yang melihat pohon-pohon berjalan saat kamu sedang di dalam perjanalan.

Awalnya kita sempat berpikir bahwa yang berjalan adalah pohon. Namun terjadi sebenarnya adalah kita atau kendaraan kitalah yang bergerak, bukan pohon. Namun seolah-olah terlihat pohon yang bergerak karena kita tidak merasa lagi akan bergeraknya kendaraan kita.

Begitu pula dengan pergerakan bumi.

Kita merasa bumi ini diam saja adalah karena kita tidak merasakan pergerakannya. Hal ini disebabkan karena bumi bergerak dengan stabil dan tenang, sehingga kita yang berada di atasnya tidak merasakan apa-apa.

Selain itu, pergerakan bumi yang tidak terasa ini juga disebabkan karena gaya gravitasi.

Perbedaan Atmosfer Juga Akibat Rotasi Bumi

atmosfer akibat rotasi bumi
atmosfer akibat rotasi bumi

Atmosfer merupakan lapisan yang sangat dibutuhkan oleh bumi untuk membatasi bumi dari berbagai benda luar angkasa.

Tanpa adanya atmosfer, maka akan banyak benda luar angkasa yang bisa sebarangan jatuh ke bumi jika telah terkena efek dari gravitasi bumi. Namun dengan adanya lapisan atmosfer itulah bumi menjadi terlindungi dan aman hingga hari ini.

Namun begitu, lapisan atmosfer ternyata berbeda-beda.

Perbedaan ketebalan atmosfer itu juga akibat rotasi bumi. Semakin dekat dengan garis khatulistiwa, maka ketelan atmosfer akan semakin tebal pula. Demikian semakin jauh dari garis khatulistiwa maka ketebalan atmosfer akan semakin rendah.

Contohnya seperti di daerah kutub, ketebalan atmosfer (khususnya troposfer) hanya 9 KM.

Sementara di daerah khatulistiwa, ketebalan atmosfer mencapai 15 KM. Pada lapisan inilah yaitu lapisan Troposfer menjadi pusat terjadinya semua proses cuaca.

Dengan adanya perbedaan ketebalan atmosfer ini, maka juga menjadi salah satu tanda akan adanya perbedaan musim serta cuaca. Di garis khatulistiwa diketahui ada  2 musim. Di kutub sendiri dikenal dengan daerah yang sangat dingin bahkan hampir semuanya adalah es.

Akibat Rotasi Bumi berupa Jetlag

akibat rotasi bumi jetlag
akibat rotasi bumi jetlag

Kamu tahu tentang Jetlag?

Jetlag adalah rasa sulit tidur atau berubahnya pola tidur kamu yang biasa disebabkan karena perjalanan. Sehingga efek dari Jetlag ini adalah rasa kantuk yang berat, perlu penyesuaian masa tidur, dan pusing.

Jetlag ini juga menjadi salah satu dari akibat rotasi bumi.

Jetlag ini biasa terjadi pada orang yang melakukan perjalanan jauh. Dan penyebab dari jetlag ini juga biasan dikarenakan  adanya perbedaan waktu antara asal daerah dan daerah tujuan perjalanan.

Semakin jauh perjalanan, maka jetlag akan semakin berat pula.

Sebagai contoh, jika kamu berangkat dari Indonesia saat waktu malam hari ke Amerika, maka ketika sampai di Amerika kamu telah berada pada posisi suasana siang hari. Maka kamu akan merasakan Jetlag dikarenakan jauhnya perjalanan dan perbedaan waktu serta cuaca tersebut.

Demikian juga jika kamu berpergian ke daerah lain walaupun di Indonesia sendiri. Karena Indonesia yang besar ini memiliki perbedaan waktu yang beragam. Dengan perbedaan waktu itu pula kamu juga akan bisa merasakan Jetlag bila berpergian jauh.

Khususnya di saat kamu harus tidur, namun ternyata suasana di tempat tujuan adalah siang hari.

Ngomong-ngomong, sudah pernah ngerasain Jetlag belum? Jika kamu memang sering mengalami Jetlag dikarenakan mungkin kekebalan tubuhmu yang kurang, kamu bisa mengatasinya dengan mudah yaitu menggunakan daun kemangi. Baca manfaat daun kemangi.

Efek Foucault Termasuk Akibat Rotasi Bumi

foucault akibat rotasi bumi
foucault akibat rotasi bumi

Akibat rotasi bumi berikutnya adalah adanya Efek Foucault. Pembahasan ini mungkin akan terasa asing buat kamu. Karena memang Efek Foucault ini sangat jarang dibahas di khalayak umum, bahkan jarang juga dibahas di ilmu sosial sekolah.

Intinya, Efek Foucault adalah salah satu penelitian yang membuktikan bahwa bumi itu berputar.

Efek Foucault ini pertama kali ditemukan oleh orang yang bernama Faoucault, makanya penemuannya juga dinamakan dengan namanya sendiri. Atau lebih lengkapnya adalah Jean Bernard Leon Foucault.

Alat eksperimen ini dibuat dari bandul panjang yang bergerak bebas pada latar vertikal. Awal diperkenalkan pertunjukan ini adalah pada tahun 1851 tepatnya di Bulan Februari.

Tempat yang dipilih saat memperkenalkan pertunjukan ini adalah di Ruang Meridian yang berada di Observatorium di Paris. Leon Foucault membuat bandul dengan potongan rambut yang beratnya mencapai 28 kg dan ditambah dengan kabel 67 m dari bawah kubahnya Pantheon Paris.

Ujicoba tersebut membuktikan bahwa bumi berotasi.

Hal ini dikarenakan ayunan bandul bergerak membuat putaran dengan arah yang juga sama dengan geraknya arah jarum jam. Peristiwa ini juga membuktikan bahwa bumi yang terletak dibawah bandul akan berputar berlawan arah jarum jam.

Paham nggak sih? Wkwk.

Dapat Berfungsinya Satelit Salah Satu Akibat Rotasi Bumi

berfungsi satelit akibat rotasi bumi
berfungsi satelit akibat rotasi bumi

Apa yang kamu ketahu tentang satelit? Selain melalui ilmu pengetahuan, satelit tentu tidak akan asing bagi kamu yang gemar menonton film bertema luar angkasa.

Film-film seperti itu menggambarkan banyaknya satelit yang berada di luar angkasa.

Fungsi satelit sendiri sebenarnya beragam. Bukan hanya fungsi satelit, bahkan dimulai dari jenis satelit juga sangat beragam. Kalau kamu mau tahu lebih tentang satelit, klik di sini.

Secara umum, ada yang disebut dengan satelit alami dan ada juga yang disebut dengan satelit buatan. Yang kamu anggap sebagai satelit dan biasa terlihat di film-film itu adalah jenis satelit buatan manusia.

Fungsi dari satelit buatan umunya adalah komunikasi dan informasi.

Sehingga dengan adanya satelit, kita dapat mengetahuo berbagai informasi yang ada di dunia ini. Dan disampaikan melalui berbagai media yang menggunakan satelit.

Satelit buatan itu akan akan menyampaikan informasi dengan kecepatan tertentu. Kecepatan itu sangat berpengaruh dengan jarak antara satelit dengan bumi sendiri. Sehingga semakin dekat satelit dengan bumi, maka kacepatannya juga akan semakin cepat.

Demikian juga jika semakin jauh antara bumi dan satelit, maka kecepatan informasinya juga semakin lambat. Kecepatan ini biasa juga disebut dengan kecepatan orbital.

Oleh karena itulah, bumi yang berotasi akan sangat membantu satelit dalam menyampaikan informasi. Bumi yang ketika berputar dan menjadi dekat dengan satelit, maka daerah tersebut akan cepat proses orbitalnya. Demikian juga sebaliknya.

Dengan rotasi bumi yang stabil, maka orbital dari satelit juga menjadi menyeluruh.

Itulah mengapa akibat rotasi bumi salah satunya disebut bisa membantu fungsi satelit. Karena dengan rotasi itulah, satelit mampu menyampaikan informasi beragam ke seluruh dunia.

Penutup

akibat dari rotasi bumi
akibat dari rotasi bumi

Nah, itulah sederet akibat rotasi bumi yang telah kamu ketahui dan sangat bermanfaat jika kamu share tentunya.

Ke depan mungkin akan semakin bertambah akibat rotasi bumi yang bisa kamu temukan seiring dengan bertambahnya teknologi dan pengetahuan terbaru. Oleh karena itum update terus informasi yang kamu dengan membaca di alhadiibrahim.com.

Demikian pemaparan kali ini ya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Salam,

Alhadi Ibrahim

Leave a Comment

%d bloggers like this: