Cara Jualan Online yang Bisa Langsung Kamu Lakukan

Cara jualan online memang kerap menjadi hal yang sangat ditekuni di zaman ini. Karena perubaan era yang sangat luar biasa dari offline menjadi online.

Oleh karena itu, penjualan online menjadi salah satu cara bisnis yang wajib dipelajari oleh berbagai pelaku bisnis saat ini.

Artikel ini akan membahas bagaimana agar kamu bisa berjualan online dengan mudah dan bisa langsung dipraktekkan.

Jualan Melalui Market Place

cara jualan online mudah
(bukalapak.com)

Sudah tahu market place? Market place adalah website atau platform yang membuka peluang semua orang untuk ikut berjualan. Beberapa market place yang sangat terkenal di indonesia adalah:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Shopee
  • Blibli
  • OLX

Semua platform itu memungkinkan kamu untuk bisa segera berjualan dengan mudah. Kamu hanya perlu membuat akun, memasang produk dan langsung bisa beriklan. Bahkan kamu bisa membuat toko online kamu di market place secara gratis.

Silahkan saja langsung join dan mulai berjualan ya.

Jualan Online Menggunakan Sosial Media

cara jualan online mudah
pexels.com

Cara jualan online melalui sosial media juga sangat penting untuk kamu ketahui. Apalagi era sekarang adalah era banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di media sosial.

Itu artinya, kamu punya peluang besar untuk menemukan pembeli.

Jualan di media sosial ini memang sangat ampuh dan banyak yang sudah menjadi orang kaya baru dari hasil jualan online di media sosial ini. Jadi jangan heran jika kamu banyak menemui berbagai seminar atau kursus tentang cara jualan online melalui media sosial ini.

Ada dua cara untuk bisa berjualan online melalui sosial media:

  1. Organik

Jenis jualan secara organik ini adalah mendatangkan pembeli secara alami dari hasil postingan yang kita lakukan di akun media sosial kita. Jadi kamu cukup hanya membuat akun, lalu memulai aktifitas seperti biasa. Yaitu seperti membuat postingan, add friend atau follow orang, komen, share dan sebagainya.

Ketika kamu sudah melakukan itu berulang-ulang, maka akun kamu akan mendapatkan banyak teman. Sehingga akan semakin banyak orang yang melihat postingan yang kamu lakukan.

Maka potensi penjualan pun akan semakin besar.

  1. Iklan

Media sosial saat ini juga sangat yang menyediakan fitur iklan untuk bisa membuat kamu mendapatkan lebih banyak orang dalam menjual barang. Hal ini memungkinkan kamu untuk mempromosikan barang jualan kamu kepada ribuan orang bahkan lebih, walaupun kamu tidak memiliki teman sebanyak itu.

Menarik, kan?

Setiap media sosial juga memiliki cara yang berbeda dalam menjalankan iklannya. Kamu bisa langsung mulai mencobanya dengan melihat berbagai tutorial yang ada di youtube atau website lainnya. Atau bisa juga dengan mengikuti pelatihan yang diadakan di berbagai daerah.

Silahkan cari informasinya ya.

Cara Jualan Online dengan Google

cara jualan online dengan google
pexels.com

Google adalah mesin pencari yang sudah sangat mendunia dan memang mayoritas orang menggunakannya untuk mencari berbagai informasi saat ini. Google sendiri menampilkan berbagai website di halaman pertamanya sebagai rujukan terbaik menurut google  untuk kamu klik ketika mencari sesuatu.

Bayangkan saja apabila orang mencari suatu produk di google, lalu google menampilkan website jualan kamu sebagai rujukan pertama, tentu potensi jualan kamu akan sangat besar. Dan begitulah yang dirasakan oleh banyak orang.

Kamu kemana aja? Hehe.

Ada 2 cara agar website kamu bisa muncul di google:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO ini adalah teknik yang dilakukan untuk menaikkan website kamu untuk tampil di nomor pertama ketika orang mencari keyword tertentu di google. Teknik ini sendiri memang merupakan teknik yang memerlukan banyak proses. Apalagi dengan banyaknya orang yang saat ini mulai ikut berkecimpung di dunia SEO ini.

Akan tetapi pengarunya sangatlah besar.

Karena apabila website kamu sudah muncul di nomor pertama, maka kamu akan dengan mudah dan stabil terus menerus mendapatkan pengunjung ke website kamu. Sehingga potensi penjualan juga akan semakin besar.

Teknik SEO ini juga akan membuat kamu mendapatkan hasil yang terus menerus selama masih di nomor pertama google.

Kamu bisa belajar untuk menjalan SEO ini secepat mungkin agar segera mendapatkan hasil.

Tapi kalau kamu sibuk, saya sarankan untuk memakai jasa SEO saja. sehingga kamu bisa langsung merasakan hasilnya dari pelaku SEO yang memang sudah expert di bidang ini. Ada banyak kok pelaku SEO yang membuka jasa ini untuk menaikkan keyword tertentu.

cara jualan online
pexels.com

Namun pastikan agar mencari yang terpercaya.

Salah satunya yang saya sarankan adalah guru saya sendiri, yaitu Mas Ibrahim Vatih. Silahkan klik saja nama beliau itu, lalu kamu akan menuju ke websitenya. Dan boleh untuk segera mencari informasi tentang jasanya tersebut. Karena memang expert dan terpercaya, wajar saja jika jasa pada beliau dimulai dengan harga 30 juta, bisa lebih, ngga bisa kurang. Hehe.

Jangan lupa sampaikan bahwa kamu kenal beliau dari saya, biar saya didoakan oleh guru saya, wkwk.

  1. Google Ads

Google ads adalah fitur iklan yang disediakan oleh google untuk kamu yang ingin hasil lebih instant. Kamu langsung mulai googling saja tentang google ads ini dan bisa segera memulai untuk beriklan. Akan tetapi google ads ini tentunya memerlukan biaya.

Sehingga kamu harus benar-benar memahami berbagai hal atau kata kunci yang tepat dalam menjalankan ini. Kamu bisa langsung mulai membaca berbagai tutorial untuk mahir dalam menggunakan google ads ini.

Jika sudah ahli, kamu bisa mendapatkan untuk yang luar biasa kok dari platform ini.

Pastikan juga untuk mencari mentor yang ahli. Kalau kamu tidak punya waktu, kamu juga bisa menggunakan jasa google ads kok. Ada banyak orang yang membuka jasa untuk beriklan di google. Sehingga kamu tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk mempelajarinya terlebih dulu.

Melalui Youtube

cara jualan online dengan youtube
pexels.com

Youtube juga menjadi salah satu media jualan yang bisa kamu manfaatkan kok. Ada banyak orang yang berjualan melalui youtube. Salah satu caranya adalah membuat review tentang produknya, lalu menyertakan pula informasi pemesanannya di video maupun di deskripsi.

Kamu bisa ikut melakukan ini sekarang juga apabila kamu memang memiliki produk yang bisa kamu review. Penjualan melalui Youtube ini juga lumayan berhasil kok. Banyak yang sudah merasakan hasilnya bahkan pemuda di usia yang masih di bawah 20 tahun.

Platform atau Forum Lainnya

cara jualan online
pexels.com

Selain yang saya sebutkan di atas, masih ada beberapa platform lain yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara jualan online ataupun transaksi bisnis lainnya. Karena selain jualan produk, kamu juga bisa menjual jasa kok. Sehingga akan lebih beragam hasil yang kamu dapat. Beberapa contohnya adalah:

  • Kaskus
  • Fiverr
  • iWrite
  • Elance
  • Gobann

Penjelasan untuk masing-masing website tersebut tidak akan dibahas di artikel ini ya. Tapi kamu bisa langsung mempelajari sendiri segera ya. Supaya bisa langsung praktek dan mendapatkan hasil yang banyak.

Penutup

Udah gitu aja sih pembahasn tentang jenis cara jualan online yang bisa kamu gunakan saat ini. Segera lakukan aksinya, jangan kebanyakan ragu.

Siap?

Demikian pembahasan ini, terima kasih.

Salam,

Alhadi Ibrahim.

Leave a Comment

%d bloggers like this: